Peluang usahaUlasan Bisnis

Strategi dan Tips Memulai Bisnis Cafe – Tidak Ada Kata Terlambat untuk Memulai

Memiliki rencana dalam memulai bisnis cafe adalah langah tepat. Sebab bisnis cafe sendiri merupakan bisnis yang tetap populer hingga saat ini. Dari sudut kota hingga ke pelosok daerah, usaha cafe sangat mudah untuk kita jumpai.

Hingga sampai saat ini, bisnis cafe masih ngetren dan booming. Tidak hanya untuk makan dan minum, cafe tentu sering dijadikan tempat nongkrong dan bercengkrama bagi kaulamuda. Atau mungkin tempat meeting dengan client.

Inilah alsannya mengapa bisnis cafe menjadi ladang bisnis basah bagi anda untuk memulai.

Perlu anda ketahui, Indonesia penghasil kopi dan teh terbaik di dunia dan kita pun harus bangga terhadap hal ini.

Selain itu, kita sangat berterima kasih kepada Pascal seorang bangsawan asal Armenia yang memulai menjual biji-biji kopi pilihan terbaik secara umum di Paris Prancis. Di sinilah perdagangan kopi dimulai.

Kata “caffe” dimulai dari bahasa Italia ketika italia mulai berdagang di Paris Prancis. Kemudian munculah bahasa baru yaitu “caffetaria” dari bahasa Mexican-Spanish untuk menyebut dari satu tempat usaha cafe tersebut.

Untuk memulai bisnis cafe, apa saja yang yang perlu anda perlukan. Di bawah ini, saya akan menjelaskan tips dan trik memulai bisnis cafe.!!

Strategi dan tips membuka bisnis cafe!! tidak ada kata terlambat untuk memulai

Lokasi

Saat anda akan menjalankan bisnis cafe, hal yang dipertimbangkan adalah lokasi. Lokasilah menjadi tolak ukur kesuksesan cafe anda.

Loading...

Selain itu, Apakah di situ memiliki banyak komunitas seperti: komunitas sepeda, komunitas musik, atau mungkin komunitas motor. Dan pastikan juga banyak kendaraan yang melintas saat malam hari.

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah kompetitor. Perhatikan kompetitor tidak begitu ramai atau menjamur.

Ingat, karena ini masih dalam permulaan dalam memulai binis cafe. Lebih baik jika di wilayah keramaian tetapi kompetitor hanya beberapa saja.

Desain Cafe atau konsep

Setelah anda mendapatkan lokasi untuk target market, selanjutnya adalah desain cafe. Anda harus bisa mempertimbangkan desain untuk usaha cafe anda.

Maksudnya, apakah disekitar lingkungan mereka dari kalangan menengah ke bawah atau sebaliknya. Buatlah desain cafe anda terlihat nyaman dan tidak begitu mewah juga tidak begitu sederhana.

Selain itu, yang harus dipikirkan adalah konsep. Dengan anda mempertimbangkan konsep yang matang, ini akan menjadi pemikat bagi para pelanggan nantinya.

Konsep nan rapi dan memikat akan menjadi sebuah cafeshop yang baik bagi para pengunjung.

Konsep sangat penting dalam menjalankan bisnis cafe dan juga memiliki aspek yang sangat luas.

Baik itu mengenai desain buku, seragam karyawan, furniture, presentasi makan dan minuman, desain interior dan eksterior, cara pelayanan yang baik, dsb.

Membuat Logo

Bagi sebuah bisnis seperti kuliner, logo juga tak kalah penting bagi sebuah cafe. logo telah diibaratkan dalam sebuah identitas dari berbagai bisnis.

Strategi Pemasaran

Dalam keberhasilan bagi sebuah usaha, strategi pemasaran pun juga harus anda terapkan. Beberapa yang harus anda pertimbangkan adalah masalah gaji karyawan dan marketer dalam meningkatkan penjualan untuk usaha anda.

Dengan gaji yang anda berikan harus sesuai dengan capability. Selain itu, dalam pengeluaran biaya marketing anda dapat bekerjasama dari pihak luar untuk promosi.

Misalnya: seorang marketer online, food blogger, memasang iklan di group Facebook atau memasang Facebook Ads dengan target pengunjung hanya sekitar kota Anda.

Anda pun dapat mengeluarkan biaya sponsor event atau aktif dalam bazar jika anda ingin bekerjasama dengan pihak luar. Ingat, konsisten dengan budget itu sangat perlu.

Dibawah ini, saya akan memberikan sebuah gambaran dan rincian analisis modal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis cafe.!!

Memiliki Wifi Hotspot (wajib)

Sehebat apapun desain dan konsep anda, selezat apapun makanan dan minuman kalau tidak ada hotspot jangan harap pelanggan akan balik lagi dan di pastikan usaha anda akan bubar.

Perlengkapan

  • Gelas pengaduk Rp50.000
  • Kompor Rp360.000
  • Alat saji kopi Rp200.000
  • Penyeduh dengan kertas filter Rp120.000
  • Penyeduh kopi sederhana Rp250.000
  • Saringan ampas kopi Rp325.000
  • Ketel Rp130.000
  • Pengocok krim Rp130.000
  • Alat penggiling kopi Rp300.000
  • Penyeduh bersaring Rp1.100.000
  • Meja dan kursi Rp700.000
  • Aksesori Rp500.000
  • Etalase Rp 6.000.000
  • Gaji pegawai per orang Rp1.500.000
  • Cangkir dan peralatan lain Rp700.000
  • Sewa Bangunan/Toko 1 tahun Rp 10.000.000
  • Biaya tak terduga Rp. 4.000.000
  • Wifi Hotspot Rp 3.000.000

Perkiraan Anggaran: Rp 28.785000

Mudah-mudahan itu menjadi sebuah inspirasi bagi anda yang ingin memulai usaha cafe. Angka-angka yang di tulis hanya sebuah Estimasi dalam pengeluaran bisnis cafe. Tergantung wilayah dan lokasi anda saat ini.



Loading...

Baca selengkapnya

Suka nongkrong

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button