Membeli Rumah Lelang

Tips Membeli Rumah Lelang Dari Bank Dengan Harga Murah

Membeli rumah lelang termasuk dalam bisnis investasi, karena besar kemungkinan harganya murah. Biasanya rumah ini adalah hasil sitaan dari bank dikarenakan pemiliknya tidak membayar pinjaman dan sertifikat rumahnya dijadikan sebagai jaminan.

Biasanya pihak bank akan memasukkan properti hasil sitaan tersebut kedalam daftar lelang dan menjual dengan harga dari penawar yang paling tinggi. Tetapi Jika bank tidak berhasil menjual properti sitaan mereka melalui lelang, properti ini akan menjadi stok pihak bank.

Ini kesempatan kepada pemilik modal untuk membeli rumah lelang yang belum berhasil dijual, biasanya properti yang belum laku tersebut dimasukkan dalam daftar REO (Real Estate Owned) oleh pihak bank. REO sendiri dikelola oleh bagian aset manager bank dan dititipkan kepada Agen Properti.

Dari agen properti REO akan dimasukan  kedalam daftar stok untuk dijual seperti properti yang lain. Nah REO inilah biasanya lebih murah dari pada membeli properti langsung dari pemilik rumah.

Membeli Rumah Lelang

Membeli Rumah Lelang Dari  Daftar REO

Pihak Bank akan terus berusaha untuk mengurangi Stok REO sebagai upaya untuk memutar uang bukan dalam bentuk investasi berupa properti yang tidak laku jual. Terkadang pihak bank justru menawarkan insentif untuk segera mengeluarkan Stok REO.

Disinilah kesempatan pemilik modal untuk bisa membeli rumah lelang dengan harga murah, beberapa tips dibawah ini untuk mendapatkan informasi seputar REO.

  1. REO bisa ditemukan dalam daftar properti yang disebut MLS (Multiple Listing Service) Anda bisa mendapatkan informasi dari agen properti diberbagai wilayah.
  2. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar REO melalui situs web Bank, beberapa bank memasang daftar REO dilaman internet banking pada kategori hipotik dan penjualan rumah.
  3. Anda bisa mencari di dalam situs web jasa penjualan rumah sitaan. Beberapa jasa penjualan rumah sitaan meminta Anda membayar agar Anda bisa mengakses situs mereka, namun Anda bisa juga mencari dalam daftar situs web yang gratis.

Melalui Surat Persetujuan Kredit Dari Bank Yang Ingin Menjual REO

Dengan adanya surat persetujuan, proses pembelian rumah  lelang ini akan menjadi sangat mudah. Beberapa pemberi pinjaman mungkin akan menawarkan fasilitas pinjaman dengan opsi yang lebih sedikit, biasanya jika rumah yang ingin dibeli tidak mudah laku.

Loading...

Cari Tau Tentang Diskon REO

Biasanya harga REO yang ditawarkan sangat kompetitif di pasar properti, tetapi perlu diwaspadai juga karena harga diskon biasanya dijual dalam kondisi yang bermasalah dan akan banyak yang berminat membeli.

Sebaliknya, properti yang tidak bermasalah akan ditawarkan sesuai harga pasar yang mungkin tidak akan mepengaruhi pembelian REO. Disini Anda bisa mencari dengan harga yang paling rendah.

Bank ingin agar properti mereka cepat terjual, tetapi tidak mungkin menjual dalam hasil lelang jika harga terendah dari bank tidak tercapai, dan disinilah biasanya akan terjadi diskon.

Langkah Selanjutnya Menunggu Konfirmasi Dari Pihak Bank

Menawar harga REO berbeda dengan menawar harga properti pada umumnya. Sebagai contoh, pemilik rumah yang menjual rumah secara langsung akan lebih cepat menanggapi penawaran agar rumah cepat laku.

Berbeda dengan pihak bank, biasanya akan menanggapi harga REO dengan penawaran yang paling tinggi jika Anda bukan sebagai pembeli tunggal. Disini akan terjadi proses penawaran lagi, sehingga waktunya akan lebih lambat atau mundur.

Jika permintaan harga Anda disetujui oleh pihak Bank maka properti ini bisa menjadi milik Anda.

Opsi Permintaan Kredit Dari Properti Hasil Lelang

Anda juga bisa membayar properti dengan cara kredit, tentunya hal ini harus mendapat persetujuan dari pihak Bank dan harga baru yang ditetapkan. Opsi permintaan kredit ini berpatokan dari hasil harga persetujuan penjualan REO.

Baca juga : Tips Memilih Kartu Kredit Yang Pas Sesuai Kebutuhan.

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan atau membeli rumah lelang dari pihak Bank dengan harga murah.


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

    Avatar

    Muzaku

    ( - 01:12)

    saya suka nih, kalau beli-beli dengan harga murah .. niche tips nya bisa di praktekkan biar ngga sia-sia nanti kalau mau beli rumah lelang! 🙂

      Jesica Putri

      Jesica Putri

      ( - 06:57)

      Sip mas 😀

    Avatar

    Blog Konten

    ( - 01:10)

    boleh di coba tips nya .. kali aja nanti mau beli rumah lelang. 😀

      Jesica Putri

      Jesica Putri

      ( - 06:55)

      Boleh 😀

    Avatar

    Harus rajin-rajin hunting di situs web jasa penjualan rumah sitaan ya mba Jesica

      Jesica Putri

      Jesica Putri

      ( - 06:53)

      Betul mas, cari informasi ke agen properti bisa kok.

    Avatar

    Aree

    ( - 06:16)

    Terbaik tuan gani….info beli rumah lelong pun ada ilmu ya…$

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:59)

      Ini artikel sumbangan dari mbak jesica :D, kalau di Malaysia ada lelong juga ya Tuan Aree ? 😀

    Avatar

    Taufik

    ( - 04:22)

    Sip Infonya.. thank’s
    Salam Kenal..

      Jesica Putri

      Jesica Putri

      ( - 21:56)

      Salam kenal juga mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *