Tips Sukses Li Ka Shing

Tips Sukses Li Ka Shing : Mantan Buruh Pabrik yang Menjadi Orang Terkaya di Asia

Sebelum kita mulai membahas tips sukses Li Ka Shing, ada baiknya  kita mengenal terlebih dahulu seperti apa sosok beliau pada awal hidupnya.

Li Ka Shing lahir dari keluarga yang miskin. Dia mampu mengembangkan usahanya hingga sukses seperti sekarang berkat kegigihan yang dilakukannya.Ayahnya meninggal karena sakit pada saat beliau masih kecil. Hal ini memaksanya untuk menjadi tulang punggung keluarganya.

Pada saat itu ia dan keluarga tinggal di rumah kerabat mereka yang lebih mampu secara finansial. Namun Li Ka Shing merasa keluarganya diremehkan dan saat itu ia mulai bertekad untuk hidup mandiri dan mulai bekerja.

Sekarang mari kita cari tahu apa saja tips sukses Li Ka Shing yang menjadikannya sebagai orang terkaya di Asia.

Tips Sukses Li Ka Shing
Li Ka Shing Via cnbc.com

Bekerja Keras

Tidak ada yang instan untuk menjadi orang yang kaya, itu tips Sukses Li Ka Shing yang pertama.
Menginjak usia 16 tahun, Li Ka Shing mulai bekerja di pabrik perdagangan plastik. Jam kerja yang dilakoninya pada saat itu tidak tanggung-tanggung yaitu selama 16 jam sehari.

Jam kerja 2 kali lebih banyak dari rata-rata jam kerja pada saat sekarang dan itu dilakukannya pada saat usianya belia. Hidup yang keras dan tekad yang kuat dalam bekerja menjadikan Li Ka Shing terbiasa dengan beban kerja yang berat.

Dermawan

Semakin banyak memberi, semakin banyak pula kita menerima. Itu tips sukses Li Ka Shing yang kedua.
Sebagai anak tertua dikeluarganya dia merasa memiliki tanggung jawab untuk menggantikan peran ayahnya yang telah meninggal.

Loading...

Hasil kerjanya sebagai karyawan pabrik plastik, 90 persen diberikannya kepada ibunya. Bukan Cuma itu saja, sampai sekarang pun jiwa dermawan Li Ka Shing masih sangat terasa. Hal ini terbukti dengan mendirikan The Ki Ka Shing Foundation, yang merupakan yayasan sosial bergerak dibidang pendidikan.

Li Ka Shing pun mendonasikan dana sebesar US$ 11,5 juta di Universitas Manajemen Singapura untuk pengembangan pendidikan tinggi disana.

Berani Melangkah

Li Ka Shing

Julukan “Superman” dari Asia tidak akan pernah melekat pada Li Ka Shing jika ia tidak berani untuk mengambil langkah pertama. Li Ka Shing mendapatkan julukan tersebut dikarenakan ia mampu mengelola banyak bisnis yang membuatnya menjadi orang terkaya di Asia.

Pada tahun 2015, kekayaan Li Ka Shing mencapai 26,6 Milyar Dollar. Bahkan majalah Forbes memasukkan namanya sebagai 10 orang terkaya di dunia pada tahun 2012. Semua hal tersebut didapatkan oleh Li Ka Shing karena dia berani untuk mengambil langkah pertama.

Berbekal pengetahuan yang didapatkannya selama bekerja sebagai buruh pabrik plastik. Pada tahun 1950, Li Ka Shing mencoba untuk membuka usaha plastik sendiri yang bernama Cheung Kong Industries.

Dengan keuletan yang dimilikinya dan fokus dalam mengembangkan bisnisnya, Li Ka Shing mampu mendapatkan untung dari bisnis yang dilakoninya. Tidak cepat berpuas diri, ia melakukan ekspansi ke berbagai bidang mulai dari real estate sampai bisnis telekomunikasi.

Terus melangkah dan konsisten menjadikan Li Ka Shing mampu mengembangkan bisnisnya menjadi besar seperti sekarang.

Tidak Berhenti Belajar

Jika kalian berhenti belajar, kalian akan jauh tertinggal. Itu tips sukses Li Ka Shing yang keempat.
Li Ka Shing selalu menyempatkan waktu untuk membaca buku dan ia sangat suka melakukan hal tersebut. Putus sekolah di usia muda, tidak menjadikannya berhenti untuk belajar. Belajar dari banyak buku merupakan faktor kesuksesan yang dimiliki oleh Li Ka Shing.

Jangan berhenti belajar didalam hidup ini. Teruslah membaca dan dapatkan pengetahuan baru dari hari ke hari. Investasi pengetahuan akan menjadikan diri kalian lebih baik dari sebelumnya.

Mengembangkan Jaringan dan Relasi

Tips Sukses Li Ka Shing
Tips Sukses Li Ka Shing yang terakhir adalah Menjalin silaturahmi niscaya pintu rezeki akan terbuka lebar.
Menambah jaringan bisnis dan pertemanan menjadikan Li Ka Shing memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembangkan bisnisnya.

Beliau berkata bahwa perlunya untuk memperlakukan orang lain dengan baik. Dengan memperlakukan orang dengan baik akan membuka kesempatan untuk mendapatkan bantuan dalam mengembangkan bisnis.

Li Ka Shing juga sering menjamu orang-orang dengan makan siang. Ia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk ucapan terima kasih atas bantuan yang dia terima. Dengan makan siang, Li Ka Shing dapat memperkuat relasi bisnis dan pertemanannya.

Lakukan Tips Sukses Li Ka Shing

Tips Sukses Li Ka Shing diatas tidak ada artinya jika kita tidak segera bergerak dan melangkah. Mengambil pelajaran dari beliau merupakan cara bijak untuk menjadi orang yang lebih baik. Kemauan dan keingan yang besar untuk dapat maju harus diimbangi dengan sikap positif yang diajarkan oleh Li Ka Shing diatas.

Baca juga : Kisah Sukses Jack Ma – Pendiri Retail Online Alibaba

Semoga dengan tips sukses Li Ka Shing diatas dapat menjadikan kita orang yang sukses seperti beliau.


Loading...

Bagikan

Wahyu Utama

Penulis

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *