Peluang usaha

5 Tips Sukses Bisnis Tour dan Travel : Rahasia Bisnis Modal Nol yang Sangat Menguntungkan

Sekarang ini menjadi seorang pengusaha sukses bisnis tour dan travel bisa dilakukan oleh semua orang termasuk anda yang sedang membaca tips ini. Bisnis tour dan travel sebenarnya bukanlah bisnis yang memerlukan modal yang sangat besar dalam memulainya. Bahkan jika anda orang yang cerdas dalam melihat peluang dapat menjalankan bisnis ini tanpa modal sama sekali.

Bisnis tour dan travel merupakan bisnis yang sangat menjanjikan untuk dijalankan. Hal ini dikarenakan jumlah wisatawan dalam dan luar negeri yang senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Kenaikan jumlah wisatawan inilah yang menjadi peluang emas untuk mendapatkan laba dan dapat menjadikan kita pengusaha sukses bisnis tour dan travel.

Bukan cuma karena meningkatnya jumlah wisatawan yang mendorong menggeliatnya bisnis tour dan travel di Indonesia. Munculnya media sosial turut berperan dalam meningkatkan jumlah wisata didalam negeri. Banyak dari masyarakat Indonesia yang senang mengabadikan momen saat mereka berkunjung ke tempat wisata yang menarik sebagai cara untuk mengekspresikan diri.

Fenomena inilah yang yang menjadikan bisnis tour dan travel suatu peluang yang memiliki prospek yang cerah untuk dijalankan.

Sekarang, sebelum kita masuk kedalam pembahasan tentang bagaimana tips sukses bisnis tour dan travel. Berikut ini cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis tour dan travel tanpa modal sama sekali.

Usaha Tour dan Travel

Cara Mudah Membuka Usaha Tour dan Travel

Anda sebagai pengusaha jangan berpikir harus membuka kantor terlebih dahulu dan merekrut banyak karyawan yang akan membantu anda. Atau harus menyewa software khusus dan berbagai perangkat elektronik untuk memulai usaha tour dan travel anda. Jika ini dilakukan anda akan mengeluarkan banyak sekali uang sebagai modal awal membuka usaha tour dan travel.

Jadilah seorang perantara diantara pihak yang akan melakukan wisata dan pihak yang menjalankan usaha wisata. Untuk menemukan pihak yang akan melakukan wisata, anda bisa mengunjungi beberapa kantor atau perusahaan didekat tempat anda tinggal. Banyak dari perusahaan yang biasanya mengadakan acara-acara wisata untuk para karyawannya, maka manfaatkanlah kesempatan ini.

Setelah menemukan pihak perusahaan yang anda target sebagai calon pelanggan, selanjutnya buatlah sebuah proposal dan perlihatkan kepada pihak perusahaan tentang paket wisata yang akan anda tawarkan kepada mereka. Buatlah paket wisata dengan semenarik mungkin untuk memikat pihak perusahaan agar mau bekerja sama dengan anda. Perhitungkan dengan cermat biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tersebut dengan tetap mempertimbangkan keuntungan yang akan anda peroleh.

Agar anda sukses bisnis tour dan travel dengan metode ini, hal yang penting untuk dibutuhkan adalah jaringan yang luas. Anda harus memiliki jaringan dengan pemilik tempat wisata dan juga pemilik rumah makan bahkan perlu juga dengan pihak jasa transportasi.

Jika proposal yang anda ajukan kepada pihak perusahaan diterima, sekarang tinggal mengeksekusi perjalanan wisata yang anda rencanakan untuk mereka.

Mudah bukan ?

Peluang ini tidak banyak diterapkan oleh pengusaha pemula karena mereka seringkali beranggapan dalam memulai bisnis tour dan travel memerlukan modal yang sangat besar dan memerlukan peralatan ini itu. Padahal kenyataannya tidak, dengan modal jaringan yang luas dan kemampuan komunikasi yang baik anda sudah bisa menjadi pengusaha tour dan travel.

Baiklah, setelah kita memahami bagaimana cara mudah untuk memulai bisnis tour dan travel, ini tips sukses bisnis tour dan travel.

Tips Sukses Bisnis Tour dan Travel

Mencintai Dunia Travelling

Sukses Bisnis Tour dan Travel

Jika kebetulan anda adalah orang yang sangat mencintai dunia wisata dan senang berpergian menjelajahi tempat wisata. Bisnis tour dan travel merupakan bisnis yang sangat cocok untuk anda jalankan. Namun, jika anda bukan termasuk orang yang sering pergi berwisata, jangan khawatir, anda bisa memulainya dengan pergi ketempat-tempat wisata yang menarik dekat dengan tempat tinggal anda. Dengan seperti ini anda akan dengan sendirinya menyukai dunia travelling dan wisata.

Dengan mencintai dunia wisata dan travelling, maka kemungkinan anda untuk dapat sukses bisnis tour dan travel sudah didepan mata. Hal ini dapat terjadi karena orang yang menjalankan aktivitas yang ia sukai akan bersemangat dalam menjalankan usaha yang dilakunannya, walaupun datangt hambatan dan rintangan ketika proses memulai usaha.

Dengan mencintai dunia wisata, anda akan dapat menemukan tempat-tempat baru yang menarik untuk dapat dikunjungi calon pelanggan anda. Anda pun bisa memberikan rekomendasi terbaik berkenaan dengan tempat wisata ataupun tempat makan yang bisa dikunjungi pelanggan anda.

Dengan terjalinnya hubungan seperti ini, maka pelanggan yang menggunakan jasa tour dan travel akan merasa puas dan merekomendasikan usaha tour dan travel yang anda miliki dengan teman-temannya.

Jaringan Menentukan Peluang

Seperti dijelaskan dalam cara membuka usaha tour dan travel diatas, anda harus membangun jaringan yang luas untuk menyukseskan usaha yang anda kelola. Anda tidak bisa bergerak sendiri tanpa bantuan orang lain untuk bisa sukses dalam bisnis tour dan travel.

Sebagai calon pengusaha sukses bisnis tour dan travel anda sangat memerlukan jaringan ke berbagai pemilik tempat usaha, pusat oleh-oleh, rumah makan, tempat penginapan, dan juga pusat-pusat seni kerajinan. Dengan luasnya jaringan yang anda peroleh, maka biasanya anda sebagai pengelola tour dan travel akan mendapatkan potongan harga dari para pemilik karena telah banyak membawa rombongan ke tempat mereka.

Ikutlah juga ke dalam komunitas atau forum yang berkaitan dengan bisnis tour dan travel yang anda kembangkan. Dengan aktifnya anda didalam komunitas, bisnis tour dan travel yang anda bangun juga akan menjadi lebih dikenal oleh banyak orang lagi.

Selain itu, melalui komunitas bisnis anda juga dapat menyerap ilmu-ilmu dari pelaku usaha tour dan travel yang telah lebih dulu sukses dalam menjalanakan bisnis mereka. Anda pun bisa menjadikan komunitas sebagai tempat belajar dan sharing ilmu agar anda dapat membesarkan bisnis tour dan travel.

Layani Konsumen Anda

Ingat, bisnis tour dan travel yang anda jalani sangat penting untuk memperhatikan pelayanan kepada konsumen anda. Konsumen yang puas dapat menjadi pelanggan setia bahkan dapat menjadi pembuka rezeki bagi anda, karena mereka dapat merekomendasikan tour dan travel yang anda kelola kepada teman dan keluarganya.

Pelayanan konsumen dalam bisnis tour dan travel meliputi pelayanan awal sampai kepada pelayanan saat melakukan wisata yang mereka pesan dari anda. Pelayanan awal sangat menentukan berhasil tidaknya proposal yang anda ajukan untuk mereka terima.

Jika anda melayani mereka dengan sopan dan menjelaskan dengan ramah, maka besar kemungkinan pihak perusahaan yang anda tawari bersedia untuk menggunkan jasa tour dan travel yang ditawarkan. Kunci dalam pelayanan awal adalah sabar untuk menjelaskan dengan detail tentang paket wisata yang anda tawarkan, jangan mengeluh dengan banyak pertanyaan yang diajukan.

Pelayanan kedua dalam menentukan sukses bisnis tour dan travel adalah pelayanan saat wisata. Anda harus bisa memastikan bahwa tidak ada kendala yang berarti selama perjalanan wisata yang dilakukan klien anda.

Hindari kemungkinan terjadinya keterlambatan transportasi yang anda sewa atau tempat wisata yang tidak bisa untuk dikunjungi. Namu, jika sudah terlanjur terjadi, pastikan anda sebagai pemilik usaha turun tangan menjelaskan kepada klien mengapa masalah tersebut terjadi dan buatlah rencana alternatif dari masalah tersebut agar klien tidak merasa kecewa.

Pemasaran yang Menarik

Sukses Bisnis Tour dan Travel

Pemasaran merupakan ujung tombak kesuksesan semua usaha didunia ini apapun jenis usaha yang dijalankan. Menjual produk butuh pemasaran yang baik dan menawarkan jasa juga butuh pemasaran agar usaha yang dijalankan mudah untuk dikenal oleh orang lain.

Berilah harga paket wisata yang menarik untuk calon pelanggan agar mereka tertarik untuk menggunakan jasa tour dan travel anda. Berikan juga harga promo atau paket wisata dengan harga khusus. Anda bisa memberikan diskon dengan kuota peserta yang ditentukan sebelumnya. Hal-hal seperti ini akan menambah daya tarik dari usaha tour dan travel yang anda jalankan.

Berpromosilah secara online dan offline secara rutin dan berkala agar calon pelanggan mengenal usaha yang anda jalankan. Gunakan pamflet atau spanduk dan sebarkan ditempat-tempat umum seperti mall, festival, dan car free day.

Manfaatkan juga media sosial untuk mengenalkan bisnis yang anda bangun. Contohnya anda bisa mencantumkan gambar tempat wisata dengan kualitas yang bagus di instagram. Hal ini pasti akan mengundang banyak orang untuk mencari tahu lebih lanjut tempat wisata tersebut. Selanjutnya mereka akan menggunakan jasa tour dan travel yang anda tawarkan. Facebook, dan twitter juga bisa menjadi alternatif pemasaran yang baik lewat media sosial, mengingat banyaknya pengguna aktif di masing-masing media sosial.

Penawaran paket wisata yang menarik ditambah dengan pemasaran yang berkelanjutan akan menjadikan usaha tour dan travel yang anda tawarkan dapat lebih sukses kedepannya.

Rekrut SDM yang Handal dalam Dunia Wisata

Sukses Bisnis Tour dan Travel
Food Tour Pros

Disaat anda memiliki mimpi untuk bisa sukses bisnis tour dan travel. Anda harus mulai berpikir ke depan tentang perkembangan usaha yang anda jalankan. Seiring dengan berkembangnya usaha yang dijalankan, pasti anda akan membutuhkan bantuan dari tenaga-tenaga yang handal dalam mengelola usaha nantinya.

Dengan demikian anda harus tahu bagaimana kriteria SDM yang memiliki kualitas yang baik. Kualitas SDM yang baik yang akan membantu anda menyukseskan usaha tour dan trave yang dibangunl. SDM yang menjadi penentu sukses tidaknya usaha anda adalah tour guide yang akan anda rekrut. Tour guide haruslah memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk menjalin hubungan dengan klien. Mereka harus bisa menjelaskan tentang objek wisata yang nantinya akan dikunjungi, sehingga pengetahuan tentang tempat wisata wajib mereka pahami.

Pastikan anda merekrut tour guide yang ramah dan senang menjalin hubunan dengan orang banyak. Pastikan juga bahwa mereka memiliki passion dalam tour dan travel.

Sumber daya yang memiliki kualitas yang baik pasti akan mendukung kesuksesan usaha tour dan travel yang anda jalankan. Jadi, bijaksanalah dalam merekrut SDM untuk membantu suksesnya usaha anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close