Membuat Puluhan Artikel dalam Sehari

9 Tips Membuat Puluhan Artikel dalam Sehari Layaknya Writer Professional

Tips Membuat Puluhan Artikel dalam Sehari – Sebagai seorang blogger, kita dituntut untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas dan informatif untuk pembaca. Kalau bisa, kita juga harus meniru teknik penulisan layaknya seorang writer professional agar pembaca senang dengan tulisan kita.

Namun tentu dibutuhkan konsistensi dan tingkat produktivitas tertentu agar bisa sampai pada titik tersebut. Namun kalau kita sudah terbiasa, maka membuat puluhan artikel dalam sehari pun akan terasa sangat mudah.

Pengalaman di bidang sastra dan tulis menulis juga sangat memengaruhi banyaknya artikel yang bisa dihasilkan dalam sehari.

Kita mungkin pernah membayangkan bagaimana caranya seorang writer professional mampu membuat puluhan artikel dalam waktu yang sangat singkat.

Kebiasaan, pengalaman, banyaknya kosa kata dan passion dari penulis juga turut mempengaruhi kuantitas artikel yang akan dihasilkan.

Semakin banyak pengalaman dan wawasannya dalam dunia tulis menulis, semakin banyak pula artikel yang dapat dihasilkan dalam seharinya.

Untuk merampungkan 10 artikel yang berkualitas biasanya kita akan membutuhkan waktu berhari-hari. Kalau pun bisa dalam sehari, kualitasnya tentu tidak akan sebagus ekspektasimu.

Bisa saja artikel yang kamu buat sangat dangkal, hanya 200 kata saja. Ini tentu kurang berfaedah, mengingat artikel yang berkualitas berisikan informasi berbobot dengan lebih banyak kata.

Loading...

Banyak juga para praktisi SEO dan content writer yang menyarankan untuk membuat kaya informasi dibandingkan konten yang dangkal.

Nah sampai poin ini, mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana seseorang bisa membuat puluhan artikel berkualitas dalam sehari. Kalau kamu ingin mengetahui caranya, simaklah beberapa tips berikut ini.

Membuat Puluhan Artikel dalam Sehari Layaknya Writer Professional

Membuat Puluhan Artikel dalam Sehari

1. Senangi Bidang Menulis

Menyukai bidang menulis sebenarnya menjadi pondasi utama agar kamu bisa membuat puluhan artikel dalam sehari. Kalau kamu tidak suka menulis, maka akan ada perasaan malas dan tidak bergairah.

Sekeras apapun usaha yang kamu lakukan hasilnya pasti tidak akan maksimal.

Lain halnya kalau kamu suka menulis, ditambah sentuhan kerja keras dan semangat belajar yang tinggi kamu bisa memproduksi tulisan-tulisan layaknya seorang professional.

Daya imajinasi dan kreatifitasmu juga akan meningkat seiring dengan bertambahnya pengalaman yang kamu miliki.

Kalau kamu dulunya memang kurang suka menulis, cobalah untuk menulis hal-hal yang kamu suka terlebih dahulu. Misalnya menceritakan pengalaman sehari-hari yang terkesan lucu dan patut untuk dikenang.

Tulislah sesuai dengan gaya bahasamu sendiri, jangan ikuti gaya bahasa orang lain.

Itulah beberapa trik membuat puluhan artikel dalam sehari yang dapat Anda coba. Sebenarnya tidak terdapat trik khusus atau spesial untuk hal ini.

Dengan membiasakan menulis secara serius pun tingkat kemampuan Anda akan bertambah dengan sendirinya. Semoga informasi teknik menulis konten di atas dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat.

2. Menanamkan Mindset Tanggung Jawab

Bukan hanya ibadah saja yang membutuhkan niat, membuat sebuah konten pun juga harus disertai niat yang matang.

Cobalah untuk menanamkan mindset bahwa konten yang akan dibuat sudah menjadi tanggung jawab yang harus dilakukan setiap harinya.

Jangan pernah menunda untuk membuatnya, cobalah untuk selalu menyelesaikan konten yang kamu targetkan.

Bukan hanya ibadah saja yang butuh niat, menulis pun juga niat. Tanpa niat, kamu tidak akan bisa menulis dengan tenang.

Cobalah untuk menanamkan mindset dan cara berpikir bahwa membuat artikel sudah menjadi tanggung jawabmu.

Lakukan setiap hari tanpa henti dan jangan pernah untuk menunda-nunda. Kalau kamu punya inspirasi, langsung tulis saja dan selesaikan!

3. Mencari Berbagai Referensi

Menulis artikel berkualitas sudah pasti memerlukan wawasan dari si penulis. Makin luas wawasannya, makin mudah pula menulisnya.

Apalagi kalau penulis tersebut menguasai topik tulisan tersebut, sudah pasti artikelnya akan cepat selesai.

4. Menambah Perbendaharaan Kosa Kata

Tidak berbeda jauh dengan poin sebelumnya, kamu juga harus upgrade kosa kata yang kamu miliki. Hal semacam ini akan memudahkanmu saat menulis konten nantinya, ibarat kata-kata itu bisa keluar dengan sendirinya dari kepalamu.

Kamu perlu berlatih sebisa mungkin untuk meningkatkan perbendaharaan kata yang kamu miliki. Sering-seringlah baca buku, majalah atau artikel berkualitas di internet agar kamu bisa menyerap kosa kata lebih banyak lagi.

5. Bahas Topik yang Sangat Disukai atau Dikuasai

Membuat puluhan artikel dalam sehari akan tampak lebih mudah jika menulis hal-hal yang kita sukai. Mungkin banyak yang menyepelekan hal ini, padahal sebenarnya menulis hal-hal yang kita sukai akan sangat menunjang penulisan artikel.

Kalau kita antusias terhadap suatu hal, berbagai ide dan inspirasi akan mengalir secara otomatis dalam kepala kita. Kondisi ini tentu saja akan memudahkan seorang penulis dalam membuat sebuah artikel setiap harinya.

Gairah dan tingkat semangatnya pun akan semakin tinggi karena dia menulis apa yang sangat dia suka dan kuasai.

6. Abaikan Teknik-Teknik Konten

Membuat puluhan artikel dalam sehari sebenarnya tidak perlu memikirkan teknik pembuatan konten yang njlimet seperti teknik SEO.

Hal semacam ini harus kamu kesampingkan dulu agar tidak menghambat proses pembuatan konten. Selain cepat, mengesampingkan teknik-teknik njlimet juga akan memudahkan otak untuk membuat alur konten yang lebih mengalir.

Jangan terlalu sibuk memikirkan banyaknya keyword, keyword diversity, anchor text atau apalah itu. Yang harus diutamakan terlebih dahulu adalah bagaimana artikelmu bisa selesai dengan cepat tanpa mengurangi kualitasnya.

Kalau poin-poin pentingnya sudah selesai, kamu baru boleh menggarap hal-hal yang lebih teknis semacam ini agar tulisanmu semakin bagus dan berbobot.

7. Asah Skill Mengetik Cepat

Untuk menghasilkan puluhan artikel setiap harinya, seorang penulis harus memiliki jari-jari yang cepat dalam mengetik.

Kalau tidak cepat maka deadline tidak bisa terselesaikan tepat waktu. Cobalah untuk selalu mengasah skill ini setiap harinya sampai kamu terbiasa.

Kalau saat ini kamu masih mengetik dengan 11 jari, maka sudah saatnya kamu beralih mengetik dengan 10 jari saja. Hafalkan posisi tombol keyboardnya agar kamu tidak bingung lagi menentukan tombol-tombol untuk menulis.

Semakin kamu hafal dan terbiasa dengan hal ini, dijamin skill mengetikmu akan bertambah cepat hingga 180 derajat. Kamu juga bisa mengecek seberapa cepat kamu menulis setiap menitnya melalui situs berikut ini.

8. Terus Menambah Pengalaman Menulis

Seorang penulis yang mahir tentu berkat kebiasaannya dalam menulis, entah apapun itu. Seseorang yang fokus pada apa yang disukainya biasanya akan berpeluang lebih sukses dibanding orang rata-rata.

Untuk latihan, cobalah untuk menulis artikel minimal 1 setiap harinya. Lakukan hal ini sampai 1 minggu ke depan lalu evaluasi apa saja yang harus diperbaiki. Minggu berikutnya tambah frekuensinya menjadi 2, begitu seterusnya.

Lakukan latihan ini dengan konsisten tanpa pernah absen sekali pun. Niscaya dalam beberapa bulan saja kamu sudah bisa merasakan perbedaannya.

Semakin sering kamu menulis konten, maka secara tidak langsung kualitas tulisanmu juga akan dengan sendirinya.

Kalau kamu mampu fokus hingga 10.000 jam, dijamin skill menulismu akan jauh lebih baik. Kalau sudah begitu, mungkin saja kamu bisa menulis artikel berkualitas hanya dalam waktu 30 menit saja.

9. Buat Target dengan Matang

Terakhir, buatlah target dengan matang dan detail. Latihannya mau seperti apa dan kapan harus bisa tercapai. Kalau tidak ada perencanaan yang jelas, biasanya kita akan gagal fokus dan kehilangan arah.

Dengan adanya perencanaan dan target yang jelas, kamu bisa action lebih semangat dibanding hari-hari biasanya. Contoh sederhananya seperti ini :

TARGET MENULIS 10 ARTIKEL/HARI DENGAN KONSISTEN!

  • Mulai latihan (1 artikel/hari) : 1 Februari 2018
  • Latihan tahap II (3 artikel/hari) : 1 Maret 2018
  • Latihan tahap III (5 artikel/hari) : 1 April 2018
  • Latihan tahap IV (7 artikel/hari) : 1 Agustus 2018

Target harus tercapai (10 artikel/hari) : 1 November 2018
Keterangan : Saya harus mengerjakannya sesuai deadline latihan. Setiap selesai menulis, saya akan memberi rewards pada diri sendiri minimal “saya hebat, saya bisa, saya luar biasa!”.

Sebaliknya kalau ada artikel yang kurang dalam 1 hari, saya akan push up 5 kali dan akan menulis artikel tersebut di hari berikutnya.

Terakhir, kalau saya tidak mencapai target saya pada 1 Agustus 2018 saya akan lari keliling desa satu putaran.

Memang cukup berat, namun kalau dilakukan sebenarnya mungkin saja. Seperti yang pepatah bilang, sesuatu yang besar dimulai dari langkah pertama.

Jadi, kalau kamu ingin membuat 10 artikel berkualitas setiap hari maka cobalah untuk menulis 1 artikel setiap hari terlebih dahulu. Kalau sudah terbiasa, lanjut ke level selanjutnya dan begitu seterusnya.

Baca juga:

Nah mungkin itu saja beberapa tips membuat puluhan artikel dalam sehari yang perlu kamu tahu. Sebagai penulis, kita dituntut untuk menghasilkan karya tulisan yang bermanfaat bagi pembaca.

Selain itu, sudah sewajarnya kita bisa membuat diri kita menjadi tumbuh dengan terus mengasah kemampuan menulis kita.

Jujur saja, saat ini saya belum bisa menghasilkan puluhan artikel berkualitas dalam seharinya. Saya baru bisa menulis sekitar 2-3 artikel setiap harinya dengan jumlah kata sekitar 1000-2000 tiap artikelnya.


Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *