Internet

Tips Packing Barang di Carrier dan Koper Ala Klik Mania

Tips packing barang di carrier dan koper dari Klik Mania, nantinya diharapkan dapat membantu para traveler pencinta alam, dapat dengan nyaman dan aman saat melakukan pendakian gunung bersama barang bawaannya. Tips packing barang ala Klik Mania ini, juga akan membantu menjaga barang-barang dalam koper tetap rapih, tidak berantakan, dan kusut, saat traveler tiba di kota yang dijadikan sebagai tempat liburan.

Packing Barang

Arti packing, bisa saja berbeda antara pembaca Klik Mania yang satu, dengan pembaca Klik Mania lainya. Namun dalam dunia traveling, semua pembaca Klik Mania mungkin sepakat, jika saya mengartikan packing adalah suatu aktiftitas beres-beres atau persiapan barang-barang bawaan yang akan dibawa untuk keperluan selama berlibur, ke dalam carrier atau koper.

Mengapa Harus Melakukan Packing barang ?

Pertanyaan ini terlihat sepele, tapi beberapa diantara para traveler cukup mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan ini. Saya juga sempat berfikir, apakah pertanyaan ini benar-benar perlu dijawab ? “Perlu donk.” Baiklah, saya akan mencoba memberikan jawaban terbaik.

Melakukan packing barang, menjadi sebuah keharusan bagi semua traveler yang akan melakukan perjalanan wisata ke luar kota, minimal selama 3 hari. Karena, barang-barang yang sudah dipacking tersebut nantinya dapat digunakan oleh para traveler, untuk menjalani rutinitas atau aktifitas selama mereka berada di kota wisata tersebut. “Betul nggak” ?

tips-packing-barang-di-carrier-dan-koper

Manfaat Melakukan Packing barang

Manfaat melakukan packing barang dengan cara yang baik dan benar, dapat dilihat dari dua segi yang berbeda. Pertama, dari segi kerapihan, dan yang ke-dua, dari segi si pelaku packing.

Dari segi kerapihan

Ketika anda benar-benar melakukan packing barang dengan baik sebelum berangkat melakukan perjalanan wisata, maka dapat dipastikan semua barang-barang anda benar-benar terjaga dalam kondisi yang baik setibanya anda di kota wisata yang anda tuju.

Barang yang sudah anda packing dengan baik dan benar akan tetap rapih. Tidak kusut, berantakan, atau bahkan pecah.

Loading...

Dari segi pelaku packing

Manfaat yang akan diperoleh oleh traveler yang sudah melakukan packing dengan cara yang benar adalah : Perjalanan anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Tidak perlu khawatir barang akan rusak atau pecah ketika ditumpuk-tumpuk dengan koper lainnya di dalam bagasi.

Tidak perlu bingung bagaimana mengatur posisi ketika akan memasukannya ke dalam bagasi. Tidak perlu repot-repot mengembalikan posisi koper yang bolak-balik jatuh ketika diletakan dalam posisi tegak.

13 jenis barang yang biasanya di packing dalam carrier

Meski bisa juga digunakan sebagai Backpacker, kamu yang memiliki jiwa petualang yang sangat mencintai alam akan memiliki jawaban berbeda ketika mendengar kata “Carrier”. Yup, Carrier adalah tas khusus yang selalu dibawa ketika melakukan pendakian ke atas gunung. Dan, jenis-jenis barang yang ada di dalamnya pun biasanya berupa barang yang dapat digunakan untuk segala keperluan aktifitas selama berada di atas gunung. Seperti :

  1. Tenda atau matras tidur
  2. Alat masak portable
  3. Sleeping bag
  4. Sendal
  5. Emergency kits
  6. Peta jalan / GPS
  7. Botol dan Termos
  8. Makanan
  9. Sarung tangan
  10. Cup plastik
  11. Toiletries
  12. Pisau lipat
  13. Jacket / Sweater

11 jenis barang yang biasanya di packing dalam koper

Koper traveler berbeda dengan koper yang sering dibawa oleh para bos eksekutif. Tapi, ketika sang bos eksekutif pergi berwisata, saya sedikit yakin dia akan menggunakan koper yang sama yang dipakai oleh para traveler kebanyakan.

Yaitu, koper yang didukung dengan dua roda di bagian bawahnya, dan dilengkapi dengan tuas tarik dibagian atasnya. “Ya,” itu koper yang saya maksud.

Jenis-jenis barang yang dipacking dalam koper ini tentu sedikit berbeda dengan yang ada di dalam carrier. Pastinya sangat jarang anda menemukan kompor portable dan peralatan masak lainnya di dalam koper ini. Hehehehe… piss.

  1. Pakaian atasan
  2. Pakaian bawahan
  3. Pakaian dalam
  4. Aksesoris
  5. Perlengkapan make up
  6. Perhiasan
  7. Sepatu
  8. Sandal
  9. Toiletries
  10. Charger
  11. Dokumen

Teknik Packing Barang

Tips packing barang yang baik dan benar tidak secara sembarangan. Mereka yang sudah sering liburan, biasanya memiliki pengalaman lebih dalam urusan packing mempacking. Kita bisa menyebut mereka dengan sebutan “Ahli packing.” Asek…

Dalam dunia traveling ada beberapa teknik populer yang bisa anda ketahui, salah satu diantaranya adalah : “Teknik Packing Army Roll.” mmm….

Seperti dilansir Kompas.com, Army Roll adalah teknik packing khusus yang biasa dilakukan oleh para tentara militer AS.

Ini adalah salah satu teknik packing kaos praktis menggulung dengan cara khusus.

Teknik Army Roll atau Military Roll terbukti sangat efektif untuk menghemat ruang dan menyisihkan ruang. Sehingga, anda dapat memasukan dan membawa barang lebih banyak. Bagaimana caranya ?

Untuk dapat melakukan teknik Army Roll, anda cukup melakukan 5 langkah praktis seperti di bawah ini :

1. Cari permukaan datar untuk meletakan pakaian atau kaos yang akan di packing ala Army Roll.

kaos-yang-akan-dipacking-ala-army-roll

2. Lipat bagian bawah kaos sekitar 10 cm, ke bagian atas dan bawah.

mlipat-bagian-bawah-kaos

3. Lipat kaos bagian kiri ke arah kanan. Lalu lipat kaos bagian kanan ke arah kiri. Lipat juga bagian lengan.

lipat-bagian-kaos-kiri-ke-arah-kanan

lipat-bagian-kaos-kanan-ke-arah-kiri

4. Gulung kaos bagian atas ke arah bawah. Gulung sekecil dan serapat mungkin.

5. Setelah kaos selesai digulung, ambil kaos bagian bawah yang sebelumnya dilipat. Lalu gunakan lipatan sebagai penutup kaos.

img_20160918_123203

img_20160918_123210

hasil-packing-kaos-menggunakan-teknik-army-roll

hasil-packing-kaos-menggunakan-teknik-army-roll-2

10 Tips Packing Barang di Carrier

Selain membuat barang-barang bawaan untuk keperluan selama di atas gunung tetap tertata dengan rapih di dalam carrier. Semua tips packing barang di carrier ala Klik Mania akan membantu semua pendaki agar :

  • Dapat mencari dan menemukan barang di dalam carrier dengan mudah.
  • Dapat menjaga barang bawaan dalam carrier tetap kering.
  • Dapat membentuk carrier dalam posisi yang benar.
  • Dapat mendaki dengan aman dan nyaman.
  • Dapat mengatasi kondisi darurat dengan cepat.
  • dapat mencegah carrier tertukar, dapat menjaga carrier agar tetap awet.
  • Dapat memilih carrier yang akan digunakan dengan benar.
  • Dapat membuat carrier menjadi lebih ringan.

Mencari & Menemukan Barang di dalam Carrier Jadi Lebih Mudah

Tips Packing : Biasanya para pendaki membuat daftar check list terlebih dahulu barang apa saja yang akan di bawa. Nah, setelah barang bawaan berhasil dimasukan ke dalam daftar check list, selanjutnya bungkus masing-masing barang dalam kemasan dengan warna yang berbeda-beda.

Tambahkan informasi warna kemasan masing-masing barang bawaan ke dalam daftar check list. Hal ini tidak akan membuat anda harus repot-repot mengeluarkan semua barang terlebih dahulu, hanya untuk menemukan satu barang yang anda cari.

Barang Tetap Kering Meski Hujan Deras Melanda Selama Pendakian

Tips Packing : Lapisi atau lindung semua barang dalam carrier dengan trash bag. Caranya, pilih trash bag (kantong sampah) yang berukuran cukup besar, lalu masukan trash bag sebagai lapisan kedalam carrier.

Membentuk Carrier Dalam Posisi Tegak Lurus

Tips Packing : Gunakan matras agar carrier menjadi tegak lurus. Caranya, letakan matras ke dalam carrier yang sudah dilapis trash bag dengan posisi tegak melingkar. Lalu baru masukan semua barang-barang keperluan pendakian.

Pendakian Menjadi Lebih Nyaman dan Aman

Tips Packing : Letakan barang dengan bobot paling ringan di bagian atas jauh dari pinggul. Letakan barang paling berat seperti tenda atau tremos berisi air di bagian tengah di dalam carrier, dekat dengan punggung.

Tips ini akan membuat pinggul anda tetap aman selama membawa semua barang di dalam carrier. Sehingga, anda tetap dapat melangkah dengan nyaman dan aman meski melintasi jalur pendakian yang rawan sekalipun.

Kondisi Darurat dapat Diatasi dengan Cepat

Tips Packing : Letakan Emergency Kits, GPS, senter, jas hujan di dalam carrier di bagian paling atas.

Menemukan Carrier dengan Mudah dan Tidak Pernah Tertukar

Tips Packing : Selalu masukan ID Card ke dalam carrier dan letakan ID Card anda di bagian yang mudah di lihat.

Kapasitas Carrier Anda Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Tips : Jika anda bertubuh standar sebaiknya gunakan karir berkapasitas 40 sampai 60 liter. Jika anda bertubuh sedang anda bisa gunakan carrier berkapasitas 80 hingga 100 liter. Jika anda bertubuh tinggi dan proporsional maka anda bisa gunakan carrier berkapasitas 100 sampai dengan 125 liter.

Tas Carrier Anda Tetap Awet Meski Sering Mendaki

Tips : Selalu lindungi carrier anda dengan cover selama mendaki.

Anda Tidak Terbebani oleh Carrier yang Berat

Tips packing : Pilih jenis barang bawaan dengan ukuran yang lebih minamlis. Misalnya kompor, pilih dan bawa kompor portable. Termos berisi air pun demikian, pilih dan bawa termos air yang minimalis. Hindari memasukan pakaian tebal ke dalam carrier. Seperti sweater atau jacket jeans. Sebaiknya gunakan langsung di badan ketika melakukan pendakian.

6 Tips Packing Barang di Koper

Tips packing barang di koper ala Klik Mania ini nantinya akan membantu semua traveler : agar mudah menata barang, agar kemeja tidak kusut, agar koper dapat memuat banyak barang, agar barang tidak berantakan dan tidak pecah, agar barang bawaan tetap aman, agar koper tetap awet.

Barang Mudah Ditata dengan Cepat

Tips : Jangan hanya gunakan teknik gulung army roll saja, tapi gunakan teknik lipat, teknik kemasan. Semua teknik ini membuat semua barang dapat dimasukan ke dalam koper dengan cepat dan tertata dengan rapih.

Kemeja Tetap Rapih Selama di Dalam Koper

Tips : Sebelum dilipat, bungkus semua kemeja kerja anda terlebih dahulu dengan plastik dry cleaning. Plastik ini membuat kemeja anda tidak kusut dan menghindari munculnya bekas lipatan.

Memuat Banyak Barang Tanpa Kendala

Tips : Manfaatkan ruang kosong secara maksimal sebagai penyimpanan. Misalnya ruang sepatu, gunakan untuk menyimpan botol parfum, dan kaos kaki. Sela-sela tumpukan, gunakan sebagai tempat menyelipkan sendal dan ikat pinggang.

Barang Tidak Berantakan dan Tidak Pecah meski Tertumpuk-tumpuk di Bagasi

Tips : Atur posisi meletakan barang sebaik mungkin baik. Letakan barang dengan bobot yang paling berat di bagian bawah di atas roda koper, lalu letakan pakaian dan barang yang bobotnya ringan di bagian atas. Lindungi botol-botol kaca dengan cover, seperti memasukan botol-botol kaca ke dalam kaos kaki.

Masukan peralatan make up dan peralatan mandi ke dalam kemasan khusus secara terpisah. Khusus peralatan mandi gunakan kemasan yang kedap air.

Tidak Perlu Khawatir Akan Pencurian

Tips : Selalu manfaatkan dan mengaktifkan kunci pengaman yang ada pada koper anda. Pastikan anda menggunakan kode kunci yang mudah diingat. Jangan gunakan tanggal lahir sebagai kode pengaman koper.

Kondisi Koper Tetap Terjaga dengan Baik Alias Awet

Tips : Lakukan wrapping koper menggunakan plastik wrapp. Khusus anda yang melakukan perjalanan melalui udara, saat ini jasa wrapping koper sudah tersedia di beberapa bandara di Indonesia.

Referensi lain : 8 Tips Belanja Batik di Malioboro untuk Para Traveler

Kesimpulan

Setelah anda membaca tips packing barang ala Klik Mania ini, saya berharap anda tidak akan lagi bermalas-malasan untuk melakukan packing barang di carrier, dan, tidak perlu lagi tergesa-gesa untuk mengemasi semua barang ke dalam koper. Karena anda sudah tau caranya.



Loading...

Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

One Comment

  1. Sedikit menambahkan kalau packing carrier, barang dgn beban yg berat usahan ditaruh di bagian yg dekat/nempel di punggung biar ‘enteng’ saat di pikul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *