Dunia Internet

Tips Menyimpan Ide Agar Tidak Hilang Begitu Saja

Tips Menyimpan Ide Agar Tidak Hilang Begitu Saja– Ide, secara garis besar merupakan sebuah pemikiran atau gagasan atau perencanaan yang akan kita lakukan di waktu mendatang. Bisa itu ide untuk membuka usaha kecil, ide untuk menulis blog, ide membuat ilustrasi untuk sebuah game, atau ide-ide yang lainnya.

Dengan adanya ide, tentu hidup kita akan mempunyai arah dan tujuan kemana kita selanjutnya, dan harus melakukan apa kedepannya? Agar tidak terlalu monoton hidup yang kita jalani.

Meski demikian, ternyata masih banyak orang yang kehilangan idenya hanya karena sesuatu yang sepele atau di anggap tidak berguna.

Sebenarnya, jika kita mendapatkan sebuah ide, meskipun itu kedengarannya tidak berguna atau sama sekali sangat-sangat tidak berguna. Alangkah baiknya jika Anda menampung terlebih dahulu semua ide yang Anda miliki.

Selanjutnya, tinggal anda filter sendiri! Mana yang menurut Anda bisa di gunakan, dan mana yang menurut Anda tidak bisa diharapkan? Menyimpan Ide tersebut, semua pilihan ada ditangan Anda.

Kemudian mengenai beberapa orang kehilangan idenya dikarenakan mereka tidak bisa menjaga ide mereka sendiri atau mungkin datangnya ide diwaktu yang kurang tepat. Seperti saat sedang dalam perjalanan atau disaat sedang melakukan pertemuan.

Ya, ide memang selalu datang tiba-tiba. Untuk itu, alangkah baiknya bila kita tahu caranya untuk menyimpan ide yang kita dapatkan secara mendadak agar tidak hilang pas kita mau merealisasikannya.

Siapkan buku catatan atau memo

Mungkin kedengarannya sangat merepotkan buat Anda. Karena kemana-mana harus membawa buku catatan. Tapi tidak masalah jika Anda tidak mau melakukannya. Anda bisa menggunakan smartphone sebagai tempat mencatat memo.

Bukankah sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan tempat untuk menulis dan menyimpan catatan? Untuk itu, Anda bisa memanfaatkannya dengan baik sebagai tempat untuk mencatat ide-ide Anda yang brilian.

Misalnya Anda adalah seorang blogger dan Mendapatkan Ide yang Bagus untuk Menulis Konten Blog di saat Anda sedang bepergian, tapi Anda tidak punya waktu untuk menulis?

Untuk itu, perlu menyimpan ide kedalam buku catatan. Dimulai dari materi apa yang ingin ditulis, dan kerangka tulisan Anda yang ingin disampaikan.

Selebihnya Anda bisa memperbaikinya dirumah ketika senggang. Tentu saja, dengan cara seperti itu Anda tidak akan lupa dengan ide yang sudah ditemukan di jalan.

Lalu bagaimana jika Anda seorang komikus atau yang lainnya?

Sama saja! Yang terpenting dari semua ide yang di dapat, jika kita sudah menuliskannya secara rapih dalam sebuah catatan, maka kita akan bisa menerapkannya diwaktu luang.

Dalam membuat komik, tentu kita membutuhkan materi untuk alur ceritanya. Untuk itu, Anda hanya perlu menuliskan cerita apa yang sedang ada dipikiran Anda? Selebihnya bisa di realisasikan dirumah. Begitupun ide yang lainnya.

Rekam dengan perekam suara

Tips menyimpan ide

Bila Anda tidak sempat atau malas mencatat ide yang di dapat, Anda bisa merekam suara yang berisikan ide-ide Anda melalui ponsel Anda sendiri. Tentu itu akan lebih mudah dilakukan.

Katakanlah apa yang ada dipikiran Anda dan usahakan serapih mungkin, agar nantinya Anda tidak kebingungan atas apa yang telah Anda rekam sebelumnya. Perekam suara sangat efisien untuk menyimpan Ide Anda

Buat sketsa (khusus illustrator)

Mungkin bagi Anda yang berprofesi sebagai illustrator, mencatat atau merekam suara yang berisikan ide sangatlah sulit. Untuk itu, hal yang bisa Anda lakukan adalah membuat sketsa dari ilustrasi yang tengah melintas di pikiran Anda.

Anda bisa membuatnya di sketchbook milik Anda, atau bila tidak membawanya bisa di buat di ponsel pintar milik Anda. Bukankah banyak aplikasi untuk membuat ilustrasi di smartphone?

Tidak perlu detail saat membuat sketsa untuk ilustrasi. Karena ini hanya sebagai tempat untuk menyimpan ide, Anda hanya perlu membuat sketsa yang cukup dipahami. Dan jika harus, berilah judul pada rancangan gambar Anda. Agar tetap ingat apa yang ingin digambar.

Nah, itulah 3 hal yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan ide Anda di saat yang tidak tepat untuk merealisasikannya. Tentu saja, hal diatas hanyalah catatan yang saya buat berdasarkan pengalaman sendiri.

Untuk itu, bila Anda kurang setuju dengan tips yang saya berikan diatas, Anda bisa melakukan sendiri bagaimana caranya agar ide Anda tidak hilang begitu saja.

Catatan : Menyimpan Ide itu sangat penting

Siapapun pasti tahu bahwa yang namanya ide sangatlah penting. Terlebih bagi saya sendiri yang menjadi penulis lepas, tentunya sangat memerlukan sebuah ide untuk memikirkan materi apa yang akan dibahas, serta bagaimana agar tulisan saya menarik dan dibaca oleh orang banyak?

Tanpa adanya ide, saya mungkin tidak akan pernah bisa menulis atau melakukan hal-hal yang biasa saya lakukan lainnya. Untuk itu, janganlah Anda menyia-nyiakan ide yang sudah Anda dapatkan.

Terkadang kita sering mengabaikan untuk menyimpan ide yang muncul, karena berpikiran pasti akan ingat. Tapi, disitulah letak kesalahan kita. Karena seperti yang sering dialami oleh banyak orang, ketika hendak menuliskan idenya mereka malah melupakannya. Dan itu pastinya sangat mengesalkan.

Nah, untuk itu, jangan sampai ide Anda hilang lagi!


Loading...

Hanya seorang blogger yang memulai ngeblog pake hp.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close