BloggingTutorial Blog

Tips Menulis di Klik Mania agar Langsung Diterbitkan

Apakah anda seorang penulis pemula di Klik Mania? Jika jawabannya ya, berarti sama dengan saya. Menulis di klik mania ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi agar tulisan kita langsung disetujui dan diterbitkan. Hal yang perlu diperhatikan pertama kali sebelum menulis adalah apa yang dijabarkan dalam panduan menulis oleh official Klik Mania.

Lha, kalo sudah ada panduannya kenapa mesti dibahas lagi? Itulah masalahnya, karena panduannya terlalu singkat, maka banyak artikel dari penulis yang nyangkut gak bisa diterbitkan dengan berbagai alasan. Padahal Tim Editor Klik Mania cukup baik dengan memberikan persyaratan mudah.

Untuk itulah saya buat tulisan Tips Rahasia Menulis di Klik Mania agar Langsung Diterbitkan ini, sebagai sharing pengalaman pribadi pertama kali menulis untuk blog keren ini.

Tips Menulis di Klik Mania

Menurut persepsi saya sendiri, menulis di Klik Mania ada sedikitnya dua sudut pandang, yaitu dari segi konten dan SEO. Kedua segi tersebut pada akhirnya akan kembali kepada niat awal kita untuk menulis di Klik Mania, yaitu mendapatkan reputasi dan uang. Mengingat hal tersebut, maka haruslah terjadi sebuah hubungan simbiosis mutualisme antara kontributor dan pemilik situs ini.

Pemilik situs mendapatkan konten bermutu tinggi yang sesuai kaidah SEO dan bermanfaat, sementara penulis mendapatkan reputasi dan pembayaran.

Jadi selain membuat konten yang menarik dan bermutu tinggi, penulis juga harus memperhatikan kaidah SEO dalam artikel yang ditulis. Sebagai penulis pemula, anda akan dipandu oleh sebuah plugin hebat bernama Yoast SEO. Jadi intinya buatlah konten yang menarik dan mengikuti cara penulisan SEO.

Sumber Ide Menulis di Klik Mania

Jika anda suka membaca dan mencari, sebenarnya banyak sumber yang bisa dijadikan ide menulis di klik mania. Bahkan kalau boleh bisa dikatakan, klik mania merupakan website multi niche. Sehingga banyak sekali sumber ide sesuai kategori yang ada.

Loading...

Anda bukan seorang yang ahli dalam blogging, anda bisa menulis review gadget. Jika anda seorang pembaca cerita, anda bisa memilih kisah inspiratif untuk dijadikan sumber ide menulis. Silahkan explorasi sendiri sesuai hobi anda masing-masing.

Kaidah SEO untuk Menulis di Klik Mania

Nah setelah anda mendapatkan ide untuk menulis, saatnya membuat artikel yang sesuai dengan kaidah SEO. Yoast SEO dapat anda jadikan rambu dalam menulis di klik mania. Dua faktor global cara menulis yang ada di Yoast SEO adalah readabity dan peletakkan keyword.

Menulis di Klik Mania

Readability berarti dilihat dari enak tidaknya artikel kita dibaca oleh pengunjung, terutama masalah tanda baca. Tanda baca jangan lebih dari 20 kata, agar pembaca dapat bernafas lega saat membaca artikel kita. Paragraf juga jangan terlalu panjang, sehingga pembaca tidak merasa jenuh.

Usahakan gunakan kata-kata aktif dan efektif dibanding kata pasif dan tidak efektif. Jumlah kata pun jangan kurang dari 300 kata dalam satu artikel, agar mesin pencari menganggap bahwa artikel kita sangat jelas penjabarannya.

Menulis di Klik Mania

Selanjutnya masalah focus keyword, ini merupakan teknik bagaimana kita menyisipkan keyword secara optimal tanpa dianggap spam. Penyisipan focus keyword dimulai dari gambar dengan alt focus keyword, juga dalam judul. Silahkan baca posting saya tentang keyword dalam judul untuk lebih jelasnya.

Keyword harus muncul pada paragraf pertama sebanyak satu kali, pada meta deskripsi posting juga fokus keyword ini harus muncul. Namun perlu diingat tentang density, atau persentase kemunculannya dalam artikel yang tidak boleh terlalu sering. Bahkan akan lebih bagus jika menggunakan kata-kata yang berbeda tapi relevan. Insya Allah bahas lebih jauh tentang penempatan keyword ini akan saya tulis dalam artikel mendatang.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

seolicious

Hanya seorang penikmat kehidupan online.

Artikel terkait

3 Comments

  1. Saya sedang belajar menulis tapi tentang
    bab pemahaman agama islam yg sudah sy dapatkan

  2. Halo mas,, saya mau tanya untuk bisa menulis di klik mania .net bagaimana ya mas ?
    Apakah saya boleh memberikan outbondlink ke blog saya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *