tombol sosial media share

Dahsyatnya Efek Tombol Sosial Media share Untuk Menciptakan Trafik Blog

Tombol sosial media share bukan hanya sebagai hiasan blog saja, tapi lebih sebagai generator trafik yang paling dahsyat. Mengapa demikian? Karena satu dari artikel anda yang dibagikan akan diteruskan ke berbagai pasang mata dari orang yang membagikan. Apa hanya cukup sampai disitu?

Kali ini saya akan membahas tentang peran dan manfaat tombol sosial media share yang sudah akbrab dimata anda, terutama para netizen yang sering mencari berbagai informasi di internet. Terlihat sepele, hingga terkadang diabaikan dan dianggap sebagai pelengkap penghias blog.

Tombol sosial media share sebagai generator trafik blog

Semakin banyak artikel dibagikan maka akan semakin banyak peluang anda untuk mendapatkan trafik blog yang melimpah. Sebagai contoh mudah saja, satu orang yang membagikan artikel dimedia sosial pastilah mempunyai teman dalam sosial media tersebut. Tidak mungkin kan anda membuat akun facebook atau twiter tanpa mencari pertemanan?

Ini contoh sederhana untuk 1 jenis media sosial saja, saat ini satu orang pasti mempunyai lebih dari 1 akun media sosial. Misalnya anda tidaklah mungkin hanya mempunyai 1 akun facebook saja, pasti juga mempunyai akun twiter, akun Gplus, akun linkedin dan sebagainya.

Sosial media share salah satu faktor peringkat blog di mesin pencari

Kutipan ini diambil dari situs searchengineland dan ini isi pokok dari terjemahannya :

Sekali lagi, partisipasi dalam situs berbagi sosial sangat penting. Jika Anda tidak memiliki akun Twitter, halaman fan Facebook atau Laman Google+ Anda akan kehilangan jaringan yang dapat membantu menyebarkan (share alias) konten Anda.

Data trafik pengunjung dari sosial media share

Loading...

Dari berbagai siklus lingkaran sosial sosial media share ini yang akan membuat sebuah trafik yang dahsyat untuk blog anda. Nah, apakah se-efektif itu? Atau hanya sekedar bualan teori saja tanpa ada praktek yang jelas?

tombol sosial media share

Dari contoh gambar diatas bisa dilihat bahwa tombol sosial media share mempunyai peran sekitar 3.13% untuk mendapatkan trafik. Ini hanya contoh gambar saja, karena kita bisa lebih mengoptimalkan pengunjung dari sosial media selain trafik dari search engine.

Untuk angka posentase yang ideal adalah 20 – 30 persen, karena bagi saya trafik dari search engine adalah yang paling utama.

Cara meningkatkan trafik blog dari sosial media share

Kalau saya menulis judul cara meningkatkan trafik blog dari sosial media share pasti sudah banyak orang yang membahasnya, pasti yang dibicarakan adalah “Setelah selesai posting, maka bagikanlah artikel anda ke berbagai sosial media”.

Kalau cara ini mungkin sudah terlalu umum, tapi bagaimana cara agara artikel anda dibagikan secara sukarela oleh pengunjung?

Membuat konten menarik dan interaktif

Salah satu kiatnya adalah membuat artikel semenarik mungkin untuk pengunjung, berisi konten interaktif yang membangun dan bermanfaat.

Membuat konten yang informatif

Konten informatif adalah sebuah konten yang memberikan informasi terbaru, bisa bersumber dari berbagai macam berita menurut kategori tertentu.

Membuat konten inspirasi dan semangat

Konten jenis ini memberi nuansa baru bagi pembaca, memberi dorongan inspirasi dan semangat kepada orang lain dari kisah-kisah orang sukses atau perjalanan hidup seseorang.

Membuat konten relevan dan berkualitas.

Jenis konten ini bersifat evergreen, yaitu konten peka jaman atau sering disebut sebagai artikel abadi. Contoh dari artikel ini adalah artikel tutorial, sifatnya akan selalu relevan walaupun dibaca kapan saja.

4 jenis artikel di atas adalah yang paling banyak berpeluang di bagikan melalui tombol media sosial share dari blog anda.

Cara mengetahui berapa banyak artikel yang sudah dibagikan ke media sosial

1 Artikel saja berpeluang dibagikan oleh ribuan pembaca anda, dan akan bertambah setiap harinya. Dengan syarat artikel anda memenuhi beberapa kriteria yang sudah saya jelaskan diatas.

Nah, anda pasti tidak tau jumlah artikel yang sudah dibagikan atau 1 artikel anda sudah dibagikan sampai berapa kali? Untuk itu bisa dilihat melalui hasil tracking di Social Interactions – Web Tracking dari google developers, jika kita menerapkannya.

Atau bisa dilihat pada dashboard google analytics jika anda memasang kodenya di blog.

tombol share sosial media

Cara lain yang paling mudah adalah dengan menggunakan plugin social counter share (untuk wordpress). Ada beberapa pilihan plugin gratis yang bisa digunakan selain plugin berbayar.

sosial media share

Ini adalah tampilan dari plugin social counter sumome versi gratis, kita hanya bisa melihat jumlah konten yang sudah dibagikan selama 7 hari, serta jumlah keseluruhan artikel yang sudah dibagikan melalui tombol media sosial share. Untuk laporan secara detail dan lengkap, bisa upgrade ke versi PRO.

Yang lebih menarik, plugin sosial media share dari sumome ini responsive dan bisa diterapkan mode floating (melayang) pada perangkat versi mobile (ponsel)

Tombol media sosial share
Tampilan plugin sumome versi mobile

Tips memasang tombol sosial media di blog agar efektif

Kita bisa memasang tombol media sosial share baik itu blogspot maupun wordpress pada posisi yang strategis, agar pandangan mata pembaca jelas dan yang penting tidak mengganggu kenyamanan pembaca. penempatannya bisa di :

  • Di atas tepat dibawah judul blog
  • DI bawah setelah artikel habis dibaca
  • Disamping pada posisi floating (melayang)

Jangan menggunakan ukuran tombol sosial media sharing sebesar biji beras (kecil), karena tidak akan terlalu terlihat secara menyolok dimata pengunjung. Sebaiknya menggunakan ukuran yang medium (sedang), dan sesuaikan dengan ukuran template bidang posting agar terlihat rapi.

Nah, bagaimana? Apakah anda sudah memasang tombol sosial media share di blog masing-masing?

 


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    TokoSalaf

    ( - 23:59)

    maksudnya icon dan vektor diblog yg gmn ya ?

    Avatar

    Mamat Setiono

    ( - 17:53)

    Mas cara pasang tombol share media sosial di bawah judul gimana?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:40)

      Kalau pakai WordPress, tinggal pasang plugin soscial share dan aktifkan penempatan tombolnya.

    Avatar

    KakaKiky

    ( - 10:53)

    kak? saya udah pasang SumoMe di blog saya… padahal udah ada di testing share baik itu dari pc saya maupun pc yang lain… tapi kok jumlah share nya ga bertambah ya? padahal udh di aktifkan show counters nya… mohon pencerahannya

    Avatar

    teqnoparadise

    ( - 06:56)

    gimana cara buat tombol share seperti itu ya?di blogspot

    Avatar

    pargiyanto

    ( - 20:04)

    mas gani saya mau tanya, tombol share sos med yang gratis apa ya,saya coba pasang di blog saya dari ADDTHIS kok setelah 3 hari hilang semua dari blog saya ya ,,apa itu berbayar setelahnya ya.mohon pencerahnannya mas

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 09:58)

      Kalau di Wordprwess bisa gunakan plugin sosial share, banyak yang gratis kok.
      kalau di blogspot bisa gunakan icon dan vector untuk membuatnya.

    Avatar

    kokok

    ( - 13:28)

    kereen bang inponya, langsung dah mau saya pasang di blog saya. maap masih newbi. 😀 salam kenal.

    Avatar

    Bashor

    ( - 22:57)

    Share artikel ke sosial media memang mantap, trafik mengalir deras.

    Avatar

    Sonny Ogawa

    ( - 08:37)

    Tidak di pungkiri lagi, media sosial termasuk salah satu penyumbang traffic bagi blog atau website..

    Maka dari itu, tombol share sangat bermanfaat dan berguna untuk di tempatkan di blog kita

    Thanks atas tipsnya mas…semoga sukses selalu

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:50)

      Ok,, sama-sama mas @Sonny Ogawa
      Salam sukses juga buat blognya 😀

    Avatar

    ahmed

    ( - 01:56)

    sampun om, sudah dipasang kembali dan trafiknya pun kembali mendaki 🙂

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:30)

      Wah..Sipp Om Ahmed. Sepertinya memang perlu dipasang tombol sharenya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *