Dasar dasar Blog

Tips Memilih Web Hosting Supaya Tidak Kecewa Dibelakang

Memilih web hosting yang bagus sangat penting untuk kelancaran sebuah website. Karena hosting adalah tempat semua file website disimpan. Jika terjadi gangguan pada server, secara otomatis website tidak dapat diakses, dan ini cukup merugikan terutama untuk jalannya sebuah perusahaan.

Apabila bisnis yang Anda kelola sebagian besar mengandalkan website, maka carilah layanan hosting yang dapat diandalkan. Saat ini cukup banyak hosting yang tawarannya cukup menggoda, dan ini membuat galau dalam menentukan sikap. 🙂

Untuk mengatasi kegalauan ketika akan menentukan web hosting yang paling tepat, mungkin tulisan singkat ini bisa menghilangkannya. Ini adalah beberapa petunjuk supaya Anda bisa lebih teliti ketika akan membeli hosting.

1. Harga Hosting

Untuk harga hosting biasanya hal yang pertama kali dilihat oleh kebanyakan orang. Tapi bagaimapun juga hal tersebut tidak perlu dijadikan sebagai penentu keputusan.

Memilih web hosting dengan harga yang paling murah belum tentu hasilnya akan memuaskan, terutama jika blog yang akan dibuat adalah untuk di monetize.

Jadi lihat terlebih dahulu fasilitas yang ditawarkan, baru setelah itu membandingkan harganya. Untuk melihat perbandingan antara hosting satu dengan yang lainnya dapat melalui HostMonk dan WHReveiws.

memilih web hosting

2. Teknikal Support 24 Jam

Untuk yang satu ini adalah hal yang cukup penting menurut saya, karena akan sangat berguna ketika website Anda tiba-tiba tidak dapat diakses. Jika ada teknikal support yang dapat dihubungi selama 24 jam akan sangat membantu.

Loading...

Meskipun masalahnya kadang tidak dapat langsung teratasi, setidaknya ada yang bisa Anda omelin lewat telpon. 😀

Saran saya setidaknya Anda bisa memilih web hosting dengan teknikal support yang bisa dihubungi selama 24 jam, baik itu lewat email, chat, atau telpon, dan balasannya cukup cepat.

3. Fitur Yang Diberikan

Selain dukungan teknis selama 24 jam, fitur yang kita dapatkan juga bisa jadi sebuah pertimbangan dalam memilih web hosting. Kira-kira apa yang membuat layanan hosting tersebut lebih spesial dari layanan lain.

Bisa dilihat dari data centernya seperti apa dan teknologi yang mereka gunakan, atau fitur backup data secara teratur. Jika Anda menemukan tawaran yang menarik dan akan menunjang kebutuhan Anda, pertimbangkanlah untuk menggunakan layanan hosting tersebut.

4. Hardware

Mungkin Anda harus menyempatkan untuk membaca bagian FAQ dari layanan hosting yang akan digunakan. Biasanya disana tercantum pertanyaan dan jawaban yang bisa dijadikan pertimbangan.

Contohnya server seperti apa yang digunakan, apakah servernya teknologi terbaru. Jika sebuah layanan hosting tidak memberikan informasi tentang hardware yang mereka gunakan, ada baiknya mencari hosting lain dengan dukungan hardware terbaru. Karena hal ini akan mempengaruhi performa dari website Anda nantinya.

5. Beli Hosting Gratis Domain

Sepertinya saat ini hampir semua web hosting memberikan gratis domain jika berlangganan hosting, dan ini kadang membuat pembeli main sikat saja. Padahal ada beberapa pertanyaan yang perlu diketahui jawabannya terlebih dahulu.

a. Siapa yang menjadi pemilik domain tersebut?

Biasanya untuk domain yang diberikan gratis karena berlangganan hosting tidak dapat dilakukan transfer domain begitu saja, artinya Anda tidak memiliki kontrol penuh. Jika Anda ingin melakukan transfer domain ke layanan lain, biasanya harus membayar terlebih dahulu senilai harga domain.

Tentu tidak ingin kan jika ternyata hosting yang digunakan sering mengalami masalah, sedangkan domain tidak bisa menggunakan hosting lain. Selain itu, untuk domain gratis akan aktif selama hosting yang Anda gunakan aktif.

Sebagai contoh, jika hosting yang Anda sewa adalah selama 6 bulan, dan tidak dilakukan perpanjangan pada bulan berikutnya, secara otomatis domain Anda juga tidak dapat diakses. Meskipun untuk domain memiliki masa berlaku selama satu tahun.

Jadi supaya tidak merasa kecewa terhadap layanan hosting, ada baiknya bertanya terlebih dahulu mengenai kontrol terhadap domain tersebut. Selain itu selalu membaca syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh layanan hosting bersangkutan.

b. Tanyakan Mengenai Perpanjangan Domain

Menanyakan syarat perpanjangan domain gratis dari hosting berbayar penting dilakukan. Biasanya ada perusahaan hosting yang memberlakukan gratis domain di tahun pertama saja. Untuk tahun berikutnya harus membayar perpanjangan.

Tapi ada juga layanan hosting yang tetap menggratiskan domain, dengan syarat tetap melakukan perpanjangan hosting.

Lebih baik bertanya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berlangganan hosting dengan gratis domain. Apakah memiliki kontrol penuh terhadap domain dan apakah untuk tahun berikutnya masih gratis.

Referensi : Mau Domain Gratis Selamanya? Silahkan Cek Disini

6. Gunakan Layanan Berbeda Untuk Domain dan Hosting

Untuk domain yang dihubungkan ke sebuah hosting, tidak perlu melalui layanan yang sama. Anda bisa menggunakan dua layanan yang berbeda. Karena tidak ada jaminan jika hosting tersebut berjalan dengan lancar nantinya.

7. Ketahui Batasan Bandwidth dan Disk Space

Sering kali untuk bandwidth dan disk space menjadi sebuah masalah dikemudian hari. Misalnya jika website Anda memiliki ribuan visitor dalam sehari dan menyimpan file untuk didownload. Sehingga dalam sehari sudah mencapai limit.

Jika hosting Anda sudah mencapai limit, pastinya tidak akan bisa diakses dan tentunya ini merugikan usaha Anda. Jadi sebelum memilih web hosting, tanyakan terlebih dahulu mengenai limit bandwidth dan disk spacenya.

8. Penyimpanan Unlimited

Biasanya banyak pelanggan yang merasa terjebak dengan tawaran hosting unlimited. Karena sebenarnya penyimpanan di server memiliki batasan, sehingga tidak benar-benar unlimited.

Kebanyakan orang yang melakukan order hosting, akan melewati bagian TOS atau ketentuan pelayanan dengan tidak membacanya. Padahal di sana terdapat informasi penting terkait apa yang akan kita dapatkan sebagai pelanggan dari layanan hosting.

Biasanya disana akan tertera mengenai penggunaan CPU, jika telah melebihi batas atau mencapai limit maka website akan di suspend. Pastinya semua layanan hosting sudah mencantumkan keterangan tersebut.

Jika Anda belum memahaminya, ada baiknya langsung menanyakannya ke bagian support mereka, untuk menjelaskan.

9. Ketahui Review Pelanggannya

Carilah informasi terkait layanan hosting yang akan digunakan. Anda bisa mulai mencarinya di search engine, contohnya dengan mengetikkan kata kunci “nama perusahaan <spasi> mengecawakan”, atau lainnya. Jangan terkejut jika banyak yang merasa kecewa.

Tapi, dari daftar review yang merasa kecewa dengan layanan sebuah hosting, tidak selalu harus dijadikan patokan untuk memutuskan berlangganan atau tidak. Anda bisa mengecek alasannya kenapa mereka tidak puas dengan perusahaan hosting tersebut.

Untuk memastikan lagi, Anda bisa bergabung di forum yang membahas seputar hosting untuk mencari pertanyaan yang sudah terjawab atau mengajukan pertanyaan, salah satunya adalah forum Diskusi Web Hosting.

Anda juga dapat melihat review tentang layanan supportnya seperti apa, apakah mudah untuk dihubungi. Terus waktu rata-rata balasan tiketnya berapa lama dan jika ada masalah apakah dapat langsung mereka tangani dengan baik.

10. Fitur Email

Untuk Anda yang akan menggunakan fitur email penting untuk menanyakan beberapa hal ke layanan penyedia hosting. Contohnya mengenai limit pengiriman email per hari, atau limit dalam sekali kirim email.

11. Kontrol Panel Yang Digunakan

Untuk dapat melakukan instalasi pada hosting, seperti menginstal WordPress, membuat akun emai, seting akun FTP, melakukan backup pastinya memerlukan sebuah kontrol panel.

Pada umumnya layanan penyedia hosting menyediakan kontrol panel berupa cPanel. Tentu panel ini sudah tidak asing lagi buat Anda yang biasa menggunakan hosting. Tapi tidak semua layanan hosting menggunakan cPanel ada juga yang menggunakan Plesk.

Jadi pastikan Anda sudah familiar dengan kontrol panel yang disediakan untuk menghindari kesulitan menggunakannya.

12. Memilih Web Hosting Yang Menyediakan Kupon

Supaya harganya lebih miring, Anda bisa mencoba kupon supaya medapatkan diskon. Untuk mencari kupon tidaklah terlalu sulit, karena sudah banyak web khusus yang menyediakan kupon hosting secara online. Untuk hosting lokal jika tidak menemukan kupon bisa langsung tanya supportnya lewat chat.

13. Masalah Backup

Silahkan untuk menanyakan mengenai backup file web Anda ke support mereka, apakah backup otomatis atau harus dilakukan secara manual oleh konsumen sendiri. Karena untuk perusahaan hosting kebanyakan menyerahkan masalah backup langsung ke konsumen, mereka hanya menyediakan server backup saja.

14. Gunakan PayPal Untuk Pembayaran

Gunakan PayPal untuk melakukan pembayaran supaya tidak perlu menunggu verifikasi pembayaran yang terkadang agak lama. Selain itu keuntungan metode pembayaran menggunakan PayPal bisa untuk transaksi di luar Indonesia.

15. Hindari Menyewa Hosting Jangka Panjang

Tidak sedikit web hosting menawarkan diskon yang cukup lumayan, dengan syarat menyewa hosting dengan jangka waktu sekian tahun. Misalnya jika menyewa selama 2 tahun akan mendapatkan diskon sekian persen. Tapi jika Anda belum mengetahui track recordnya, lebih baik untuk tidak melakukannya. Lain cerita jika layanan tersebut sudah banyak yang merasa puas.

16. Skalabilitas

Hal yang harus dijadikan pertimbangan ketika akan memilih web hosting adalah mengenai skalabilitas. Misalnya setelah satu tahun web Anda mengalami perkembangan jumlah pengunjung yang cukup signifikan.

Tentunya hal memerlukan sebuah hosting yang powerfull, karena jika hanya menggunakan sharehosting biasanya kurang maksimal.

Sehingga Anda perlu untuk berpindah ke layanan yang memiliki kemampuan lebih baik. Mungkin itu menggunakan VPS ataupun dedicated server. Jadi tanyakan terlebih dahulu apakah dilayanan mereka tersedia VPS atau dedicated server dengan proses transfernya yang mudah.

Biasanya untuk sebuah perusahaan hosting yang memperhatikan perkembangan website pelanggannya, tentu tidak akan mengesampingkan kebutuhan ini.

Pertimbangan memilih web hosting memang cukup penting ketika akan menggunakan hosting untuk jangka panjang. Dari ke 16 daftar yang sudah kita bahas pastinya tidak semua harus dijadikan patokan, yang terpenting adalah hosting seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan website Anda nantinya.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Penulis pemula yang ingin mencoba berbagi sedikit manfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *