Tips Mengatasi Malas Ngeblog

Tips Mengatasi Malas Ngeblog yang Ampuh dan Cepat

Hai sobat klikmania semuanya, gimana kabarnya hari ini, semoga menjadi hari yang membahagiakan buat kita semua, nah pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sedikit info kepada anda semua pengunjung blog klikmania, mengenai tips mengatasi malas ngeblog.

Memang, kadangkala kita akan menjadikan diri sendiri sulit untuk bergerak dan melangkah karena rasa malas yang sulit untuk dikendalikan.

Siapa sih orang yang gak memiliki rasa malas, semua hal itu bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah rasa bosa dan jenuh. Maka alangkah baiknya bagi anda semua untuk membaca artikel sebelumnya mengenai Tips mengatasi jenuh ngeblog yang bisa anda coba.

Sebenarnya rasa malas ngeblog ini terjadi karena beberapa hal. Misalnya karena bosan, nggak ada ide, kondisi tubuh kurang fit, tidak ada kenaikan trafik dan earning, nggak hobi nulis, banyak kerjaan, bad mood, terlalu capek dan sebagainya. Nah itulah alasan umum mengapa seseorang itu malas ngeblog.

Lalu kalau anda penyebab malas ngeblognya apa?

Tips mengatasi malas ngeblog

Tips Mengatasi Malas Ngeblog

Dibawah ini saya akan menyajikan beberapa tips kepada anda semua tentang mengatasi malas ngeblog. mungkin ini bisa diterapkan dalam keseharian anda, terutama yang masih suka malas malasan ngeblog.

Langsung saja simak beberapa tips mengatasi malas ngeblog dibawah ini. Selamat membaca.

Loading...

1. Buat aturan untuk diri sendiri

Tujuan dari dibuatnya aturan adalah untuk membatasi diri sendiri. Dan selama kita hidup didunia ini, kita pasti selalu ada aturan, dan dari aturan itu kita bisa hidup lebih teratur, dan yang paling penting adalah, bisa meraih kebahagiaan suatu saat nantinya.’

Mungin karena ngeblog itu bukanlah suatu aktivitas yang berada dalam tekanan orang lain. Tak seperti penulis artikel dibeberapa media, yang mana harus menyajikan artikel yang cepat dan akurat kalau tidak gaji akan dipotong. Karena tidak dalam tekanan orang lain, maka bisa bersantai dan bermalas malasan.

Tidak seperti itu, walaupun ngeblog memang penuh kebebasan, namun bukan berarti kita bisa enak enakan begitu saja. Kita juga harus bisa membuat suatu aturan sendiri untuk diri kita sendiri. Karena kalau tidak, kita akan membiarkan lebih jauh untuk bermalas malasan.

Tidak ada perusahaan yang tidak membuat aturan, karena dengan aturan itulah akan tercipta kedamaian dan keamanan. Nah hal tersebutlah yang akan menjadikan mereka dapat meraih tujuan awal mereka. Nah anda pun demikian , untuk bisa mencapai tujuan maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mengatur diri sendiri.

Dengan aturan ini maka walaupun anda sedang malas, maka tetap saja akan menulis. Sama seperti mereka yang bekerja sebagai karyawan diperusahaan lain. Mereka pun walaupun malas, maka akan tetap saja berangkat kerja pagi pulang sore hingga larut malam.

Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan mulai dari saat ini adalah membuat aturan, melaksanakan aturan, membiasakan diri dengan aturan. Lalu kalau anda sudah terbiasa dengan aturan itu, maka anda bisa membuat sanksi terhadap diri sendiri.

Karena dengan memberi sanksi sesuai yang anda inginkan terhadap diri sendiri, maka akan bisa menepis rasa malas yang kadang hinggap di dalam tubuh saat mau ngeblog.

2. Buat jadwal ngeblog

Dengan membuat jadwal ngeblog, maka ini dapat mengatasi malas ngeblog dengan lebih terstruktur. Hal ini juga dapat dikombinasikan dengan nomor satu diatas. Jadi kita bisa dengan membuat aturan untuk selalu menepati jadwal itu. Jadi selalu konsisten terhadap apa yang telah di jadwalkan.

Memang dimanapun juga pasti ada jadwal. Misal di perusahaan, instansi, kantor pemerintahan, sekolah, pesantren semuanya ada jadwal. Dan sholat pun ada jadwal, kita tidak boleh meninggalkan satu jadwal pun setiap harinya.

Semua itu dibuat jadwal adalah bertujuan untuk menjadikan mereka lebih teratur hidupnya, nggak berantakan lagi. Karena dengan jadwal maka hidup kita akan lebih bermanfaat, karena tidak ada waktu yang berhamburan percuma. Efeketifitas kerja pun akan meningkat.

Dalam hal blogging kita pun perlu membuat jadwal, karena dengan jadwal inilah akan lebih efektif dalam ngeblog. Jadi tidak akan ada waktu yang terbuang percuma. Karena kalau sudah waktunya ngeblog, maka harus saat itu juga mulai menulis.

Karena ini merupakan suatu aturan, maka kita bisa juga membuat suatu hukuman kepada diri sendiri apabila mulai beberapa kali ngeblog tidak sesuai jadwal. Karena dengan inilah maka anda akan lebih cepat berkembang daripada blogger lain yang malas.

Sesuaikan kemampuan

Dalam membuat jadwal juga bisa menyusun sesuai kemampuan. Dan juga perhatikan apakah anda itu termasuk fulltime blogger ataukah part time blogger. Kalau fulltime blogger, maka harus ngeblog dengan minimal 7 artikel perhari, ya itu karena tidak ada pekerjaan lain selain ngeblog bukan?. Sebagai contoh:

Jam 7-9 = 3 artikel
Jam 10-11 = 1 artikel
Jam 13-15= 3 artikel

Nah dengan membuat jadwal seperti itu, maka akan lebih mudah dalam menulis nantinya. Selain itu juga bisa membuat lebih fokus terhadap blog. Tidak berbuat sesuatu yang tidak penting dan tidak bermanfaat.

Kalau anda seorang part time blogger, maka harus bisa membagi waktu sebaik mungkin, salah satunya juga dengan jadwal. Nah ini bisa dengan menentukan sendiri kapan harus nulis dan kapan harus bekerja. Kalau ada hari yang lembur, maka jangan buat jadwal ngeblog, kalau lagi libur kerja, gunakan sebaik mungkin.

3. Buat sebuah tujuan yang jelas dan ingat selalu

Membuat sebuah tujuan mengapa anda ngeblog dan senantiasa mengingatnya, maka hal itu akan menjadi suatu cara yang efektif untuk mengatasi malas ngeblog. Karena dari situlah kita bisa lebih mudah dalam lebih fokus terhadap blog.

Dengan selalu berpegang teguh kepada tujuan itu, maka akan lebih mudah dalam mengatasi malas ngeblog. Hal tersebut dikarenakan diri kita sendiri akan selalu sadar dan berkata dalam hati. Misalnya “ Masa iya saya ingin bisa gajian tiap bulan tapi saya malas malasan begini.”

Dengan hal itu, maka kesadaran dalam diri akan bertambah dan semangat ngeblog juga akan bertambah. Jadi bagaimanapun juga membuat tujuan baik tujuan dalam jangka pendek maupun panjang adalah kewajiban.

Memang tujuan seseorang berbeda beda antara satu hal dengan hal yang lainnya. Karena dengan ini, saya tidak bisa memberikan saran mengenai tujuan ngeblog. Misal tujuan kebanyakan ngeblog adalah untuk uang, untuk berbagi informasi, untuk cari pahala, sarana latihan menulis, sebaga kegiatan dari hobi.

Jadi jika diri kita masing masing sudah punya tujuan itu, maka yang harus dilakukan adalah dengan cara fokus untuk meraih tujuan itu. Mungkin kita harus membuat target yang nanti akan saya bahas pada poin selanjutnya.

Karena dengan adanya tujuan, maka kita harus bisa mengatasi malas ngeblog untuk bisa meraih target itu.

4. Buat target

Ya membuat target itu sangat perlu, karena pada dasarnya dengan membuat suatu target maka hal ini akan menjadi lebih terkoordinasi kerjanya. Misalnya hari ini tugas A harus selesai, maka mau tidak mau kita harus menyelesaikannya.

Nah yang perlu anda pahami adalah bahwa dalam membuat target itu harus disesuaikan dengan kemampuan kita. Jadi tidak usah muluk muluk ingin ini dan ingin itu. Karena hal ini akan mengakibatkan lebih tertekan dan malah tidak dapat mengatasi malas ngeblog.

Membuat target ini bisa mempertimbangkan seberapa sibukkah kita dan seberapa cepat menulis artikel. Misalnya kalau anda tidak bisa menulis 10 artikel perhari mungkin karena keterbatasan. Baik keterbatasan secara fisik maupun keterbatasan ide. Maka anda jangan memaksakan diri untuk membuat 10 artikel.

Dalam membuat target anda bisa membuatnya dengan sedikit keluar dari zona nyaman, tapi tidak keluar dari zona kemampuan. Misalnya anda dengan mudah sekali dalam menulis 5 artikel perhari, namun tidak bisa menulis hingga 10 artikel perhari. Maka cobalah untuk bisa berusaha lebih keras lagi. Jadi anda menulis hingga 8 artikel perhari.

Karena kalau kita tidak keluar dari zona nyaman dan selalu ingin enak enakan saja, maka kita akan memiliki banyak pesaing. Namun saat kita berusaha lebih keras lagi namun masih dalam batas kemampuan, maka kita selangkah lebih maju dari lainnya.

Manfaat membuat target juga bisa membuat diri kita semakin produktif. Jadi hal ini bisa digunakan untuk mengatasi malas ngeblog, karena selalu dihadapkan untuk bisa mencapai target. Oleh karena itulah tidak ada waktu buat kita untuk bermalas malasan.

5. Baca artikel tentang kisah blogger sukses

Tips Mengatasi Malas Ngeblog

Hal ini akan membuat diri anda termotivasi serta dapat menghilangkan bad mood. Ini sering saya sharing dengan berbagai teman blogger. Bahwa dengan membaca kisah perjalanan para blogger dari nol hingga mereka sukses maka bisa memicu motivasi diri sendiri.

Dari berbagai motivasi dan inspirasi dari kisah sukses mereka, maka kita lebih tergerak hatinya untuk bisa seperti mereka. Sebenarnya kita bisa dengan mudah mengatasi malas ngeblog dengan cara ini. Terutama setelah membaca hal ini, karena kita tahu bahwa mereka yang telah sukses pun butuh perjuangan yang ekstra. Masa kita yang baru memulai saja sudah malas-malasan.

Membaca berbagai kisah blogger sukses juga mampu menghilangkan bad mood, karena bad mood inilah yang sejatinya menyebabkan malas dalam melakukan banyak hal. Nah motivasi itulah yang mampu menyingkirkan bad mood dalam diri kita sehingga bisa mengatasi malas ngeblog.

Sebenarnya bukan kisah sukses mereka para bloger saja loh. Mereka yang sukses di bidang lain pun bisa menjadi motivasi bagi diri kita sendiri. Karena pada dasarnya, kita jadi ingin seperti dia, maka dari itu perjuangannya pun harus kita ikuti.

Melihat seseorang itu sukses itu jangan hanya dari luarnya saja, jangan dilihat dia enak sekali hidup sukses. Namun lihatlah susah payahnya saat dia mencapai kesuksesan itu. Karena dari situlah kita bisa belajar dan mendapatkan motivasi.

Referensi lain : Perjuangan Pete Cashmore Menjadi Salah Satu Blogger Terkaya di Dunia

Dan dari motivasi kepada diri sendiri yang kuat, maka anda pun dapat mengatasi malas ngeblog dengan mudah.

6. Semua berawal dari rutinitas

Kegiatan yang dilakukan secara rutin itu menjadi suatu kebiasaan. Jadi kalau anda sudah terbiasa menulis setiap harinya, maka akan dapat mengatasi malas ngeblog dengan mudah. Berbeda dengan mereka yang tidak memiliki rutinitas, maka akan sangat malas untuk melakukan kebiasaan itu.

Memang untuk menjadikan sesuatu sesuai dengan rutinitas, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan cara memaksa diri kita sendiri. Ya, dengan cara inilah kita bisa melakukan hal yang rutin. Karena kalau hanya mengikuti rasa malas, maka tidak pernah bergerak dan berusaha.

Dengan rutinitas yang dilakukan secara kontinyu itu maka akan tercipta suatu rasa ingin mengulangi kegiatan itu. Karena kalau tidak rasanya seperti ada yang kurang. Jadi mulailah ngeblog dari hobi, dari hobi akan timbul rutinitas, dari rutinitas akan timbul kebiasaan.

7. Mulai menulis dari yang anda suka

Memang ada yang bilang menulislah dari yang anda sukai, karena dari satu kata bisa menjadi ribuan kata. Memang itu benar, karena dengan menulis tentang materi yang kita pahami dan kita sukai, rasanya tidak ada habis habisnya.

Berbeda dengan mereka yang menulis dengan materi yang tidak mereka kuasai, maka akan sangat kesulitan nantinya. Maka dari itu, anda bisa menulis yang berasal dari hobi, karena dari situlah anda ingin mengulas lebih banyak lagi mengenai hal tersebut.

Dengan menulis tema atau materi yang dikuasi dan disukai, maka itu dapat mengatasi malas ngeblog. Misal seseorang suka tentang sepak bola, maka ia suka sekali menulis tentang wawasan sepak bola. Karena dia tahu dan suka maka ia tidak malas dalam menulis.

8. Action

Tanpa action justru membuat anda semakin malas. Benar sekali, karena dengan langsung bertindak tanpa berpikir banyak justru kita tidak akan malas.

Mungkin hal yang sering kita lakukan adalah malas untuk bangkit dan memulai. Padahal saat kita sudah memulai, dan kita memiliki passion disitu, maka kita mudah dalam melakukan sesuatu. Sepertinya segala sesuatu berjalan dengan lancar tanpa ulah tangan kita.

Dengan action ini, maka kita bisa mengatasi malas ngeblog. Ya memang sebelum menulis itu rasanya malas. Tapi cobalah untuk mulai bertindak dan mencoba, pasti akan mudah sekali menemukan berbagai ide menulis. Dan selain itu, anda pun bisa mengatasi malas ngeblog.

Intinya kalau tetap malas, maka paksakan diri untuk menulis. Jangan membiarkan diri kita diperbudak kemalasan, karena kita tak akan bisa maju nantinya. Selain itu dengan target juga akan membuat kita bisa action terus. Misalnya saya tidak akan berhenti menulis sebelum selesai setengah dari artikel ini. Maka hal itu akan membuat anda terus action sampai menyelesaikannya.

9. Coba kopdar antar sesama blogger

Tips Mengatasi Malas Ngeblog

Dengan kopdar atau kopi darat yaitu ngumpul dan nongkrong bareng, maka kita bisa berbagi pengalaman, menambah motivasi, memiliki banyak teman, tidak stres. Dan yang terpenting adalah kita bisa mengatasi malas ngeblog.

Ya benar, biasanya acara kopdar kan ada suatu hal yang dibahas bareng mereka. Nah disinilah kita bisa menyelesaikan suatu masalah bareng bersama mereka. Saling curhat tentang ini dan itu sehingga kita bisa lebih semangat lagi.

Maka dari itu kalau anda sedang merasa malas ngeblog, cobalah ajak teman blogger satu daerah untuk berkumpul bareng. Maka anda pun bisa lebih semangat lagi nantinya.

10. Pilih tempat yang tidak biasa namun nyaman

Mungkin kita ini sudah terbiasa untuk menulis dan menjalan aktivitas ngeblog di kamar. Ya bukan, cobalah untuk beranjak ke luar dan bawalah laptop. Mungkin disana bisa saja akan menemukan banyak ide dan mudah dalam mengatasi malas ngeblog yang sedang diderita. Karena dengan menulis ditempat yang berbeda itu akan tercipta pengalaman yang berbeda.

Cobalah untuk mencari tempat yang nyaman disekitar tempat tinggal kita. Bisa pergi ke taman, kafe, dan sebainya. Atau bisa pergi kerumah teman dan belajar ngeblog bareng bersama mereka.

Hal ini bisa anda lakukan di tempat yang ada wifi, atau bisa menggunakan modem. Yang penting ada kemauan ada laptop/smartphone, dan ada jaringan internet. Yang penting nyaman dilihat oleh orang lain dan nyaman walau banyak orang lain.

11. Minum kopi setengah jam sebelum blog

Ini yang sering saya lakukan kalau uring-uringan ngeblog. Nggak tahu hal ini bisa berfungsi dengan baik bagi diri anda atau hanya work pada diri saya sendiri. Jadi bisa coba sendiri saat nggak nafsu dan malas ngeblog.

Mungkin karena kandungan kofein yang tinggi dalam kopi, akan membuat pembuluh darah melebar, sehingga oksigen akan lebih banyak tersalurkan ke otak. Jadi ini bisa membuat anda tidak merasakan kantuk lagi. Selain itu pula anda bisa lebih fresh dan bertenaga.

Mungkin dari situlah saya merasakan lebih baik setelah minum kopi, ya setidaknya reaksinya antara 10 menit hingga setengah jam. Jadi lebih semangat lagi untuk ngeblog. Jadi bagi anda yang merasa ngantuk, malas dan nggak semangat, coba deh minum kopi terlebih dahulu sebelum ngeblog. Siapa tahu merasakan hal yang sama dengan saya.

Mungkin ada juga yang alergi kopi, seperti penderita magh, mungkin anda termasuk juga. Jika ya, maka bisa dengan mengganti kopi dengan teh, karena saya pernah membaca bahwa kandungan kafein dalam teh itu setengah kalinya dari kopi. Jadi silakan buktikan sendiri ya.

12. Buat tantangan kepada diri minimal 1 artikel perhari

Ini bisa anda lakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Dengan sudah janji kepada diri sendiri untuk bisa menulis minimal 1 artikel perhari maka akan menjadi terbiasa. Jadi hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara menulis dan menulis walau banyak sekali halangannya.

Memang ini sulit bagi mereka yang kerja dengan fulltime diluar. Nggak ada lagi kesempatan buat ngeblog. Namun dengan ini maka sebenarnya justru membuat lebih cepat dalam menulis artikel. Mungkin menulis 500 kata hanya dibutuhkan waktu kurang dari 20 menit.

Karena sudah terbiasa itulah maka kita sebenarnya bisa menulis dengan lebih baik dan juga lebih cepat lagi. Jadi bisa dikerjakan kapanpun. Misalnya setelah bangun tidur, saat istirahat kerja, saat pulang kerja, sebelum tidur, dan kapanpun juga asalkan ada waktu. Jadi dengan waktu 20 menit itu bahkan kurang, maka anda bisa menulis artikel.

Karena inilah, maka anda tidak perlu membayar mereka para jasa tulis artikel karena bisa menulis artikel sendiri setiap hari. Nah dari hal itulah sebenarnya anda bisa mengatasi malas ngeblog setiap harinya. Karena sudah ada rasa tanggung jawab untuk bisa menulis 1 artikel perhari.

13. Lupakan sejenak tentang blogging

Ini juga termasuk tips mengatasi malas ngeblog loh… dengan kita mencoba melupakan sejenak tentang blog, maka kita bisa melupakan malas ngeblognya juga.

Melupakan tentang blogging bisa kalian coba saat sudah benar-benar jenuh dan malas. Dengan melupakan ngeblog, maka akan bisa terbebas dari hal hal yang berkaitan dengan ngeblog itu sendiri.

Namun hal ini jangan anda lakukan dengan jangka waktu terlalu lama. Karena kalau kelamaan melupakan, nanti akan sulit untuk kembali lagi.

Hal yang bisa dilakukan pada masa ini adalah dengan melupakan trafik sejenak, melupakan optimasi, melupakan penghasilan dan sebagainya. Anda bisa mengisinya dengan berbagai kegiatan lain yang bermanfaat.

14. Buat ide materi artikel sebelum mengawali kegiatan

Hal ini bisa dilakukan pada malam hari maupun pagi hari sebelum ngeblog. Hal yang harus dilakukan adalah menyusun ide ide dan berapa jumlah artikel yang nantinya akan di buat.

Misal sebelum tidur kita membuat 5 ide artikel untuk ditulis. Maka besoknya kita setidaknya harus bisa menyelesaikan kelima artikel tersebut.

Dengan membuat ide untuk materi semacam ini, maka esok harinya tidak kesusahan dalam mencari ide menulis. Anda bisa mencobanya hal ini mulai sekarang. Jadi saat membuat artikel ya membuat artikel dan saat membuat ide ya harus membuat ide. Jadi ada waktu sendiri sendiri.

15. Jangan main sosial media

Perlu anda tahu, bahwa sosial media itu bisa membantumu dan bisa membunuhmu. Mungkin sudah banyak sekali waktu yang dihabiskan untuk sosial media. Entah itu baca postingan orang lain, terlalu asyik di grup, terlalu asyik dengan chat bersama orang lain.

Sebenarnya, jika kita sudah kecanduan sosial media itu rasanya sangat sakit kalau tidak membukanya walau 1 hari saja. Bahkan dalam beberapa penelitian, kecanduan media sosial iltu lebih besar efeknya dari pada kecanduan narkoba. Jadi ini perlu anda perhatikan, bahwa sosial media memang memakan waktu kita.

Saya sudah sering membuktikan, apabila kita sudah membuka sosial media terlebih dahulu sebelum bekerja maka itu akan menurunkan produktivitas kerja. Mungkin karena terlalu asyik dengan sosial media itu atau bisa juga karena kepikiran dengan konten yang anda baca.

Nah untuk mengatasi malas ngeblog, maka hindarilah sosial media ini. Jangan sampai anda jatuh didalamnya dan sulit keluar lagi. Karena akan sangat malas untuk berbuat sesuatu jika sudah telanjur membuka sosial media.

Demikianlah hal hal yang bisa saya berikan mengenai tips mengatasi malas ngeblog. Jadi mulai sekarang jika merasa malas ngeblog, maka lakukanlah beberapa hal tersebut diatas. Semoga hal ini bermanfaat buat kita semua.

Jangan lupa untuk share artikel ini dan mengunjunginya lain waktu untuk mendapatkan berbagai artikel yang unik dan menarik. Terima kasih…


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *