Dunia Internet

Tips Selfie yang Bagus dan Keren Ala Klik Mania untuk Para Traveler

Tips selfie yang bagus ala Klik Mania ini diharapkan dapat membantu kamu, agar bisa mengambil foto diri kamu sendiri dengan perfect, dan menarik perhatian banyak orang.

Kamu, juga dapat menerapkan tips selfie ini saat ingin mengambil gambar diri kamu sendiri, selama berlibur di tempat-tempat atau lokasi wisata yang bagus.

Namun, sebelum kamu mengetahui semua bahasan tips selfie yang bagus dan lengkap, ala Klik Mania di dalam postingan ini.

Terlebih dahulu, saya akan mengajak kamu semua untuk mengetahui apa sih selfie itu, apakah saja manfaat positif selfie dan efek negatif selfie, dan apa perbedaan selfie dan wefie.

Selfie “Pengertian dan Sejarah Singkat”

Selfie yang Bagus

Nah setelah membaca ke sana sini, akhirnya saya memilih Wikipedia dan Oxford Dictionaries (kamus Oxford) sebagai referensi terbaik, untuk dapat menjelaskan pengertian selfie secara lengkap dan jelas.

Pengertian atau definisi selfie adalah, aktifitas mengambil foto potret yang menjadikan si fotografer sendiri sebagai obyek foto, yang dilakukan sendiri oleh pria dan wanita, dengan menggunakan kamera digital atau kamera ponsel.

Sejarah selfie sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1800 s.d 1900 an, dilanjutkan pada tahun 1970 an, dan akhirnya benar-benar populer di seluruh dunia mulai tahun 2002.

Seorang pria yang bernama Robert Cornelius, tercatat dalam beberapa sumber menjadi orang pertama yang pertama kali melakukan aktifitas mengambil foto diri sendiri. Pengambilan foto diri Robert Cornelius sendiri dilakukan pada tahun 1839.

Seorang putri kaisar Rusia yang bernama Anastasia Nikolaevna, pernah mengambil foto diri sendiri melalui cermin, menggunakan kamera books Kodak Brownie yang diproduksi pada tahun 1900, untuk dikirimkan bersama sebuah surat kepada seorang temannya pada tahun 1914.

Andy Warhol, menjadi pria kedua dalam sejarah yang pernah melakukan aktifitas mengambil foto diri sendiri. Andy mengambil foto potret diri sendiri pada tahun 1970an. (merdeka)

Dan akhirnya, kata selfie pertama kali muncul dari sebuah situs forum online (ABC online) Australia, tepatnya pada 13 September 2002.

Selanjutnya, Oxford secara resmi menobatkan kata selfie sebagai Word of The Year 2013 dan memasukan kata Selfie ke dalam Oxford Dictionaries, pada 20 November 2013.

Manfaat Positif Berfoto Selfie

Jika dilakukan secara benar dengan durasi yang terjadwal. Berfoto selfie dengan hasil yang bagus, ternyata dapat memberikan manfaat positif bagi diri kamu sendiri.

Manfaat Positif Foto Selfie untuk Diri Sendiri :

Selfie yang Bagus

Membuat kamu lebih ekspresif

Foto selfie umumnya menjadikan wajah dan setengah bagian tubuh sebagai obyek utamanya.

Para pelaku foto selfie umumnya selalu tertantang mencoba berbagai macam ekspresi wajah, mulai dari ekspresi wajah yang lucu, menggemaskan, sexy dan masih banyak lagi.

Dibandingkan orang yang jarang selfie, tantangan ini ternyata mampu melatih kamu, dan membuat kamu dapat tampil lebih ekspresif dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Membuat kamu lebih awet muda

Selfie yang dilakukan sendiri dengan mengambil wajah tersenyum dan santai, bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

Dalam dunia kesehatan, senyuman terbukti dapat membuat kamu lebih awet muda. Karena senyum dapat melatih otot dan menghindari terjadinya kerutan pada wajah secara cepat.

Membuat kamu lebih percaya diri

Banyak orang yang enggan melakukan selfie karena berbagai macam alasan. Salah satunya mereka tidak percaya diri.

Padahal seyogyanya Selfie justru mengajak anda untuk lebih percaya terhadap diri sendiri dengan cara yang lebih mudah dan gampang.

Hasil foto selfie yang bagus dilakukan dengan cara yang benar, ternyata dapat membantu kamu menilai dirimu dengan mudah.

Kamu dapat mengetahui sisi terbaik dalam dirimu dengan mudah melalui sebuah foto.

Ini dapat menghapus kekahawatiran tentang penampilanmu yang sebelumnya selalu menghantui kamu selama ini.
Membuat kamu termotivasi

Foto selfie yang bagus ternyata dapat digunakan untuk memotivasi diri untuk melakukan hal-hal yang positif dan baik untuk diri kamu sendiri.

Contoh : ketika kamu berfoto selfie di tengah kamu sedang menjalani program olahraga pembentukan otot tubuh, kamu dapat melihat perkembangannya melalui foto-foto selfie tersebut.

Foto selfie yang mengutamakan citra tubuh ternyata cukup efektif untuk motivasi diri menjadi lebih rajin berolahraga secara rutin.

Membuat kamu lebih populer dengan mudah

Melakukan foto selfie dengan teknik memotret yang benar, akan menghasilkan sebuah foto diri yang perfect. Baik dari kualitas pencahayaan, background, dan ekspresi obyek dalam foto.

Ketika hasil foto diri kamu diunggah ke situs jejaring sosial, maka potensi untuk mendapatkan like, dan respon komentar positif, akan lebih tinggi.

Semakin tinggi jumlah like, share, dan respon komentar positif yang diberikan pada foto diri kamu, ini akan membuat kamu menjadi lebih cepat populer dengan
sangat mudah.

3 Efek Negatif dari Foto Selfie

Selfie yang Bagus

Aktifitas melakukan foto selfie yang dilakukan secara sembarangan dan terlalu sering, beresiko memberikan efek negatif bagi para pelakunya. 3 efek negatif dari foto selfie tersebut diantaranya adalah :

Mengundang Tindak Kejahatan

Pelaku kejahatan biasanya mengincar pelaku selfie yang tidak banyak melakukan kegiatan di dunia nyata.

Fokus mereka biasanya hanya dandan lalu berfoto, dan mengunggahnya melalui media sosial.

Para pelaku selfie ini, juga biasanya melakukan foto diri sendiri dengan pose yang sembarangan, dan memakai pakaian seksi.

Pelaku ini sangat rawan menjadi sasaran tindak kejahatan. Foto selfie tersebut dapat mengundang orang asing memantau aktifitas mereka secara diam-diam, dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, oleh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Membuat pelaku kecanduan

Dr psikolog asal London yang bernama David Veal menjelaskan bahwa, Selfie adalah salah satu aktifitas yang dapat membuat pelakunya kecanduan. Terutama pada pelaku atau orang-orang dengan riwayat penyakit psikologis tertentu.

Membentuk kepribadian narsis

Selfie dapat berdampak negatif dalam membentuk kepribadian. Pelakunya dapat memiliki kepribadian narsis dengan gejala-gejala awal yang mungkin timbul
misalnya : merasa diri lebih baik dari yang lainnya, mengharapkan pujian dari orang lain secara terus menerus, dan tidak mudah menerima kritik.

Tips Selfie yang Bagus Menggunakan Kamera Depan

Perangkat kamera ponsel yang diletakan di bagian depan, biasanya memang tidak sebagus dengan kamera utama ponsel yang diletakan di bagian belakang.

Ini tentu berdampak juga pada kualitas gambar, yang akan dihasilkan ketika melakukan foto selfie dengan masing-masing kamera.

Nah, tips selfie ala Klik Mania ini akan membantu kamu semua, mengetahui bagaimana cara mendapatkan hasil foto yang bagus, ketika melakukan selfie menggunakan kamera depan ponsel mu.

Tips ini akan membuat foto selfie yang kamu ambil menggunakan kamera depan akan terlihat :

Terlihat lebih cerah

Kualitas pixel kamera ponsel di bagian depan, biasanya lebih kecil dari kamera belakang. Ini dapat mempengaruhi hasil foto menjadi tidak jelas, tidak tajam, dan tidak cerah.

Untuk menyiasatinya pastikan anda mengambil foto selfie di lokasi yang tepat dan bagus dan tidak minim cahaya. Misalnya di luar ruangan, anda perlu memperhatikan dan mengamati jatuhnya cahaya.

Tolehkan wajah kamu ke cahaya agar cahaya jatuh ke wajah secara merata dan tidak tertutup bayangan. Jangan mengambil foto sendiri dengan posisi kamera berlawanan dengan cahaya.

Jika foto selfie terpaksa dilakukan di dalam ruangan, maka pastikan anda memilih tempat dengan jumlah penerangan yang cukup baik. Misalnya didekat jendela.

Saat melakukan selfie dengan kamera depan di dalam ruangan yang minim cahaya, shuter pada kamera depan biasanya menjadi lebih lambat.

Pastikan anda mengatur pernafasan dengan baik agar dapat menggenggam kamera dengan mantap dengan menggunakan dua tangan.

Mantapkan juga posisi tubuh, agar kamera tidak goyang saat kamu menekan tombol shutter. Ini membuat hasil foto selfie yang bagus dengan kamera depan kamu menjadi lebih fokus, tajam, dan juga tidak blur.

Hindari juga mengambil foto selfie dengan kamera depan dengan posisi lanskap. Gunakan filter yang ada pada kamera smartphone kamu. Filter ini, dapat membuat foto selfie yang diambil menggunakan kamera depan menjadi lebih bersih sempurna, dan terang.

Terlihat lebih rileks dan santai

Foto selfie yang bagus biasanya menampilkan gambar raut wajah yang terlihat lebih rileks dan santai.

Tipsnya, sebelum memulai menekan tombol shutter kamera depan untuk selfie, sebaiknya kamu memejamkan mata terlebih dahulu sembari mengatur pernafasan, lalu senyumlah.

Terlihat lebih menarik

Agar kamera depanmu dapat menghasilkan gambar yang lebih menarik, selama selfie sebaiknya kamu memperhatikan background, dan memanfaatkan beberapa aksesoris tambahan seperti anting-anting, kalung, dan yang lainnya.

Background yang indah dan aksesoris yang menawan yang dikenakan saat melakukan selfie, terbukti cukup baik untuk menarik perhatian semua orang melihat foto selfie kamu lebih lama.

Terlihat terlihat lebih proporsional dan langsing

Bagi kamu yang memiliki tubuh sedikit kurang proporsional namun ingin tetap melakukan selfie, lakukan saja.

Tipsnya, lakukan foto selfie menggunakan kamera depan dengan cara sedikit memiringkan posisi badan ke arah kanan atau kiri. Usahakan lengan tidak menumpuk jadi satu pada tubuh. Lalu ambil foto selfie dari angle yang lebih rendah.

Terlihat lebih cantik

Selfie biasanya dilakukan begitu saja dan tidak dijadwalkan secara khusus layaknya sesi fotografi para model profesional.

Namun, agar kamera depan ponsel mu dapat menghasilkan foto yang cantik, maka kamu tetap perlu memperhatikan penampilan sebelum selfie.

Tipsnya hilangkan minyak pada wajah dengan menggunakan bedak. Gunakan lipstik yang agak terang sebagai salah satu focal point.

Terlihat tidak chubby

Sebenarnya, tidak semua orang tidak suka ketika melihat pipimu yang tembam. Namun, jika kamu merasa pipi tembam adalah sebagai salah satu kekurangan  yang membuat kamu enggan melakukan selfie, maka itu dapat diatasi dengan mudah.

Caranya, tutupi pipimu yang chubby dengan rambut, dan usahakan jangan mengambil posisi wajah lurus saat mengambil foto selfie dengan kamera depan.

Kamu bisa menolehkan wajah sedikit ke kiri atau ke kanan. Selain pipi chubby mu tersamarkan, menolehkan wajah sedikit ke kiri atau kanan, akan membuat wajahmu terlihat lebih tirus.

Tips Selfie yang Bagus Menggunakan Kamera Belakang

Jika berbicara mengenai detail, akurasi warna, ketajaman, dan lainnya. Kamera belakang tentu lebih baik dari kamera depan dalam menghasilkan gambar foto selfie yang bagus.

Hanya saja melakukan selfie menggunakan kamera belakang ponsel ternyata gampang-gampang susah. Karena, anda tidak melihat langsung foto preview pada layar.

Selfie menggunakan kamera belakang juga biasanya menyulitkan kamu untuk mengatur jarak ideal antara ponsel serta bagian tubuh yang akan difoto.

Nah tips untuk mengatasi permasalahan ini, maka kamu perlu menggunakan beberapa perangkat tambahan yang dapat membantu kamu mengambil atau mendapatkan hasil foto diri sendiri yang perfect.

Gunakan smartwatch sebagai remote

Smartwatch adalah wearable device canggih yang saat ini sudah banyak beredar di pasar Indonesia. Perangkat atau aksesoris canggih ini biasanya dapat dipairingkan dengan perangkat smartphone.

Jika anda pengguna iPhone dan ingin melakukan selfie menggunakan kamera belakang iPhone, maka kamu dapat menggunakan AppleWatch sebagai perangkat review nya, dan mengatur timer shootnya.

Fitur remote pada AppleWatch memungkinkan kamu melihat preview foto melalui layar jam tangan pintar tersebut, sebelum akhirnya kamu benar-benar menekan tombol shutter.

Gunakan tongsis

Selfie yang Bagus

Tongsis (Tongkat Narsis) adalah alat yang benar-benar disediakan agar para penggiat selfie dapat mengambil foto dengan kualitas dan angle yang lebih bagus dengan sangat mudah.

Kamu bisa mendapatkan jarak yang ideal dengan mudah. Caranya cukup dengan menyetel panjang pendeknya tongsis yang kamu miliki.

Saran selanjutnya, setelah jarak kamu dan ponsel dirasa ideal, maka kamu tetap juga harus menggunakan smartwatch untuk mengetahui preview foto dirimu, untuk mengetahui apakah ekspresi dan pose mu sudah benar-benar bagus dan pas.

Selalu gunakan tombol shutter pada body bukan pada layar

Agar take foto selfie dengan kamera belakang menjadi lebih mudah, maka gunakan tombol shutter yang tersedia di sisi samping body smartphone anda. Bukan menggunakan shutter pada layar.

Ini sering terjadi pada sebagian besar pemula yang jarang melakukan selfie menggunakan kamera belakang. Mereka sering lupa bahwa ada tombol kecil yang berfungsi sebagai shutter di sisi samping body.

Tipsnya, gunakan jari manis sebagai penekan tombol shutter tersebut. Karena ketika kamu menggengam ponsel saat akan berselfie ria menggunakan kamera belakang, jari manis adalah jari yang paling dekat dengan tombol, baik dalam posisi portrait maupun lanskap.

Aplikasi-Aplikasi Selfie yang Perfect untuk Android dan iOS

Beberapa tips lainnya agar bisa mendapatkan foto selfie yang berkualitas bagus adalah menggunakan bantuan aplikasi. Saat ini baik pengguna Android dan iOS bisa mendapatkan banyak pilihan aplikasi yang bagus untuk selfie. Baik secara gratis maupun berbayar melalui Google Play Store ataupun Mac App Store.

Berikut pilihan aplikasi-aplikasi bagus untuk keperluan foto diri kamu :

Aplikasi B612 Selfie from the Heart

Ini adalah aplikasi foto selfie yang bagus dan gratis yang dirancang oleh Line Corporation, yang lebih dulu diperkenalkan dan dapat digunakan oleh pengguna iOS 7.0 ke atas, pada Agustus 2014.

Selanjutnya aplikasi ini benar-benar dirilis ke Google Play Store untuk seluruh pengguna Android pada pertengahan Oktober 2014.  Dan pada tahun 2015, B612 mendapatkan penghargaan dan dinobatkan sebagai “Best of the Best”oleh Red Dot.

Hingga tahun 2016, setelah mendapatkan update terbaru tepatnya pada tanggal 23 September 2016, aplikasi ini tercatat sudah digunakan lebih dari 400 juta pengguna Android. Aplikasi foto selfie B612 ini juga mendapatkan rating 4.3 bintang dari seluruh penggunanya.

Aplikasi B612 sangat dibutuhkan oleh kamu yang ingin mendapatkan hasil gambar atau foto diri kamu yang sempurna. Ada lebih dari 53 filter di dalam Aplikasi B612. 25 filter diantaranya dikhususkan untuk kebutuhan selfie.

Aplikasi Camera 360 – Funny Sticker Cam

Ini adalah salah satu aplikasi selfie yang bagus dan gratis favorit saya, dan kamu bisa mencobanya agar bisa mendapatkan gambar selfie yang bagus.

Aplikasi Camera360 gratis dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di Tiongkok, yang bernama PinGuo Inc.

Camera360 menawarkan banyak fitur untuk keperluan pengambilan foto diri dan edit yang unik.

Salah satu fitur yang dikhususkan utuk selfie adalah beauty selfie. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memotret diri dengan sempurna, alami dan cantik.

Beauty selfie dilengkapi filter real-time sehingga dapat membuat foto kamu tidak hanya bagus tapi juga keren.

Efek 3D dan efek blur vignette juga ditambahkan pada fitur ini untuk memperintah foto selfie kamu.

Setelah mendapatkan pembaharuan (update) pada 18 September 2016, Camera360 sudah digunakan oleh lebih dari 450 juta pengguna Android di seluruh dunia.

Aplikasi selfie gratis Camera360 juga mendapatkan rating 4.3 bintang dari seluruh penggunanya.

Aplikasi Bestme Camera Selfie

Bestme Camera Selfie sudah digunakan lebih dari 45 juta pengguna android di seluruh dunia.

Berdasarkan pengalaman pengguna yang lebih dulu telah menggunakan aplikasi ini, fitur Defiened dan Deliacacy, adalah fitur yang dapat membuat foto selfie kamu menjadi berkualitas.

Sekalipun foto selfie kamu diambil menggunakan kamera depan dengan kualitas pixel yang rendah, fitur ini mampu merubah kualitas foto selfie mu mendekati hasil jepretan kamera belakang ponselmu.

Pose Foto Selfie yang Bagus

Setelah mengetahui tips foto selfie dan mengetahui pilihan aplikasi-aplikasi gratis yang dapat membuat foto diri kamu menjadi lebih bagus, kamu juga perlu mengetahui pose-pose yang baik dan benar saat melakukan selfie.

Nah, beberapa pose selfie terbaik yang populer dikalangan anak muda di Jepang  yang populer di Twitter dan instagram. Semoga bisa jadi inspirasi kamu ketika akan melakukan selfie.

Pose Selfie Peace

pose-selfie-peace
Foto via Keepo

Ini adalah salah satu pose yang sudah begitu populer di Jepang. Pose peace terinspirasi dari kepopuleran purikura (photo booth) di Jepang. Para remaja Jepang menganggap pose peace adalah pose foto selfie yang paling nyaman.

Pose Selfie Sakit Gigi

foto-selfie-pose-sakit-gigi
Foto via Googleimage

Pose yang meletakan salah satu tangan ke pipi, juga menjadi salah satu pose selfie terbaik yang sering digunakan anak remaja di Jepang.

Pose sakit gigi ini bahkan digunakan oleh model-model Jepang dan ditampilkan sebagai cover majalah fashion di Jepang.

Hal ini terjadi berkat masukan salah satu pembaca, yang menyarankan fotografer agar model juga memperlihatkan kuku tangannya.

Pose Selfie Mengais

foto-selfie-mengais
Foto via Keepo

Pose mengais atau gao merupakan pose selfie yang terinspirasi dari artis pop Harajuku, Kyary Pamyu Pamyu. Pose ini menjadi populer setelah pop icon ini berpose selfi dengan tangan seperti akan mencakar.

Pose Selfie Nutup Satu Mata

foto-selfie-nutup-mata
Foto via Keepo

Pose selfie menutup satu mata dengan jari tangan adalah salah satu pose yang terinspirasi dari make-up blogger yang bernama Zawachin.

Pose selfie ini banyak digunakan oleh remaja Jepang yang ingin memperlihatkan make up pada mata dan bentuk kuku mereka.

Pose Selfie Eliza

pose-selfie-eliza
Foto via Googleimage

Pose Eliza adalah pose selfie yang diambil dari nama seorang model terkenal bernama Eliza Ikeda.

Berkat pose yang memperlihatkan jari tangan meremas pipinya untuk mempertegas bibirnya, model ini akhirnya dinobatkan sebagai “God of Selfies”. Banyak kalangan muda-mudi di Jepang menggunaka pose ini ketika berselfie ria baik outdoor maupun indor.

Pose Selfie Hamu-hamu

foto-selfie-hamu-hamu
Foto via Keepo

Pose selfie Hamu adalah salah satu pose terbaik bila dibandingkan dengan pose mulut bebek.

Karena konon pria lebih tertarik melihat pose foto selfie ini. Pose hamu adalah foto selfie yang menunjukan si subyek menggigit bibir bagian bawah dengan lembut. Hamu sendiri merupakan nama dari suara yang keluar dan dihasilkan dari aksi menggigit bibir.

Pose Selfie Near Chu ( Pose Minum)

pose-minum-air-atau-near-chu
Foto via keepo

Pose minum atau di Jepang lebih dikenal dengan sebutan pose Near Chu, merupakan pose yang memperagakan sedang melakukan aktifitas meminum air dalam kemasan menggunakan sedotan.

Pose ini sekilas seperti memberi ciuman. Namun yang membuat pose ini banyak dipilih oleh ramaja Jepang karena dapat dilakukan dengan mudah.

Meski demikan hasil selfie dari pose ini lebih natural namun tetap atraktif.

Pose Selfie Cubit Pipi

foto-cubit-pipi
Foto via Keepo

Pose mencubit salah satu pipi wajah, adalah salah satu pose yang hadir berkat aplikasi manipulasi foto yang memungkinkan penggunanya melakukan editing foto dengan cara mencubit foto.

Pose selfie ini dipercaya dapat membantu mengurangi garis di sekitar mulut yang muncul saat tertawa atau tersenyum.

Pose Tutup Mulut

foto-selfie-tutup-mulut
Foto via Googleimage

Pose foto menutup mulut adalah salah satu pose turunan dari menutup mata. Foto ini banyak dipraktekan oleh remaja di Jepang saat mereka ingin selfie yang bertujuan untuk menunjukan bentuk kuku dan make-up wajah.

Pose Pistol

foto-selfie-pose-pistol
Foto via Keepo

Pose pistol, adalah pose selfie yang sering dipilih remaja di Jepang untuk menutupi pipi yang tembam tidak terlihat.

Pose meletakan ibu jari dan telunjuk di daerah dagu dan bagian pipi hingga menyerupai bentuk pistol ini, pertama kali dipopulerkan oleh Manami Enosawa.

Perbedaan Selfie dengan Wefie

Selain kata selfie ada juga istilah atau kata wefie. Meski sama-sama sebagai aktifitas mengambil foto namun dua kata ini memiliki perbedaan. Wefie juga sebenarnya aktifitas foto selfie, hanya saja jumlah subyek nya tidak hanya si fotografer, tapi jumlah subyek yang di foto lebih banyak.

Dibandingkan selfie, beberapa orang percaya bahwa wefie lebih memiliki banyak manfaat. Misalnya wefie ternyata lebih baik dalam mengabadikan momen dan kenangan. Lebih seru, dan dapat menciptakan kesan kebersamaan, keharmonisan, dan kekompakan.

Sumber via [Keepo]

Penutup

Selfie adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Jika dilakukan dengan cara yang tepat serta teknik fotografi yang baik, sebuah foto diri sendiri yang bagus dapat diciptakan dengan mudah.

Setelah membaca seluru tips selfie yang bagus ala klik mania, saya berharap kamu dapat menerapkan salah satu dari masing-masing tips selfie tersebut, baik dengan menggunakan kamera depan atau belakang, ataubahkan menggunakan bantuan aplikasi selfie gratis, agar bisa mendapatkan foto diri yang berkualitas, cantik, dan indah.

10 pilihan pose foto selfie terbaik yang sudah disajikan, juga diharapkan dapat menginspirasi kamu saat akan melakukan selfie di sela-sela kesibukan, atau di saat kamu berlibur ke lokasi wisata yang bagus. Pose-pose tersebut tentunya dapat kamu gunakan juga sebagai inspirasi ketika kamu akan melakukan wefie bersama rekan, sahabat atau keluarga.

Nah, bagi kamu para traveler yang merasa bahwa tips selfie ini cukup bermanfaat. Jangan sungkan bagikan tips selfie yang bagus ini, kepada yang lainnya yang ada di dunia ini, dengan cara menekan tombol share yang ada di bawah postingan ini.

Atau jika kamu memiliki ide atau pose selfie yang lebih menarik, silahkan sampaikan pada pembaca lainnya melalui kolom komentar yang terseida di bawah postingan ini.


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

3 Comments

  1. Kami akan menyelenggarakan Workshop “HOW TO TAKE THE BEST SELFIE” , Apakah Klikmania bisa mengutus salah satu narasumbernya menjadi pembicaranya ?

    Mohon konfirmasi nya , saya daapat dihubungi melalui 08118187871 or melalui email : [email protected]eedpanorama.com.

  2. nice tips,
    ketahui juga sumber cahaya,
    jangan sampai membelakangi cahaya/sinar matahari/lampu,

    nanti jadi gelap. :p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close