Mendapat Pinjaman Bank

Tips Mendapat Pinjaman Bank Untuk Modal Usaha dengan Lancar dan Mudah

Halo pembaca Klik Mania, apakah anda saat ini ingin mengembangkan usaha yang anda miliki? Tetapi terbentur urusan modal dan belum tahu bagaimana mendapat pinjaman bank dengan mudah? Sebaiknya anda simak terlebih dahulu artikel ini.

Dalam suatu jenis usaha kita pasti memerlukan beberapa elemen agar usaha kita dapat berjalan seperti yang kita harapkan, salah satu elemen pokok tersebut adalah modal usaha.

Modal usaha ibarat bahan bakar yang harus selalu ada dalam sebuah usaha baik skala kecil maupun besar. Saat ini salah satu cara untuk mendapatkan modal usaha yang paling mudah adalah melalui pinjaman bank.

Namun yang perlu diingat, hendaknya anda harus bijak dalam meminjam. Jika memang roda bisnis anda berjalan lancar, anda bisa meminjam di bank.

Satu hal yang perlu diingat, jangan meminjam atau utang untuk membeli produk konsumtif. Hal ini selain merupakan pemborosan juga akan membuat tekanan liabilitas kita semakin besar, karena ada beban bunga yang harus dibayar setiap bulan.

Artikel terkait : Tips Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pemula

Walaupun saat ini banyak sekali produk-produk pinjaman kredit dari pihak Bank, anda perlu mempersiapkan diri dan mengenal terlebih dahul jenis-jenis pinjaman kredit yang ditawarkan. Kebanyakan kita datang ke Bank saat kita butuh atau arus cashflow bisnis kita mulai tidak sehat.

Tentu saja hal ini akan mempersulit kita mendapat pinjaman, karena bagi Bank meminjamkan uang kepada pebisnis yang roda usahanya mulai tersendat atau macet merupakan sebuah resiko besar. Karena berpotensi mengalami kemacetan dalam pengembalian cicilan bahkan bisa terjadi gagal bayar.

Loading...

Tips mendapat pinjaman bank

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya sebelum meminjam ke Bank perhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Pinjamlah ke Bank saat kita tidak membutuhkannya

Banyak pengusaha yang mengajukan pinjaman ke Bank pada saat sangat membutuhkan suntikan dana segar bagi usahanya. Hal ini merupakan suatu kekeliruan.

Pengusaha sekaligus Presiden Amerika Serikat Terpilih Donald Trump dalam buku karangan George H. Ross yang berjudul Trump Strategies for Real Estate, mengatakan “Seharusnya kita meminjam ke Bank pada saat posisi keuangan kita kuat. Pada saat itu, kita akan dinilai berisiko rendah oleh bank”.

Sedangkan menurut Robert T. Kiyosaki, seorang master marketing dunia. Meminjam uang ke bank saat tidak membutuhkan uang justru lebih mudah jika dibandingkan meminjam uang saat kesulitan keuangan.

Kenapa ? Karena orang yang meminjam uang ke bank saat tidak membutuhkan uang atau kondisi keuangan dalam bisnisnya sehat. Biasanya uang tersebut dipergunakan untuk pengembangkan usaha dan sejenisnya.

Apa artinya, roda bisnis sudah berjalan dan berkembang. Usaha seperti ini yang akan membuat pihak Bank tertarik karena sudah jelas menguntungkan dan relative aman.

2. Referensi peminjam uang yang kredibel

Jika anda mempunyai rekan yang sudah biasa meminjam uang dari bank dan dianggap kredibel oleh bank, anda harus mendapatkan referensi dari rekan anda tersebut. Anda harus menjaga kepercayaan dari rekan anda tersebut agar tidak mengecewakannya.

3. Bergabung dalam komunitas pengusaha dan perbankan

Usahakan untuk masuk dalam jejaring pengusaha dan perbankan, dan usahakan untuk memperkanalkan usaha atau bisnis anda tersebut.

Jika usaha anda semakin terkenal, hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan pihak bank kepada anda dan itu hanya bisa terjadi jika anda dan bisnis anda dalam jangkauan radar mereka.

4. Lakukan publikasi

Misalnya dalam bentuk infotorial atau iklan di berbagai media cetak atau internet, merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendorong lembaga keuangan mempercayai usaha anda.

Informasikan setiap gerak bisnis anda kepada media, misalnya pembukaan outlet baru, cabang baru, peluncuran produk atau penyelenggaraan kegiatan (event) tertentu.

Tentunya sesuaikan dengan anggaran biaya promosi yang anda miliki. Hal ini merupakan nilai plus bagi usaha anda dimata penyedia pinjaman kredit sehingga akan mempermudah kita mendapat pinjaman bank.

5. Mengikuti lomba/award

Saat ini banyak kegiatan lomba atau award yang ditujukan untuk jenis usaha seperti kegiatan Wirausaha Mandiri dari Bank Mandiri yang setiap tahun menyelenggarakan lomba bagi UMKM yang dinilai berpotensi dan pemenangnya berkesempatan untuk mendapat hadiah sejumlah uang dan pembinaan dari pihak Bank.

Dengan mengikuti kegiatan semacam Wirausaha Mandiri ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk memperkenalkan usaha anda dan juga mampu menarik perhatian terhadap usaha yang anda jalankan.

Pada gilirannya akan menambah kepercayaan pihak Bank kepada kita untuk mendapat pinjaman bank dan membiayai usaha anda.

Demikian beberapa tips bagaimana mendapat pinjaman bank sebagai modal usaha anda dalam mengembangkan bisnis ke depan agar lebih maju dan berkembang.


Loading...

Bagikan

muhfaiz

Penulis

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *