Ulasan Bisnis

4 Tips Mulai Berbisnis Bagi Karyawan yang Harus Anda Pertimbangkan

Kebutuhan hidup yang semakin tinggi berdampak pada penghasilan kita yang semakin tidak mencukupi, tidak terkecuali para karyawan di beberapa perusahaan. Mulai berbisnis bagi karyawan menjadi salah satu jalan keluar untuk mencari alternatif sumber penghasilan.

Perkembangan sektor usaha yang begitu cepat membuat banyak orang banting stir menjadi wirausahawan, tidak terkecuali karyawan kantor pun ambil bagian dalam dunia bisnis ini.

Entah karena alasan terdesak ekonomi atau hanya sebagai investasi dan kerja sampingan, banyak karyawan yang mencoba terjun menjadi wirausahawan meski sudah memiliki penghasilan tetap setiap bulannya melalui gaji.

Tips mulai berbisnis bagi karyawan

berbisnis bagi karyawan

Kalau anda saat ini masih berstatus sebagai karyawan dan mempunyai niat untuk terjun ke dunia bisnis sebaiknya simak dahulu beberapa tips berikut ini :

Pikirkan dengan seksama sebelum melangkah

Banyak orang yang banting stir dari karyawan menjadi pebisnis akhirnya menemui kegagalan karena mereka telah salah dalam memilih langkah.

Salah satu penyebabnya adalah mereka langsung banting stir dengan meninggalkan pekerjaannya sebagai karyawan dan langsung terjun ke dunia bisnis.

Mungkin masih banyak yang berfikir untuk terjun di dunia bisnis itu harus fokus, sehingga harus mengorbankan pekerjaannya sebagai karyawan saat ini. ITU TIDAK BENAR ! Pandangan seperti ini harus dibuang jauh-jauh.

Memang dalam melakukan sesuatu kita harus fokus tidak terkecuali bisnis. Tetapi dengan meninggalkan pekerjaan anda sebagai karyawan berarti anda sudah tidak punya cadangan pemasukan lagi.

Sedangkan bisnis yang anda rintis belum bisa diandalkan untuk memberikan pemasukan yang rutin, sehingga ketika bisnis yang anda rintis mengalami kegagalan, maka anda tidak memiliki cadangan modal lagi.
Ingat, pekerjaan yang anda lakukan saat ini sebagai karyawan merupakan penghasilan tetap dalam menjalankan hidup sehari-hari.

Dari penghasilan tetap inilah anda bisa mengumpulkan modal untuk mulai bisnis yang direncanakan dan sebagai cadangan ketika bisnis yang anda lakukan mengalami kegagalan.

Sebelum anda benar-benar terjun ke dunia bisnis, pikirkan dulu dengan cermat untung ruginya menjadi wirausaha atau karyawan. Setelah ambil keputusan kemudian jalankan bisnis anda sampai benar-benar bisa menjadi sumber penghasilan yang kontinue bagi anda

Cermat mengelola keuangan

Menjadi seorang pebisnis dan menjadi karyawan memiliki tingkat pengelolaan keuangan yang berbeda.
Untuk mencapai kesuksesan sebagai seorang pebisnis, anda harus menguasai dengan cermat dalam urusan finansial.

Anda harus mengetahui dengan pasti bagaimana alur kas pemasukan, pengeluaran, kredit bisnis dan segala bentuk keuangan lainnya. Anda harus selalu memutar uang anda untuk operasional bisnis anda misalnya mulai dari membeli bahan baku, produksi, sampai pemasaran.

Anda harus benar-benar cermat memisahkan antara uang untuk operasional bisnis dengan uang pribadi. Selagi anda menjadi karyawan, maka pelajarilah cara mengelola keuangan dengan baik. Setidaknya anda harus bisa mengelola keuangan pribadi anda terlebih dahulu.

Kalau selama menjadi karyawan anda masih kesulitan mengelola keuangan anda sendiri, sebaiknya pertimbangkan kembali rencana anda untuk terjun ke dunia bisnis.

Menggunakan waktu secara efisien

Kalau anda sudah memikirkan matang-matang rencana bisnis anda dan sudah memiliki modal yang cukup, anda tinggal merencanakan waktu bisnis anda.

Kalau anda masih menjadikan bisnis sebagai usaha sampingan dari profesi anda sebagai karyawan, sebaiknya atur waktu anda antara bisnis dan bekerja sebagai karyawan. Jangan sampai terjadi benturan antara keduanya yang akan membuat anda pontang-panting sendiri.

Untuk memulai usaha dan berbisnis bagi karyawan, anda harus cermat melihat waktu yang tepat. Anda harus memiliki rancangan waktu yang sesuai dengan strategi bisnis anda.

Pikirkanlah kira-kira kapan dan dimana calon konsumen akan membutuhkan produk yang anda tawarkan. Dengan perencanaan waktu yang tepat akan membuat bisnis anda lebih matang dalam perjalanannya

Tambah pengetahuan dan pengalaman dari orang lain

Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Tidak terkecuali buat anda yang akan memulai bisnis.
Sebagai pebisnis baru anda akan dihadapkan dengan berbagai macam masalah dan pertanyaan dalam diri anda, untuk itu belajar kepada pelaku bisnis yang sudah berpengalaman sangatlah penting.

  • Anda bisa menimba ilmu dan pengalaman dari para pelaku bisnis yang sudah lebih dahulu menjalankan bisnis yang serupa dengan bisnis anda.
  • Anda juga bisa sharing dengan rekan kerja di perusahaan tempat anda bekerja yang sudah lebih dahulu memiliki bisnis.
  • Anda bisa menggali informasi dan pengalaman mereka bagaimana memulai bisnis bagi karyawan seperti anda, bagaimana strategi mereka dalam mengelola waktu dan lain sebagainya.
  • Anda juga bisa membaca tips-tips bisnis dari berbagai media yang saat ini sangat mudah ditemukan baik itu lewat media cetak maupun internet.

Demikian sedikit informasi mengenai tips berbisnis bagi karyawan yang bisa menjadi referensi anda sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis dan meninggalkan status karyawan anda atau memilih untuk menjalankan kedua-duanya.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close