memulai bisnis kuliner

4 Tips Memulai Bisnis Kuliner yang Penting Diketahui

Tips memulai bisnis kuliner  – Bisnis kuliner dapat dikatakan sebagai salah satu jenis bisnis yang banyak menarik perhatian para pelaku bisnis. Prospek keuntungannya yang cerah berdasarkan minat ataupun kemampuan konsumsi masyarakat yang terus meningkat adalah alasan utama. Mengapa jenis bisnis sangat hits bukan hanya di Indonesia bahkan hampir semua negara?

Namun, disamping prospeknya yang cerah, persaingan yang ketat juga menghiasi ranah bisnis kuliner. Hal tersebut menuntut para pebisnis kuliner ataupun anda yang ingin memulai bisnis kuliner harus inovatif dan kreatif dalam pengembangan bisnis kuliner anda.

Nah, untuk anda yang kiranya memiliki rencana besar untuk membangun bisnis kuliner. Ada baiknya jika anda mengetahui beberapa tips memulai bisnis kuliner berikut ini:

Konsep yang Unik dan Tidak Biasa

reserved

Untuk memulai bisnis kuliner Anda harus menerapkan konsep yang menarik. Saat ini, selain rasa kuliner yang anda tawarkan pada konsumen anda. Konsep adalah hal penting lain yang harus anda miliki.

Konsep yang menarik akan dapat menjadi daya tarik yang akan mendatangkan konsumen untuk bisnis kuliner anda. Sederhananya, konsep yang anda terapkan atau pilih untuk bisnis kuliner akan membuat konsumen anda merasa penasaran dan ingin mencoba kuliner anda.

Di Indonesia sendiri, tidak sedikit bisnis kuliner yang menggunakan konsep-konsep yang unik dan tidak biasa. contohnya  Hospitalis Restaurant & Bar di Jakarta yang terkenal dengan konsep makan dan interiornya yang bernuansa rumah sakit.

Contoh lain adalah Nanny’s Pavillon Home di bandung yang dikenal sebagai kafe dengan interior yang bernuansa sweet. Rumah Makan Inggil di Malang yang menawarkan suasana museum seni dan masih banyak bisnis kuliner lainnya yang berhasil mencuri perhatian melalui konsepnya.

Loading...

Untuk itulah, memilih konsep yang unik dan juga tepat harus anda jadikan salah satu hal yang anda pikirkan dalam memulai bisnis kuliner.

Menentukan target pasar anda

Masih membahas mengenai bisnis kuliner, yang harus anda ketahui adalah menentukan target pasar dari bisnis kuliner anda. Jika bicara mengenai target pasar dalam bisnis kuliner, target pasar untuk bisnis ini dapat dikatakan sangat luas. Untuk itulah, sebelum memulai bisnis kuliner anda, spesifikasi target pasar adalah poin lain yang harus anda lakukan.

Sebagai contoh sederhana dari spesifikasi target bisnis kuliner yang dimaksud sebelumnya adalah jika anda mendirikan kafe yang berada di sekitar kampus, maka jadikanlah mahasiswa sebagai target pasar utama anda. Sehingga, anda disarankan membuat bisnis kuliner yang dapat menarik perhatian mahasiswa. Misalnya dengan memberikan diskon untuk hari tertentu, menyediakan wifi dan lainnya.

Referensi lain : 3 Tips Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Jasa

Mencari lokasi yang strategis

memulai bisnis kuliner

Dalam membangun bisnis, lokasi amat mempengaruhi keberhasilan atau potensi bisnis termasuk memulai bisnis kuliner. Meskipun memiliki konsep bisnis kuliner yang menarik dan harga yang cukup bersahabat. Namun apabila lokasi bisnis kuliner anda terbilang jauh dari jangkauan atau aktifitas konsumen, maka hal tersebut akan sangat percuma.

Untuk itu, sebaiknya anda mencari lokasi yang kiranya dekat denga pusat keramaian/ aktifitas  seperti dekat pusat kota ataupun kampus.

Harga yang bersahabat

Harga dapat dikatakan salah satu hal utama yang dipertimbangkan oleh konsumen sebelum memutuskan untuk menikmati suatu kuliner. Mahal atau murah? Itulah yang pastinya terlintas di benak kebanyakan konsumen.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan bahwa memberikan harga terbaik untuk konsumen adalah salah satu tips memulai bisnis kuliner yang wajib anda ketahui sebagai pebisnis kuliner .

Dengan memberikan harga kuliner yang tidak memberatkan kantong, hal ini akan menarik konsumen untuk membeli produk kuliner anda dan dapat dipastikan bahwa bisnis kuliner anda pun akan perlahan menanjak.

Berkaitan dengan hal ini, anda yang ingin memulai bisnis kuliner sebaiknya mulai memperhitungkan harga yang ideal untuk setiap kuliner yang anda tawarkan. Selain itu, jangan lupa untuk tetap memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen anda.


Loading...

Bagikan

endarjulian

Penulis

Saya adalah penulis artikel online berstandar SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *