Tekno

Tips Membeli Laptop Baru Bekas Secara Online, Offline, atau Kredit

Laptop merupakan salah satu perangkat portable canggih populer yang permintaan pasarnya diprediksi stabil atau bahkan meningkat hingga saat ini. Ada banyak pilihan laptop baru maupun bekas yang dijual baik secara online maupun offline, dan dapat dibeli secara cash ataupun kredit. Untuk bisa mendapatkan laptop berkualitas tahan lama, mengetahui tips membeli laptop merupakan langkah awal yang tepat untuk dipilih.

Tips Membeli Laptop Secara Online & Offline

Untuk membeli sebuah laptop baru berkualitas dari berbagai pilihan merek terbaik. Anda dapat melakukan pembelian dalam banyak cara, dua cara yang paling populer adalah, pembelian secara online maupun offline. Dari dua pilihan cara pembelian tersebut, Anda bisa memilih salah satu dari cara tersebut yang menurut anda paling efektif dan aman.

Pembelian Laptop Melalui Situs atau Toko Online

tips membeli laptop

Pilih Situs atau Toko Online Terpercaya

Saat ini, ketika perangkat gadget anda terhubung dengan koneksi internet, anda dapat mengunjungi banyak situs atau toko online yang menjual produk laptop baru maupun bekas.

Meski penipuan pembelian melalui mekanisme online saat ini, sudah jarang atau hampir tidak ada sama sekali. Tapi melakukan pemilihan situs atau toko online terpercaya yang menjual produk laptop yang ingin anda beli tetap harus menjadi prioritas utama.

Hal ini tidak hanya mencegah kemungkinan terjadinya penipuan berupa produk tidak dikirimkan setelah anda mentransfer uang sesuai transaksi pembelian yang sudah disepakati. Tapi, juga memungkinkan anda tertipu dengan laptop yang tidak orisinil dan masih banyak lagi yang lainnya.

Toko online terpercaya, selain menawarkan pelayanan yang profesional dan cepat. Situs ini juga biasanya menampilkan produk laptop dengan dengan sangat baik. Produk laptop yang ditawarkan melalui situs atau toko online terpercaya dipastikan ditampilkan dengan foto produk yang sangat lengkap, serta deskripsi produk yang detail dan jelas.

Selain direkomendasikan oleh banyak buyer, setiap halaman produk di situs atau toko laptop online terpercaya juga biasanya menampilkan review atau ulasan dari para pembeli yang sudah melakukan pembelian produk sebelumnya.

Loading...

Perusahaan pemilik toko juga biasanya menyediakan fasilitas rating bintang untuk semua produk yang mereka jual. Hal ini memudahkan calon pembeli baru mengetahui dengan mudah produk laptop mana saja yang mendapatkan rating bintang tertinggi.

Nama perusahaan, alamat perusahaan tertera secara jelas pada situs atau toko online mereka dan dapat diakses oleh semua calon pembeli. Tidak hanya itu, situs atau toko online terpercaya yang menjual laptop, juga biasanya menampilkan halaman kontak untuk memudahkan pembeli dapat terhubung langsung dengan customer support dengan mudah dan cepat.

Lakukan Perbandingan Harga Laptop yang Ingin Dibeli

Setelah Anda menemukan salah satu situs atau toko online terpercaya yang menyediakan produk laptop baru maupun bekas terlengkap. Selanjutnya Anda perlu memanfaatkan kemudahan dari berbelanja secara online. Anda memiliki banyak waktu dan tidak perlu khawatir toko tutup ditengah anda belum menemukan produk laptop baru terbaik yang ingin dibeli.

Selain digunakan untuk melakukan pencarian produk laptop yang benar-benar berkualitas dari merek terbaik. Manfaatkan kelonggaran waktu belanja anda untuk melakukan perbandingan harga pada masing-masing situs atau toko online terpercaya yang telah anda tentukan.

Untuk tips membeli laptop dengan produk terbaik yang sesuai kebutuhan dan budget yang anda miliki. Pastikan Anda memilih situs atau toko online terpercaya yang menawarkan diskon harga lebih besar, harga lebih murah, serta adanya fasilitas pengiriman gratis ke seluruh Indonesia.

Mekanisme Pengiriman Barang

Hampir dapat dipastikan semua toko online terpercaya menawarkan mekanisme pengiriman barang yang tidak rumit. Toko online terpercaya biasanya sudah bekerja sama secara profesional dengan lebih dari satu jasa kurir barang. Sehingga memudahkan pembeli dalam menentukan jasa kurir terbaik mana yang menurut mereka yang paling cepat dan aman mengirimkan pesanan sampai ke tangan mereka.

Meski banyak pilihan, satu hal yang perlu diperhatikan adalah asuransi paket kiriman. Karena yang akan anda beli secara online adalah produk elektronik. Untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan akibat benturan selama proses pengiriman, sebaiknya tidak ada salahnya anda membeli paket asuransi terhadap produk laptop yang sudah anda pesan.

Karena berdasarkan pengalaman, setiap produk pesanan yang dicover dengan paket asuransi, selalu memiliki packaging yang lebih rapih dan kuat. Sehingga produk lebih aman jika terjadi guncangan atau benturan yang tidak sengaja selama proses pengiriman berlangsung.

Kebijakan Retur Barang

Ini tips penting berikutnya yang hampir selalu diulas pada setiap postingan yang membahas tips pembelian melalui situs atau toko online. Termasuk juga pembelian laptop, sangat penting sekali bagi Anda untuk membaca seluruh kebijakan retur barang. Masing-masing toko online biasanya menawarkan kebijakan retur barang berebeda satu sama lain.

Dengan memahami seluruh kebijakan retur barang pada situs atau toko online yang anda percaya sebagai tempat untuk membeli laptop yang Anda butuhkan. Nantinya Anda tidak perlu bingung lagi untuk melakukan pengembalian produk, jika terjadi sesuatu terhadap pesanan anda. Misalnya pesanan tidak sesuai dengan foto, atau pesanan produk Anda rusak sebelum dilakukan pemakaian.

Pembelian Laptop Melalui Toko Reguler (Offline)

tips membeli laptop
Laptop buying guide via http://www.jumnotebook.com

Pilih Penjual Terpercaya

Hampir sama dengan pembelian secara online, anda juga tetap melakukan seleksi terhadap sejumlah toko reguler (offline) yang menjual laptop. Selain mengedepankan pelayanan prima “konsumen oriented”. Penjual terpercaya yang ada pada sebuah toko laptop reguler juga biasanya memiliki produk knowladge yang baik.

Hal ini sangat penting, terutama bagi calon buyer pemula. Tanpa melakukan research terlebih dahulu, penjual yang memiliki produk knowladge terbaik, dapat membantu Anda mendapatkan informasi penting pada produk laptop yang ingin Anda beli secara lengkap.

Baca : Info Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2016 Generasi Terbaru

Pilih Offline Store Terlengkap

Meski disekitar Anda tinggal ada banyak toko laptop reguler yang bisa dikunjungi. Tapi biasanya tidak semua toko menyediakan unit laptop secara lengkap dengan berbagai pilihan merek.

Pastikan Anda memilih toko reguler yang menyediakan pilihan merek laptop yang lengkap. Hal ini memudahkan Anda melakukan pemilihan, perbandingan dan menemukan laptop terbaik yang dibutuhkan dengan mudah. Dan tentunya Anda membeli dan mendapatkan laptop pilihan Anda saat itu juga, tanpa harus indence.

Mekanisme Garansi & Servis Center

Semua produk elektronik selalu dilindungi dengan jaminan garansi. Hanya saja durasi jaminan garansi biasanya berbeda diantara masing-masing merek. Pastikan Anda membeli laptop yang dilindungi dengan jaminan garansi resmi. Ketahui juga mekanisme klaim garansi apabila terjadi kerusakan perangkat sebelum habis masa garansi.

Untuk keperluan perbaikan yang lebih baik, tidak ada salahnya juga jika Anda mencari tahu lokasi service center resmi produk atau merek laptop yang ingin dibeli. Anda bisa melakukan pencarian informasi ini dengan mudah melalui internet atau menanyakan langsung pada penjual laptop.

Tips Membeli Laptop Secara Kredit

Pembelian dengan program cicilan adalah salah satu solusi yang bisa dipilih untuk dapat membeli dan memiliki produk yang anda butuhkan dengan cepat dan mudah. Saat ini ada banyak lembaga keuangan yang telah bekerja sama dengan toko komputer dan laptop, untuk menyediakan program pembelian laptop baru dengan cara dicicil. Jika Anda memilih membeli laptop baru dengan program cicilan, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya sebagai berikut :

Pilih Lembaga Keuangan yang Kredibel

Ada banyak lembaga keuangan yang bekerja sama dengan perusahaan komputer dan laptop. Pastikan pilih lembaga keuangan ternama yang kredibel. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pengajuan kredit menjadi lebih mudah dan tidak bertele-tele.

Pilih Laptop yang Sesuai dengan Kemampuan Mengangsur

Meski mudah dan cepat, pembelian laptop secara kredit juga perlu mempertimbangkan kemampuan mengangsur Anda. Hal ini memungkinkan Anda terhindar dari resiko kredit macet, dan terhindar dari problem finansial yang tidak diinginkan.

Pilih Laptop Merek Ternama Specs Terbaik

Ini adalah tips penting. Pastikan Anda memilih laptop merek ternama, karena, laptop merek ternama biasanya didukung dengan spesifikasi berkualitas dan tahan lama. Sehingga ini menghindari laptop rusak atau mati total tidak berfungsi sebelum masa angsuran berakhir.

Cari Program Cicilan Online

Jika aktifitas keseharian Anda sangat erat kaitannya dengan dunia internet. Tidak ada salahnya Anda melakukan pembelian laptop dengan cara dicicil secara online. Beberapa situs atau toko online juga memungkinkan Anda melakukan pembelian laptop secara dicicil dengan bunga 0% dengan tenor hingga 24 bulan atau lebih.

Tips Membeli Laptop Bekas / Second

tips membeli laptop

Membeli laptop bekas tetap perlu ketelitian sama seperti halnya pembelian laptop baru. Agar mendapatkan laptop second yang bagus dengan performa yang masih oke, sedikitnya ada beberapa tips yang perlu diketahui :

Perhatikan dan Periksa Kondisi Laptop

Tidak semua laptop bekas memiliki kondisi yang buruk. Jika Anda teliti dan selektif sebelum melakukan pembelian saya yakin Anda bisa mendapatkan laptop bekas yang memiliki kondisi masih bagus.

Ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan apakah sebuah laptop bekas tersebut masih dalam kondisi bagus dan baik. Yang pertama perhatikan dan periksa seluruh body bagian luar laptop bekas yang ingin dibeli.

Setelah memastikan body laptop keseluruhan dalam kondisi oke, selanjutnya lakukan pengecekan kondisi keyboard. Pastikan seluruh huruf dan angka pada keyboard laptop masih dalam tampilan yang baik. Jangan lupa juga pastikan semua tombol keyboard berfungsi dengan baik.

Baca : Keyboard Wireless Terbaik Harga Terjangkau “Logitech K480”

Jangan lupa cek juga kondisi dan fungsi mouse pad laptop. Cek apakah tombol klik kanan dan klik kiri mouse pad semuanya berfungsi. Tes juga pergerakan mouse, pada mouse pad masih bekerja dengan normal. Selanjutnya cek juga kondisi dan tampilan layar. Pastikan layar laptop bekas yang ingin dibeli tidak ada dead pixel.

Cek Daya Tahan Baterai dan Perangkat Charger

Setelah kondisi laptop bekas dipastikan dalam keadaan bagus, maka selanjutnya Anda perlu melakukan pengecekan daya tahan baterai dan kelengkapan perangkat charger.

Beberapa laptop bekas umumnya memiliki daya tahan yang tidak sama seperti laptop baru. Meski demikian laptop bekas yang masih menggunakan baterai dan perangkat charger yang orisinil biasanya tidak mudah drop dan memiliki daya tahan yang baik.

Jangan sungkan mengecek battery laptop setelah dilakukan pengisian ulang hingga 100%. Lalu gunakan laptop bekas tersebut untuk beberapa aktifitas dalam waktu minimal 15 menit. Jika persentase battery dari 100% tadi baru dipakai 15 menit tetapi status persentasenya menurun mencapai 40% dengan sangat cepat, ini artinya battery laptop bekas tersebut telah drop.

Cek Perangkat Hardware

Mulailah pengecekan DVDRW laptop bekas yang ingin anda beli terlebih dahulu. Pastikan kondisi optik DVDRW masih dalam kondisi bagus dan bekerja normal dalam membaca kepingan CD / DVD yang sudah berisi data-data di dalamnya. Pastikan semua port usb pada laptop bekas masih berfungsi dengan baik untuk penambahan input untuk membaca drive usb modem, usb flashdisk.

Periksa kondisi hardisk laptop bekas yang ingin dibeli. Pastikan hardisk bekerja dengan baik dan tidak terdapat bad sector. Hardisk dengan kondisi bad sector sangat riskan dan bisa memperlambat proses kerja hardisk itu sendiri sehingga laptop digunakan akan terasa lambat sekali. Pengecekan hardisk dapat dilakukang dengan mudah dengan bantuan software “crystalDiskInfo” atau “Hardisk Sentinel”.

Pastikan juga kondisi speaker laptop atau notebook second dalam kondisi baik tidak mati. Pengecekan speaker laptop dapat memanfaatkan cek sound speaker left dan right yang ada pada aplikasi Winamp. Putar sebuah lagu pada Winamp lalu dengarkan sambil cek speaker menggerakan suara speaker bagian kiri dan kanan, pastikan kedua sepaker menyala dan menghasilkan suara yang cukup terdengar.

Periksa Tingkat Suhu Laptop

Laptop bekas yang masih dalam kondisi bagus umumnya memiliki suhu yang normal dan tidak mudah mengalami panas berlebih. Pengecekan tingkat suhu dapat dilakukan dengan cara menyentuh seluruh bagian hingga ke area mouse pad. Jika seluruh bagian tersebut memiliki suhu panas dengan tingkat yang cukup tinggi atau terasa panas sekali saat disentuh, besar kemungkinan mesin pada laptop bekas tersebut bermasalah.

Cek Jaminan Garansi

Toko laptop bekas, umumnya menyedikan jaminan garansi selama tiga hari dari tanggal pembelian. Sementara jika pembelian melalui perorangan, jaminan garansi yang diberikan lebih pendek sekitar selama 7 hari. Jenis garansi tentunya berbeda-beda dan lebih bijak anda tanyakan terlebih dahulu garansi apa saja yang diberikan oleh penjual laptop / netbook bekas di toko tempat anda membeli. Tentunya ada surat perjanjian / nota kesepakatan sekaligus nota pembelian tertulis lama garansinya.

Pastikan Wi-Fi Laptop Bekerja

Bagi Anda calon pembeli yang biasa beraktifitas dengan koneksi internet, dan sering mengakses internet menggunakan jaringan nirkabel, maka kondisi Wi-Fi pada laptop bekas juga harus dicek. Untuk memastikan apakah WiFi masih berfungsi dan dapat menangkap sinyal dengan baik.

Anda cukup mengaktifkan fitur Wi-Fi laptop bekas tersebut lalu cek, apakah Wi-Fi dapat menemukan titik hotspot internet terdekat. Anda juga dapat melakukan pengujian koneksi Wi-Fi dengan memanfaatkan fitur tethring dan portable hotspot pada perangkat smartphone.

Tes Fungsi Kamera Laptop

Pengujian atau tes kamera laptop dapat dilakukan dengan cara menjalankan kamera laptop bekas tersebut secara langsung. Jika kamera dapat dihidupkan dan menampilkan gambar dengan baik, ini artinya kamera masih berfungsi dengan bagus.

Jika penjual laptop mengatakan belum sempat mengecek drivernya, maka ada kemungkinan memang belum di install driver kameranya atau memang bermaksud lain dalam tanda kutip misalnya tidak jujur, bahwa kamera laptop tersebut sudah rusak.

Kroscek Harga Pasaran

Satu-satunya keuntungan dari melakukan kroscek harga pasaran laptop bekas yang ingin dibeli adalah mendapatkan penawaran harga yang sesuai. Harga laptop bekas turun sekitar 20% – 40% tergantung dari kondisi barang dan lamanya pemakaian. Apabila harga laptop bekas yang ditawarkan terlalu tinggi dari harga pasar. Sebaiknya pikirkan kembali untuk membeli laptop tersebut.

Pertimbangan Lainnya Sebelum Membeli Laptop atau Notebook

tips membeli laptop

# Pertimbangkan Kebutuhan Pemakaian

Agar dapat memiliki laptop yang ideal, maka Anda harus memperhatikan kebutuhan utama Anda terlebih dahulu. Akan digunakan untuk keperluan apa laptop baru atau bekas ingin dibeli nantinya. Laptop, umumnya terdiri dari tiga kategori populer, diantaranya adalah :

Laptop Untuk ngantor, Untuk kebutuhan – kebutuhan ringan seperti browsing, dengerin musik, nugas, atau sekedar memainkan game – game ringan saja. Tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi, cukup untuk memenuhi keperluan – keperluan yang berhubungan dengan office.

Laptop Untuk editing dan desain grafis, Kebutuhan Anda adalah berhubungan dengan grafik dan warna. Sesekali digunakan untuk kebutuhan word processing dan juga memainkan game tingkat menengah. Menggunakan laptop sebagai sarana hiburan sekaligus untuk kebutuhan kerja.

Laptop Untuk Gaming, Anda lebih banyak menggunakan untuk kebutuhan bermain game – game berat, dengan jangka waktu cukup lama, membutuhkan performa yang stabil, kualitas tampilan jernih dan tajam. Sesekali digunakan menonton film dengan kualis tinggi seperti blueray.

#Pertimbangkan Merek Laptop yang Ingin Dibeli

Saat ini ada banyak merek laptop yang tersedia dipasar untuk dipilih. Namun hanya beberapa merek saja yang dapat dinominasikan sebagai merek terbaik dan populer. Di Indonesia sendiri sedikitnya ada lebih dari 5 merek laptop terbaik yang bisa dipertimbangkan untuk dijadikan sebagai pilihan utama sebelum membeli laptop. Berikut merek laptop terbaik yang paling direkomendasikan :

1. Asus

Sebelumnya merek Asus hanya fokus pada penjualan produk motherboard saja. Setelah Asus mengetahui melihat bahwa minat konsumen untuk membeli laptop sangat tinggi dan menggiurkan. Asus akhirnya secara resmi memproduksi laptop asli buatan Asus sendiri.

Sementara itu, lini bisnis mereka dalam hal motherboard tetap dijalankan sampai hari ini. Hal ini membuat semu produk merek laptop Asus sangat bagus. Bahkan pada akhirnya Merek Laptop ASUS ini merambah ke smartphone juga.

Untuk jenis laptopnya sendiri kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan kamu. Merek laptop Asus memiliki banyak pilihan mulai dari yang murah hingga yang mahal. Tentukan saja sesuai selera kamu dan keuangan kamu.

2. Acer

Meski beberapa konsumen sempat menyebut Acer dangan kepanjangan “Awas Cepat Rusak”, hingga saat ini Laptop Acer tetap beredar luas dipasar, termasuk pasar Indonesia.

Acer memiliki keunggulan jaminan garansi produk yang lebih lama dibandingkan beberapa brand lainnya. Garansi resmi 3 tahun membuat laptop Acer ini menduduk posisi kedua setelah merek Asus.

Tidak hanya itu, Acer juga menawarkan varian laptop yang cukup banyak dan lengkap, sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Untuk produk-produk terbarunya juga sangat beragam dan sangat up to date. Sedangkan di seluruh penjuru dunia sendiri, Acer juga dikenal memiliki layanan support yang fast dan friendly.

Bagi anda dengan budget khusus atau terbatas, tapi menginginkan laptop dengan kinerja terbaik, anda bisa memilih merek laptop Acer.

3. Lenovo

Tidak ingin kalah dari Acer dan Asus, Lenovo juga ikut meramaikan pasar penjualan laptop. Terbukti dalam beberapa tahun terakhir mereka menggebrak dengan produk tablet YOGA yang murah tapi berkualitas.

Kehandalan dan kompatibilitas laptop Lenovo seri Yoga,  membuat brand ini sempat menempati penjualan terlaris dalam beberapa tahun terakhir belakangan.

Ada beberapa seri tablet dan laptop Yoga yang telah dipasarkan. Khusus untuk pembeli atau konsumen di Indonesia anda dapat mengetahui seluruh pilihan laptop Lenovo secara lengkap secara langsung melalui situs resmi Lenovo untuk Indonesia.

4. Dell

Dell di Indonesia terkenal melalui kerja sama perusahaan-perusahaan terbesar yang ada di Indonesia. Hampir sebagian besar perusahaan dan perkantoran menggunakan perangkat bermerek DELL.

Meski lebih fokus pada sektor corporate, brand DELL hingga saat ini tetap eksis dan tidak hilang dari peredarannya.

Dengan tingginya jumlah pesanan pada perusahaan-perusahaan, maka membuat DELL menjadi salah satu merek laptop yang patut untuk diperhitungkan. DELL tidak fokus pada penjualan retail melainkan sistem kuota.

Salah satu laptop Dell yang terkenal adalah Dell Inspiron. Tampaknya mereka ingin meng-inspirasi banyak orang dengan mengeluarkan laptop tersebut. Tapi memang ternyata benar, Dell Inspiron menjadi salah satu tipe best seller.

Untuk harga laptop Dell ini memang bisa dikategorikan tidak terlalu murah. Pasalnya mereka ingin membuat laptop yang benar-benar handal dan dipakai para profesional dan perusahaan. Jadi buat kamu yang memiliki dana terbatas, mungkin bisa memilih merek laptop lainnya.

5. HP

Mirip seperti DELL, Hp juga fokus pada penjualan ke perusahaan-perusahaan. Memang mereka melirik penjualan retail juga. Hannya saja tidak terlalu fokus penjualan retail karena pemainnya sudah banyak.

Sama seperti Acer, Asus dan lenovo, untuk HP sempat mengeluarkan Smartphone, tapi tampaknya tidak terlalu berhasil dalam penjualannya. Sehingga mereka kembali fokus pada perangkat komputer dan laptop serta printer. Untuk urusan printer tampaknya mereka adalah salah satu jawaranya.

Merek laptop HP ini sebenarnya salah satu yang sudah punya nama karena muncul diawal-awal munculnya komputer. Tapi karena fokus mereka pada penjualan corporate, maka tidak banyak orang yang mengetahui merek laptop ini.

Untuk harga merek laptop HP ini memang bisa dikategorikan menengah ke atas dikarenakan spesifikasi laptop mereka cukup tinggi. Dan salah satu produk unggulan Laptop HP adalah tipe Paviliun. kamu cari di website resmi mereka HP Indonesia.

6. Apple

Apple memang memiliki kemampuan yang luar biasa, desain, grafis dan lain sebagainya telah menempatkan produk Apple pada sebuah produk premium yang tidak mudah dijangkau oleh banyak orang. Ini tidak mengakomodasi orang-orang yang memiliki keinginan untuk maju.

Mereka menciptakan sendiri komunitasnya yang benar-benar mampu membeli laptop buatan mereka. Dengan begitu sudah menyeleksi orang-orang yang bisa membelinya.

7. Samsung

Samsung adalah salah satu brand laptop terkahir yang cukup mendapatkan tempat di hati para konsumen di Indonesia. Hampir sebagai besar hardware yang dipasang pada laptop Samsung dibuat sendiri oleh perusahaan ini. Ketersediaan aksesoris, hardware pengganti yang mudah didapatkan, juga menjadikan alasan mengapa brand laptop Samsung cukup diminati.

8. Thosiba

Toshiba punya sejarah yang bagus dalam pasar laptop tanah air. Hadir lebih dulu dari merek ASUS  ke Indonesia, laptop Thosiba benar-benar menawarkan kualitas dan performa yang handal dan bandel. Faktor inilah yang membuat brand laptop ini cukup direkomendasikan oleh banyak konsumen.

Penutup

Sekian beberapa tips membeli laptop yang bisa saya sajikan. Semoga semua tips yang sedikit ini bermanfaat bagi seluruh pembaca Klik Mania, dan dapat digunakan sebagai referensi tambahan untuk dapat memilih laptop terbaik berkualitas yang tahan lama.

Jika Anda sebelumnya memiliki pengalaman terbaik dalam membeli laptop, silahkan sampaikan pengalaman atau tips terbaik Anda melalui kolom komentar.

Terakhir, jangan lupa bantu juga yang lainnya yang ada di dunia ini untuk mengetahui panduan pembelian laptop dalam postingan ini, dengan cara menekan tombol share yang tersedia di bawah postingan ini. Salam teknologi.



Loading...

Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait