Menjadi Penjual Buku yang Sukses

Tips Menjadi Penjual Buku yang Sukses Insya Allah

Tips menjadi penjual buku yang sukses – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Buku merupakan benda yang sangat bermanfaat untuk manusia, dengan buku kita dapat belajar banyak.

Ilmu-ilmu yang ada pada dalam buku sebagian besar sangat luas, sebut saja Al-Qur’an, kita dapat membacannya melalui buku, dan segala puji bagi Allah yang telah membuat Al-Qur’an mudah kita baca melalui media buku. Kemudian ada pula kitab-kitab atau buku-buku karya orang hebat lain, seperti Riyadhus Shalihin (buku riwayat Hadist) karya Imam Nawawi.

Ada pula buku yang bernama Ad Daa’ Wad Dawaa’ yang ditulis oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Maka dari itu buku merupakan sebuah benda yang dapat membuat kita berilmu, namun tentu bukan hanya buku saja untuk dapat membuat kita menjadi berilmu, namun memiliki guru juga sangat penting agar kita memiliki ilmu.

Namun pada artikel kali ini bukan membahas tentang berbagai macam buku-buku yang menarik, namun di artikel ini kita akan membahas tentang berbagai cara atau tips menjadi penjual buku yang sukses, Insya Allah.

Tentu saya gak bisa jami loh ya apakah kalau kamu ngikutin tips ini bakal jadi sukses atau tidak, tapi yang penting dan yang jelas adalah, kamu harus mengkombinasikan antara ide dengan action. Jangan sampai kamu kebanyakan ide tapi sedikit action, maka itu semua hanya menjadi angan-angan belaka.

Baik langsung saja kita bahas.

Beberapa Tips Menjadi Penjual Buku yang Sukses (Insya Allah)

Ada banyak cara yang bisa kita jalani untuk menjadi penjual buku yang sukses (Insya Alah). Namun tentunya kamu harus memilih jalan yang baik atau jalan yang halal.

Nah pada artikel kali ini kita akan ngebahas tentang gimana caranya menjadi penjual buku yang sukses dengan cara yang halal, Insya Allah.

Loading...

1. Menentukan Tema Buku

Langkah pertama untuk menjadi penjual buku yang sukses adalah dengan menentukan tema buku apa yang ingin kamu jual. Mungkin sebagian pembaca mengira bahwa menentukan tema buku yang akan dijual merupakan suatu hal yang sepele, namun menurut saya tidak.

Sekarang coba pikir, apabila kita menjual buku namun dengan tema yang random, dan parahnya karena random tersebut didalamnya terdapat buku po*n, maka apa yang terjadi? Tentu hal ini sangat bahaya, selain mendapat dosa, hal tersebut juga memiliki kemungkinan besar akan membuat generasi bangsa kita akan hancur.

Nah saran saya pilihlah tema buku yang memiliki nilai positif, khususnya tema agama seperti toko buku Yufid Store. Alhamdulilah yang saya tau sekarang ini sudah banyak para penjual buku yang menjual berbagai buku dengan tema agama Islam, sehingga selain dapat membuat generasi bangsa menjadi bagus, maka akan mendapatkan pahala jariyah yang menjualnya apabila diniatkan karena Allah semata, Insya Allah.

2. Menyediakan Stok Buku

Tips selanjutnya adalah menyediakan stok buku yang banyak. Tentunya untuk menjalani step ini memerlukan modal yang tidak kecil.

Namun dengan memiliki stok buku yang banyak membuat toko kamu semakin laris dan juga semakin terlihat profesional. Nah kamu bisa mulai menabung mulai dari sekarang ini agar bisa membeli berbagai macam stok buku yang banyak.

Kamu mungkin bisa membeli stok buku tersebut di berbagai macam penerbit yang terkenal.

3. Desain Tokomu Semenarik Mungkin

Salah satu kiat menjadi penjual buku yang sukses adalah dengan mendesain toko kamu agar terlihat menarik. Kamu mungkin bisa menambahkan warna dinding yang adem untuk dilihat, kemudian kamu juga dapat mendesain rak-rak buku agar terlihat rapih dan juga unik.

Nah dengan desain yang menarik tentunya memiliki kemungkinan besar untuk dapat menarik perhatian para calon pengunjung maupun para pengunjung toko buku kamu. Kamu mungkin bisa menyewa jasa untuk dapat mendekor toko kamu agar terlihat menarik.

4. Ramah

Bersikap ramah adalah salah satu hal yang penting untuk menjadi penjual buku yang sukses. Kita tau bahwa yang namanya Akhlak merupakan hal yang sangat diperhatikan. Bahkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam diutus untuk menyempurnakan akhlak.

Maka dari itu cobalah cari karyawan atau mulai dari diri sendiri untuk dapat memiliki akhlak yang baik dengan cara latihan, dan terus praktekkan dikehidupan sehari-hari.

5. Syar’i

syar’i merupakan hal yang sangat penting, dimana kamu harus memiliki sebuah toko buku yang syar’i, mungkin contohnya seperti, toko kamu tersebut mewajibkan karyawannya yang muslim untuk sholat lima waktu berjama’ah apabila waktu adzan sudah berkumandang.

Hal tersebut akan membuat toko dan rejeki kamu semakin berkah, Insya Allah.

6. Sering Bagi-Bagi Buku Gratis

Kiat menjadi penjual buku yang sukses pada awalnya adalah dengan sering untuk bagi-bagi buku dengan gratis.

Nah hal ini sekaligus melakukan promosi terhadap toko buku kamu supaya menjadi terkenal di para kalangan. Namun usahakan bagilah buku yang bermanfaat seperti buku hadist, atau buku kisah para nabi serta sahabat nabi, dan yang lain sebagainya.

Dan kalau bisa sih bagi-baginya dengna niatan karena Allah.

7. Promosi

Cara menjadi penjual buku yang sukses yang paling umum adalah dengan melakukan promosi. Sebelumnya juga sudah disinggung pada poin ke-6 tadi.

Nah promosi yang bisa kamu lakukan adalah dengan sebagai berikut:

  1. Beriklah di layanan di internet
  2. Menggunakan flyer
  3. Memberi tahu kepada teman-teman
  4. dll

Nah sebenarnya ada banyak cara untuk bisa mempromosikan toko buku kamu, namun yang pasti gunakan cara promosi yang baik ya, jangan sampai melenceng dari aturan agama dan negara.

Baaca : 9 Tips Menjadi Pedagang Sukses yang Insya Allah Membawa Berkah

Penutup

Nah bagaimana menurut kamu? Sudah memiliki niatan untuk membuat sebuah toko buku? Kamu mungkin bisa membuat toko buku secara offline (menggunakan toko fisik), atau pun dengan cara online dengna cara membuat toko online (apalagi sekarang sudah banyak marketplace yang memudahkan kita untuk berjualan online).

Baiklah, sekian artikel ini saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan kata yang membuat kamu tersinggung, dan juga saya mohon koreksinya apabila ada kata-kata di artikel ini yang salah informasi, tolong segera berkomentar atau kontak saya.

Terima kasih sudah membaca, sekian. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Loading...

Bagikan

Abdullah

Penulis

Hanya seorang muslim biasa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *