Dunia InternetPeluang usaha

Tips Menambah Semangat Kerja Sehabis Liburan yang Simple dan Efektif

Hai sobat klikmania, gimana kabarnya semuanya nih, semoga hari ini menjadi hari yang membahagiakan buat kita semunya. Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sedikit pembahasan mengenai tips menambah semangat kerja. Jadi bagi anda yang merasa akhir akhir ini tidak semangat dalam bekerja, bahkan produktivitas juga menurun, makan silakan ikuti terus pembahasan ini.

Liburan memang hampir berakhir, tapi karena waktu liburan yang sebentar saja, maka banyak orang yang merasa kurang puas. Apalagi bagi mereka yang tidak memaksimalkan waktu liburan sebaik mungkin. Selain itu, kadang anda pula merasa malas untuk masuk kerja kembali. Maka dari itu, anda harus membangkitkan semangat dalam diri anda, karena hal ini akan menjadikan anda bisa lebih baik saat sudah memasuki pekerjaan nantinya. Selain itu, anda juga akan lebih produktif jika memiliki semangat yang tinggi.

Ada banyak hal yang bisa dijadikan bahan bakar bagi jiwa kita untuk lebih semangat. Namun kadang antara satu orang dengan orang lain itu berbeda beda. Nah disini saya ingin memberikan beberapa hal yang bisa anda jadikan pacuan untuk lebih bersemangat dalam pekerjaan setelah liburan beberapa waktu yang lalu. Tips ini saya berikan secara umum, jadi anda bisa menerapkan hal ini untuk anda sendiri.

Tips menambah semangat kerja

menambah semangat kerja

Pada dasarnya yang menjadikan seseorang semangat atau tidak dalam suatu pekerjaan itu ada berbagai hal yang mempengaruhi. Mulai dari kecocokan dengan pekerjaan yang sedang dijalankan, hingga faktor kesadaran dalam tanggung jawabnya. Selain itu, kondisi fisik, lingkungan, rekan kerja maupun keadaan jiwa seseorang juga sangat mempengaruhi semangat kerja sesorang.

Memang sulit untuk mengubah hal tersebut. Misal kita bekerja di bagian keuangan, padahal kita tidak suka akan bagian itu. Maka kita tidak memiliki semangat positif untuk itu. Walaupun bersemangat, itu adalah hasil dari kesadaran akan tanggung jawab.

Jadi bagaimanapun juga, anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan tidak bersemangat kerja. Namun biasanya karena setelah liburan begini anda malas karena sudah beberapa hari tidak merasakan yang namanya pekerjaan, dan terlanjur di zona nyaman. Memang zona nyaman itu sangat mengasyikan, namun itu hanya akan membawa diri kita pada keterpurukan.

Langsung saja silakan simak beberapa hal dibawah ini untuk menambah semangat kerja anda.

1. Motivasi diri

Memotivasi diri sendiri mampu menjadikan diri kita lebih menambah semangat kerja. Bagi saya sendiri, cara ini adalah cara yang tergolong paling efektif daripada yang lainnya. Memotivasi diri sendiri bisa dilakukan dengan cara apapun, setiap orang memiliki cara tersendiri untuk memotivasi diri sendiri. Kalau saya sendiri bisa melakukan motivasi diri sambil meditasi yang diikuti dengan mengucapkan kata affirmasi. Kata kata affirmasi ini akan membentuk diri kita lebih baik lagi nanti.

Ada juga yang menyebut hal tersebut dengan nama self hypno. Karena kemampuan untuk mempengaruhi diri sendiri untuk berbagai tujuan, termasuk memotivasi diri sendiri. Memang jika kita bisa mengakses kondisi super sadar dalam diri kita sendiri, kita akan sangat mudah dalam mempengaruhi diri sendiri. Termasuk bisa menghilangkan segala kebiasaan buruk, dan berbagai hal yang menyangkut hal ini.

Seseorang yang mampu membuat dirinya lebih produktif itu berarti mampu menjadikan setiap pekerjaan yang mereka akan semakin produktif. Bahkan orang orang sukses dunia, mereka selalu menggunakan motivasi diri untuk membangkitkan semangat dalam dirinya. Nah anda pun dapat menggunakan cara ini, siapa tahu cara ini akan berhasil. Silakan anda coba sendiri dalam berbagai hal yang berkaitan dengan ini.

Misalnya saat anda merasa malas untuk bekerja, mulailah menasehati diri sendiri dan berbicara untuk diri sendiri, bahwa anda harus bekerja, karena dengan bekerja yang baik dan memuaskan, maka gaji juga akan naik. Jadi anda harus bisa memperhatikan dengan baik mengenai hal ini. Segeralah memotivasi diri sendiri disaat saat anda tidak merasa mood dengan pekerjaan anda.

2. Istirahatan diri sejenak

Bisa saja anda capek karena berbagai aktivitas sehari hari yang telah anda lakukan. Seringkali kesibukan itu akan membuat kita lupa akan waktu istirahat kita sendiri. Maka mulai dari sekarang yang harus anda lakukan adalah dengan cara mengistiratkan tubuh anda dengan tidur cukup dan jangan memaksakan kerja jika memang kondisi tubuh sudah tidak meyakinkan.

Setelah liburan rasa lelah selalu menghampiri, apalagi masih teringat jelas di benak anda dengan segala hal yang berkaitan dengan liburan itu. Jadi kadang kala, walau merasa lelah, mereka tidak mengindahkan untuk beristirahat, melainkan melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas pasca liburan, seperti membuat album foto, bersih bersih, dan berbagai jenis kesibukan lainnya.

Jika anda tidak mengistirahatkan diri untuk mengoptimalkan waktu sebaik mungkin, maka nantinya pekerjaan akan terhambat. Ini benar, karena pada dasarnya, seseorang akan melas melakukan sesuatu jika dirinya merasa lelah, letih maupun lesu.

Tidur yang cukup di malam hari mampu menambah semangat kerja pada pagi harinya. Orang yang kurang tidur akan menyebabkan kurang fokus, jadi kerjaan pun pasti akan terhambat. Jadi begitu pentingnya istirahat dengan cukup, maka anda perlu meluangkan waktu istirahat dengan cukup seperti saat setelah liburan kali ini.

3. Refreshing, minum kopi dan dengarkan musik

menambah semangat kerja

Yang poin nomor 2 diatas adalah mengenai tubuh atau kondisi fisik yang perlu diistirahatan, nah kalau yang satu ini lebih kepada jiwa atau pikiran. Jadi bukan hanya tubuh saja yang perlu diistirahatkan, namun jiwa dan pikiran kita juga perlu berisitirahat. Istirahatnya pun bukan dengan cara tidur, namun dengan refreshing.

Ya memang sih saat liburan anda sudah refreshing dan pikiran pun sudah begitu rileks. Namun saat hari hari sudah memasuki masa kerja, pasti pikiran akan kacau lagi dan gundah lagi saat harus dihadapkan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan kerja. Apalagi jika kerjaan itu mengandalkan pikiran, bukan mengandalkan otot, pasti semakin pusing pikiran anda. Betul bukan?

Anda juga dapat melakukan rileksasi pikiran dengan cara lain. Misalnya sebelum kerja minum secangkir kopi dengan ditemani dengan cemilan dan sambil mendengarkan musik. Hal ini sangat membantu diri anda untuk bisa membangkitkan dan menambah semangat kerja. Apalagi bagi anda yang masih teringat dan kangen sama suasana liburan, pasti hal ini akan bisa membantu memulihkan dan akan membuat lebih fokus terhadap kerjaan.

Ngeteh atau ngopi

Bagi kebanyakan orang, minum kopi memang bisa meningkatkan mood dan semangat. Bagi saya sendiri juga demikian. Namun karena saya alergi terhadap kopi karena asam lambung, maka saya lebih suka minum teh. Teh memiliki kandungan kafein 2 kali lebih rendah daripada kandungan kafein kopi. Nah kafein inilah yang mampu menjadikan diri kita bisa lebih rileks dan semangat. Kafein juga bisa melebarkan pembuluh darah, sehingga oksigen akan lebih mudah diditribusikan ke tubuh.

Selain kopi atau teh, mendengarkan musik juga bisa jadi sarana untuk membangkitkan semangat kerja seseorang. Hal ini memang benar benar bisa anda rasakan. Musik ini mampu mempengaruhi suasana hati seseorang. Maka dari itu, jika anda ingin lebih rileks dan bersemangat, maka dengarkanlah lagu yang memiliki nada semangat, jangan lagu yang sedih atau mellow.

Kalau saya sendiri, lagu yang bisa membuat lebih rileks itu adalah lagu “the best day of my life” karya American Author dan juga “Free” by Lenka. Mungkin anda sudah punya daftar lagu sendiri yang dapat menyemangati untuk menyambut hari hari anda. Silakan bisa anda gunakan cara tersebut.

4. Berhenti sejenak dari sosial media

menambah semangat kerja

Sebagian besar orang, jika habis liburan itu mereka selalu memamerkan apa yang mereka dapat selama liburan. Baik itu barang bawaan hingga berbagai momen momen yang diabadikan dalam sebuah foto. Dan pasti mereka suka menguploadnya ke sosial media, entah itu ke facebook, intagram atau lainnya.

Namun tanpa anda sadari, dengan kehadiran sosial media dalam hidup, itu akan membuat diri anda seakan akan menjadikan sosial media sebagai sesuatu yang sangat dibutuhkan. Bahkan bisa dikategorikan sebagai kebutuhan primer, karena bagaimanapun juga bagi sebagian orang tidak bisa hidup tanpa sosial media. Hal itulah yang membuat sosial media menjadi hal yang bisa bermanfaat bagi banyak orang namun juga bisa memiliki risiko.

Jika seseorang yang sudah tergantung pada sosial media, mereka akan sangat sulit untuk bisa terlepas dari hal itu. Sebenarnya saya sendiri juga sudah kecanduaan akan hal ini. Namun saya sadar bahwa dengan bermain sosial media yang berlebihan mampu membuat saya sendiri kurang produktif dalam pekerjaan, menjadi tidak semangat kerja bahkan bisa menyebabkan kita kehilangan pekerjaan itu sendiri.

Jadi untuk menambah semangat kerja sehabis liburan, maka anda bisa memanfaatkan sosial media sebijaknya saja. Karena kalau terlalu asyik dengan sosial media, malahan bisa berakibat buruk untuk diri anda dan pekerjaan yang anda tekuni.

5. Buat jadwal hari esok

Membuat jadwal juga bisa menjadi pilihan, karena dengan membuat inilah, kegiatan sehari hari kita jadi lebih terorganisir. Membuat jadwal juga dapat menjadi jembatan bagi kita untuk bisa lebih baik lagi dalam membuat segala aktivitas menjadi lebih efektif. Bagi saya sendiri, hal ini bisa jadi hal yang begitu ditumakan. Saya biasa membuat jadwal di malam hari untuk dilakukan di esok hari.

Memang membuat jadwal untuk hari esok itu tak menjamin dalam hal menambah semangat kerja seseorang. Hal itu mungkin tidak langsung terasa dampaknya, namun setidaknya dengan membuat jadwal itu maka besok akan membuat jiwa kita lebih siap untuk menghadapi hari esok yang mungkin terjadi. Jadi diri kita sudah tertata dengan baik.

Membuat rincian daftar hal yang harus dilakukan esok hari itu tidaklah sulit. Yang dibutuhkan itu sudah ada dalam pikiran anda sendiri. Usahakan dalam membuat jadwal itu dilakukan sebelum anda tidur. Karena sebelum tidur, otak biasanya tidak banyak pikiran dan bisa dengan mudah dalam berpikir, berhayal dan berimajinasi. Jadi dengan kondisi itulah anda bisa membayangkan sebaik mungkin mengenai apa saja hal yang ingin dilakukan pada esok hari.

Nah mulai dari saat ini, anda perlu membuat jadwal untuk pekerjaan. Apalagi di kondisi sehabis liburan semacam ini, dari yang tadinya tidak fokus, dengan membuat jadwal semacam ini maka akan menjadi lebih fokus lagi kedepannya. Dan hasil akhirnya, andapun akan lebih semangat dalam pekerjaan.

Baca : Cara Sukses Melakukan Tes Wawancara Kerja

6. Go Action

menambah semangat kerja

Mulailah pekerjaan anda saat waktu memang sudah seharusnya dikerjakan. Mulailah saat ini juga, karena apabila suka menunda, maka itu hanya akan membuang buang waktu anda saja nantinya dan malahan akan membuat anda malas melakukan pekerjaan.

Pada dasarnya, setiap orang itu malas dan tidak semangat melakukan pekerjaan apabila belum benar benar melakukan pekerjaan itu sendiri. Jika seseorang sudah mulai bekerja, dia justru akan terbawa suasana pekerjaan sehingga malas itu pun akan hilang dan menjadi semangat.

Saya sendiri pun sering mengalami hal ini. Jika saya suka menunda nunda pekerjaan dan berfikir bahwa nanti bisa melakukan itu dengan pekerjaan lain sekaligus, maka keduanya itu justru tidak akan bisa selesai dengan tepat waktu dan malah tidak rampung. Maka dari itu, jika saya mengulur ngulur waktu untuk melakukan pekerjaan nanti nanti, maka pekerjaan akan tidak beres. Mungkin anda pun sering mengalami hal demikian.

Lakukan walau tidak mood

Maka dari itu, mulailah pekerjaan segera saat ini juga, walaupun anda mungkin tidak memiliki mood baik. Karena jika melakukan pekerjaan nunggu mood baikan, maka itu akan membutuhkan waktu yang lama, dan bahkan itu bisa membuat pekerjaan terbengkalai. Contoh sederhananya itu adalah saat anda ingin bersih bersih rumah yang penuh kotoran di hari libur. Memang anda sudah merencanakan hal tersebut jauh hari, namun jika pada hari itu anda tidak segera memulainya dan memilih untuk tidur atau nonton TV, maka pekerjaan akan segera terbengkalai.

Apalagi sehabis liburan seperti ini. Maka anda mungkin belum memiliki mood yang baik walau telah merefresh dan menenangkan diri anda. Suasana liburan masih sangat kental. Mungkin anda merasa belum puas dengan waktu liburan itu sendiri. Jadi rasa malas dan suka menunda nunda pekerjaan itu wajar. Namun sebisa mungkin anda harus bisa mengatasi hal itu.

Intinya adalah jangan beranggapan ah nanti aja, sekarang mau santai dulu. Ah waktunya masih lama, mending santai dulu. Ah males banget, nanti aja deh. Atau berbagai kalimat kalimat lain yang sering diucapkan yang menunjukan sikap suka menunda. Percayalah, sikap suka menunda itu tidak akan membuat diri anda produktif, bahkan akan semakin memperburuk produktivitas pekerjaan itu sendiri.

Mulai sekarang, terapkan kesadaran untuk bisa bekerja dengan tepat waktu dan penuh akan semangat. Nah semangat itu tidak harus datang saat kita sedang merasa mood, namun justru sering datang saat kita mampu melawan mood buruk itu sendiri dengan segera mungkin memulai pekerjaan saat ini juga.

Baca juga : Cara Menghadapi Konflik Dengan Rekan Kerja

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai tips menambah semangat kerja sehabis liburan. Jadi jangan cuti mulu, nanti gaji dipotong gede. Tapi cobalah untuk bisa melawan berbagai hal yang menyebabkan anda tidak memiliki semangat dalam pekerjaan. Anda bisa mengikuti berbagai tips dan cara diatas untuk bisa menambah semangat kerja anda mulai dari sekarang.

Jadi kalau waktunya libur, maka manfaatkanlah waktu libur itu sebaik mungkin. Saat waktu kerja manfaatkan waktu itu sebaik mungkin. Karena kebanyakan orang menyesali hal yang sedang dilakoni karena di masa lalunya dia tidak menggunakan waktunya sebaik mungkin.

Semoga pembahasan mengenai tips menambah semangat kerja kali ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi yang unik dan mencari setiap harinya. Jika artikel ini bermanfaat, silakan share artikel ini agar yang lain juga mengetahuinya. Terima kasih.


Loading...

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close