Bisnis OnlineUlasan Bisnis

Tren Bisnis Tahun 2018 yang Akan Populer dan Bertahan Lama

Dari tahun ke tahun memang dunia bisnis selalu berkembang dan berganti. Ada yang surut dan ada pula yang naik daun. Berbagai macam tren bisnis ini jika kita ikuti dengan baik, tentunya akan menghasilkan suatu keuntungan.

Bahkan penghasilan kita dapat jauh lebih besar bila mengikuti perkembangan dunia bisnis yang sedang tren dari waktu ke waktu. Berikut akan kami berikan beberapa macam tren bisnis tahun 2018 yang akan populer.

Tren Bisnis Tahun 2018

Inilah beberapa macam bisnis yang diperkirakan akan begitu populer pada tahun 2018 ini:

1). Bisnis di bidang properti

tren bisnis

Usaha di bidang properti diprediksi akan menjuarai sebagai tren bisnis terpopuler di tahun 2018. Walau usaha ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki banyak modal, namun bagi para pelaku usaha kelas menengah pun bisa melakukannya.

Sebagai contohnya dulu saat launching apartemen Meikarta, lebih dari 16 ribu kamar terjual habis dalam waktu beberapa jam saja.

Bahkan launching keduanya pun sama-sama sangat laris dipasaran. Kebanyakan pembeli adalah para investor yang memanfaatkannya untuk disewakan.

Terlebih berbagai biaya dikota sangatlah mahal. Kedepannya generasi sekarang seperti generasi milenial bahkan tidak bisa membeli properti sendiri karena harganya yang mahal.

Loading...

Maka dari itulah para pelaku bisnis lebih menyukai menginvestasikan dananya di bisnis properti, terlebih ke penyewaan apartemen.

2). Bisnis bidang pertanian/Agribisnis

Siapa sangka di tahun ini akan terjadi banyak sekali bisnis yang berkutik pada seputar pengolahan hasil alam, terutama pertanian.

Disini kita sudah bisa melihat berbagai usaha seperti hidroponik, penanaman bahan-bahan herbal, pembibitan buah super, hingga ke penananam sayuran cepat panen dan budidaya jamur.

Berkembangnya dunia e-commerce yang memungkinkan setiap orang untuk jualan pun sangatlah mendorong pertumbuhan bisnis Agribisnis ini.

Baca9 Peluang Usaha Agribisnis : Bisnis Menguntungkan yang Mulai Ditinggalkan

Dengan cara ini, mereka lebih mudah dalam mengenalkan, mempromosikan, sekaligus menjual kepada orang-orang yang tertarget.

Salah satu contoh prospek bisnis yang sudah kita lihat sekarang ini adalah usaha ciplukan. Dengan penanaman yang relatif mudah dan dijual dengan harga yang sangat tinggi, siapapun memungkinkan untuk membudidayakannya.

Contoh lainnya adalah bonsai dan bunga. Walau sudah sejak zaman dahulu, namun popularitas dan harga tanaman ini masih sangat mahal.

Bahkan secara umum, bisnis dibidang pertanian lebih besar peluangnya dibandingkan dengan bisnis makanan ataupun peternakan.

Namun bagaimanapun juga, kita harus selalu melihat kondisi pasar yang ada seperti apa nantinya. Kalau perlu selalu perhatikan tren bisnis saat itu juga.

3). Jasa desain grafis

 

Seiring dengan banyaknya permintaan pasar baik untuk pembuatan sablon kaos, logo online, pembuatan poster/baliho, dan masih banyak lainnya membuat bisnis ini akan populer nantinya.

Contoh lainnya adalah pembuatan kalender online. Beberapa orang yang menekuni bidang ini, pada tahun 2017 saja sudah bisa menghasilkan dengan lebih dari 150 juta untuk omset perbulan.

Padahal usaha ini hanya menawarkan desain sebuah kalender dalam suatu daerah lokal saja.

Berkembang pesatnya dunia digital membuat kita harus benar-benar bisa menguasai bisnis ini dengan baik. Selain mempromosikan secara offline, kita pun harus bisa mempromosikan diri secara online agar bisa menjangkau target yang lebih banyak lagi.

Dan satu hal yang pasti, untuk bisa menekuni bisnis ini dengan baik, berbagai macam software pendukung haruslah kita miliki.

Baca8 Situs Pembuat Infografis Gratis untuk Membuat Desain Semakin Keren

Tak hanya itu, spek komputer yang kita miliki pun harus tinggi, agar memudahkan dalam setiap pembuatan grafis. Namun semua itu tak akan berguna bila kita tidak punya ilmu untuk mendesain grafis. Jadi modal terbesar adalah belajar desain dahulu.

4). Bisnis makanan

Nampaknya bisnis ini masih menjadi prospek yang menggiurkan. Bagaimana tidak, banyak sekali generasi muda yang menyukai pergi berkunjung ke tempat-tempat baru.

Tempat-tempat seperti kafe, mini resto, food truck atau sejenisnya sangatlah digemari oleh mereka. Peluang usaha franchise juga akan semakin menjadi sebuah Tren Bisnis.

Namun, tren bisnis semacam ini tidaklah bertahan lama. Banyak sekali kasus yang mana terjadi lonjakan profit hanya sesaat.

Karena bagaimanapun sesuai hukum dunia bisnis, bahwa semakin sulit bisnis untuk maju, maka semakin lama bertahan saat sudah sukses, demikian pula sebaliknya.

Untuk itu, bisnis semacam ini haruslah mengikuti “tren”. Jadi saat ada sesuatu yang baru harus segera ikuti dengan polesan sedikit inovasi terbaru.

Hal-hal semacam ini menjadi sangatlah penting untuk diterapkan bila dihadapkan antara 2 pilihan, yakni inovasi dan originalitas. Namun dengan menyatukan keduanya dengan kreativitas yang kita miliki, itu bisa jadi sumber kesuksesan.

5). Jasa pengiriman

Nantinya, jasa pengiriman akan sangat populer. Jika kita amati, berbagai rekan viral dari berbagai jasa pengiriman yang ada saat ini sudah sangatlah banyak. Bahkan bidangnya pun mulai berkembang melebar ke berbagai sisi.

Misalnya saja GoJek. Sekarang bukan hanya sekedar sebagai “Ojek Online” lagi. Namun berbagai service yang ditawarkan semakin berkembang. Mulai dari jasa perawatan rumah, jasa kirim makanan, jasa perbaikan mekanik, dan layanan lainnya.

Semua itu dilakukan untuk bersaing dalam menghadapi tren bisnis yang sedang bergejolak. Untuk pangsa luar negeri, kita bisa lihat inovasi pengiriman dari Toko online terbesar di dunia seperti Amazon.

Sebagai market online, Amazon tidak hanya menjadi pusat jual beli barang saja. Namun jasa pengiriman lewat drone hingga pembuatan kunci unik pintu rumah khusus Amazon juga dilakukan.

Inovasi inilah yang menjadikan amazon sebagai perusahaan tersukses di dunia saat ini.

Bila anda ingin menjalankan usaha ini, maka mulailah dari yang kecil dan sedikit saingan. Misalnya buat sebuah mini market di pusat kecamatan. Lalu buatlah sebuah tawaran untuk pengiriman gratis ataupun bebayar.

6). Menjadi pegiat sosial media

Youtube, Facebook, Instagram, masih merajai sebagai situs penghasil penghasilan terbanyak bagi para generasi online.

Dengan berbagai sosial media yang ada, mereka bisa menawarkan layanan endorsement, menjadi buzzer, berkerja sama dengan jaringan periklanan dan masih banyak lagi.

Untuk youtube sendiri, para kreator video yang kreatif bisa menghasilkan ratusan juta rupiah per bulannya. Untuk para promotor di Instagram pun sama.

Intinya jika telah memiliki banyak follower dan telah bisa membangun sebuah sistem yang positif, maka menghasilkan banyak uang bukan menjadi masalah yang sulit.

Tren bisnis ini akan meningkat pesat pada tahun ini seiring dengan banyaknya orang yang memanfaatkan sosial media yang berbanding lurus dengan banyaknya perusahaan start up baru yang bermunculan.

Jadi jika anda tertarik akan bidang ini, segera coba saja menjadi pegiat media sosial. Siapa tahu bisa meniru para suksesor saat ini.

Itulah berbagai macam tren bisnis yang diprediksi akan berkembang dengan pesat selama tahun 2018 ini. Kedepannya kita hanya bisa mengamati dengan baik pegerakan dunia tren bisnis yang sebenarnya. Bila perlu kita ikuti saja perkembangannya.

Yang jelas, untuk bisa sukses di bidang apapun, kita butuh inovasi. Inovasi adalah sesuatu yang baru dan bisa menjadi solusi bagi orang banyak.

Tentunya inovasi tersebut harus diiring dengan kerja keras, semangat dan kreativitas yang memadai agar tujuan dapat tercapai dengan baik.



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *