in

Tips Merawat Smartphone Agar Lebih Panjang Umur

tips merawat smartphone

Tips Merawat Smartphone  – Hallo! Salam sejahtera untuk kita semua dimanapun Anda berada. Para pembaca setia Klik Mania tentunya mengenal alat kekinian yang satu ini yakni smartphone. Smartphone ini merupakan alat komunikasi yang sudah menjadi kebutuhan dan bukan hanya sekedar gaya.

Dari berbagai harga, merk, dan tipe tersedia di pasaran. Tentunya saat Anda membeli smartphone berharap bahwa ponsel pintar ini akan bertahan lama. Hal ini juga berlaku bagi Anda para “user” smartphone flagship yang dibanderol mahal.

Nah untuk itu simaklah ulasan di bawah ini Tips Merawat Smartphone dari berbagai hal yang tak di inginkan.

Tips Merawat Smartphone

tips merawat smartphone

Gunakan Case Dan Pelindung Layar

Untuk merawat Smartphone agar terindar dari goresan atau bared adalah dengan  memasang case atau pelindung pada ponsel Anda untuk . Hal ini tentunya akan menurunkan rasa percaya diri mengenai ponsel pintar yang Anda miliki.

Selain itu juga terdapat case yang hadir dengan berbagai model dan bentuk sehingga dapat mempercantik ponsel kesayangan. Selanjutnya yaitu memasangkan pelindung layar atau screen guard pada layar.

Hal ini juga bertujuan untuk menghindari goresan dari pemakain. Dan lebih parahnya lagi adalah retakan atau pecahan pada layar. Terdapat beberapa tipe screen guard di mulai dari yang tipis atau biasa sampai yang tebal seperti kaca.

Bersihkan Ponsel Secara Teratur

Merawat Smartphone bisa juga dilakukan dengan membersihkan ponsel secara berkala. Baik itu hardware (bodi) maupun software atau sistem seperti cache dan berkas yang tak penting. Hal ini terlihat mudah untuk dilakukan namun masih banyak orang yang mengabaikan hal ini.

Debu yang dibiarkan dalam waktu yang lama akan menumpuk dan tak menutup kemungkinan akan menimbulkan hal yang tak di ingikan. Maka dari itu sangat di sarankan untuk membersihkan ponsel pintar Anda secara teratur.

Selain menghindari hal yang tak di inginkan hal ini juga akan membuat ponsel Anda terlihat bersih dan seperti baru. Sedangkan untuk sistem banyak sekali aplikasi untuk melebur file sampah seperti clean master dsb.

Menginstall Aplikasi Sesuai Spek Dan Kebutuhan

Saking senangnya punya ponsel baru sehingga menginstall banyak aplikasi dan game seru. Tanpa mengingat kapasitas RAM dan ROM yang dimiliki, alhasil ponsel Anda menjadi lemot atau lag.

Beberapa hal yang timbul dari begitu banyaknya menginstall aplikasi ini akan menyebabkan performa menurun dan suhu ponsel akan meningkat. Maka dari itu install aplikasi sesuai kebutuhan atau Anda gunakan ponsel pintar dengan “spek dewa”.

Namun bila Anda adalah pecinta games, lebih disarankan untuk membeli PS atau Laptop agar Anda puas dan lebih leluasa. Jika mengunakan ponsel dalam waktu lama hal ini akan menguras baterai dan membuat suhu smartphone akan  meningkat, tentunya hal ini tidak dianjurkan.

 

Jangan Menunggu Baterai 0% Untuk Di Charge

Baterai merupakan salah satu komponen yang beresiko mengalami gangguan. Saat ini tekhnologi baterai sudah canggih mulai dari tipe Li-Ion dan Li-Po.

Meskipun telah hadir tekhnologi seperti fast charging dan pemutus daya secara otomatis. Ada baiknya kita mengantisipasi hal yang tak di inginkan. Isi ulang atau Melakukan charge ponsel pintar biasanya ada panduannya.

Namun kebanyakan orag mengabaikan hal tersebut dan memakai ponsel secara sembarang. Dalam mencharge baterai tak perlu menunggu baterai lemah atau bahkan 0%. Hal ini akan berakibat pada penurunan kemampuan baterai.

Kemampuan baterai non-removable ada pada jarak 1 sampai 2 tahun namun itu juga bagaimana penggunaanya juga. Untuk merawat smartphone terutama baterainya, jangan sampai over charge karena hal ini kan menyebabkan baterai kembung  dan harus diganti.

Mengisi baterai dari 0% sebenarnya bisa dilakukan, namun tidak dianjurkan untuk terus dilakukan harus ada jarak waktu tertentu. Hal ini dinamakan kalibrasi baterai yang bertujuan untuk penyegaran baterai.

Istirahatkan Ponsel Anda

Bila Anda menginginkan ponsel bertahan awet maka hal ini perlu dilakukan. Dengan mengistirahatkan ponsel pada waktu-waktu tertentu misal pada malam hari ketika Anda sedang tidur adalah cara merawat smartphone agar lebih tahan lama.

Jangan gunakan ponsel untuk terus bekerja baik itu bermain games memutar musik maupun video terus menerus. Perlu diketahui mesin smartphone juga perlu di istirahatkan karena suhu yang terlalu panas akan beresiko dan menimbulkan masalah.

Gunakan Sewajarnya

Nah untuk lebih merawat Smartphone, gunakanlah ponsel Anda sewajarnya. Wajar dalam artian keseluruhan misal ponsel Anda tidak di lengkapi sertifikat anti air namun Anda mengunakannya dalam air.

Gunakan ponsel Anda di tempat yang lazim, ada sebagian orang menggunakan ponselnya saat di kamar kecil. Usahakan hindari benturan selain kerusakan pada casing kerusakan pun terjadi pada komponen ponsel. Tentunya bila hal ini terjadi Anda akan merogoh kantong Anda untuk service dsb.

Nah itulah beberapa tips merawat smartphone agar lebih awet dan tahan lama. Serta memperhatikan kebersihan smartphone hardware maupun software dan tak lupa brainwareya juga diperhatikan. Apabila terdapat hal yang keliru mohon berikan pelurusan di komentar.

Written by Aden

Menulis adalah kegemaran saya semoga apa yang saya tulis dapat memberikan informasi yang bermanfa'at.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
harga dan spesifikasi laptop hp

Informasi Harga dan Spesifikasi Laptop Merek HP Terbaru

Test Mobile Friendly

Tool Baru Dari Google Untuk Test Mobile Friendly Gratis