Blogging

Tips Mengatasi Jenuh Ngeblog yang Dapat Anda Coba

Hai sobat klikmania semuanya, gimana kabarnya, semoga hari ini menjadi hari yang membahagiakan buat kita semuanya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai tips mengatasi jenuh ngeblog yang mana semoga ini bisa menjadi suatu tips buat anda yang sedang merasa penat karena terlalu lama berada di depan komputer untuk ngeblog setiap harinya.

Pada dasarnya rasa jenuh, penat, bosan itu dialami oleh mereka yang bekerja dimanapun dan bekerja apapun. Namun kadangkala mereka karena mendapatkan tuntutan untuk bekerja dan bekerja maka hal itu akan menjadikan mereka seakan akan semangat terus bekerja, padahal rasa jenuh bekerja selalu menghantui setiap harinya.

Namun setiap orang sebenarya punya cara dan tips mengatasi jenuh ngeblog sendiri sendiri, ada yang menggunakan cara ini dia berhasil namun belum tentu saat dipraktekan ke orang lain itu akan berhasil.

Nah maka dari itu , disini saya akan memberikan beberapa tips mengatasi jenuh ngeblog secara umum. Jadi ini merupakan tips yang sering dilakukan oleh sebagian banyak orang di dunia ini.

Apa saja hal-hal tersebut? Sebelum masuk ke pembahasan selanjutnya, maka silakan terlebih dahulu untuk membaca berbagi penyebab dan tanda tanda kalau anda sudah mulai bosan ngeblog dibawah ini.

Penyebab jenuh dan bosan dalam ngeblog

mengatasi jenuh ngeblog

Ada beberapa penyebab anda merasa jenuh ngeblog, diantaranya adalah:

1. Rutinitas ngeblog

Yang dimaksud disini adalah dengan berbagai rutinitas yang terus menerus dilakukan tanpa diselingi berbagai hal yang lain. Sebenarnya bukan hanya tentang rutinitas semata yang terjadi para blogger, semua pekerjaan yang dilakukan secara rutinitas seperti halnya dilakukan oleh PNS seperti guru, pegawai kantor pemerintahan, kuli, buruhpabrik, dan lainnya.

Loading...

Jadi hal yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak membuatnya terlalu di porsir. Usahakan ya santai saja. Lakukan berbagai kegiatan yang bermanfaaat seperti menggunakan waktu luang bersama keluarga. Jadi saat waktunya week end atau waktu santai, ya usahakan gunakan waktu tersebut sebaik baiknya ya.

2. Kurang refreshing

Bagaimanapun juga, hal ini sangat membuat anda sangat jenuh. Karena dengan berbagai tuntutan dalam dunia blogging, mulai dari A sampai Z, maka mau tidak mau ya harus ada waktu untuk bisa lepas dari semuanya itu.

Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba refreshing, gak perlu mahal mahal, yang penting keluar rumah dan main bersama teman yang penting gak bahas blog itu sudah bisa menjad ajang refresing loh.. misal main voli di pantai bagi yang dekat pantai, mendaki gunung bagi yang dekat dengan gunung dan sebagainya. Ini bisa membantu untuk lebih fresh.

3. Kurang aktivitas fisik dan batin

Contohnya yaitu kurang olahraga. Karena terlalu lama duduk di depan komputer juga seringkali membuat jenuh. Hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara meregangkan tubuh anda dengan olahraga, main main dengan kawan, dan sebagainya. Setidaknya ini bisa menghilangkan sedikit kejenuhan.

4. Kondisi tubuh yang kurang fit

Kondisi fisik yang kurang fit ini, maka akan membuat anda lebih merasa kurang enak dalam melakukan berbagai hal apapun. Jadi ya bisa jadi masalah tersendiri buat anda semua yang mungkin sedang sakit, misalnya saat sakit yang ringan ringan aja, seperti flu, demam, masuk angin. Nah itu akan membuat anda malas ngeblog.

5. Masalah pada blog (trafik, uang)

Apa tujuan utama anda? Kalau tujuannya dari awal adalah ngeblog, maka akan sangat sulit bertahan untuk terus ngeblog kalau tidak mendapatkan uang. Ya bagaimanapun segala yang telah kita lakukan itu harus dihargai. Jadi kalau sudah mengorbankan banyak waktu untuk menulis namun hasil yang didapat tidak seberapa, maka ya jenuh deh ngeblognya.

Ini adalah seleksi alami, yaitu mereka yang punya banyak penghasilan dari blognya adalah meraka yang telah bertahan dari segala badai yang telah menimpanya. Karena pada dasarnya ngeblog itu tidak mudah, butuh banyak perjuangan. Jadi mau tidak mau ya harus ada modal yang kuat baik modal waktu, uang maupun tenaga.

Referensi lain : Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Banyak Blog yang Jadi Pertimbangan

6. Tidak mendapat respon yang baik

Mungkin anda tidak mendapatkan respon positif,baik dari pengunjung blog maupun dari orang sekitar. Hal ini seringkali terjadi. Karena pada dasarnya, mereka akan menggunakan berbagai hal yang berkaitan dengan penghasilan anda untuk menjatuhkan anda sendiri.

Misalnya kalau anda adalah newbie, kadangkala mendapatkan berbagai hal yang kurang baik dari mereka yang telah terlebih dahulu main blog. Bisa dengan mengatakan bahwa ngeblog adalah hal yang sia sia belaka, menanggapi konten artikel kita tidak bermutu dan sebagainya.

Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara menerima hal itu selapang bandara. Namun biasanya kalau ada orang yang menjelek-jelekan karya kita, menanggapi secara negatif, atau bahkan membuli kita, biasanya kita langsung down, semangat dan mood ngeblog langsung hilang.

Hal yang harus kita lakukan adalah dengan menjadikan itu semua sebagai penyemangat aja. Tugas kita selanjutnya adalah membuktikan bahwa kita juga layak menjadi blogger yang sukses.

Selain itu, kadangkala juga mendapatkan respon yang kurang baik di lingkungan masyarakat (bagi mereka yang sudah menghasilkan banyak uang dari blognya). Misal dengan berbagai fitnah dan tuduhan yang nggak nggak padahal cuma dirumah. Karena itu, kadang mereka juga sering nyambi menjadi kerja lainnya agar tidak disangka nggak nggak.

7. Kurang bersosialisasi

Sesibuk apapun menjadi blogger, sosialisasi itu penting. Karena dengan bersosialisasi ini, maka akan bisa mengurangi berbagai kejenuhan yang selalu menimpa kita. Kalau anda punya banyak teman, maka ngumpul bareng deh. Berbagi cerita, pergi refreshing, dan sebagainya. Ini akan menghilangkan berbagai kejenuhan yang ada.

8. Kurang pandai membagi waktu

Kurang pandai membagi waktu juga menjadi penyebab kejenuhan. Misalnya anda ngeblog sehari penuh, dan dilakukan tiap hari, maka ini akan cepat sekali membuat anda bosan ngeblog. Jadi harus bisa membagi waktu sebaik mungkin.

Kalau saat waktunya bersantai ya gunakan saja untuk bersantai. Gunakan waktu istirahat dengan baik, walaupun blogger identik dengan yang namanya begadang. Namun kebutuhan minimal 6 jam tidur setiap hari juga harus terpenuhi ya!.

Tanda-tanda seseorang mulai jenuh ngeblog

mengatasi jenuh ngeblog

Ada beberapa tanda yang bisa menunjukan kalau seseorang itu mulai jenuh ngeblog, jadi kalau anda mulai merasakan hal hal seperti dibawah ini, bisa dipastikan sudah mulai bosan dengan rutinitas ngeblog.

1. Kelelahan

Yang dimaksud kelehan di sini tidak hanya kelelahan secara fisik saja, melainkan kelelahan secara batin juga sering dialami. Dari kelelahan ini akan menjadi hal yang kurang baik bagi mood untuk menulis. Kurang bagus dalam menulis, bisa jadi itu karena faktor kelelahan ini.

Ngeblog adalah serangkaian aktifitas yang berhubungan dengan blog, mulai dari mengelola blog, membuat theme atau template yang bagus, membangun reputasi. Membangun relasi yang baik antar sesama blogger, dan mencari bancklink, dan sebagainya. Ini adalah salah satu hal yang sangat sangat membosankan kalau dilakukan secara terus menerus, dan mengakibatkan berbagai kelelahan.

Kelelahan fisik itu jelas, mulai dari bertatapan secara terus menerus di depan laptop atau komputer. Jari-jari yang selalu menulis dan kecapekan, badan pegal-pegal dan punggung capek serta beberapa kelelahan lain yang mungkin terjadi.

Untuk mengatasi jenuh ngeblog untuk masalah ini adalah dengan cara mencari beberapa solusi untuk menghilangkan lelah, misal dengan pijat relaksasi, olahraga dan sebagainya.

Kalau masalah capek atau lelah secara batin itu bisa terjadi karena suatu hal tertentu. Misalnya yaitu diakibatkan oleh blog itu sendiri, misalnya karena trafik yang tak kunjung naik, penghasilan yang segitu segitu saja, atau bisa saja diakibatkan akibat dari orang lain. Misalnya dari kritikan dai pengunjung, dan segaianya. Semua hal itu kadangkala membuat anda jenuh dalam ngeblog.

Jadi kalau anda mulai merasakan kelelahan secara batin maupun fisik maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara mengistirahatkan dan memanjakan diri anda. Hal ini agar anda bisa rileks dan lebih produktif lagi kedepannya.

2. Ide ide mulai buntu

Pernah gak anda mulai buntu atau seakan akan gak memiliki ide-ide lagi dalam menulis artikel, padahal biasanya saat menulis artikel akan langsung mengalir begitu saja tanpa perlu dipaksa. Nah kalau anda pernah merasakan kondisi seperti itu, atau justru sekarang sedang mengalaminya, maka ini bisa diakibatkan dari ide ide yang mulai buntu.

Memang, kejenuhan akan membuat anda mulai merasakan hal hal yang menjadi kurang baik dalam ngeblog. Misalnya saja yaitu karena anda merasa nggak memiliki ide maka membuat artikel yang aneh dan ngawur. Nah dari sini anda harus benar-benar memperhatikan untuk selalu membuat artikel dengan berdasarkan ide. Jadi kalau ide anda sedang buntu, maka jangan dipaksakan untuk tetap menulis, tapi coba istirahatkan dulu ya.

Ide memang bisa muncul darimana saja dan kapansaja, nah maka dari itu kalau anda menemukan sebuah ide yang luar biasa dalam suatu saat, maka segera tulislah. Karena bisa ide itu akan dibutuhkan dalam suatu waktu.

3. Tulisan sering typo

Percaya gak percaya nih ya, kalau sedang jenuh itu tulisan sering typo loh…. karena bagaimanapun juga, kelelahan fisik dan batin, pikiran yang sedang suntuk, ide yang gak bisa mucul, bad mood itu akan membuat tangan kita seakan akan salah mulu dalam memencet abjad. Karena hal ini akan membuat anda semakin kesal, ya kalau tulisan sering salah ini malahan akan membuat bad mood.

Typo atau kesalahan dalam penulisan, ini memang terjadi pada siapapun juga. Namun bagi mereka yang sedang jenuh ngeblog, ini bisa terjadi berulang ulang kali loh… jadi bagaimanapun juga ini akan menjadikan mereka si pembaca sulit memahami tulisan anda, maka alangkah baiknya untuk tidak menulis terlebih dahulu saat sedang typo.

Tips mengatasi jenuh ngeblog untuk masalah ini akan dibabar lebih lanjut dibawah nanti. Jadi simak terus.

4. Artikel tidak mudah dipahami

Ini bisa terjadi karena beberapa hal yang berkaitan dengan typo dan ide diatas. Dengan typo maka akan menjadikan artikel gak mudah dipahami, apalagi kalau orangnya kurang paham dengan bahasa kita,maka itu akan menjadikan mereka tidak bisa menterjemahkan maknanya. Selain itu, kalau ide ide sedang buntu, namun kita paksakan untuk menulis, maka yang terjadi adalah artikel sangat sangat bingung untuk dipahami.

Artikel gak nyambung, antara kalimat satu dengan yang lainnya. Hal ini karena orang yang sedang jenuh, maka kalimat antar kalimat, itu tidak nyambung, pikiran kemana, mana, jadi akan sulit dipahami.

Referensi lain : Tips Membuat Artikel yang Human Friendly dengan Mudah

5. Nulis terasa panjang banget

Ya, ini bisa terjadi karena rasa malas yang sedang melanda diri anda, jadi nulis paling baru 200 kata aja sudah kayak nulis 2000 kata. Bad mood juga bisa menjadi penyebab hal ini, karena bagaiamanapun sesuatu yang didasari atas dasar tidak suka, maka itu tidak akan berakibat baik terhadap perbuatan yang sedang kita lakukan.

Selain itu, bawaanya ingin tidur mulu deh kalau sedang jenuh, kalau dipaksa menulis ya gak bisa produktif deh, karena bagaimanpun sebenarnya mereka sedang malas dan sudah bosan dengan berbagai rutinatas yang telah dilakukan dalam ngeblog.

Mau menulis satu paragaraf saja itu sangat sangat malas, jadi kalau anda sedang dalam posisi ini,maka sebaiknya untuk segera mempersiapkan diri anda untuk melakukan berbagai aktivitas yang menghilangkan kejenuhan ngeblog.

Tips mengatasi jenuh ngeblog

mengatasi jenuh ngeblog

Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat anda bisa lebih produktif dalam ngeblog karena sudah tidak merasakan kejenuhan lagi dari berbagai rutinitas yang melalahkan.

1. Refreshing

Refresing ini bisa anda lakukan dengan cara membuat berbagai hal yang melupakan kejenuhan ngeblog anda, misal berkumpul bersama keluarga, berwisata, atau memanjakan diri anda dengan berbagai hal yang bisa membuat diri anda bisa lebih baik secara fisik maupun pikiran.

Hal ini intinya dilakuan dengan tujuan untuk menghihlangkan pikiran sementara yang berhubungan dengan ngblog, misalnya yaitu dengan menonton ke bioskop, bemain di pantai, mendaki gunung, atau melakukan hal hal seperti berkebun dan sebagainya yang menyenangkan.

2. Olahraga

Olahraga juga bisa menjadi hal yang terbaik buat anda lakukan karena dengan olahraga, maka diri anda akan lebih rileks dan akan lebih bugar. Karena apabila anda tidak rutin melakukan olahraga, maka badan akan merasa cepat capek, membuat badan tidak fresh, dan sering ngantuk padahal tidur udah cukup bahkan lebih dari cukup.

Atau anda bisa melakukan berbagai olahraga yang anda suka dengan rekan atau dengan keluarga anda sendiri. Misanlnya dengan cara berkunjung ke kolam renang, ngegym, bulu tangkis, sepak bola dan sebagainya, yang mana ini akan membuat anda merasa lebih nyaman lagi dalam menjalanin hidup anda.

Olahraga adalah tips mengatasi jenuh ngeblog yang bisa dibilang simple namun banyak manfaatnya, jadi lakukanlah setiap hari atau minimal 2 hari sekali selama minimal 15 menit tiap kali olahraga.

3. Pijat

Pijat bisa mengatasi jenuh ngeblog? Ya benar, dengan pijat relaksasi, maka tubuh kita akan lebih rileks. Jari jari juga lebih nyaman, sehingga tidak akan membuat anda selalu typo lagi dalam menulis. Dengan pijat juga membuat anda yang mungkin punggung dan lehernya sakit akibat terlalu lama menunduk, maka ini akan membuat anda merasa lebih nyaman.

Ini adalah cara mengatasi jenuh ngeblog yang instan, jadi kalau ingin relaksasi tanpa mengeluarkan terlalu banyak uang, maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara pijat relaksasi ini ya.

4. Berbaur

Berbaur atau bersosialisasi dengan orang lain adalah hal yang sangat diperlukan. Pada bahasan penyebab jenuh ngeblog diatas, kita tahu bahwa kurang bersosialisai juga merupakan hal yang membuat anda jenuh.

Misalnya selalu berada di rumah terus terusan, tanpa keluar rumah dan berbaur dengan orang lain, maka hal ini akan membuat anda cepat merasa bosan. Jadi kalau sedang week end, atau saat sudah penat, maka setidaknya keluar rumah untuk melakukan berbagai hal yang mungkin bermanfaat dalam mengatasi kejenuhan. Misalnya dengan jogging, ikut suatu komunitas atau hal lainnya. Ini banyak dampak positifnya.

5. Jangan main game di komputer

Dengan tidak bermain game di komputer baik game online maupun offline akan mengatasi jenuh ngeblog Anda. Ya mungkin bagi sebagian orang menyatakan bahwa dengan bermain game ini akan menjadikan lebih fresh, namun sejatinya ini membuat diri anda lebih stres dan jenuh. Terutama game yang mengandalkan pikiran, jadi ini akan membuat anda semakin jenuh.

Selain game, banyak juga yang menyatakan bahwa dengan terlalu aktif di sosial media sehingga rasanya sangat ketergantungan terhadap sosial media, nggak buka Facebook sejam saja rasanya sudah kayak 1 tahun. Sebenarnya blogger juga harus mengurangi aktivitas di dunia sosial media, terutama aktivitas yang hanya sekedar baca ini baca itu saja. Walau sebenarnya sosial media dan blogger adalah suatu kekuatan yang besar, namun jangan sampai anda terperday oleh hal tersebut.

6. Nonton komedi

Nonton komedi ini akan membuat anda lebih rileks, lebih merasa tenang dan santai. Ini adalah tips mengatasi jenuh ngeblog yang sering dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang sedang suntuk dan jenuh. Karena hal ini akan membuat anda semakin stabil emosinya.

Anda bisa nonton komedi di TV, youtube, dan sebagainya atau hanya sekedar membaca cerita komedi, namun jangan sampai keblabasan juga ya, karena biasanya kalau sudah suka nonton video komedi, maka akan ketagihan dengan video selanjutnya, terutama di youtube. Jadi ini harus diperhatikan oleh mereka para blogger, jangan sampai karena suka buka youtube kuota cepat abis jadinya nggak pernah update lagi. Jadi harus bisa membagi kuota sebaik mungkin.

7. Membaca buku

Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa dengan membaca buku maka anda akan semakin bisa mengendalikan kejenuhan. Mungkin buku tentang motivasi, pengalaman, pengetahuan dan lain lain. Terutama apabila membaca buku saat sebelum tidur, maka ini dapat membuat suasana hati lebih tenang.

Mereka orang orang sukses juga memilki kebiasaan membaca buku, walau internet sudah seperti perpustakaan raksasa, namun rasanya itu berbeda antara membaca buku dengan membaca ebook, walau sama sama isinya. Jadi sampai kapanpun, peran sebuah buku ini akan sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin mengubah hidup mereka lebih baik.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan penyebab jenuh ngeblog, tanda tanda seseorang jenuh ngeblog, dan juga tips mengatasi jenuh ngeblog, jadi apabila sampai saat ini anda masih jenuh dengan rutinitas ngeblog, maka lakukanlah beberapa hal di atas untuk membuat anda semakin baik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semuanya, jangan lupa selalu kunjungi blog ini setiap harinya ya, pasti banyak ilmu yang bisa anda dapatkan. Terima kasih….



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *