Internet

Cara dan Tips Merencanakan Liburan Murah tapi Menyenangkan

Merencanakan Liburan – Liburan yang satu ini bukan liburan pas tanggal merah, hari besar, atau Sabtu dan Minggu. Ini adalah liburan kantor. Yaitu sebuah agenda kegiatan di luar kantor (lokasi wisata), dalam waktu beberapa hari yang biasanya diikuti seluruh staff, tim, atau karyawan kantor.

Jika anda adalah pimpinan perusahaan atau seorang tim leader pada sebuah perusahaan, dan saat ini membutuhkan informasi atau tips bagaimana cara merencanakan liburan untuk staff karyawan atau tim anda, silahkan teruskan membaca postingan ini hingga selesai.

Melalui postingan ini, anda akan mengetahui semua tips dan cara merencanakan liburan yang hemat tapi menyenangkan bagi seluruh staff karyawan atau tim di kantor atau perusahaan anda.

Foto : Adiito via Googleimage
Foto : Adiito via Googleimage

Selain itu, liburan kantor yang nantinya akan anda adakan juga dapat menjadi sebuah memori yang tak terlupakan, yang akan selalu dikenang oleh seluruh staff karyawan dan tim di perusahaan anda.

Sebagai catatan, cara dan tips merencanakan liburan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya. Jenis liburan yang dipilih saat itu adalah, liburan ke puncak, dengan menyewa sebuah villa, dengan durasi 2 hari satu malam.

Saya salah satu peserta liburan tersebut. Meski saya bukan bagian dari panitia yang menyelenggarakan, tapi selama proses perencanaan liburan tersebut, seluruh karyawan atau tim dilibatkan saat itu.

Dan berikut rangkuman cara dan tips merencanakan liburan atau wisata ke lokasi puncak yang pernah sukses dilaksanakan oleh panitia penyelenggara, di kantor saya.

Tips dan Cara Merencanakan Liburan Bersama Teman Kantor

Merencanakan Liburan

Loading...

Diskusikan rencana liburan anda

Meski anda adalah seorang pimpinan atau leader dalam sebuah tim di sebuah perusahaan, namun faktanya merealisasikan ide atau rencana untuk mengadakan liburan kantor berbayar, yang dapat membuat semua staff karyawan atau tim kamu tertarik untuk mengikuti acara liburan tersebut, bukanlah hal yang mudah. Pasti ada beberapa orang di perusahaan anda yang tidak tertarik untuk mengikuti agenda liburan tersebut.

Bahkan rencana liburan kantor anda bersama tim bisa batal dilaksanakan, jika hampir 50% dari tim tidak tertarik. Untuk menghindari permasalahan ini, berikut cara dan tipsnya.

Libatkan Tim Kecil Dulu dalam Diskusi Rencana Liburan

Di dalam sebuah perusahaan anda tidak sendirian. Ada asisten, ada staff senior, dan bahkan ada junior team leader. Libatkan mereka untuk membicarakan rencana liburan kantor yang ingin anda adakan.

Ajak mereka untuk berdiskusi terlebih dahulu. Sampaikan alasan atau tujuan dan manfaat dari liburan kantor yang akan anda adakan kepada mereka terlebih dahulu. Jika dari hasil diskusi tersebut ternyata membuat mereka semua setuju. Ini artinya peluang atau kemungkinan rencana liburan kantor tersebut juga dapat diterima oleh seluruh karyawan, akan menjadi lebih besar.

Lalu floorkan rencana liburan kantor yang sudah anda diskusikan bersama mereka, ke seluruh staff atau tim karyawan pada waktu yang tepat. Cara ini terbukti cukup efektif untuk membuat hampir 95% karyawan dan tim perusahan tertarik untuk mengikuti sebuah acara liburan kantor, meskipun sebagian biaya liburan dibebankan kepada mereka.

Tips 

Saat rencana liburan kantor akan di floorkan, anda sebagai pimpinan cukup jadi pembuka saja, berikan kesempatan pada tim kecil yang sudah anda ajak diskusi sebelumnya, untuk menyampaikan alasan, tujuan, dan manfaat rencana liburan kantor yang akan diadakan, serta penentuan dan penetapan jadwal.

Merencanakan Liburan
Liburan bareng via http://jalan2men.com

Penentuan jadwal liburan kantor bersama sebaiknya dilakukan minimal satu bulan sebelumnya. Sementara cara menetapkannya, sebaiknya pilih hari dimana, hari jum’at adalah tanggal merah dalam bulan tersebut. Ini memungkinkan waktu liburan lebih panjang, Jum’at, dilanjutkan Sabtu dan Minggu. Bagi karyawan, waktu ini cukup ideal untuk terbebas sejenak dari rutinitas kerja yang terkadang melelahkan.

Jangan floorkan rencana liburan pada jam istirahat atau setelah jam pulang kantor. Ini tidak efektif, karna itu adalah jam-jam itu merupakan waktu emas bagi setiap karyawan, dimana sebagian besar dari mereka tidak ingin berdiskusi pada saat itu, dan mungkin tidak atau telah meninggalkan ruangan kantor.

Saat aktifitas kantor terhenti pada jam kerja karena adanya gangguan teknis, itulah saat yang tepat untuk mem-floorkan rencana liburan kantor. Karena, saat itu hampir dipastikan seluruh staff karyawan atau tim anda berada dalam ruangan kantor.

Karena waktu jeda kerja akibat gangguan kantor tidak dapat diprediksi durasinya, maka sebaiknya bahasan rencana liburan yang akan disampaikan harus yang penting-penting saja, dengan tujuan akhirnya adalah mencapai kesepakatan untuk mengadakan dan mengikuti liburan kantor bersama.

Tentukan Jenis dan Lokasi Liburan yang akan Direncanakan

Setelah semua staff karyawan dan tim perusahaan sepakat untuk mengadakan liburan kantor bersama. Selanjutnya lanjutkan diskusi untuk menentukan lokasi wisata yang akan dijadikan tempat untuk liburan.

Tips :

Floorkan jenis, lokasi, dan tempat liburan dalam diskusi lanjutan dengan mengambil waktu atau momen yang sama seperti diskusi sebelumnya. Pilih jenis liburan yang memang belum pernah dilakukan oleh sebagian besar staff karyawan atau tim di perusahaan anda. Lokasi wisata yang indah, dan tempat yang aman dan nyaman.

Misal : Jika jenis liburannya adalah liburan atau wisata alam, maka salah satu lokasi yang bisa dipilih adalah puncak dengan memilih dan menyewa sebuah villa sebagai tempat liburan.

Survei Tempat di Lokasi Liburan

Setelah semua karyawan sepakat pada satu jenis liburan yang memang belum pernah mereka lakukan. Selanjutnya bentuk tim untuk melakukan survei tempat liburan ke lokasi wisata yang sudah ditentukan.

Cara pembentukan tim survei dapat dilakukan dengan cara yang sama melalui diskusi dengan mengambil waktu yang sama seperti diskusi sebelumnya.

Tips : Tim survei sebaiknya diambil dari karyawan atau peserta liburan dan beranggotakan lebih dari 2 orang, yang paham rute ke lokasi liburan. Agar lebih hemat sebaiknya pilih lokasi wisata liburan dalam kota saja. Kunjungi lebih dari satu tempat liburan untuk mendapatkan penawaran harga, dan pastikan tempat liburan aman dan nyaman.

Mekanisme Penentuan Tarif Liburan dan Pengumpulan Dana Tambahan

Setelah peserta liburan sepakat pada salah tempat liburan yang disediakan oleh tim survei, selanjutnya tarif liburan per orang dapat ditentukan dengan mudah dengan cara :

Menambahkan seluruh biaya seperti sewa tempat dan konsumsi selama liburan lalu membaginya berdasarkan jumlah total peserta yang mengikuti liburan tersebut.

Contoh :

Sewa tempat : 450000/hari
Konsumsi : 45000/hari
Peserta : 30 orang

Cara menghitung : Sewa Tempat + Total Biaya Konsumsi Seluruh Peserta : Jumlah Peserta = Tarif Liburan Per Orang
Ilustrasi : 450.000 + 1.350.000 : 30 = Rp.60.000

Tips : Gunakan jasa catering dari salah satu karyawan di perusahaan anda, gunakan sebagian dana kas yang sudah dikumpulkan secara bulanan oleh karyawan atau tim perusahaan anda, sebagai dana tambahan untuk konsumsi snack, dan dana pengeluaran tak terduga.

Susun Agenda Kegiatan

Agar liburan kantor anda menyenangkan, mengesankan dan selalu akan dikenang. Maka sisipkan beberapa agenda kegiatan saat atau selama berlibur. Agenda kegiatan ini sebaiknya disusun oleh tim kecil yang anda ajak diskusi rencana liburan lebih dulu sebelumnya.

Tips : Pilih agenda kegiatan yang menyehatkan yang memperkuat kerjasama dan kekompakan. Agenda kegiatan tersebut sebaiknya dikemas dalam bentuk game.

Atur Cara Keberangkatan

Setelah hampir 95% staff karyawan anda sepakat untuk mengikuti liburan. Jenis, lokasi, dan tempat liburan yang ditentukan juga sudah disepakati dan dibooking. Biaya tarif liburan perorang juga sudah diketahui dan sudah terkumpul semua. Maka selanjutnya tinggal mengatur cara keberangkatan untuk melaksanakan liburan.

Karena ini merupakan liburan dalam kota maka cara mengatur keberangkatan tidak terlalu rumit. Anda cukup menentukan jadwal keberangkatan, spot berkumpul bersama seluruh karaywan, dan alat transportasi yang akan digunakan.

Berangkat Liburan Aman Sampai Tempat Tujuan

Tips : Jadwal keberangkatan berlibur dalam kota idealnya bagi karyawan jam 10 pagi. Sementara untuk lokasi tempat berkumpul, sebaiknya gunakan halaman depan kantor anda sebagai spot berkumpul sebelum berangkat liburan.

Gunakan satu mobil anda dan satu pinjaman mobil staff anda sebagai alat transportasi dan membawa perlengkapan liburan. Ini lebih irit dari pada harus menyewa atau rental mobil.

Sebaiknya mobil hanya digunakan oleh staff perempuan dan satu driver. Sementara staff pria bisa menggunakan kendaraan roda dua dengan cara berboncengan. Ini juga mengirit ongkos transport.

Nah itulah sedikit tips dan cara menjadwalkan liburan bersama rekan-rekan kerja yang pernah dilakukan dikantor saya. Berkat persiapan dan jadwal dari rencana liburan yang matang. Liburan puncak kami begitu menyenangkan hanya dengan biaya kurang dari 100 ribu. Dan ketika kembali bekerja ke kantor, kami menjadi semakin kompak dan solid.

Tips dan Cara Merencanakan Liburan Murah Sendiri

Merencanakan Liburan

Lantas bagaimana jika anda ingin berlibur sendiri di saat mendapat kesempatan untuk mengambil cuti kerja beberapa hari ? bagaimana cara dan tips merencanakan liburannya ?

Berdasarkan informasi dari salah satu situs perjalanan populer di Indonesia yang saya baca.

Merencanakan liburan murah sangatlah mudah, bahkan jika liburan yang direncanakan adalah liburan impian sekalipun. Misalnya, liburan ke luar negeri. Berikut beberapa tips merencanakan liburan murah yang bisa anda ketahui.

Penekanan biaya liburan bisa dilakukan pada beberapa bagian diantaranya :

Pada bagian saat melakukan pemesanan tiket perjalanan

Tidak ada keharusan anda untuk melakukan pemesanan tiket pesawat jauh-jaur hari demi menghemat biaya liburan.

Yang perlu dilakukan untuk menghemat pemesanan biaya tiket pesawat untuk keperluan liburan adalah, waktu pemesanan.

Sebuah studi melaporkan bahwa, waktu pemesanan tiket pesawat untuk liburan yang tepat adalah, enam minggu sebelum jadwal keberangkatan liburan.

Itu adalah waktu yang tepat yang bisa dilakukan para traveler, termasuk anda, untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Dan pada bagian saat melakukan pemesanan hotel.

Sementara alternatif lain untuk menghemat biaya liburan adalah, melakukan pemesanan paket tiket pesawat dan hotel.

Para ahli mengatakan, saat ini sudah banyak maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan jaringan hotel. Cara ini terbukti efektif menekan pengeluaran anda hingga beberapa juta.

1 dari 10 cara dan tips merencanakan liburan murah ampuh

1 dari 10 tips merencanakan liburan murah yang saya baca melalui afstar wordpress, sepertinya juga bisa anda terapkan saat liburan nanti.

Bersikaplah seperti lokal. Cara ini terbukti membuat penulis wordpress tersebut dapat masuk Pagoda Shwe Dagon secara gratis. Saat beliau berlibur ke Yangoon.

Ketika beliau berlibur ke China, dia juga mendapatkan diskon 50% untuk masuk ke great Wall.

Diskon itu diperolehnya setelah dia berkenalan dengan salah satu pelajar di Universitas. Beliau mendapatkan pinjaman kartu mahasiswa pelajar tersebut untuk masuk ke lokasi liburan.

Nah sebagai tambahan, sebelum berangkat liburan ke luar kota atau luar negeri, usahakan kamu sudah mendapatkan informasi mengenai kota wisata yang akan dituju.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi lokasi yang dirancanakan akan menjadi tempat liburan anda.

Salah satunya membaca travel log melalui situs-situs wisata yang ada di Internet. Saat ini ada banyak situs internet yang menyajikan informasi lengkap mengenai obyek wisata untuk para traveler.

Penutup

Itulah rangkuman tips dan cara merencanakan liburan yang sudah pernah saya alami sebelumnya. Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk membantu anda semua dapat merealisasikan rencana liburan dengan mudah, cepat, dan hemat. Baik bersama rekan kerja sekantor, keluarga, atau bahkan bersama orang terkasih.



Loading...

Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

One Comment

  1. saya pernah dulu saat kerja di sebuah perusahaan farmasi ,,, acara gathering ke objek wisata yang ada di bogor sih gratis dan segudang fasilitasnya ,,, namun yang lucunya itu tempat wisata tersebut adalah milik perusahaan itu sendiri , ibaran minum air di sungai gitu ,,,
    tapi ya lumayan lah buat ngilangin kepenatan kerja mah , ,,heheh , secara kan kalo mau masuk ke sana mesti rogeh kocek dulu 200 ribu mah,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *