Tool untuk memantau uptime situs

7 Tool Online Terbaik untuk Memantau Uptime Situs Anda

Saat browsing internet, setiap milidetik adalah waktu yang berharga saat memuat informasi dari halaman. Memantau uptime situs adalah hal penting untuk mengetahui kapan situs Anda mengalami down sewaktu – waktu.

Dunia internet adalah dunia kecepatan dan oleh karena itu, bila situs lambat memuat informasi  kemungkinan pengguna akan meninggalkan dan berhenti berkunjung.

Faktor ini tidak boleh diabaikan, selain untuk memastikan loyalitas publik, uptime serta kecepatan situs juga merupakan kriteria SEO paling penting untuk search engine.

Uptime dan kecepatan adalah waktu yang dibutuhkan situs untuk memuat elemennya sebagai faktor penentu untuk mendapat hak istimewa atau tidak dalam pencarian.

Ada beberapa faktor yang menghambat navigasi cepat pada halaman. Dari gambar yang berukuran besar yang mengakibatkan loading website lambat.

Kode script yang berlebihan dalam theme dan penggunaan plugin yang tidak diperlukan akan menghambat pemuatan suatu halaman situs. Sehingga akan membuat kinerja CPU hosting berat dan mengakibatkan situs down.

Baca jugaPenyebab dan Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi (Overload/limit 100%)

Apa itu uptime?

Ada beberapa alat untuk melacak uptime sebuah situs web. Hal ini, uptime mengacu pada ketersediaan server, yaitu waktu tetap aktif bagi pengguna dan administrator untuk menggunakan situs ini.

Loading...

Ada beberapa alat yang paling umum digunakan untuk memantau uptime situs secara gratis. Tergantung pada anda untuk menentukan fitur mana yang sesuai untuk selalu memonitor situs Anda setiap waktu secara real time.

Berikut 7 Alat untuk Memantau Uptime Situs Anda

1. Uptime Robot

Memantau Uptime Situs

Uptime Robot adalah salah satu alat yang paling populer untuk memantau uptime situs dan server. Salah satu highlights dari Uptime Robot adalah kemungkinan menggunakan server di beberapa lokasi, termasuk server di Indonesia.

Selain mencatat uptime, Uptime Robot juga mencatat waktu respon, juga memeriksa kinerja stabilitas server. Dengan datacenter di Indonesia, hasilnya jauh lebih dekat dengan pengguna yang mengakses situs yang dihosting di negara kita.

Alat ini tersedia dalam dua mode, gratis dan berbayar. Ada kemungkinan untuk mengkonfigurasi Uptime Robot untuk memantau server setiap 5 menit melalui 50 monitor, tanpa membayar apapun untuk itu.

Catatan dapat disimpan selama 2 bulan dan selama 1 tahun dalam versi berbayar, yang menawarkan tambahan seperti notifikasi SMS dan interval pemantauan yang lebih pendek.

Jika anda membayar untuk memasang UptimeRobot di situs anda dan melacak uptime yang dijanjikan oleh perusahaan hosting anda.

2. Pingdom Server-Monitor

Pingdom Server-Monitor

Layanan lain untuk memantau uptime situs yang sudah populer adalah Pingdom. Alat ini memungkinkan anda untuk memantau aktivitas pengunjung ke situs secara real time, serta melakukan analisis data.

Tool ini juga menghitung waktu yang dibutuhkan setiap halaman untuk memuatkecepatan situs, dari pengalaman pengguna.

Pingdom tool juga mendeteksi kecepatan situs dari berbagai negara, menyediakan halaman dan sumber lalu lintas yang paling banyak diakses serta dapat mengetahui browser yang digunakan.

Pingdom memiliki teknologi yang cukup untuk menawarkan dukungan terbaik bagi mereka yang ingin mengoptimalkan situs. Semuanya bisa Anda gunakan secara gratis untuk memantau uptime situs dengan cara yang paling mudah.

3. GTMetrix

GTMetrix

Sebagian orang menganggap situs ini sebagai alat uji kecepatan situs saja, karena situs ini cukup populer. Namun ketika situs Anda mengalami down, maka tool ini akan menampilkan tampilan server eror.

GTmetrix merupakan tool online yang cukup baik dalam memantau uptime site anda dengan grafik yang mudah untuk dimengerti.

Cukup masukkan link di GTmetrix , selanjutnya alat ini akan melakukan scan pada seluruh situs dalam hitungan menit. Terdapat penilaian dari “A” sampai “F”, “A” menjadi yang tertinggi dan “F” paling bermasalah.

Di sini anda dapat memasukkan hingga empat situs untuk menganalisa hasil yang lebih baik, dari sisi SEO maupun penggunaan kode di blog yang memuat waktu loading situs Anda.

4. StatusCake

StatusCake

StatusCake adalah alat lain untuk memantau uptime situs. Selain memantau situs, ini juga menghitung uptime aplikasi web dan / atau seluler anda.

Di antara perbedaannya adalah presentasi grafis pada kecepatan halaman yang dihitung dengan nominal sepuluh, dua puluh atau lima puluh orang yang mengakses situs secara bersamaan.

Tool ini adalah alat yang cocok bagi Anda yang ingin memperbaiki blog atau situs web untuk kinerja yang lebih baik . Jika anda memilih versi  berbayar, anda akan memiliki fitur lengkap untuk menganalisis situs anda.

5. Monitor AppBeat

Monitor AppBeat

AppBeat Monitor adalah solusi berbayar untuk memantau uptime situs web atau layanan online. Tool ini memungkinkan untuk mengukur indikator utama kinerja situs dengan menyediakan tautan dari situs manapun di dunia.

Variabel yang dianalisis adalah waktu koneksi serta waktu yang dibutuhkan untuk memuat byte pertama dan total waktu pemuatan situs.

6. Monitis

Monitis

Monitis adalah layanan TeamViewer (remote), dan bekerja seperti layanan uptime situs yang disebutkan diatas dengan cara berbayar.

Jumlah minimum yang harus dibayar untuk menggunakan alat ini adalah $ 12 per bulan, sesuatu yang mungkin tampak terlalu mahal untuk pengguna Indonesia.

Jika anda benar-benar membutuhkan alat canggih untuk memantau uptime situs Anda secara profesional,pertimbangkan untuk menggunakansitus seperti Monitis.

7. WebPageTest

WebPageTest

WebPageTest adalah layanan gratis untuk mengecek sebuah situs web dan menguji kecepatan halaman web. Tidak seperti layanan lainnya, WebPageTest tidak terus memantau situs ini, namun menguji ketersediaan dan kinerja situs pada saat itu juga.

Karena layanan ini gratis dan open source, maka perlu Anda coba untuk mengecek kecepatan situs anda. Dan tentu saja anda dapat melihat apa yang bisa diperbaiki melalui grafik analisis.

ReferensiCara Mempercepat Loading Blog dengan Optimasi Plugin (Javascript dan CSS)

Kesimpulan

Dengan begitu banyak pilihan untuk memantau uptime situs, tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya. Sehingga Anda bisa mengetahui waktu downtime dan uptime situs Anda.

Anda bisa mencoba semua tool tersebut untuk melihat mana yang akan membawa hasil terbaik untuk situs anda.


Loading...

Bagikan

Penulis

Syarif Sabirin
Syarif Sabirin
Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.

Article Seo Highquality & UX

Profil; https://bit.ly/2tRplRX
Syarif Sabirin

Penulis

Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.Article Seo Highquality & UXProfil; https://bit.ly/2tRplRX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *