Tekno

7 Inovasi Teknologi yang Menjadikan Traveling Lebih Mudah dan Nyaman!

Saat ini, traveling lebih mudah – Rutinitas kerja yang melelahkan tentu bisa membuat kita stress dan mudah bosan. Untuk itu, sesekali kita butuh yang namanya refreshing agar kondisi tubuh kita tetap terjaga.

Salah satu hal yang bisa menjadi pilihan terbaik adalah melakukan traveling, entah itu untuk menikmati pemandangan alam atau pun menikmati berbagai wahana hiburan.

Seiring waktu berjalan, kegiatan ini malah sudah berubah menjadi sektor industri yang menjanjikan keuntungan potensial. Banyak pelaku usaha yang mulai memanfaatkan teknologi untuk mendulang pundi-pundi uang dari berbisnis travel.

Dengan hadirnya teknologi seperti ini, semua kalangan tentu bisa memperoleh keuntungan. Para pelancong, agen perjalanan dan penyalur sudah dimudahkan dalam hal ini. Angin segar ini tentu secara tidak langsung membawa pengaruh bagi industry perjalanan.

Disadur dari Tech.co, berikut adalah inovasi teknologi yang bisa mengubah industri perjalanan dan menjadikan Traveling lebih mudah.

1. Pemesanan Online

Pemesanan online tentu sangat memudahkan para pelancong dalam melakukan perjalanan. Beberapa tahun yang lalu, pelanggan harus berlama-lama mengantri untuk memesan tiket bus atau penerbangan.

Keadaan itu masih berlanjut hingga sekarang, namun tidak sebanyak dulu. Saat ini, kamu dibebaskan untuk memilih metode pemesanan. Bisa memesannya secara langsung atau melalui pemesanan online.

Bagi yang sudah terbiasa, melakukan pemesanan secara online tentu akan sangat efisien mengingat kamu tidak perlu menunggu antrian selama berjam-jam. Kamu bisa memesan tiket bus dan penerbangan secara online dengan sangat simpel.

Loading...

Harapannya, pemesanan online akan jadi lebih baik ke depannya. Dengan begitu, banyak dari pelancong bisa menikmati traveling lebih mudah dan semakin semangat untuk melakukan perjalanan.

2. GPS (Global Positioning System)

Traveling lebih mudahTeknologi GPS atau Global Positioning System merupakan inovasi yang amat bermanfaat bagi industri perjalanan.

GPS ini awalnya diperkenalkan di perangkat mobile, namun kini bisa digunakan oleh para pelancong maupun agen perjalanan lintas benua.

Dengan adanya teknologi ini, pelancong bisa menggunakannya untuk menelusuri berbagai tempat yang belum pernah dikunjungi.

Fitur teknologi ini juga bisa mengurangi ketergantungan pelancong dari seorang tour guide saat menjelajahi suatu wilayah dan membuat traveling lebih mudah.

Dibandingkan dengan peta, GPS tentu lebih kecil dan efisien. Selain itu juga, perangkat ini bisa menjelajahi suatu wilayah dengan lebih mudah, akurat dan bisa diandalkan.

Gaharnya lagi, teknologi ini sudah sangat support dalam mode genggam sehingga sangat memudahkan banyak orang. Saat kamu bepergian, memancing, ke laut atau pergi ke tempat yang hanya sedikit pengunjungnya.

Banyak juga agen perjalanan yang menaruh perangkat GPS pada kendaraannya. Dengan begitu mereka bisa melacak kendaraan miliknya di manapun ia berada.

Hal ini tentu saja demi keamanan dan keselamatan, terlebih perusahaan tidak ingin merugi apabila ada orang yang melakukan tindak kejahatan seperti kasus pencurian.

3. E-Tiket

Traveling Lebih Mudah dengan inovasi teknologi
e-ticket via https://blog.traveloka.com

Selanjutnya ada inovasi yang tak kalah keren yaitu sistem tiket elektronik. Sistem ini umumnya digunakan pada transportasi udara seperti pesawat.

Misalnya saja setiap anggota Asosiasi Transportasi Udara Internasional direkomendasikan menggunakan sistem ini untuk para penumpangnya. Dengan adanya sistem ini, harapannya pelanggan tidak perlu susah-susah menunggu tiketnya jadi dalam bentuk surat standard.

E-tiket ini juga berlaku pada pemesanan online dan tiket dikirim ke pelanggan lewat email ketika mereka siap pergi atau sesuai dengan pesanan mereka.

Hadirnya e-tiket ini tentu menguntungkan banyak pihak, terutama agen perjalanan maupun kita sebagai pelancong sehingga bisa melakukan traveling lebih mudah.

Seperti yang kamu tahu, sebagai pelancong kita tidak perlu khawatir kehilangan kertas tiket. Selain itu, pelancong juga akan lebih mudah membawa e-tiket dibanding tiket kertas biasa.

Sedangkan keuntungan dari si agen perjalanan yaitu mereka tidak perlu capek memikirkan pengadaan kertas dan keperluan cetak mencetak. Hal ini tentu bisa menghemat biaya pengeluaran perusahaan.

4. Chip Identitas Pelacakan Tas

Inovasi keren selanjutnya yang mengubah industry perjalanan adalah chip identitas pelacakan tas. Hadirnya teknologi ini mempermudah perusahaan perjalanan jika sewaktu-waktu ada barang/koper penumpang yang hilang.

Dengan adanya chip identitas, perusahaan perjalanan bisa melacak lokasi ta situ berada. Saking canggih dan bermanfaatnya teknologi ini, hamper semua perusahaan penerbangan dan bus sudah menyematkan chip ini pada koper/tas penumpang.

Selain itu, pelanggan juga menyematkan perangkat pelacak di kopernya dan bisa mengontrolnya melalui aplikasi di ponselnya. Jadi, jika sewaktu-waktu ada masalah, pelanggan tidak harus mendatangi customer support untuk meminta bantuan.

5. Analisa Prediksi

Analisa prediksi sebenarnya khusus digunakan oleh perusahaan perjalanan. Dengan menggunakan alat dan aplikasi, para travel perjalanan bisa mengakses data yang terukur.

Mereka juga bisa melihat dan mengetahui berbagai aktivitas pelancong sebelumnya. Bahkan, mereka juga bisa mengetahui tingkat aktifnya pelancong pada waktu tertentu setiap tahunnya.

Para travel perjalanan juga bisa menentukan trend dan dominasi minat para pelancong beberapa waktu mendatang. Hal yang seperti ini tentu menjadikan traveling lebih mudah dengan mempersiapkan manajemen dengan lebih baik dan sempurna.

6. Manajemen Sosial Media

Traveling lebih mudahPada zaman yang serba canggih ini, sosial media sepertinya sudah menjadi kebutuhan banyak orang di dunia.

Bukan semata-mata untuk hiburan, sosial media juga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memperoleh keuntungan.

Salah satu yang memanfaatkan ini adalah pelaku usaha travel atau perjalanan.

Mereka bisa melakukan promosi iklan dimana-mana untuk memperkenalkan layanan mereka dan memperluas jangkauan pelanggan mereka. Sosial media ini juga bisa untuk branding atau membangun database costumer.

Beberapa diantaranya juga berinteraksi dengan pelanggannya di media sosial untuk mencari tahu tingkat kepuasan dan pengaduan mereka. Apabila ternyata kurang memuaskan, mereka tentu akan berusaha untuk memperbaikinya.

Sebaliknya, dari sisi pelanggan juga bisa diuntungan dengan hadirnya sosial media. Mereka bisa melihat berbagai obyek wisata yang ingin dikunjungi dan mencari gambaran seperti apa lokasinya.

Ketika mereka sudah berkunjung di lokasi, tak jarang mereka membagikan pengalaman perjalanannya di media sosial, tak disadari juga media sosial semakin membuat traveling lebih mudah.

Hal ini secara tidak langsung menguntungkan banyak pihak, baik itu perusahaan perjalanan maupun negara bisa berkembang dengan cashflow yang telah dikucurkan para pelancong.

7. StartUP Perjalanan

Traveling Lebih Mudah dengan inovasi teknologi

Seperti yang bisa kamu lihat saat ini, bisnis startup di Indonesia sangat berkembang dengan pesat. Topik bisnisnya pun bervariasi, salah satunya yaitu menyongsong booking hotel dan travel.

Traveloka, Booking.com, Tiket.com, Trivago dan Agoda merupakan salah satu startup yang sukses menjaring pelanggan. Hadirnya startup ini bukan saja melancarkan roda perekonomian, namun juga membawa perubahan bagi bisnis model travel dan pariwisata.

Para pelancong bisa memesan tiket, hotel atau destinasi wisata yang diinginkan melalui aplikasi startup. Kemudahan mengakses ini tentu membuat perjalanan traveling lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Baca juga : Potensi Bisnis Travel & Tour Onling Paling Menjanjikan!

Penutup…

Saat ini teknologi memang berkembang dengan sangat pesat, berbagai industri yang memanfaatkan teknologi sudah ada di tengah-tengah kita. Dalam hal ini, agen perjalanan dan pelancong tentu mendapat keuntungan dari berbagai inovasi yang telah muncul.

Nah, jika kita sudah sering menggunakan inovasi teknologi itu, maka kita akan semakin sadar bahwa kita sudah dimanjakan. Benar-benar sangat mudah dan nyaman melakukan perjalanan di zaman sekarang ini dibanding zaman dahulu.

Teknologi yang hadir juga bisa dengan mudah kita gunakan dengan adanya berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan iPhone Store. Keadaan yang seperti ini tentu saja menambah tingkat persaingan di industry digital. Berbagai iklan kreatif tidak jarang kita temui di televisi atau di media sosial.

Pelancong juga harus jeli terhadap pelayanan yang ditawarkan pelaku industri seperti agen perjalanan, agen penginapan, booking hotel maupun waktu terbaik untuk bepergian.

Bila kamu memang suka bepergian, teknologi semacam ini tentu sangat membantu kegiatan traveling lebih mudah. Kamu hanya perlu mengambil tas, beres-beres pakaian, siapkan smartphone dan kamera lalu pergilah ke tempat-tempat baru yang spektakuler!



Loading...

Baca selengkapnya

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *