travelling

Ingin Sekali Travelling Tapi Budget Minim, Bacaan Ini Menjadi Solusi

Banyak alasan seseorang ingin sekali melakukan travelling, mulai dari alasan rutinitas yang membuat lelah sampai kepada kegiatan yang memang telah diagendakan sebelumnya. Namun terkadang keinginan travelling harus kandas dengan permasalahan klasik, yakni keuangan yang minim.

Ketika Anda menemukan masalah tersebut ada baiknya Anda membaca artikel berikut ini. Semoga artikel ini dapat mengembalikan keinginan travelling anda yang sempat hilang karena persoalan budget. Selamat membaca.

Memiliki hobi jalan-jalan bukanlah hal yang salah, sebab setiap kita membutuhkan masa dimana kita menghabiskan waktu santai tanpa diberatkan dengan persoalan rutinitas. Lalu bagaimana jika hobi tersebut terhalang oleh keuangan yang kita miliki. Setidaknya setelah membaca artikel ini Anda dapat mengatur keuangan perjalanan Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan persoalan keuangan.

Berikut  tips-tips yang boleh Anda terapkan pada saat melakukan traveling, tips ini boleh juga tidak Anda terapkan, jika mempunyai trik tersendiri. Bagi yang ingin menikmati perjalanan murah meriah, silahkan lanjutkan membaca sampai akhir.

travelling
Hiking travel via https://www.pexels.com

Satu hal yang perlu kita ketahui murah bukan berarti murahan, murah meriah bukan juga berarti kalau kita pelit untuk kesenangan kita sendiri. Tapi murah meriah disini lebih kepada melakukan trik-trik khusus agar perjalanan tetap menyenangkan dengan dana yang tidak begitu besar.

Pertama, buat list atau daftar nama teman Anda yang memang tinggal di daerah yang ingin Anda kunjungi

Terkadang inilah untungnya punya teman banyak di berbagai daerah, terlebih saat ini mencari teman jauh lebih mudah dan tanpa ada batasan. Memanfaatkan media sosial adalah salah satu yang perlu anda lakukan untuk menambah teman di daerah yang ingin anda kunjungi. So, mulailah bagun pertemanan dari sekarang.

Kedua, malu dapat menghambat segala kegiatan Anda, tapi ingat jangan memalukan

Memilih tempat tidur di tempat umum juga merupakan trik untuk Anda yang sedang melakukan perjalanan jauh. Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk menyewa penginapan, yang perlu Anda lakukan adalah mencari tempat-tempat umum yang aman untuk menginap, seperti SPBU, masjid yang memperbolehkan menginap, terminal dan tempat umum lainnya.

Ketiga, Anda harus dapat sedikit menahan selera

Di perjalanan Anda mesti sedikit menahan selera makan Anda, artinya Anda harus pandai memilih makanan yang murah. Pada saat traveling harus menahan diri untuk makan di restoran mahal, mari cari tempat makan yang ramah terhadap keuangan, kecuali memang tujuan Anda travelling adalah untuk hunting makanan khas daerah

Loading...

Keempat, agar irit ongkos perjalanan tidak ada salahnya Anda beserta teman-teman menumpang kendaraan yang memang searah dengan tujuan Anda

travelling
Car travel via https://www.pexels.com

Di luar negeri kegiatan ini sudah umum dilakukan traveller. Sebagai referensi Anda bisa menumpang mobil pribadi yang kebetulan setujuan, atau Anda juga misa menumpang pada mobil pengangkut barang seperti truk. Untuk melakukan tips ini, yang perlu Anda lakukan adalah menunjukan penampilan yang rapi dan sopan, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan buruk dari orang yang akan menumpangi Anda, dan tetap ramah selama perjalanan.

Kelima, saran saya hindari melakukan travelling di hari libur

Sebab pada hari libur segala tarif selalu naik, mulai dari tarif angkutan, penyewaan, sampai tiket masuk ke lokasi wisata. Jika memang Anda tidak mempunyai waktu lain selain waktu libur, maka pilihlah tempat wisata berbayar yang ramah dengan keuangaan Anda, dan prioritaskan tempat wisata yang memang layak Anda kunjungi.

Keenam, sebelum melakukan perjalanan ada baiknya Anda sedikit melakukan penelitian atau survei tempat yang ingin Anda kunjungi

Coba Anda cari tahu segala hal tentang tempat tersebut, mulai dari kondisi wilayahnya, transportasinya, makanannya, tempat wisatanya, dan segala hal lain yang layak untuk Anda ketahui.

Ketujuh, carilah alternatif transportasi yang irit keuangan

travelling

Jika ke tempat tujuan Anda memungkinkan Anda menggunakan kendaraan pribadi maka lebih baik Anda menggunakannya ketimbang naik pesawat dan transportasi lainnya. Kalau Anda sama sekali tidak memiliki kendaraan tips menumpang yang disebutkan di atas dapat dijadikan solusi.

Perlu anda ketahui bahwa travelling berbeda dengan wisata, travelling atau backpacking menggunakan dana seminimal mungkin, sedangkan wisata memang untuk have fun semata tanpa memperhatikan keuangan.

Kedelapan, buat prioritas atau jadilah orang yang pandai memilah-milih

Artinya jika makan di warung lebih murah maka Anda tidak perlu makan di restoran, toh substansinya sama-sama makan. Kalau seandainya di tempat yang akan anda kunjungi banyak terdapat tempat wisata yang berbayar, maka Anda harus pandai memprioritaskan tempat mana yang akan Anda kunjungi.

Referensi lain : Desa Wae Rebo Flores, Desa di Atas Awan Yang Eksotis

Itulah beberapa tips yang dapat saya sarankan kepada Anda yang ingin sekali melakukan travelling namun terkendala dengan keuangan. Segala hal yang saya sebutkan di atas disimpulkan dari pengalaman saya dalam melakukan travelling. Bisa dikatakan tips-tips tersebut dapat Anda terapkan, karena tidak begitu sulit untuk dilakukan. Selamat mencoba dan selamat travelling.


Loading...

Bagikan

Depitriadi

Penulis

Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *