Peluang usaha

Tips Mengembangkan Karier dalam Pekerjaan

Hai sobat klik mania, bagaimana kabarnya semua, semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai tips mengembangkan karier. Demi kemajuan bisnis dan usaha Anda baik usaha sendiri maupun usaha orang lain (bekerja untuk orang lain).

Pentingnya mengembangkan karier dalam suatu pekerjaan adalah demi diri Anda sendiri. Karena saat jabatan Anda naik maka akan mendapatkan hasil yang lebih banyak lagi. Sehingga tak akan terus menerus mengalami hal sia-sia dalam bekerja.

Karier dalam suatu usaha itu di tentukan oleh banyak faktor, salah satunya faktor yang paling mendukung adalah faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam diri Anda masing-masing. Diantaranya yaitu sikap, emosi, mental, dan juga kecerdasan yang Anda miliki.

Agar posisi Anda bagus dalam suatu pekerjaan, maka anda harus bisa mengembangkan karier. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips mengembangkan karier yang semoga bisa bermanfaat. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah ini, maka silakan simak saja pembahasannya dibawah ini.

Referensi lain : 10 Kebiasaan dan Sifat Orang Sukses yang Patut Anda Tiru

Tips mengembangkan karier

Dibawah ini setidaknya ada 7 hal yang dapat Anda gunakan untuk bisa mengembangkan karier dalam suatu perusahaan dimana Anda bekerja. Sehingga Anda mendapatkan sesuatu yang lebih baik daripada sebelumnya.

1. Latih dan kembangkan kemampuan anda

Mengembangkan KarierSaat Anda diterima bekerja diperusahaan tentunya Anda memilliki suatu bakat atau kemampuan tersendiri sesuai dengan bidang. Misalnya saat kuliah mengambil jurusan akuntasi dan anda bakat disitu, maka akan menemukan banyak kendala saat mengambil pekerjaan yang tidak memiliki hubungan sama sekali dengan jurusan yang Anda pilih. Betul bukan?

Apabila kemampuan Anda dalam bidang itu selalu dilatih dan terus menerus dikembangkan, maka ini akan berbanding lurus dengan apa yang selama ini Anda kerjakan. Jadi Anda semakin naik posisi jabatannya dalam suatu pekerjaan itu sendiri.

Loading...

Nah apabila Anda bingung tentang bagaimana cara melatih kemampuan, maka anda bisa mengikuti suatu pembelajaran. gunanya untuk mengasah kemampuan yang tumpal karena telah digunakan terus menerus. Jadi pembelajaran yang bisa Anda ikuti adalah dengan cara ikut kursus, privat learning dan juga menuntut ilmu yang lebih tinggi.

Apabila kemampuan Anda semakin tinggi, maka karier dalam suatu pekerjaan juga akan semakin naik pula loh…. dan tentunya ini akan menjadi hal yang begitu bermanfaat bagi Anda.

2. Bagikan ide-ide hebat anda

Saat di dalam suatu lingkungan pekerjaan, tentunya Anda harus bisa mengeluarkan beberapa ide-ide yang Anda miliki. Ini akan membooster lebih tinggi karier apabila memiliki ide yang belum pernah dimunculkan oleh orang lain. Apalagi jika ide itu berpengaruh besar terhadap kondisi dan situasi perusahaan dimana Anda bekerja, maka posisi Anda juga akan semakin naik.

Ide yang Anda miliki memang bisa Anda berikan saat sudah merasa mapan ditempat kerja yang Anda tempati. Mungkin karena masih baru dalam perusahaan tersebut, membuat Anda kadang kala tidak bisa menyalurkan ide hebatnya. Karena mereka (para atasan) kadang tak mempercayai gagasan yang Anda buat.

Salah satu solusi agar mereka percaya adalah membuat terlebih dahulu suatu perubahan dari ide yang Anda miliki dalam bidang yang Anda kerjakan. Jika serasa ide itu bermanfaat bagi semuanya maka mereka pun akan mempercayai ide Anda. Selanjutnya Anda lebih dipercaya dan diterima untuk naik pangkat.

3. Jadikan diri Anda semakin berguna

Mengembangkan Karier

Ini masih ada hubungannya dengan nomor 2 diatas, yang mana intinya bisa menjadikan diri Anda semakin berguna dan semakin diterima dalam suatu tempat kerja tersebut. Dan apabila telah memiliki sebuah prioritas yang tinggi dalam suatu lingkungan pekerjaan yang Anda tempati maka akan memiliki kedudukan yang lebih baik lagi.

Lalu bagaimana cara membuat diri Anda semakin berguna?

Setiap karyawan dalam suatu perusahaan itu berguna semua, tidak ada yang tidak berguna. Karena bagaimanapun juga tidak ada perusahaan yang tidak butuh karyawan yang berguna. Betul bukan? Jadi Anda harus bisa membuat diri Anda lebih berguna daripada mereka yang lainnya. Sehingga juga akan dianggap lebih oleh atasan Anda.

Menjadikan perusahaan semakin maju setelah Anda bergabung di perusahaan tersebut, perubahan besar terjadi setelah Anda menjadi salah satu karyawan dari perusahaan. Dan masih banyak lagi cara yang dapat Anda lakukan dengan cara menjadi beda dari yang lain, tapi beda dalam artian yang lebih baik.

Anda juga dapat menjadikan diri Anda semakin berguna dengan melakukan sesuatu yang memang sedang dibutuhkan oleh perusahaan itu sendiri. Misalnya sedang butuh sesuatu tapi jarang yang bisa melakukannya. Sehingga hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk miniti karier lebih jauh lagi kedepannya.

4. Milikilah sifat kepedulian yang tinggi

Tips mengembangkan karier yang selanjutnya adalah dengan cara selalu peduli terhadap orang lain yang berada di lingkungan kantor tempat Anda bekerja. Disana memang Anda akan menemui beberapa orang yang mungkin tidak bersahabat. Nah Anda nantinya diharuskan dapat berdapatsi dengan mereka sebaik mungkin, sehingga mereka juga nantinya tidak bersikap yang lebih aneh lagi terhadap Anda.

Memiliki sikap peduli bisa dituangkan dengan berbagai macam jenis, misalnya dengan cara membuat suatu yang baru bagi perusahaan anda. Jadi misalnya Anda akan menemui suatu kendala yang berarti maka pun akan menjadi lebih mudah dalam dibantu oleh perusahaan nantinya kelak. Sehingga hal ini bisa berdampak langsung terhadap karier Anda sendiri.

Peduli adalah salah satu sifat yang wajib dilakukan semua orang, anda dalam suatu perusahaan juga seharusnya demikian. Namun jangan soal urusan pekerjaan semata, tapi dengan membantu orang lain yang kesusahan dalam pekerjaannya. Memberitahukan karyawan lain yang sedang kebingungan, dan lain sebagainnya, itu juga akan menjadikan anda akan dianggap lebih layak untuk naik jabatan. Sehingga ini tentunya akan bermanfaat bagi Anda nanti.

Mengedapankan urusan perusahaan dibandingkan dengan urusan sendiri juga merupakan salah satu rasa kepedulian loh. Jadi anda jangan hanya mengira bahwa kepedulian itu soal berbagi uang atau harta kepada orang lain. Tetapi mengutamakan kepentingan orang lain dibandingkan diri sendiri juga kepedulian yang sagat besar loh.

5. Minimalisir setiap kesalahan

Belajar untuk mencoba untuk tidak mengulangi kesalahan juga merupakan salah satu hal yang layak diperhitungkan dalam mengembangkan karier suatu saat nanti. Karena dengan pekerjaan yang mulus tanpa ada kesalahan akan membuat diri Anda semakin baik reputasinya. Dan akan terus melesat kariernya dalam wakktu dekat.

Meminimalisir setiap kesalahan juga bagian dari perjuangan Anda terhadap kepedulian dengan diri sendiri dan juga rasa kepedulian dengan perusahaan. Karena ini memang bisa berdampak langsung terhadap kedua hal tersebut. Bagi diri sendiri tentunya adlah sebuah karier yang bagus, dan bagi si perusahaan adalah semakin cepat perkembangannya karena memiliki para karyawan yang bagus tanpa adanya kesalahan yang berarti.

Memang sih nggak ada manusia yang terlepas dari lupa dan salah, betul bukan?

Bagi seseorang yang ingin selalu berkembang, masa lalu dan setiap kesalahan yang pernah dilakukan adalah bagian dari pengalaman yang harus dijadikan suatu pedoman untuk kedapannya. Sehingga mereka selalu menjadikan banyak pelajaran dari masa lalu sehingga mereka bisa memperbaiki diri kedepannya.

Meminimalisir setiap kesalahan adalah tugas setiap manusia, ya termasuk Anda semua yang ngerasa manusia. Karena dengan kesalahan Anda bisa berbuat lebih baik tanpa terjatuh lagi dalam lubang yang sama.

6. Jadikan Anda tumpuan perusahaan

Poin yang keenam ini maksudnya adalah menjadi orang yang penting dan menjadi bagian penting dalam suatu perusahaan dimana Anda bekerja setiap harinya. Jadi saat Anda memiliki suatu bakat yang unik dibidangnya yang mungkin itu bisa bermanfaat bagi diri Anda suatu saat nanti. Maka segeralah tunjukan bahwa Anda memiliki hal tersebut.

Dengan menjadikan bagian penting dari suatu perusahaan, maka Anda akan menjadi suatu tumpuan perusahaan yang menjadikan mereka akan sangat sulit untuk melepas diri anda. Dan juga menjadikan Anda tetap pada posisi bawah. Jadi Anda akan segera naik lagi ketempat yang lebih tinggi apabila memilki suatu kelebihan yang tidak dimiilki oleh orang lain. Dan hanya Anda yang dapat menjadi tumpuan diperusahaan tersebut.

Cara termudah yang dapat Anda lakukan agar dapat menjadi tumpuan perusahaan adalah dengan menjadikannnya sebagai suatu tantangan dalam setiap hal. Dan dengan tantangan itu seharusnya Anda bisa menjadikan setiap usaha menjadi yang terbaik, sehingga saat Anda dapat melakukan ebih baik daripada orang lain, dan anda akan menemukan sebuah posisi tersendiri yang menjadi bagian penting dalam suatu perusahaan yang menjadi tempat anda bekerja.

Jadi mulai sekarang curahkan semua yang Anda miliki dalam bidanganda untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik sebelumnya, sehinga anda akan diangap bagian penting dalam suatu perusahaan. Jadi jika anda menginginkan posisi yang selama ini anda impikan dalam pekerjaan anda maka buatlah sesuatu yang terbaik baginya maka Anda juga akan menjadi yang terbaik pada tempatnya.

7. Disiplin, tepat waktu dan kompeten

Mengembangkan Karier

Tips mengembangkan karier yang selanjutnya adalah dengan cara selalau memilki sikap atau perilaku yang positif, diantaranya adalah dengan cara menjalankan sikap disiplin, tepat waktu, da juga kompeten dalam menjalankan setiap hal dengan teliti.

Sifat itu dapat mengembangkan karier anda menjadi lebih baik lagi kedepannya. Jadi mereka yang memiliki sikap itu adalah menjadi hal yang terbaik yang diinginkan perusahaan. Jadi apabilaAnda menjadi yang terbaik bagi perusahaan, maka Anda akan menjadikan yang terbaik dalam posisinya. Hal ini bisa Anda lakukan secara konsisten dan dinamis setiap saat sehingga mereka selalu menjadikan anda contoh bagi yang lainnya.

Sebenarnya memiliki sikap disiplin, tepat waktu dan kompeten adalah hal yang harus dilakukan dalam 24/7 yaitu setiap hari harus Anda lakukan baik pagi siang malam. Karena ini pasti akan menyangkut hal itu secara bersamaan.

Misalnya Anda tidur teratur dan tepat waktu, maka saat pagi hari Anda pun akan bangun diwaktu yang tepat pula. Sehingga persiapan untuk kerja dapat terpenuhi dengan baik, dan saat sampai dikantor nanti tidak terlambat dan tidak akan berpengaruh terhadap produktivivtas kerja Anda suatu saat nanti.

Jadi perilaku ini harus Anda lakukan secara berkesinambungan dan secara kontinyu, karena ini selalu berkaitan antara yang saru dengan yang lainnya. Jadi mulai hari ini jangan pernah malas lagi untuk menjadikan perilaku anda tepat waktu dalam setiap kesempatan yah…

Jika sikap disiplin telah menjadi bagian dari diri anda, maka Anda layak disebut orang sukses.

Penutup

Demikianlah beberapa tips mengembangkan karier anda dalam pekerjaan Anda, sehingga akan menemukan suat hal yang baik dalam setiap kondisi pekerjaan apapun itu. Jangan jadikan diri Anda mau menjadi bawahan yang paling bawah posisinya.

Karena jika Anda berada dibawah terus, maka Anda keterlaluan kepribadiannya. Tidak ingin melakukan hal yang lebih tapi anehnya mengharap suatu yang lebih.

Referensi lain : Tips Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pemula

Semoga berbagai tips diatas bermanfaat bagi Anda, sehingga akan mendapatkan manfaat saat Anda mempraktikannya di tempat kerja anda. Jika pangkat Anda naik karena baca ini, saya ikut senang karena berarti artikel ini memang bermanfaat. Silakan di share jika serasa orang lain perlu tahu akan hal ini. Terima kasih atas kunjungan dari anda.



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *