Bisnis OnlinePeluang usaha

Sepi Proyek? Berikut Ini Adalah Tips Sukses Untuk Freelance

Tips Sukses Untuk Freelance – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Freelance merupakan sebuah pekerjaan yang mungkin sangat mengasyikkan bagi sebagian orang. Memang menjadi freelance mempunyai banyak sekali keuntungan, namun juga freelance memiliki kekurangan.

Sebelum kita menuju ke topik pembahasan, mungkin para pembaca sekalian bertanya, “lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangna menjadi seorang freelance?” Baik mari kita bahas dulu kelebihan dan kekurangan menjadi freelance.

Kelebihan Freelance

Menjadi freelance setidaknya menurut saya mempunyai 4 kelebihan, yakni diantaranya adalah:

  1. Si freelance mungkin tidak bekerja dibawah tekanan (kecuali apabila mendapat proyek), karena tentu mungkin para freelance sendiri dapat menentukan berbagai macam proyek yang dia ingin ambil.
  2. Seorang freelance juga mungkin dapat menentukan besar atau tidaknya bayaran dalam satu kali proyek yang dia kerjakan.
  3. Seorang freelance juga mungkin dapat menentukan sendiri deadline proyek yang sedang digarapnya (namun terkadang mungkin kalau sedang menggarap proyek besar milik perusahaan maka biasanya pihak perusahaan yang menentukan deadline-nya).
  4. Bekerja di rumah, ya karena mungkin sebagian freelance (seperti web designer/developer) menggunakan rumahnya menjadi kantornya, sehingga ini memudahkannya untuk beraktifitas lain di rumahnya.

Baca : 8 Keahlian Khusus Freelancer Paling Banyak Dicari di Indonesia (Most Wanted)

Kekurangan Freelance

Berikut ini merupakan kekurangan dari menjadi seorang freelance:

  1. Memiliki peluang untuk melakukan hal yang tidak penting, seperti contohnya pada saat kamu lagi bikin proyek, namun tiba-tiba ada rasa ingin melakukan aktifitas lainnya yang membuat kamu lalai dari pekerjaan kamu sehingga membuat pekerjaan kamu menjadi tidak cepat selesai.
  2. Membutuhkan ilmu yang lebih banyak, karena menjadi seorang freelance mungkin nantinya akan mendapatkan berbagai tantangan dari para client yang mungkin tantangan tersebut belum sepenuhnya kamu kuasai materi-materinya. Maka dari itu selagi mengerjakkan proyek, selangi dengan belajar hal-hal baru dalam bidangmu, namun ingat harus amanah ya kepada para client.

Ya setidaknya dua itulah menurut saya yang menjadi kekurangan freelance saat ini, mungkin kamu bisa menambahkan?

Berbagai Tips Sukses Untuk Freelance

Tips Sukses Untuk Freelance

Di postingan ini mungkin setidaknya akan saya paparkan beberapa tips sukses untuk freelance, walau pun sebenarnya saya bukan freelance. Namun saya mendapatkan berbagai sumber dari para freelancer yang ada di Indonesia yang Alhamdulilah mau membagikan pengalamannya dalam sepak terjangnya menjadi seorang freelancer, salah satunya adalah owner dari Themelate.

1. Berdoa & Niat Dengan Benar

Tips sukses untuk freelance yang pertama adalah berdoa dan juga niat dengna benar. Berdoa merupakan senjata jitu untuk memulai segala usaha maupun untuk meminta pertolongan kepada Allah. Maka dari itu mari mulailah dari sekarang untuk membiasakan berdoa setiap kali hendak melakukan segala aktifitas.

Dan juga mulai dari sekarang apabila hendak melakukan segala aktifitas mulailah dengan niatan yang benar dan juga yang tulus supaya kegiatan tersebut mendapatkan berkah dari Allah.

Termasuk memulai aktifitas sebagai freelance ini. Kamu diharuskan untuk berdoa dan juga meniatkan dengan benar supaya kamu menjadi freelance yang berkah.

2. Pelajari

Tips sukses untuk freelance yang kedua adalah dengan mempelajari berbagai macam materi yang tentunya itu semua tergantung kepada bidang kamu.

Sebagai contoh, kamu adalah seorang programmer, maka cobalah untuk menguasai salah satu atau mungkin dua bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari. Namun ingat pelajari sampai ke akar-akarnya dan mulailah percobaan untuk membuat proyek-proyek sendiri (yang nantinya juga dapat dijadikan sebagai portfolio).

Alasan mengapa kamu perlu mempelajari berbagai materi tersebut adalah agar nantinya apabila kamu memiliki client yang ingin membuat suatu proyek besar ditambah proyek tersebut memiliki banyak fitur canggih. Kamu tidak usah repot-repot cari tutorial sana dan sini, dari istilahnya itu mungkin sedia payung sebelum hujan.

Namun tentu, jangan paksakan diri untuk selalu mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman. Cukup satu atau dua saja namun pelajari bahasa tersebut sampai ke akar-akarnya. Dan juga jangan melampaui batas, misal kamu kebelet ingin bisa menjadi seorang programmer yang profesional, kamu lampiaskan semua itu dengan begadang sampai pagi hanya untuk belajar bahasa pemrograman.

Saran saya jangan, gunakan waktu secukupnya saja. Ada waktu untuk ibadah, tidur, keluarga, belajar, dan bekerja, intinya semua itu ada waktunya masing-masing.

3. Membuat Portfolio

Tips sukses untuk freelance yang ketiga adalah dengan membuat portfolio. Isi dari portfolio tersebut juga tergantung jenis pekerjaan kamu, misal kamu seorang programmer, maka isi portfolio kamu tersebut dengan berbagai macam proyek yang sudah kamu buat.

Dan Alhamdulilah sekarang sudah banyak kok penyedia-penyedia portfolio yang gratis. Atau kalau kamu ingin lebih profesional, maka kamu dapat menggunakan hosting sendiri yang nantinya digunakan untuk menampung berbagai macam proyek yang sudah kamu buat.

Dan jangan lupa di website yang menampung berbagai macam proyek kamu tersebut diselipi nomor kontak kamu. Berilah petunjuk bahwa nomor kontak tersebut digunakan untuk para calon client yang ingin bekerja sama dengan kamu.

Dan tentunya ada beberapa tips untuk kamu yang ingin membuat portfolio (khusus yang ingin menggunakan hosting):

  1. Gunakan hosting yang spacenya kecil dulu saja, kecuali apabila proyek yang sudah kamu buat tersebut banyak, maka barulah kamu membutuhkan space hosting yang besar.
  2. Usahakan deploy semua proyek yang sudah kamu buat, mau yang jelek maupun yang bagus, sehingga kemungkinan besar para client akan menganggap kamu seorang freelance yang jujur karena berani menampilkan proyek yang “jelek”.
  3. Gunakan tampilan website yang bagus, karena tampilan yang bagus juga dapat membuat calon client menjadi semakin tertarik dengan kamu.

Nah sementara untuk promosi sendiri kamu bisa menggunakan berbagai cara yang tentunya harus halal ya. Berikut ini beberapa cara untuk mempromosikan portfolio kamu.

  1. Memperkenalkan kepada teman-teman kamu bahwa kamu sekarang sudah menerima project-project.
  2. Iklankan portfolio kamu di berbagai situs yang tentunya memiliki tema yang serupa dengan bidang pekerjaan kamu.
  3. Buat sebuah blog yang didalam blog tersebut terdapat banner yang menuju website portfolio kamu (seperti poin ke-2)

Dan tentunya mungkin ada banyak cara lain untuk bisa mempromosikan web portfolio kamu, dan ingat gunakan cara yang halal-halal saja ya.

4. Olah Kemampuan Bahasa

Tips sukses untuk freelance yang ke-4 adalah dengan mengolah kemampuan bahasa. Ya, hal ini karena disini kamu menjadi seorang “owner” sekaligus menjadi seorang “customer support” juga. Yang artinya kamu harus menggarap proyek dari para client, sedangkan kamu juga yang harus berdialog langsung dengan para client.

Maka dari itu mengolah kemampuan bahasa menurut saya sangat penting supaya para client yang sedang berkomunikasi dengan kamu dapat paham apa yang kamu bicarakan.

Dan ingat, gunakan bahasa yang baku namun juga usahakan untuk menggunakan bahasa yang tidak terlalu baku. Nah kamu juga harus belajar akhlak ya, artinya kamu juga harus mempunyai kepribadian yang baik.

Dengan memiliki kepribadian yang baik, kemungkinan besar para client akan senang dengan support yang kamu berikan kepadanya. Sehingga membuat para client menjadi ingin bekerja sama dengan kamu lagi untuk membuat proyek selanjutnya.

Apakah perlu menguasai bahasa Inggris?

Ini sih menurut saya opsional, karena itu tergantung target kamu. Misal kamu menentukan target seluruh dunia, maka mungkin kamu perlu belajar bahasa Inggris dengan baik dan juga benar. Karena tentunya bahasa Inggris merupakan bahasa yang internasional.

Namun kalau target yang kamu incar adalah dalam negeri, maka mungkin yang perlu kamu pelajari adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar saja.

5. Harus Fast Respon dan Tanggung Jawab

Tips Sukses Untuk Freelance yang kelima adalah dengan fast respon dan juga tanggung jawab. Kita mungkin sepakat bahwa kita sendiri suka apabila misal kita sedang ngobrol dengan orang lain si teman obrolan kita tersebut selalu menjawab pertanyaan kita dengan cepat, dan jawabannya pun sangat bagus.

Nah sekarang mari ganti posisi, dimana sekarang teman obrolan tersebut adalah kamu yang sekaligus juga seorang freelance. Usahakan setiap client yang sedang kamu layani baik berupa chat maupun telfon, gunakan bahasa yang sopan (baca poin ke-4), dan juga selalu tanggap dan kritis terhadap setiap pertanyaan yang diajukan kepada kamu.

Hal tersebut memungkinkan membuat para client menganggap kamu seorang freelance yang profesional karena sangat mementingkan para clientnya.

Tips: Untukmu yang Suka SMS

Nah bagi kamu yang lebih suka menggunakan chat atau SMS ketimbang telfon, maka saya ada tipsnya nih. Namun tips ini mungkin sangat bagus untuk kamu yang sering ngetik-ngetik keyboard komputer (karena kemungkinan besar kamu mempunyai kecepatan ngetik yang hebat).

Gunakan modem yang tentunya sebelumnya kamu isi menggunakan kartu GSM punya kamu sendiri yang biasa untuk membalas SMS para client.

Nah setiap kali SMS, gunakan saja fitur Message di modem tersebut, karena sepengetahuan penulis modem yang dijual jaman sekarang itu sudah banyak menggunakan fitur tersebut. Sehingga otomatis untuk menjawab pesan dari para client kamu emerlukan keyboard, nah berhubung kamu punya kemampuan mengetik yang cepat maka akan sangat memungkinkan untuk membalas client kamu.

Namun mungkin tips tadi tidak cocok untuk kamu yang suka berdialog dengan client menggunakan telfon. Karena iya dong, masa mau telfon lewat laptop? Hehe.

Tips: Untukmu yang Suka Telfon

Untuk telfon sih menurut saya gunakan handphone yang memang kualitas suaranya jernih sehingga membuat para client memahami apa yang kamu bicarakan (artinya tanpa ada “kresek-kresek” saat telfon).

Dan Alhamdulilah Allah memudahkan kita, sekarang sudah marak handphone yang kualitas suaranya bagus dengan harga yang mungkin murah, dan kamu bisa membeli handphone tersebut.

Tips: Untukmu yang Suka Video Call

Nah kalau yang ini mungkin para pembaca sudah pada tau apa yang harus dilakukan masing-masing. Tentunya apabila kita menggunakan fitur video call otomatis kita melihat wajah client kita, dan client kita pun dapat melihat wajah kita.

Maka dari sebelum melakukan video call usahakan rapikan dulu rambut, dan bersihkan wajah. Ingat, usahakan kamu melakukan video call dengan lawanmu yang mahram ya, agar tidak terjadi fitnah.

6. Suka Menerima Tantangan

Tips Sukses Untuk Freelance yang keenam ini terinspirasi dari salah satu pondok yang bernama Pondok Programmer, dimana para santrinya itu menyukai tantangan.

Begitu juga dengan para freelance yang ada di Indonesia, usahakan kamu ini suka menerima tantangan dari para client. Namun maksud saya bukan tangangan berkelahi atau tawuran, bukan kaya gitu. Namun tantangan yang saya maksud ini adalah tantangan berupa proyek-proyek yang sebelumnya kamu mengira susah.

Jadi dengan adanya tantangan membuat kamu mendapatkan beberapa hal positif, yakni:

  1. Menambah wawasan dan ilmu,
  2. menambah pengalaman,
  3. menambah kemampuan atau skill

Ya, dengan adanya tantangan otomatis kamu harus mempelajari hal yang belum kamu tau, sehingga kemungkinan besar kamu akan mendapatkan ketiga poin diatas.

Namun ingat, sekiranya tantangan tersebut tidak melanggar aturan syariat ya. Karena walau bayaran proyeknya tinggi namun ternyata proyeknya melanggar aturan agama Islam, maka usahakan tolak namun tentu dengan cara yang baik dan halus. Saya yakin pasti client kamu pun akan mengerti (maaf saya bukan bermaksud rasis), Insya Allah.

7. Tak Pusus Asa Ketika Gagal, Tidak Bangga Ketika Berhasil

Tips Sukses Untuk Freelance yang selanjutnya adalah usahakan untuk tidak selalu putus asa ketika kamu gagal, dan juga usahakan jangan bangga ketika kamu berhasil.

Sebenarnya bagian ini juga bukan hanya anda para freelance, namun bagi anda yang membaca artikel ini. Entah kamu sebagai penulis, developer rumah, programmer, atau yang lain.

Baik mungkin teman-teman disini belum tau maksudnya. Saya kasih contoh simpel.

Ketika kita mendapatkan proyek yang besar, dan kita sudah sekuat tenaga menggarap proyek tersebut. Dan setelah kita berikan hasilnya kepada client kita, malah client kita menolak mentah-mentah karena tidka sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Nah ketika kamu mengalami kegagalan seperti diatas, maka jangan putus asa! Tetap semangat dan tetap senyum karena bisa jadi itu cobaan atau ujian buat kamu sehingga kamu dapat naik derajatnya.

Contoh lain sebagai berikut, ketika kamu mendapatkan proyek besar yang membutuhkan kemampuan yang expert, dan juga bayarannya pun sangat tinggi. Sedangkan kamu hanya mengerjakannya dengan singkat karena kamu sudah menguasai berbagai macam hal-hal yang diinginkan oleh para client, dan client pun puas dengan hasilnya, maka tolong jangan bangga dan sombong.

Karena bisa jadi itu juga cobaan atau ujian buat kita, hal yang perlu dilakukan mungkin adalah dengan rendah hati dan menganggap semua itu (kemampuan kamu, gaji yang kamu dapat, dan lain-lain) semata-mata hanya dari Allah. Sehingga sikap sombong dan bangga diri akan hilang dari tubuhmu, Insya Allah.

Dan ingat, setelah jangan lupa untuk selalu tawakal 🙂

Penutup

Nah bagaimana menurut kamu? Tertarik untuk menjadi freelance? Atau mungkin lebih semangat untuk menekuni freelance?

Bagi kamu yang ingin menambahkan atau ingin memberi saran kepada saya tentang tulisan ini, silahkan bisa berkomentar.

Sekian artikel ini saya sampaikan, apabila ada kesalahan atau ada kata-kata yang membuat kamu tersinggung, silahkan laporkan lewat kontak saya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang muslim biasa.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close