Optimasi Blog

Tips Menjadi Blogger yang Produktif untuk Para Blogger Pemula

Halo sobat klikmania, gimana kabarnya Anda hari ini, semoga kita senantiasa diberikan nikmat sehat dan nikmat hidup yang tidak terbatas. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai tips menjadi blogger yang produktif. Jadi bagi Anda yang ngaku blogger yang pengin sukses, mari simak saja pembahasannya agar Anda semakin produktif dalam menulis dan lebih fokus terhadap blog yang Anda miliki.

Mungkin Anda semua tahu akan hal ini, bahwa menjadi blogger yang produktif dan bisa sukses meraup pundi-pundi rupiah, merupakan impian semua pebisnis online. Iya, betapa tidak, dengan kita menjadi blogger, yang pasti kita tidak terikat dengan segala aturan mengekang layaknya pekerja kantoran, yang harus disiplin berangkat pagi serta harus pulang pada waktu atau jam yang telah di tentukan.

Belum lagi jika lokasi kantor atau tempat kerja kita jauh dari rumah, kita harus rela bagun pagi-pagi buta, berdesak-sedakan di angkutan umum, atau terkadang, harus rela bermacet-macet ria di jalanan. Semua itu merupakan gambaran umum para pekerja kantoran pada umumnya.

Dan semua, tidak perlu terjadi jika Anda bisa sukses menjadi blogger. Anda cukup bekerja dan menghasilkan uang dari rumah saja, bahkan di atas tempat tidur bersama buah hati di rumah. Anda tidak terikat dengan jam kerja, karena jam kerja Anda yang menentukan sendiri. Nah dibawah ini akan diulas mengenai tips menjadi blogger yang produktif.

Apa Itu Blogger?

Blogger adalah sebutan buat mereka yang mempunyai blog atau website di internet. Dan blogger yang sukses, adalah blogger yang bisa memanfaatkan blog yang mereka punya untuk menghasilkan banyak uang. Menarik bukan? Selain bisa mendapatkan uang, banyak keuntungan menarik lainnya, yang bisa Anda dapatkan dari blog Anda.

Berbagai Keuntungan dari Membuat Blog

menjadi blogger yang produktif

Meningkatkan pengetahuan dan wawasan

Karena blogger dianjurkan untuk menulis artikel yang orisinil, mau tidak mau Anda harus mengembangkan ide baru, mempelajari hal baru atau memperluas pengetahuan yang sebelumnya telah Anda miliki. Hal ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan Anda tetapi juga meningkatkan penguasaan kosakata yang Anda miliki.

Sebagai sarana hiburan dan mengekspresikan diri

Menulis atau memposting video dan foto di blog bisa menjadi salah satu sarana mengekspresikan diri yang efektif. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang hobi menulis. Anda tidak hanya memiliki kesempatan tulisan Anda akan dibaca banyak orang.

Loading...

Anda juga bisa memperoleh masukan dari para pengunjung untuk yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda, ini suatu keuntungan menjadi blogger yang produktif

Tema blog yang menghibur seperti blog kuliner, traveling, fashion, seni maupun humor merupakan beberapa topik blog yang sering digunakan untuk mengekspresikan hobi atau kesenangan seseorang.

Meningkatkan kemampuan mengetik

Membuat blog juga bisa meningkatkan kemampuan mengetik yang Anda miliki asalkan Anda rajin menulis artikel-artikel baru di blog Anda. Semakin sering Anda menulis di blog, semakin terlatih pula jari-jari Anda untuk mengetik dengan cepat. Tips menjadi blogger yang produktif adalah dengan cara semakin cepat dalam menlis.

Meningkatkan kemampuan otak Anda

Menulis blog juga melatih kemampuan otak Anda untuk berpikir kritis dan terlatih mencari solusi dari suatu permasalahan dengan cepat.

Membagikan pengetahuan yang bermanfaat bagi orang banyak

Topik suatu blog seperti blog pendidikan atau blog tutorial tidak hanya bermanfaat sebagai ekspresi diri bagi penulisnya saja tetapi juga bermanfaat menyebarluaskan pengetahuan kepada banyak orang.

Membangun jaringan dan menambah teman

Ini juga merupakan tips menjadi blogger yang produktif yang dapat Anda lakukan.
Dengan latihan dan usaha, Anda bisa membangun jaringan pengikut dan pengunjung setia blog Anda. Ketika Anda dikenal akan pengetahuan dan keahlian yang Anda miliki, Anda tidak hanya menginspirasi dan mendorong orang lain tetapi juga membantu mereka membangun kehidupan yang lebih baik.

Seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan blogging ini bisa membantu Anda menemukan teman baru atau memperluas koneksi Anda di seluruh dunia.

Mendapatkan penghasilan dari blog

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Anda bisa menempatkan iklan, bergabung dengan program affiliate, menjual suatu produk atau menjual karya tulisan Anda. Banyak penulis buku sukses yang awalnya berprofesi sebagai blogger. Inti dari tips menjadi blogger yang produktif bagi sebaguan orang adalah penghasilan dari blognya sendiri.

Meningkatkan kepercayaan diri

Dengan menjadi menjadi blogger yang produktif, secara bertahap kemampuan menulis, wawasan dan cara berkomunikasi yang Anda miliki akan bertambah sehingga kepercayaan diri Anda pun akan meningkat.

Anda semakin terbiasa mengemukakan pendapat kepada orang lain dan semakin terbuka dengan berbagai saran maupun kritikan. Semakin sering Anda menulis blog, semakin mudah ide kreatif mengalir dalam setiap tulisan Anda.

Mempromosikan bisnis

Blog juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi suatu bisnis atau kegiatan organisasi non-profit. Blog suatu perusahaan maupun organisasi tersebut juga bisa ditautkan ke dalam website resmi perusahaan tersebut sehingga berperan sebagai alternatif website cadangan yang lebih murah daripada harus menyewa atau membeli website dari pihak ketiga.

Blogging sebagai media jurnalisme

Blogging juga bisa dijadikan sebagai sarana jurnalis warga atau media komunitas untuk menginformasikan berbagai informasi aktual, baik regional maupun internasional kepada pengunjung blog.

Mendapatkan pekerjaan yang lebih baik

Membuat blog dan secara rutin menulis blog bisa membuka peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Jika Anda bercita-cita menjadi penulis, pengalaman membuat blog bisa dimasukkan ke dalam portfolio CV Anda.

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang jasa seperti fotografer, memposting foto-foto karya Anda di blog juga membuka peluang karya Anda dilihat oleh lebih banyak orang sehingga kemungkinan orang tertarik memakai jasa Anda pun bisa lebih besar

Sebelum membahas ke topik utama, yaitu mengenai bagaimana tips menjadi blogger yang produktif atau menjadi blogger sukses, sebaiknya pahami dulu mulai dari awal. Mulai dari, alasan kenapa Anda harus memilih blog, bagaimana cara membuat blog, dan hal hal lainnya yang berkaitan dengan dunia blogger tersebut.

Buat Anda yang masih awam, atau baru mengenal apa itu blog, sebaiknya jangan tergesa-gesa dulu ingin cepat mendapatkan uang dari media tersebut. sebab, menjadi blogger yang sukses, perlu melalui proses, kesabaran dan ketekunan. Terlebih dulu pikirkan bagaiman caranya membuat blog yang berisi konten-konten menarik yang bermanfaat buat orang lain.

Bagaimana Cara Membuat Blog?

menjadi blogger yang produktif

Sebelum membahas lebih lanjut megenai tips menjadi blogger yang produktif, kita bahas dulu dari awal tentang membuat blog.

Jangan berpikir Anda harus mempelajari dan menguasai bahasa pemrograman yang rumit, serta hanya anak-anak IT saja yang bisa membuat blog. Karena faktanya, anak SD saja banyak yang sudah mahir membuat blog. Cukup siapkan komputer dan jaringan internet, dan selanjutnya ikuti saja step by step tutorialnya. Dan berikut ini adalah contoh panduan cara membuat blog yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Cara Membuat Blog Dengan Blogspot

Membuka situs blogger

Untuk membuat blog dengan platform Blogspot, Anda bisa mengunjungi situs Blogger.com. Di situs tersebut, Anda akan dibimbing langkah demi langkah hingga berhasil membuat blog.

Login ke akun Google

Ketika hendak membuat blog terutama di Blogger.com, sebaiknya Anda memiliki akun e-mail Google untuk memudahkan proses login dan pengelolaan akun selanjutnya. Login ke akun e-mail Google Anda untuk melanjutkan proses pembuatan blog.

Membuat blog baru

Setelah Anda berhasil masuk ke Blogger, tekan tombol “Blog Baru” yang terletak di sebelah kiri atas halaman web untuk membuat blog. Kemudian isilah kolom judul dengan nama yang Anda inginkan untuk blog Anda dan kolom alamat blog dengan alamat blog yang telah Anda persiapkan sebelumya. Jika alamat blog Anda tidak tersedia, carilah alamat lain alternatif lainnya hingga berhasil.

Selain mengisi data nama dan alamat blog, Anda juga akan diminta untuk memilih template desain blog stAndart yang telah disediakan oleh Blogger. Pilihlah template blog yang sesuai dengan rencana tema blog Anda dan jangan terpaku dengan desain yang ada karena suatu saat nanti Anda masih bisa mengubah desain template tersebut.

Setelah memilih template, langkah selanjutnya yakni menekan tombol “Buat Blog!” untuk meluncurkan blog yang baru Anda buat.

Memulai posting artikel blog

Setelah sukses membuat blog, langkah selanjutnya yakni mulai membuat konten blog. Untuk membuat postingan blog, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

Menentukan judul postingan

Langkah awal memposting artikel di blog adalah membuat judul blog dari tulisan Anda. sebaiknya buatlah judul yangtidak terlalu panjang, menarik dan mengundang rasa ingin tahu pembaca.

Menulis konten artikel

Langkah selanjutnya yakni memasukkan artikel ke dalam kolom konten yang tersedia di bawah kolom judul. Di sini, Anda bisa memasukkan tulisan, gambar maupun video. Anda bisa mengetik langsung isi artikel ke dalam kolom tersebut atau copy paste dari tulisan yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Memberi label artikel

Jangan lupa untuk memberi label yang sesuai dengan bahasan dan tema artikel pada konten blog untuk memudahkan pencarian artikel dan pembuatan menu navigasi di blog nantinya.

Mengatur jadwal posting

Anda juga bisa mengatur kapan artikel tersebut akan diposting sesuai dengan keinginan. Selain itu, tersedia juga fitur lokasi jika Anda ingin menambahkan lokasi dimana artikel tersebut dibuat.

Publikasi

Setelah melalui semua prosedur di atas, tekan tombol “Publikasikan” untuk memposting artikel ke halaman blog yang telah Anda buat.

Setelah Anda sukses membuat blog, kini saatnya Anda memulai perjalanan Anda mengisi dan mengelola blog tersebut. Membuat konten blog yang menarik bagi pengunjung tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi seorang blogger.

Jika tulisan kita terkesan biasa-biasa saja atau asal-asalan, bisa-bisa pengunjung enggan mengunjungi kembali blog Anda. Jika tidak ada pengunjung, bagaiman bisa mendapatkan penghasilan?

Jadi fokus dalam mengisi konten atau artikelnya, semakin bagus dan semakin bermanfaat isi dari konten yang Anda sajikan, maka semakin hari pengunjung blog Anda semakin banyak. Terus tingkatkan kwalitas blog Anda, hingga bila sudah waktunya, Anda bisa menjadikan blog tersebut menjadi ladang duit.

Jadi pada tahap ini pertanyaannya, bagaimana cara membuat konten atau artikel yang menarik, yang di sukai dan bisa memancing datangnya banyak pengunjung ke dalam blog kita.

Tips Membuat Artikel / Konten agar blog kita banyak pengunjungnya

menjadi blogger yang produktif

Tulis atau bahas tentang topik yang banyak dicari oleh pembaca

Untuk menarik pengunjung, tulislah artikel yang diinginkan dan diminati oleh pembaca. Menulis mengenai pengalaman pribadi itu tidak buruk tapi tidak semua orang tertarik untuk membacanya. Pengunjung lebih menyukai artikel yang bisa memberi jawaban atau solusi atas permasalahan mereka dan memberi pengetahuan yang baru dalam hidup mereka.

Berikan solusi terhadap suatu masalah

Selain menjadi blogger yang produktif, Anda juga menanyakan kepada pengunjung tentang masalah yang mereka hadapi, lalu tawarkan suatu solusi terhadap masalah tersebut.

Apabila solusi Anda memenuhi harapan mereka, suatu saat mereka tidak akan segan untuk kembali mengunjungi Anda karena mereka sudah mempercayai Anda. Selalu kenali permasalahan pengunjung dan tunjukkan bahwa Anda menguasai bidang yang Anda tulis.

Buat konten yang mudah dibaca

Tulisan pada blog tentu berbeda dengan tulisan di buku atau majalah. Jika tulisan di buku atau majalah bisa memiliki panjang berbaris-baris di setiap paragraf, tulisan di blog sebaiknya batasi maksimal hanya 2 hingga 5 baris saja setiap paragrafnya. Hal ini untuk menambah kenyamanan pembaca blog dan membuat isi blog lebih mudah dipahami.

Selain itu, gunakan warna tulisan konten yang tidak terlalu mencolok seperti hitam atau abu-abu agar pembaca tidak merasa lelah ketika membaca tulisan tersebut.

Perhatikan konten-konten yang menjadi favorit pengunjung

Jangan malas untuk memeriksa kembali jumlah kunjungan blog, topik yang paling banyak dibaca maupun topik yang paling banyak mendapat tanggapan maupun topik yang paling banyak dibagikan di sosial media. Kurangi tema tulisan yang kurang diminati dan perbanyak tulisan yang memiliki kemungkinan disukai lebih besar.

Menggunakan kata “Anda”

Menggunakan kata-kata sapaan seperti kata “Anda” terbukti membuat seseorang lebih tertarik untuk membaca tulisan di blog. Kata sapaan tersebut juga memberi kesan lebih ramah dan akrab daripada penggunaan kata lain seperti “mereka”. Kata “Anda” juga mengesankan kepedulian penulis blog terhadap pembacanya.

Membuat daftar label tulisan

Membuat daftar konten blog bisa mempermudah Anda ketika mengelola konten blog. Selain itu, daftar konten juga memudahkan pengunjung berpindah halaman atau memilih bacaan yang mereka sukai di blog Anda.

Membuat judul yang mengundang dan siap dipost ke media sosial

Judul artikel yang membuat penasaran pembaca atau judul yang siap diposting ke sosial media seperti twitter tentu akan lebih diminati daripada judul yang formal dan menggunakan kalimat yang panjang.

Berikan tutorial atau cara melakukan sesuatu

Tulisan mengenai tutorial atau cara melakukan sesuatu terbukti mampu menarik lebih banyak pengunjung dan lebih banyak dicari di mesin pencarian Google.

Orang lebih tertarik terhadap sesuatu yang memberikan manfaat dan berguna bagi dirinya. Pencarian kata kunci tutorial atau cara melakukan sesuatu ini bahkan mencapai 414.000.000 pencarian tiap bulannya.

Referensi lain : 10 Tips Mendapatkan Penghasilan dari Menulis Artikel

Optimasi SEO

Salah satu yang menentukan kelangsungan blog Anda yakni peringkat blog Anda di mesin pencarian. Salah satu keuntungan dari aktivitas blogging yang rutin yakni mampu meningkatkan peringkat blog Anda di mesin pencarian. Tapi, tentu saja konten yang berkualitas juga menentukan peringkat tersebut.

Anda bisa menggunakan optimasi SEO atau menulis topik-topik yang sedang tren untuk memudahkan artikel tersebut ditemukan oleh mesin pencari dan meningkatkan peluang dibaca oleh banyak pengunjung.

Jangan memaksa pengunjung

Ini blog, bukan website penjualan dimana Anda bisa memaksa pengunjung untuk membeli produk Anda. Sebuah blog yang mengandung kata-kata paksaan seperti “BELI SEKARANG!” akan membuat pengunjung enggan kembali lagi ke blog Anda.

Konten yang memberikan manfaat, mengandung kata-kata yang enak dibaca dan bisa dipercaya lebih mudah untuk membangun hubungan yang baik antara penulis dan pengunjung dan bisa bertahan lebih lama.

Gunakan judul yang berisi daftar dan terkesan tegas

Judul yang mengandung daftar angka atau urutan seperti “5 Cara Menghitamkan Rambut Anda” lebih disukai daripada judul “ 5 Cara yang Mungkin Bisa Menghitamkan Rambut Anda” karena terkesan lebih tegas, bisa dipercaya dan bisa membuat pengunjung lebih mudah untuk memahami isi konten blog.

Selain itu, judul yang berisi daftar juga lebih mengundang rasa penasaran pengunjung ketika melihatnya di mesin pencarian.

Undang pengunjung untuk memberikan umpan balik

Yang tidak kalah penting yakni mengundang pengunjung untuk memberikan umpan balik. Umpan balik tersebut bisa berupa tanggapan pada kolom komentar di bawah artikel, anjuran untuk membagikannya ke sosial media atau bertukar backlink.

Ketika Anda menulis konten blog, tentu Anda akan menemui rasa jenuh atau lelah sehingga tidak bersemangat menulis atau menjadi tidak produktif. Nah, berikut ini beberapa tips menjadi blogger yang produktif yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa jenuh dan menjaga keberlangsungan blog.

Tips Menjadi Blogger Yang Produktif

menjadi blogger yang produktif

Beberapa tips menjadi blogger yang produktif yang dapat Anda lakukan.

Mulailah menulis

Tips menjadi blogger yang produktif pertama adalah mulailah menulis. Berlatihlah menulis sesering mungkin, tulis apa saja yang ada di benak Anda. Kembangkanlah suatu ide menjadi tulisan pendek dan abaikan semua kesalahan ejaan, tata bahasa dan sebagainya. Lakukanlah proses pengeditan setelah selesai menulis.

Hal ini dimaksudkan agar Anda memasuki suatu proses berpikir menulis bebas untuk memecah kebuntuan dalam produktivitas blogging. Bila perlu, buatlah suasana yang hening, jauhkan dari gangguan notifikasi media sosial, pilih tempat yang tenang dan matikan sementara notifikasi e-mail untuk memperoleh suasana menulis yang optimal.

Melakukan perencanaan

Melakukan perencanaan pembuatan tulisan juga bisa mendorong produktivitas blogging Anda.

Luangkanlah waktu untuk membuat kerangka tulisan dengan topik yang lebih spesifik untuk mempermudah proses pengembangan tulisan. Berikan batas waktu pengerjaan tulisan tersebut agar Anda semakin termotivasi memanfaatkan waktu dengan optimal.

Memilih platform blog yang tepat

Tips menjadi blogger yang produktif selanjutnya yakni memilih platform layanan blog yang tepat. Setiap platform blog tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pilih yang sesuai dengan tujuan dan tema tulisan Anda serta pilih desain blog yang user friendly, praktis, memiliki sistem navigasi yang baik dan cukup responsif.

Menentukan tujuan dan topik blog

Memiliki tujuan atau topik blog yang khusus sangat bermanfaat untuk keberlangsungan blog dalam jangka panjang. Jika suatu saat Anda berniat untuk mendaftarkan blog ke dalam layanan iklan, blog yang memiliki tujuan dan topik spesifik tentu akan memudahkan penyedia iklan untuk menentukan iklan yang cocok bagi blog Anda.

Tapi, tidak ada salahnya sesekali memposting tulisan yang berbeda dari tema blog sebagai selingan agar pembaca tidak jenuh melihat konten yang bertema itu-itu saja.

Berfokus ke konten blog

Konten yang baik dan berkualitas tentu sangat mempengaruhi mutu suatu blog. Sebaiknya pilihlah topik yang benar-benar Anda sukai, sesuai dengan keahlian yang Anda miliki.

Kuasailah konten tulisan tersebut sebaik-baiknya dan sebisa mungkin tulislah konten yang bebas dari plagiat sehingga di setiap tulisan akan tercermin keunikan tersendiri yang tidak terdapat di blog lain.

Referensi lain : 10 Kelebihan Blog Niche dibandingkan Blog Multi Niche

Menjaga konsistensi blogging

Konsistensi tidak hanya dibutuhkan di bidang penulisan blog, di berbagai bidang pekerjaan pun membutuhkan konsistensi untuk meraih kesuksesan. Ketika Anda mengelola suatu blog, belajarlah untuk selalu konsisten dalam memposting tulisan blog, konsisten menjaga tampilan blog dan menjaga konsistensi tema blog. Menjaga konsistensi memang tidak mudah, tapi

Memanfaatkan fasilitas pembaca feed sebagai kotak masuk

Daripada membuang waktu mengecek status, mengupdate, masuk ke berbagai layanan web 2.0 dan mengecek statistik, Anda bisa menambahkan hal-hal tersebut ke dalam pembaca feed Anda.

Gunakan fasilitas feed dengan optimal untuk membaca postingan lain atau mencari ide tulisan baru. Anda bisa berlangganan layanan inbound link dari Technorati atau sejumlah layanan lainnya.

Menulis lebih dari jumlah yang dipublikasikan ketika sedang kreatif

Ketika Anda sedang merasa menjadi blogger yang produktif dan memiliki banyak ide kreatif, cobalah untuk menulis artikel lebih banyak daripada yang biasa Anda tulis. Hal ini sangat berguna jika suatu saat Anda merasa kurang produktif atau sedang berlibur, Anda tetap bisa memposting tulisan karena sudah memiliki tabungan artikel yang telah dibuat sebelumnya.

Buat suatu jadwal menulis yang disesuaikan dengan kondisi mental Anda dan tulislah sebanyak-banyaknya artikel ketika Anda sedang merasa kreatif.

Aktif Membagikan konten blog

Mempromosikan konten blog melalui media sosial merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengenalkan blog Anda ke publik. Anda bisa memposting suatu link yang merujuk ke konten blog Anda melalui e-mail maupun media sosial seperti Google+, Facebook, Twitter, Pinterest, LinkedIn atau Instagram.

Selain itu, Anda bisa menulis di blog lain (guest posting) sambil mencantumkan alamat blog Anda, melakukan blogwalking atau mencoba jaringan promosi blog seperti Social Buzz Club, Viral Content Buzz atau Triberr.

Mendorong adanya komunikasi timbal balik dari pengunjung

Komunikasi yang jujur sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hubungan dengan para pengunjung blog. Setiap komentar pembaca baik itu komentar baik maupun buruk sama-sama memberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas blog Anda.

Jalin komunikasi yang baik dengan pembaca blog Anda dan jangan sungkan untuk melakukan kunjungan balik ke blog penulis lainnya untuk memperluas jaringan Anda.

Jangan berhenti belajar blogging

Untuk menjadi seorang blogger yang produktif, dibutuhkan banyak ilmu dan pengetahuan. Sebagai blogger pemula tidak ada salahnya untuk belajar dari kesuksesan blogger lain yang lebih berpengalaman dalam menerapkan SEO.

Anda bisa melakukan blogwalking, membaca buku, mengikuti seminar atau mengikuti sesuatu komunitas blogger untuk menambah pengetahuan atau mendapatkan backlink. Semakin banyak yang ilmu baru Anda pelajari, semakin mudah ide kreatif muncul di pikiran Anda.

Beristirahatlah sejenak

Tips menjadi blogger yang produktif terakhir adalah meluangkan waktu untuk berhenti sejenak dari aktivitas blogging. Hal ini penting untuk mengurangi rasa jenuh dan kelelahan karena aktivitas menulis yang terus menerus.

Lakukan hobi Anda yang lain, siapa tahu ketika Anda melakukan hal lain atau beristirahat sejenak, Anda akan menemukan ide baru untuk dijadikan bahan tulisan selanjutnya.

Bagaimana Caranya Menghasilkan Uang Dari Blog?

menjadi blogger yang produktif

Ini adalah tahap yang di tunggu-tunggu oleh para blogger semua. Jika saat ini blog Anda telah memiliki pengunjung yang lumayan banyak, dan cukup stabil setiap harinya, maka tindakan berikutnya, monetasi blog Anda agar bisa menghasilkan uang.

Google Adsense

Cara menghasilkan uang dari blog yang pertama yakni mengikuti layanan Google Adsense. Layanan ini merupakan layanan iklan yang paling banyak dipilih oleh para blogger untuk mencari uang.

Google Adsense memberi kesempatan bagi para blogger atau publisher untuk mendapatkan penghasilan dari penyedia iklan yang bersedia menempatkan iklan mereka di jaringan Google.

Jika Anda memiliki jumlah konten yang cukup banyak Anda bisa mengikuti program Google Adsense ini. Apabila pendaftaran blog Anda sudah disetujui, Google Adsense akan menyesuaikan jenis iklan tebaik untuk blog Anda.

Kemudian Anda bisa mengatur penempatan script link, banner, gambar atau video iklan di blog. Silahkan browsing di internet untuk lebih memahami dengan mendetail tentang adsense ini, bagaimana cara mendaftarnya, dan tips agar bisa sukses dari adsense.

Affiliate marketing

Cara selanjutnya untuk mendapatkan uang dari blog yakni dengan menjadi anggota affiliate marketing. Affiliate marketing memberikan kesempatan mendapatkan uang atau komisi dengan cara mempromosikan produk orang lain.

Cara ini cukup mudah dilakukan oleh blogger pemula sekalipun, Anda cukup mendaftar ke mereka dan cantumkan link affiliasi Anda ke dalam blog. Apabila ada pengunjung blog Anda yang membuka banner link affiliasi tersebut, dan terjadi transaksi, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Menjual produk atau jasa Anda melalui blog

Jika Anda memiliki banyak pengikut atau pengunjung setia, jangan ragu untuk menggunakan blog sebagai media promosi suatu produk atau jasa yang Anda miliki.

Ketika Anda memutuskan untuk menjual suatu produk atau jasa di blog, pertimbangkan juga mengenai jenis produk dan jasa yang hendak Anda jual serta sistem pembayaran yang bisa Anda sediakan untuk penjualan produk dan jasa tersebut.

Menawarkan review bersponsor

Selain menyediakan ruang untuk memasang iklan, Anda juga bisa menawarkan review bersponsor atau mendapatkan uang dari membuat tulisan mengenai review suatu produk atau jasa orang lain di blog Anda.

Menawarkan ruang iklan kepada penyedia iklan secara langsung

Jika Anda memiliki traffic pengunjung yang stabil dan memiliki banyak pengunjung setia, Anda bisa menawarkan ruang iklan di halaman blog Anda langsung kepada penyedia iklan

Menjual blog

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang melalui blog yakni menjual situs blog Anda. Blog yang bisa dijual biasanya merupakan blog yang memiliki traffic yang stabil, memiliki pengunjung tetap yang cukup banyak, memiliki pendapatan dari iklan yang cukup tinggi serta alamat blog tidak merujuk langsung pada nama pemiliknya. Semakin tinggi traffic suatu blog, semakin baik kualitas kontennya, tentunya semakin tinggi nominal rupiah blog tersebut.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Konten blog yang menarik dan beragam belum tentu bisa menarik banyak pengunjung. Biasanya ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh blogger pemula yang menyebabkan pengunjung enggan berkunjung kembali ke blog mereka. Apa saja kesalahan itu? Nah, berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula yang sebaiknya Anda hindari.

Malas memperbarui konten blog

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah malas memperbarui konten blog yang mereka miliki. Sebagai seorang blogger, meningkatkan kemampuan menulis merupakan hal yang penting.

Menulis artikel secara rutin bisa meningkatkan kemampuan dan kelancaran menulis Anda. Selain itu, pengunjung pun tidak akan kecewa ketika mengunjungi blog Anda karena akan selalu ada hal baru yang bisa mereka baca.

Namun, rajin membuat konten baru juga tidak menjamin blog Anda akan dikunjungi banyak orang. Meskipun artikel di blog berlimpah, tapi tidak diimbangi dengan kualitas konten yang baik maka tidak ada gunanya. Kualitas blog juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan selain kuantitas konten blog.

Menganggap kesuksesan secara instan

Banyak yang menganggap kalau memperoleh penghasilan melalui internet itu mudah dan murah. Anggapan keliru seperti inilah yang harus Anda hilangkan ketika memulai menjadi blogger.

Tidak ada cara instan untuk menjadi seorang blogger yang sukses. Pembelajaran yang tiada henti, kesabaran dan kerja keras untuk selalu menyajikan konten yang berkualitas bagi para pengunjung blog tentunya menjadi salah satu kewajiban seorang blogger.

Tulisan yang tidak orisinil

Kebiasaan umum yang sering dilakukan oleh blogger pemula yakni kebiasaan copy paste mencomot tulisan dari website lain.

Bagi seorang pemula mungkin ini merupakan hal yang biasa, namun, lama-kelamaan tindakan ini bisa merugikan blogger itu sendiri. Bisa-bisa blog Anda terjaring razia Google PAnda karena sering memuat tulisan yang tidak orisinil.

Terlalu sering mengutak atik desain blog

Terlalu sering mengutak-atik desain blog bisa mempengaruhi jumlah pengunjung blog Anda. Tampilan blog yang sering berubah-ubah mengesankan blog Anda tidak profesional, berantakan, mengurangi kenyamanan pengunjung, menurunkan kualitas SEO serta membuang waktu Anda.

Sebaiknya pilih desain blog yang user friendly, SEO, responsif, memiliki waktu loading cepat, sesuai dengan tema konten blog serta sesuaikan juga dengan karakter pengunjung blog Anda.

Memilih topik blog yang kurang tepat

Kesalahan dalam memilih topik blog juga sering dilakukan oleh blogger pemula. Topik yang sedang tren atau unik tentu lebih diminati daripada topik yang biasa-biasa saja.

Tapi, menulis tema konten yang sedang tren juga tidak menjamin tulisan Anda akan diminati banyak orang, terlebih lagi jika tulisan tersebut berasal dari hasil copy paste dari website lain atau tidak kredibel karena penulis tidak benar-benar menguasai topik tulisannya sendiri.

Terlalu mengkhawatirkan SEO sehingga mengabaikan kualitas konten blog

Sebagian besar blogger pemula kadang terlalu terburu-buru menerapkan SEO meskipun belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang hal ini sehingga kualitas konten kadang terabaikan.

Menguasai SEO memang penting, tapi kualitas dari konten blog juga tak kalah penting. Sementara Anda memperbaiki konten blog, Anda bisa mempelajari dan mengoptimalkan SEO secara bertahap.

Menerapkan optimasi SEO yang tidak tepat

Penerapan SEO bisa meningkatkan peluang blog memperoleh banyak pengunjung. Namun, penerapan optimasi SEO yang tidak tepat seperti pemilihan tema yang asing atau tidak populer, bisa membuat blog Anda kehilangan penggemar.

Terapkan optimasi SEO yang tepat, pilih konten dan keyword yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang dan mudah dibagikan di sosial media untuk meningkatkan traffic pengunjung blog Anda.

Enggan belajar atau menambah wawasan tentang blogging

Pengetahuan tentang SEO merupakan hal yang wajib dikuasai oleh seorang blogger untuk bisa bersaing dengan blogger lainnya. Blogger yang enggan belajar ilmu-ilmu baru atau enggan belajar dari kesuksesan blogger lain tentunya akan semakin tenggelam dalam dunia persaingan blogger yang ketat.

Sering melakukan promosi spam

Blogger pemula biasanya sering melakukan spam untuk mendapatkan backlink agar traffic blog bisa meningkat dengan cepat. Tindakan ini tentu saja sangat tidak disukai oleh Google bahkan bisa merugikan blogger itu sendiri karena berakibat blog dibanned dari mesin pencari.

Jarang mempromosikan blog

Sebaik apapun konten blog Anda, tidak ada gunanya jika tidak ada orang yang mengenal blog tersebut. Saat ini banyak blogger yang mempromosikan blog melalui akun media sosial bahkan memiliki fans page untuk blog mereka.

Jika Anda tidak mempromosikan blog, tentu saja Anda akan tertinggal dari blogger lain yang lebih rajin memposting tautan blog di media sosial mereka atau website lain.

Demikian ulasan mengenai tips menjadi blogger yang produktif semoga bisa menginspirasi Anda dan Happy Blogging!

Jika artikel ini serasa bermanfaat bagi Anda semua, silakan share ya agar yang lain tahu juga akan hal ini. Terima kasih atas kunjungannya, sampai bertemu kembali.



Loading...