Kamu Blogger? Ini Dia Tips Menghilangkan Rasa Malas Saat Ngeblog

Menghilangkan Rasa Malas Saat Ngeblog – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Melakukan kegiatan ngeblog merupakan sebuah kegiatan yang juga mungkin sekaligus merupakan sebuah hobi yang diminati oleh para masyarakat Indonesia terutama yang gemar menulis dan berbagi ilmu serta cerita.

Blog merupakan sebuah tempat yang pas untuk menuangkan semua itu. Kita dapat berbagi berbagai pengetahuan kita, kemudian kita juga dapat berbagi apa-apa saja yang kita alami (pengalaman) kepada orang lain supaya orang lain dapat mengambil pelajaran dari pengalaman yang sudah kita lakukan.

Selain itu kita juga dapat menjadikan kegiatan blogging sebagai pekerjaan utama kita loh, kita dapat melakukan monotize atau menguangkan blog kita dengan berbagai tips yang tentunya diusahakan harus dengan cara yang halal ya. Nah beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

  1. Memberikan slot iklan di blog kita,
  2. Melakukan review terhadap produk orang lain,
  3. Bekerja sama dengan perusahaan,
  4. dll

Sebenarnya mungkin masih banyak cara lain untuk dapat menghasilkan uang dari blog kita.

Namun…

Ternyata ada salah satu musuh bagi para blogger, apa itu? Yaitu rasa malas. Rasa malas ini juga sering dialami oleh para blogger terkenal yang lain seperti Mas Sugeng, dan mungkin para blogger terkenal lainnya pun sering mengalami rasa malas saat melakukan kegiatan blogging mereka.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan rasa malas saat ngeblog. Mungkin cara-cara yang akan dipaparkan di artikel ini tidak terlalu ampuh, namun ya begitulah kita akan mencobanya.

Baca juga : 9 Alasan Blogger Tetap Menulis Meski Terasa Malas

Tips Menghilangkan Rasa Malas Saat Ngeblog

Rasa malas biasanya mungkin diakibatkan beberapa hal, yaitu:

  1. Karena pikiran kurang fresh
  2. Kurang minum
  3. Sakit
  4. Kurang makan,
  5. dll

Nah mungkin para pembaca sekalian ada yang mengalami salah satu dari sebab-sebab diatas? Maka mungkin teman-teman dapat dengan mudah memecahkannya.

Mari kita langsung saja bahas, ini dia Tips Menghilangkan Rasa Malas Saat Ngeblog.

1. Biasakan Sholat 5 Waktu Secara Tepat Waktu

Untuk menghilangkan rasa malas saat ngeblog adalah dengan membiasakan sholat 5 waktu secara tepat waktu. Sungguh, ini sama sekali tidak terdengar aneh, coba saja, apabila kamu mempraktekkan hal ini, mungkin rasa malas akan sirna dala diri kamu.

Kamu bisa memulai kegiatan blogging kamu dimulai dari ja 7 pagi, kemudian berlanjut sampai terdengar adzan Dhuhur berkumandang, kemudian yang perlu kamu lakukan adalah berdiri dan langsung ambil air wudhu, lalu pergi ke masjid atau musholla terdekat.

Sholat-lah disana, kemudian selesai sholat kamu bisa pulang bersama para jama’ah lainnya dan mulai bincang-bincang santai, nah hal tersebut membuat pikiran kamu kembali lagi fresh, karena memang menurut saya kalau manusia sudah berdialog membahas hal-hal positif (terutama masalah agama) maka pikiran akan menjadi segar kembali, apalagi habis sholat, wah pikiran tambah fresh lagi.

Kemudian kamu bisa lanjut melakukan kegiatan blogging kamu sampai pada adzan Ashar berkumandang, nah setelah itu kamu perlu bergegas untuk menuju masjid atau musholla terdekat untuk melaksanakan sholat ashar secara jama’ah.

InsyaAllah kalau hal tersebut kamu lakukan, maka rasa jenuh pada diri ketika melakukan blogging akan hilang.

2. Jangan Biasakan Untuk Begadang

Agar tetap semangat dan bisa  menghilangkan rasa malas saat ngeblog adalah dengan membiasakan diri untuk tidak begadang. Mungkin hal ini sering dilakukan oleh para blogger yang kebelet pengin jadi “blogger sukses”, sampai-sampai melakukan kebiasaan berupa begadang, tapi menurut saya hal ini tidak baik.

Sebisa mungkin teman-teman blogger semua harus memporsi waktu, dimana ada waktu untuk ibadah, waktu untuk bekerja, waktu untuk makan, waktu untuk istirahat, dan yang lain sebagainya.

Dengan membuat program begadang ini, mungkin teman-teman akan merasa bosan dan capek karena setiap hari manteng layar laptop/PC terus dengan menatap dashboard blog sobat sekalian, hehe.

Nah sobat-sobat sekalian bisa merutinkan sebuah program dimana sobat selepas sholat Maghrib berjama’ah sobat langsng duduk dan membaca Al-Qur’an sampai adzan Isya berkumandang, nah selepas sholat Isya secara berjama’ah, sobat bisa langsung tidur, sehingga sobat besoknya dapat mengerjakan sholat Subuh secara berjama’ah tanpa ada acara ngantuk.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا

Hal tersebut dilakukan juga dapat berpahala loh, yakni kamu mengerjakkan suatu sunnah, yani tidur selepas Isya. Dalilnya berikut ini:

Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat isya dan ngobrol setelah isya. (HR. Bukhari 568, Muslim 1496, dan yang lainnya).

Dengan tidak begadang, membuat pikiran kita menjadi fresh dan juga kita terhindar dari berbagai penyakit, Insya Allah.

3. Sesekali Istirahat

Dengan melakukan istirahat secara berkala maka dapat meminimalisir dan  menghilangkan rasa malas saat ngeblog. Mungkin teman-teman semua merasa capek dan sumpek ketika melakukan blogging, yang pada akhirnya timbul rasa malas pada saat bekerja sebagai blogger.

Nah maka dari itu cobalah untuk sesekali istirahat. Save dulu artikelnya ke draft, kemudian sleep dulu laptop/PC-nya, kemudian pejamkan mata sejenak, maka rasa malas pun akan hilang dari dala pikiran nan tubuh, Insya Allah.

Nah apabila kamu seorang full-time blogger yang artinya kamu menjadikan pekerjaan blogger menjadi pekerjaan utama, sehingga kemungkinan besar mungkin kamu akan lebih banyak bekerja di rumah, nah kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan istirahat dengan cara tidur.

Karena kan jarak antara laptop/PC kamu dengan kasur mungkin dekat bukan, sehingga akan memudahkan kamu untuk gampang tidur di rumah.

Sehingga hal tersebut membuat rasa malas akan hilang denga mudah dari dala diri ketika kamu sedang melakukan kegiatan blogger, Insya Allah.

4. Membuat To-Do List

Apa itu to-do list? Hmm, menurut penulis to-do list ini merupakan sebuah list atau daftar yang diisi dengan berbagai hal yang nantinya wajib dilaksanakan oleh si penulis to-do list tersebut.

Nah dengan menulis to-do list, maka kita akan terhindar dari berbagai hal yang tidak bermanfaat termasuk  menghilangkan rasa malas saat ngeblog. Karena mungkin biasanya para pekerja yang berkecimpung di dunia internet termasuk blogger ini sering sekali merasa lalai sehingga mengakar ke hal-hal yang tidak bermanfaat.

Misalnya begini, ketika kita sedang menulis artikel di blogger, kemudian rasa malas pun semakin datang, dan akhirnya kamu pun mulai buka-buka hal-hal yang tidak bermanfaat di internet, seperti menonton video yang 100% gak ada manfaatnya, baca-baca artikel orang yang pengangguran, dan yang lain sebagainya.

Alhamdulilah ada satu aplikasi di sistem operasi Windows yang berguna untuk menulis to-do list, atau kamu juga bisa membeli note kecil yang berwarna-warna itu.

Penutup

Baiklah, akhirnya selesai juga Tips Menghilangkan Rasa Malas Saat Ngeblog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu supaya dapat menghilangkan rasa malas saat melaksanakan kegiatan blogging. Demikian artikel ini saya buat, sekian terima kasih, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares