Tekno

Tips Menghemat Kapasitas Memori Internal untuk iPhone 16 GB

Tips Menghemat Kapasitas Memori Internal iPhone – Dulu, kapasitas penyimpanan 16 GB sudah tergolong besar, yaa.. sedikit lebih besar lah jika dibandingkan dengan kapasitas 8 GB. Namun, seiring perkembangan dunia smartphone, kapasitas tersebut kini terasa begitu sempit.

Apa yang salah sebenarnya?

Tidak ada yang salah sih. Cuma memang semakin kesini kebutuhan kita terhadap media penyimpanan semakin besar terutama pada smartphone. Karena, saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi-aplikasi keren yang membuat pengguna smartphone tertarik untuk mencobanya satu per satu. Dan itu menjadi salah satu alasan mengapa kita butuh smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar.

Masih ingat saat dulu kita menyimpan data dari komputer hanya menggunakan disket? Karena memang saat itu data yang dibutuhkan masih sangat sedikit. Berbeda dengan saat ini, orang-orang bahkan menyimpan datanya saja sampai menggunakan Hardisk Eksternal dengan kapasitas 1 Terrabyte. Saya nggak tau di masa depan akan butuh berapa banyak lagi..

Oke, kembali ke topik..

Saat ini, Apple bahkan telah menghilangkan pilihan storage untuk 16 GB di perangkat iPhone terbaru. Untuk versi terkecilnya, Apple menyediakan kapasitas storage sebesar 32 GB.

Kalau kita flashback, dulu di seri iPhone 4 Apple masih menyediakan kapasitas storage 8 GB. Pada seri iPhone 5, Apple menghilangkan pilihan tersebut. Untuk versi terkecilnya dimulai dari 16 GB. Dan pada seri iPhone 7 Apple menghilangkan kapasitas 16 GB. Untuk iPhone 10 barangkali kapasitas storage terkecil dimulai dari 64 GB atau 128 GB. Bisa saja ya kan?

Nah, bagi teman-teman yang saat ini menggunakan iPhone dengan kapasitas storage 16 GB dan merasa bahwa kapasitas penyimpanan tersebut terlalu sedikit, mungkin bisa menerapkan tips-tips berikut agar dapat menghemat penyimpanan data di iPhone kalian.

Loading...

Hapus Aplikasi Tidak Penting

app

Aplikasi menjadi salah satu penyumbang terbesar penuhnya kapasitas storage di iPhone kita. Apalagi ukuran aplikasi di iOS itu cukup besar, berbeda dengan Android yang memiliki ukuran lebih kecil untuk aplikasi yang sama.

Untuk menghemat kapasitas memori internal, kita dapat menyeleksi aplikasi mana yang jarang digunakan. Sebab, terkadang kita suka mengikuti budaya latah terhadap aplikasi-aplikasi terbaru yang lagi ngetren. Kalau itu nggak terlalu bermanfaat bagi kita, lebih baik dihapus saja.

Begitupun dengan game, kalau kamu sudah bosan dengan game yang ada di iPhone kamu lebih baik dihapus saja. Terlalu banyak game juga terkadang tidak kita mainkan semuanya secara rutin. Jadi, pilihlah game yang sering kamu mainkan dan tidak membuatmu bosan.

Hapus Foto/Video

Foto/video yang diambil menggunakan kamera iPhone memiliki ukuran yang cukup besar. Jadi, wajar jika lama-kelamaan kapasitas storage iPhone kamu penuh meskipun tidak banyak menginstall aplikasi.

Solusinya, seleksilah foto-foto dan video yang terdapat di iPhone kamu. Alangkah lebih baik jika kamu memanfaatkan penyimpanan Cloud. Selain bisa membackup foto/video yang ada di iPhone kamu, hal tersebut juga bisa menghemat kapasitas memori internal.

Kamu bisa menggunakan iCloud, Dropbox, Google Drive atau aplikasi penyimpanan cloud lainnya.

Bersihkan Cache di iPhone

menghemat kapasitas memori

Cache pada dasarnya memiliki manfaat yang baik, yakni berfungsi agar penguna tidak perlu lagi menunggu lama ketika membuka aplikasi tertentu. Namun, lama-kelamaan cache juga bisa memakan space memori yang ada, sehingga memori iPhone kita akan menjadi penuh.

Untuk membersihkan cache pada aplikasi Safari, kamu bisa mengikuti step-step di bawah ini.

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih Safari
  3. Pilih Clear History and Website Data

Sedangkan untuk aplikasi lainnya kamu bisa mengeceknya melalui menu Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage. Kamu bisa mengetahui seberapa banyak memori yang terpakai untuk aplikasi-aplikasi kamu.

Untuk menguranginya, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dan menginstall ulang kembali secara rutin sehingga dapat menghemat kapasitas memori.

Baca Juga:

Streaming Saja..

Jika kamu memiliki kuota lebih atau di sekitar kamu terdapat WiFi gratis, lebih baik memanfaatkan layanan streaming untuk mendengarkan musik atau video. Hal tersebut akan menghemat kapasitas memori internal pada iPhone.

Aplikasi streaming musik yang bisa kamu coba yaitu JOOX, Spotify, Soundcloud, dan sebagainya. Dan untuk streaming video kamu bisa melalui YouTube, Vidio, Netflix, dan masih banyak lagi tentunya.

Apakah kini iPhone kamu sudah cukup lega? Share pengalaman kamu di bawah ya. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button