website bisnis

Tips Membangun Website Bisnis : Cara Meningkatkan Jumlah Subscriber

Membangun Website Bisnis Website memang dapat dibilang sebagai media atau perangkat digital marketing yang sangat efektif, dimana audience atau target marketing dapat dijangkau dengan lebih optimal. Hal tersebutlah yang membuat website masih menjadi pilihan untuk usaha ataupun perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis. Namun website akan menjadi tidak berarti, bila tidak adanya kunjugan ke dalamnya?.

Semakin tingginya traffic kunjungan ke suatu website, maka akan semakin besar pula peluang website anda untuk mendapatkan subscriber. Tentu dengan subscriber yang banyak, hal tersebut berarti anda akan memiliki banyak data visitor.  Tujuannya dapat dipergunakan untuk kebutuhan promosi serta branding bisnis anda.

Berkaitan dengan mendapatkan subscriber ini, kali ini Klik Mania akan sedikit mengupas beberapa tips membangun website yang dapat membantu mendatangkan subscriber untuk website bisnis anda. Berikut ulasan lengkapnya untuk anda.

Meletakan call to action button pada website bisnis anda

website bisnis

Untuk mendatangkan subscriber untuk website bisnis anda adalah memberikan atau meletakan tombol call to action. Untuk menjadi subscriber website, visitornya harus melakukan sign up terlebih dahulu. Untuk itu, suatu website tombol call to action atau button sign up.

Biasanya pebisnis yang menggunakan website meletakan tombol call to action/ button sign up pada bagian halaman depan website, awal artikel, bagian atas sidebar. Atau bagian pojok kiri pada setiapa halaman website, melalui fitur pop up yang muncul pada tengah halaman website dan yang terakhir pada bagian akhir artikel.

Beberapa penempatan call to action button yang disebutkan sebelumnya dapat dikatakan sebagai yang paling efektif dan potensif untuk mendatangkan subscriber. Dengan menempatkan call to action button secara strategis, maka hal tersebut akan dapat membuat visitor website anda menjadi lebih aware. Selanjutnya tertarik akan tawaran untuk menjadi subscriber.

Mengurangi bounce rate website bisnis anda

Untuk membantu mendatangkan dan meningkatkan jumlah subscriber adalah dengan mengurangi bounce rate website bisnis anda. Untuk anda yang belum terlalu familiar dengan bounce rate, ini sedikit penjelasannya.

Loading...

Bounce rate dapat didefinisikan sebagai nilai presentase visitor suatu website yang langsung meninggalkan halaman website tersebut setelah membukannya.

Untuk mengetahui nilai bounce rate ini, anda dapat menggunaan tools Google Analytics. Bounce rate ini memiliki kisaran/ range angka dari 0 hingga 100%. Semakin rendah nilai dari Bounce rate website bisnis anda, maka hal tersebut adalah hal yang baik.

Rendahnya nilai bounce rate menunjukan bahwa  banyak visitor website anda yang memutuskan untuk tinggal di halaman website setelah membaca konten/ artikel anda. Hal tersebut juga mengindikasikan bahwa kesempatan website bisnis anda untuk menjadikan visitor sebagai subscriber pun cukup tinggi.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab tingginya nilai bounce rate website. Beberapa diantaranya menyangkut tampilan website yang kurang atau tidak menarik, dan loading page yang lama. Serta konten yang disajikan tidak menjawab pertanyaan visitor dan masih banyak yang lainnya.

Untuk mengatasi bounce rate yang tinggi ini, menurut seorang ahli marketing bernama Cameron Chapman, terdapat beberapa trik yang dapat digunakan untuk menjaga bouncerate selalu berada di angka 2%. Salah satu trik tersebut adalah memberikan navigasi sederhana atau bar khusus navigasi. Yang ditujukan untuk mempermudah visitor website dalam menemukan konten yang diinginkan.

Trik lain yang juga disarankan oleh Chapman adalah dengan memberikan fitur kategori  pada bagian bawah setiap halaman  post yang mengarahkan pada keywords atau kategori terkait.

Jelaskan mengapa visitor website bisnis anda perlu menjadi subscriber

Happy group of people standing in a line.With copyspace

Tips membangun website terakhir yang dapat membantu mendatangkan atau meningkatkan jumlah subscriber website bisnis anda adalah menjelaskan mengapa visitor perlu menjadi subscriber. Layaknya promosi, untuk dapat menarik perhatian visitor untuk menjadi subscriber, anda perlu untuk menjelaskan pada mereka mengenai keuntungan apa saja yang akan didapat sebagai subscriber website bisnis anda.

Referensi lain : Hal Penting Dalam Digital Marketing Untuk Bisnis B2B

Untuk bagian ini, anda sebaiknya mempertimbangkan untuk membuat halaman/ page khusus.  Yang menjelaskan secara detail mengenai mengapa visitor website bisnis anda perlu mendaftar ke website anda atau menjadi subscriber. Anda dapat juga membuat postingan dalam bentuk squeeze page (page yang diperuntukan untuk menampilkan autoresponder guna mendapatkan informasi emails).



Loading...

Bagikan

endarjulian

Penulis

Saya adalah content writer dan juga social media designer.Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Komentar

    Avatar

    Artikelnya keren Gan endarjulian.. dari berbagai info di atas sepertinya kembali lagi ke kualitas konten gan.. pengunjung akan berlama-lama di suatu web bila memang mendapatkan konten yang diinginkan atau paling tidak menarik perhatian untuk di baca..

      endarjulian

      endarjulian

      ( - 01:56)

      benar sekali….dalam SEO…SEO adalah raja, maka konten adalah ratunya…jadi harus selalu disanding bersama…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *