Mendapatkan Banyak Client

Tips Jitu Mendapatkan Banyak Client Bagi Para Freelancer

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo semuanya, kamu seorang freelancer? Tentunya temen-temen mau dong mendapatkan banyak client di setiap bulannya.

Saat ini, bekerja sebagai seorang freelancer memang sangat digandrungi banyak kalangan, khususnya anak-anak muda yang mungkin masih mengenyam pendidikan dibangku sekolah maupun kuliah.

Dengan kenyamanan yang bisa kita buat sendiri, kita bisa bekerja sebagai seorang freelancer dimana saja, entah itu di cafe kopi, di Wifi Corner, atau bahkan dirumah sendiri.

Bahkan saya pribadi mempunyai seorang teman online yang bekerja sebagai seorang freelancer, padahal dirinya sudah berkeluarga.

Itu artinya kemungkinan besar kamu bisa menjadikan sistem kerja freelance sebagai sumber mata pencaharian utama.

Nah pada artikel kali ini, Saya Malik Abimanyu, bakalan share sama kalian tentang berbagai macam tips supaya bisa mendapatkan banyak client untuk freelancer, Insya Allah.

Tapi sebelumnya mari kita buat kesepakatan, berikut kesepakatannya:

  1. Kamu perlu berdoa dulu sebelum memulai tips-tips yang akan saya paparkan dibawah ini,
  2. Kamu perlu berusaha semaksimal mungkin saat mengerjakan tips-tips yang saya paparkan dibawah.
  3. Kalau sudah berdoa dan berusaha tapi belum dapet yang maksimal, percayalah bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki.

Oke, bisa dimengerti? Okay let’s go.

Loading...

Fokuskan Pada Satu Bidang

Ada banyak bidang-bidang yang bisa kamu geluti, tapi mungkin hanya beberapa saja passion saja yang kamu miliki. Maka dari itu, cobalah untuk mencari passion apa yang tersimpan di dalam diri kamu, selanjutnya fokuskan untuk mendalami passion tersebut.

Contoh nih ya. Ada orang yang namanya Abdullah, dia seorang pengangguran, namun dia punya bakat design ilustrasi dan dia suka banget sama bakatnya tersebut. Nah dia bertekad buat mendalami bakatnya berupa design ilustrasi tersebut.

Lalu gimana sih caranya agar tau passion yang ada di dalam diri ‘saya’?

Setau saya begini, kamu coba mainin satu bidang aja dulu, kemudian kalau kamu enjoy dengan bidang tersebut, nah berarti kemungkinan besar passion kamu ada dibidang tersebut, gampang kan?

Setelah kamu sudah tau passion kamu, coba deh fokus buat memperdalam bidang yang kamu sukai.

Kamu bisa bertanya pada para mastah di dunia maya, atau mungkin gabung di forum-forum biar kamu bisa dapet ilmu banyak mengenai bidang yang kamu geluti nantinya.

Buat Portfolio yang Banyak

Tips Jitu Mendapatkan Banyak Client

Step kedua adalah dengan membuat portfolio yang banyak. Dengan kita membuat karya-karya yang banyak, tentu kemungkinan besar membuat para calon client kita menjadi yakin untuk meng-hire kita.

Usahakan karya-karya yang kamu tampilkan di web portfolio kamu adalah karya-karya terbaik milik kamu, jadi karya-karya milik kamu yang (maaf) kurang bagus sebaiknya simpan di laptop atau PC kamu saja untuk kenang-kenangan.

Kenapa saya sarankan untuk hanya menampilkan karya-karya yang terbaik saja?

Tujuannya agar para calon client menganggap kamu seorang pekerja yang memiliki karya-karya yang memukau saja.

Bayangkan ketika kamu juga menyisipkan karya kamu yang kurang bagus, maka kemungkinan besar si calon client akan beranggapan bahwa kamu kurang professional dalam bekerja.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat porfolio kamu sendiri.

1. Membuat website portfolio sendiri

Untuk menjaring dan mendapatkan banyak client bisa dilakukan membuat web portfolio secara mandiri. Artinya disini kamu memerlukan modal berupa hosting dan juga domain untuk membuat website portfolio.

Nah, untuk yang satu ini saya rekomendasikan, kenapa? Karena dengan kita membuat web pribadi seperti ini membuat kita bebas banned (kecuali banned dari provider hosting).

Kamu bisa membeli hosting di salah satu penyedia hosting rekomendasi saya, yaitu Domainesia. Nah disitu  kamu bisa membeli hosting maupun domain sesuai kebutuhan.

2. Menggunakan Layanan Milik Orang Lain

Maksudnya gimana?

Begini, jadi kita nantinya bakal mengunggah atau upload karya-karya kita di website orang lain yang memang website tersebut diperuntukan untuk dijadikan sebuah platform portfolio.

Misal nih ya, kamu seorang designer, kamu bisa memanfaatkan layanan dari Behance atau pun bisa juga Dribbble.

Kalau kamu seorang videography, mungkin seorang film maker, atau ahli dalam membuat motion graphic, kamu bisa menggunakan layanan YouTube.

Menurut saya bagus sih kalau misalkan kamu memanfaatkan web-web tersebut, karena memang nantinya karyamu akan dengan mudah dilihat orang lain.

3. Sering-Sering Kasih “Gratisan”

Oke, siapa sih disini yang gak suka sama yang gratisan? Di jaman now, mungkin ada banyak manusia yang suka sama gratis-gratisan, termasuk saya.

Nah, kamu bisa menggunakan metode yang satu ini untuk memikat para calon client. Jadi gini, misal nih ya kamu seorang designer UI/UX yang suka ngebikin design website.

Kamu coba bikin design website, kemudian kamu sebarin design kamu (maksudnya file mentahannya) kepada khalayak luas di internet, tapi dengan catatan harus GRATIS.

Agak sakit memang, kita udah capek-capek bikin karya, ngabisin modal banyak buat beli kuota internet, nguras ide buat ngebikin fitur-fitur baru, eh tapi dibagiin secara gratis.

Tapi yang perlu kamu tau, dengan kita membagikan secara gratis, peluang untuk mendapatkan banyak Client akan semakin besar.

Ketika kamu membagikan karya gratis, otomatis orang-orang akan tertarik, dan hal ini akan menjadi alternatif kamu untuk mempromosikan diri kamu supaya bisa dapet client baru dengan mudah.

Jadi nanti yang ada, kamu bakal didatengin sama si client, bukan kamu yang dateng ke client, hehe.

4. Perbanyak Network

Step yang ke-4 atau mungkin ini step yang terakhir, adalah dengan rajin-rajin memperbanyak temen atau networking untuk mendapatkan banyak client.

Kenapa? Karena dengan memperbanyak networking membuat kita saling bantu buat sharing-sharing lowongan kerja atau mungkin job-job yang bisa kita garap.

Nah untuk bisa dapetin banyak network, ada banyak cara juga. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk bisa dapetin temen atau network:

  1. Sering-sering ikutan seminar,
  2. Coba aktif di organisasi yang bermanfaat (khususnya agama Islam),
  3. Sering ikutan workshop yang ngebahas tentang hobi yang sama dengan kamu,
  4. Sering sharing-sharing ilmu di sosial media.
  5. Dll

Saya pribadi lebih suka poin yang ke-4, karena mudah banget dapeting network, tapi untuk poin yang lainnya juga penting loh, karena kita bisa ketemu face to face sehingga kita gak jadi ‘manusia internet’ terus.

Sebenarnya masih ada lagi nih tips untuk mendapatkan banyak client untuk freelancer yang bakal saya kasih tau, tapi nanti jadinya terlalu panjang artikel ini.

Oke, deh demikian artikel ini saya sampaikan, semoga dengan artikel ini, temen-temen semua bisa mempraktekkannya dan bisa mendapatkan banyak client, amin.

Oiya satu lagi nih tips dari saya, selalu doa dan usaha ya, karena dua hal ini penting banget buat kalian yang pengin dapetin job atau project dari client.

Sekian, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Loading...

Bagikan

Abdullah

Penulis

Hanya seorang muslim biasa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *