InternetTekno

Tiru Instagram, Facebook Juga Akan Sembunyikan Jumlah Like

Jumlah Like Disembunyikan untuk Menjaga Kesehatan Mental Pengguna

Facebook adalah perusahaan yang menaungi Instagram dan WhatsApp. Beberapa bulan yang lalu, fitur baru sudah diujicobakan di aplikasi Instagram, yaitu fitur penyembunyian jumlah like pada postingan para pengguna.

Fitur penyembunyian jumlah likeĀ sendiri masih diujicobakan di tujuh negara, yaitu Italia, Jepang, Selandia Baru, Irlandia, Australia, Kanada, dan juga Brazil. Jika hasil uji coba yang dilakukan ini mendapatkan respon positif, maka penyembunyian jumlah like hanya tinggal menunggu waktu peluncurannya saja.

Facebook Juga Akan Sembunyikan Jumlah Like

Selaku perusahaan induk yang memiliki media sosial, Facebook juga akan meniru fitur penyembunyian jumlah like. Alasannya pun mirip dengan Instagram di mana pihak Facebook menginginkan para penggunanya terhindar dari stres.

Keberadaan jumlah like sendiri memang sering membuat orang kecanduan. Hasilnya, banyak pengguna yang berusaha membuat postingan sebaik mungkin untuk mendapatkan lebih banyak like. Jika rasa kecanduan seperti yang sudah disebutkan terus dialami pengguna, tentu itu akan mengganggu kesehatan mentalnya.

Selain masalah itu, Facebook juga tidak ingin para pengguna membandingkan kehidupannya dengan kehidupan pengguna lain. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kebanyakan pengguna Facebook saat ini lebih banyak memposting hal-hal penting dalam hidupnya yang terkadang bisa membuat orang lain iri dan merasa hidupnya tidak berarti.

Kapan Diluncurkan?

Belum ada keterangan resmi dari pihak Facebook tentang peluncuran penyembunyian jumlah like di media sosial mereka. Namun jika melihat gerak-gerik Facebook, nampaknya mereka akan menunggu hasil uji coba yang sudah dilakukan di Instagram.

Kabar terkait penyembunyian jumlah like di Facebook sendiri didapati dari seorang peneliti aplikasi independen yang bernama Jane Manchun Wong yang berhasil menemukan kode penyembunyian jumlah like dalam aplikasi Android Facebook.

Baca juga: Instagram Hapus Jumlah Like di Postingan, Siapa Saja yang Dirugikan?

Usai kabar tersebut bocor ke publik, pihak Facebook akhirnya mengkonfirmasi kebenarannya kepada TechCrunch. Tentang penyembunyian jumlah like di postingan ini, para pengguna Facebook pun terpecah menjadi dua kubu, yaitu kubu yang pro dan yang kontra.

Kubu yang pro merasa penyembunyian jumlah like memang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Adapun yang kontra merasa penyembunyian jumlah like hanya akan membuat pengguna merasa hampa karena tidak ada apresiasi atas postingan yang sudah dibuat.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close