Ulasan Bisnis

Tips Menghemat Pengeluaran Keuangan Rumah Tangga dengan Baik

Apa kabar sobat klikmania? Pernah nggak anda mengalami keadaan yang kurang menguntungkan dalam perekonomian , seperti perekonomian rumah tangga yang tidak terorganisir dengan baik. Sehingga akan cepat habis uangnya sebelum waktunya menerima gaji? Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit masukan kepada anda semua mengenai tips menghemat pengeluaran rumah tangga, sehingga anda bisa mengelola keuangan sebaik mungkin.

Jika pernah, berarti bukan hanya anda saja yang memang mengalami kondisi tersebut. Melainkan banyak sekali, salah satu hal yang mendasari hal ini adalah kurang baik dalam mengelola keuangan diri sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba untuk memberikan sedikit informasi. Mengenai tips menghemat pengeluaran keuangan, sehingga anda tidak akan kesulitan saat tanggal yang mendekati gajian, atau tanggal tua.

Apakah anda tahu, bahwa uang yang kita dapatkan cepat habis itu disebabkan karena kita kurang bisa mengelola keuangan sebaik mungkin. Sehingga dari hal itulah uang akan cepat habis. Anda juga dapat membaca artikel sebelumnya mengenai Cara mengatur keuangan rumah tangga.

tips menghemat pengeluaran

Disini saya akan memberikan sedikit informasi kepada anda mengenai tips menghemat pengeluaran sehingga anda akan membuat diri anda semakin bisa menjadikan lebih pandai dalam mengelola kekuangan anda sebaik mungkin. Sehingga anda bisa lebih menghemat pengeluaran anda.

Misalnya anda mendapatkan uang 3000.000 perbulan, maka anda seharusnya bisa membagi uang itu untuk beberapa hal. Misalnya untuk uang makan, uang transportasi, kebutuhan sekolah anak, dan juga uang untuk tabungan sehingga anda akan lebih mudah dalam mengklasifikasikan beberapa kebutuhan untuk itu.

Memang beberapa orang termasuk anda mungkin, kurang bisa memanfaatkan hal ini dengan baik. Contohnya tidak bisa mengatur uang yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan nanti malahan digunakan untuk berbagai kebutuhan tersier. Atau bisa dibilang kebutuhan kurang penting atau hanya untuk memenuhi trend dan gaya kehidupan semata.

Dibawah ini akan saya tampilkan beberapa tips menghemat pengeluaran yang bisa menjadikan diri kita sendiri lebih bijak saat memiliki uang. Silakan simak saja pembahasannya dibawah ini.

Loading...

Tips Menghemat Pengeluaran Keuangan Rumah Tangga

Apabila anda dapat mengatur keuangan sebaik mungkin maka anda sudah bisa dikatakan dewasa dalam hal keuangan. Hal ini karena sesungguhnya semakin kita bisa mengatur uang itu dengan tidak menimbulkan kekecewaan saat di depan nanti. Maka ini bisa dikatakan sudah mapan dalam mengatur perekonomian keluarga suatu saat nanti.

1. Perhatikan kebutuhan yang harus dikedepankan

tips menghemat pengeluaran

Dalam hidup ini, kita sebagai manusia yang normal pasti selalu ingin memiliki sesuatu yang sesuai dengan perkembangan zaman. Misalnya ikut ikutan trend, saat orang lain bisa memiliki itu , masa saya tidak bisa memiliki itu. Maka hal ini harus benar benar di perhatikan, jangan sampai menjadi suatu boomerang bagi diri kita suatu saat nanti.

Misalnya sekarang lagi ngetrend dengan produk i phone 7 yang menjadi suatu primadona dan daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Nah anda sebenarnya gak terlalu butuh akan ini, hanya takut merasa kalah sama teman atau gensgsi, maka ini bisa menjadi hal yang buruk bagi pengeluaran rumah tangga anda.

Saat ada banyak tagihan nanti malah gak bisa bayar, kan parah bukan? Apalagi saat beli suatu barang kredit, maka ini bisa menjadi hambatan tersendiri bagi anda suatu saat nanti. Jadi kedepankanlah dahulu barang atau kebutuhan yang sekiranya itu lebih penting bagi keluarga anda, jangan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri saja.

Gunakan dahulu untuk berbagai kebutuhan primer, seperti kebutuhan pangan, untuk biaya langganan listrik, PDAM, biaya perbaikan rumah, beli pakaian dan lainnya. Nah jika memang masih ada sisa, anda bisa gunakan untuk keperluan yang anda inginkan. Tentunya sudah ada pertimbangan dahulu secara matang, misal sudah untuk menabung, bayar asuransi, bayar ini dan itu semuanya beres.

2. Chek tagihan bulanan dan analisa

Tips menghemat pengluaran yang selanjutnya adalah dengan cara mengechek tagihan bulanan lalu menganalisanya. Agar bisa menjadi pertimbangan bagi diri kita dalam melakukan sesutu agar tagihan tidak membengkakk saat akhir waktu nanti atau awal bulan.

Misalnya pemasukan anda habis untuk berbagai hal yang menjadi kebutuhan rumah tangga yang berasal dari tagihan, nah anda bisa mengatur hal ini sebaik mungkin agar hal ini dengan menganalisa setiap hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Anda bisa menganilisa ini dengan berbagai hal yang berkaitan dengan masalah lain. Misalnya listrik yang anda pakai terlalu besar, sehingga anda perlu mengurangi konsumsi listrik agar tidak mendapatkan banyak tagihan saat awal bulan nanti. Ini sangat penting, karena apabila kita melakukan gaya hidup yang tidak hemat seperti membiarkan kipas angin menyala, TV menyala tanpa ditonton dan sebagainya. Ini bisa berpengaruh banyak hal terhadap keuangan.

Dengan selalu cek berapa saja tagihan bulanan yang kita dapatkan, maka kita akan menjadi lebih baik lagi dalam mengeluarkan dana untuk berbagai hal. Selain mengechek, kita juga harus menganalisa seberapa besar pengeluaran kita dibandingkan dengan penghasilan kita. Jika terlalu berlebihan, maka yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan gaya hidup hemat agar tidak sampai menjadi suatu masalah tersendiri bagi keuangan keluarga kita.

3. Melakukan gaya hidup hemat

Ini adalah tips menghemat pengeluaran yang sebenarnya ringan untuk kita kerjakan namun sulit untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Namun kita tidak bisa mengatakan bahwa melakukan gaya hidup hemat itu sulit, karena perubahan yang dimulai dari kecil adalah langkah awal untuk bisa kita terapkan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk melakukan berbagai gaya hidup hemat. Misalnya dengan menggunakan dana hanya sesuai dengan kebutuhan, tidak membuat sesuatu yang berisiko, selalu mengutamakan kualitas saat membeli sesuatu agar tidak cepat rusak. Kurangi bergaya hidup serba mewah dan konsumtif, dan yang penting selalu memaknai hidup dengan penuh rasa syukur.

Hidup hemat itu bisa kalian ajarkan kepada anak anda dari kecil agar tidak terlanjur hingga besar nanti. Ini bisa  dilakukan dengan menggunakan berbagai cara yang sederhana, misalnya membeli sesuatu yang hanya dibutuhkan saja. Makan sesuatu yang sehat bukan yang mahal, mengajari untuk jangan menghambur-hamburkan air, listrik atau lainnya yang merupakan pemborosan.

Dengan memulai hidup hemat sedari kecil maka hingga besar akan terlatih dan tertanam nilai kesadaran hidup hemat. Sehingga saat sudah bisa membangun keluarga sendiri mereka pun akan selalu mengingat arti hidup hemat, karena bagi mereka ini adalah suatu keharusan yang harus dilakukan.

Namun hidup hemat jangan disalah artikan sebagai pelit, karena banyak yang menganggap bahwa jika ada orang yang saat belanja itu hemat banget, maka ia dibilang pelit. Anda juga harus bisa membedakan mana yang pelit dan mana yang hemat. Karena keduanya adalah hal yang sangat berbeda jauh.

Definisi hemat dan pelit

Istilah hemat adalah sesuatu yang dilakukan terhadap keuangan seperti mengurangi pengeluaran atau membelanjakan sesuatu dengan harga yang lebih sedikit. Yang mana hal tersebut bertujuan untuk mengelola keuangan sebaik mungkin.

Sedangkan kalau pelit adalah orang yang sulit dalam mengeluarkan uang untuk berbagai keperluan yang baik. Jadi kalau ada orang yang tidak suka mengeluarkan sesuatu untuk kebutuhan diri sendiri maupun orang lain itu termasuk apa menurut kalian?

4. Jangan hutang maupun memberi hutang

Tips menghemat pengeluaran dengan cara meminimalisir untuk memberikan hutang dan juga meminta hutang kepada siapapun. Karena keduanya ini bisa menjadikan diri kalian celaka suatu saat nanti.

Disaat hutang seseorang mungkin akan seperti mengemis ngemis kepada kita. Namun saat sudah waktunya tiba, kitalah yang akan mengemis-ngemis untuk menagih uang kepada si penghutang itu. Karena menagih utang juga butuh keahlian sendiri dalam masalah ini. Anda akan merasa kecewa mungkin suatu saat nanti karena mereka alot dalam membayar utang dari anda.

Kalau mau berhutang juga harus benar-benar memperhatikan dengan baik, jangan sampai berhutang kepada rentenir atau kepada orang yang kurang punya. Kalau rentenir memang sudah pasti kita yang dirugikan, kalau berhutang kepada saudara, orang tua, teman atau tetangga. Karena mereka kasihan kalau saat mereka sedang butuh tapi kita tidak memiliki uang untuk dikembalikan. Jangan sampai mereka seperti diatas, yaitu mengemis ngemis kepada kita.

Berhutang adalah hal yang sangat berhubungan dengan tips menghemat pengeluaran, karena dengan berhutang atau kredit suatu barang yang harganya lumayan besar. Ini bisa menjadi suatu masalah tersendiri bagi kita suatu saat nanti.

Misalnya selalu kepikiran saat sudah waktunya untuk membayar, merasa cemas dan khawatir. Apalagi kita membayar hutang dengan berhutang atau istilahnya tutup lubang dan gali lubang. Maka ini bisa menjadi suatu masalah tersendiri bagi diri sendiri suatu saat nanti.

Jadi mulai dari sekarang, sebisa mungkin Anda jangan sekali kali berhutang dan jangan mau dipijami hutang dengan jumlah yang besar. Karena ini bisa berdampak pada keseimbangan perekonomian kalian suatu saat nanti di masa yang akan datang.

Jika memang butuh akan sesuatu, prioritaskan terlebih dahulu mana yang terpenting untuk diutamakan dengan tidak lupa melihat dana yang kita miliki. Karena apabila tidak memprioritaskan kepada kebutuhan tapi pada keinginan dan gaya hidup semata, maka kita akan terus merasa kurang dan juga bisa bisa nanti berhutang kepada orang lain dalam jumlah yang besar.

5. Lakukan hal positif dirumah

Bisa dibilang ini merupakan tips menghemat pengluaran yang sangat efektif, dengan melakukan hal positif sekaligus bermanfaat tanpa perlu “mengeluarkan biaya” adalah hal yang sangat mudah dilakukan.

Misalnya saat akhir pekan, daripada anda yang sedang tidak memiliki uang lalu dihabiskan untuk travelling atau jalan jalan kesana kemari, maka alangkah baiknya untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat dirumah. Atau jika tidak punya agenda apapun, maka berdiam diri di rumah adalah suatu pengiritan uang yang sangat nyata.

Contoh kegiatan positif yang bisa di lakukan sendiri di rumah adalah dengan bersih-bersih rumah, merawat taman atau kebun. Melakukan sesuatu yang bisa mengurangi stres misalnya dengan cara jogging, yoga, ikut senam masal, atau bisa juga pergi ke suatu tempat tapi yang tidak terlalu butuh banyak uang.

Dengan cara melakukan berbagai hal positif dirumah, anda bisa menghemat pengeluaran dan juga bebas dari biaya yang banyak untuk melakukan lebih banyak hal. Jadi mulai saat ini kalau kalian ingin lebih hemat, maka ikuti tips menghemat pengeluaran yang satu ini ya.

6. Lupakan kartu kredit

tips menghemat pengeluaran

Mungkin bagi sebagian mimiliki kartu kredit bisa menjadi solusi bagi kita untuk bisa menghemat pengeluaran. Namun untuk tips menghemat pengeluaran kali ini kartu kredit adalah hal yang harus dijauhi sementara apabila memang ingin bisa lebih hemat lagi dalam pengeluaran.

Perlu Anda tahu, walau kartu kredit memudahkan kita untuk berbelanja baik secara offline maupun online apalagi dengan banyak diskon yang diberikan. Maka akan menjadi candu bagi diri sendiri, sehingga akan menjadikan diri anda lebih konsumtif. Bagaimanapun juga walaupun seberapa besar diskon yang diberikan kalau kita hanya mengandalkan kartu kredit. Maka belanja kita akan meningkat yang menyebabkan pengluaran kita meningkat juga.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menjadikan kartu kredit di stop dulu, atau bagi kalian yang belum memiliki kartu kredit, maka kalian jangan mendaftar untuk mendapatkannya. Karena nantinya setelah semuanya memudahkan kalian, mulai dari si toko online, market place, jasa kurir dan pihak perbankan akan bisa sewenang wenang mengambil uang dari milik anda dengan jumlah yang banyak.

Contohnya saja dari kartu kredit itu nantinya akan ada potongan setiap ada transaksi yang cukup besar, belum lagi biaya bulanan. Maka dari itu , hal yang harus di lakukan mulai saat ini adalah sebisa mungkin untuk menghentikan pemakaian kartu kredit. Karena ini bisa menimbulkan gaya hidup konsumtif, alias suka berbelanja ini dan itu.

Misalnya anda sedang tidak butuh produk A, namun karena searching di toko online dan menemukan ada barang A yang dijual dengan diskon besar besaran dengan memakai kartu kredit X, maka akan timbul suatu hasrat untuk membelinya. Nah karena memiliki kartu kredit, maka ada pikiran untuk langsung membelinya. Kan dari yang tadinya sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang itu, jadinya seolah olah harus memilikinya. Ini akan menjadi pemborosan nyata.

7. Kurangi bergaul dengan orang yang konsumtif

Tips menghemat pengeluaran yang selanjutnya adalah dengan mengurangi bergaul dengan orang yang bisa dibilang konsumtif atau boros, suka beli ini suka beli itu, gengsi beli barang yang murah dan sebagainya.

Dengan kita bergaul dengan orang yang konsumtif, secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi diri kita sendiri untuk ikut ikutan seperti mereka. Ini sering kali dilakukan oleh kaum ibu ibu. Apalagi ada pertemuan rutin semacam arisan gitu, maka ini akan menjadi suatu hal yang memicu antara satu orang dengan orang lain saling terkait.

Mungkin ada yang merasa gengsi dengan ibu itu, sehingga ibu ini beli apa yang dibeli oleh ibu itu. Nah hal semacam ini akan memicu gaya hidup yang konssumtif, sehingga kalian harus bisa mengatasi ini dengan sebaik-baiknya. Walaupun suka bergaul dengan orang lain yang bisa dibilang hidupnya suka glamour, suka beli ini dan beli itu. Mulai sekarang kalian harus bisa meminimalisir pengaruhnya agar tidak bisa mengubah sifat kalian.

Jika mereka suka hidup dengan gaya yang mewah, maka kalian hiduplah dengan gaya kalian sendiri. Jangan sampai malahan ini menimbulkan suatu permasalahan yang memberatkan pengluaran ekonomi Anda sendiri nantinya. Saya yakin kesederhanaan anda tidak akan menjadi suatu masalah bagi hubungan pergaulan dengan mereka kok, jadi santai saja, tak usah dipaksakan bahwa anda harus bisa menjadi seperti mereka.

Penutup

Itulah beberapa macam tips menghemat pengeluaran yang bisa anda lakukan. Intinya semua berawal dari diri sendiri, mulai dari gaya hidup kalian hingga kemampuan hati kita untuk mengekang terhadap segala keinginan kita yang tidak berdasarkan kebutuhan. Selalu penuhi kebutuhan yang terpenting terlebih dahulu sebelum kalian menjadikan diri kalian memiliki keinginan yang kurang dibutuhkan.

Semoga pembahasan mengenai tips menghemat pengeluaran ini bermanfaat bagi kalian. Jika ada kurangnya, maka mohon dimaafkan. Jika serasa bermanfaat pula bagi orang lain, silakan sharea artikel ini agar orang lain bisa ikut membacanya juga. Jangan lupa selalu kunjungi blog klikmania ini ya, dan juga selalu tunggu artikel selanjutnya, terima kasih



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *