5 Trend Baru Smartphone yang Akan Hadir Tahun 2019

Dengan bergantinya tahun ini, maka trend smartphone dunia pun diprediksikan akan berganti. Berbagai trend pada tahun 2018 mungkin masih dapat kita temui pada smartphone keluaran terbaru, namun beberapa vendor sepertinya akan mencoba untuk menampilkan berbagai fitur baru yang menarik banyak orang.

Sepanjang tahun 2018, trend smartphone berponi dan layar lebar cukup banyak digandrungi oleh masyarakat dunia. Lalu bagaimana dengan trend smartphone pada tahun 2019 ini?

Trend Baru Smartphone 2019

Berikut ini beberapa trend yang bisa saja membuat heboh dunia smartphone pada tahun 2019 ini.

1. Kamera dengan jumlah lensa lebih banyak dan resolusi lebih besar

Trend Baru Smartphone

Beberapa hari lalu, Xiaomi sempat menghebohkan dunia setelah mengumumkan bahwa pada tahun 2019 ini mereka berniat untuk merilis smartphone dengan kamera beresolusi 48 megapiksel.

Kalau hal ini benar-benar terealisasikan, maka smartphone itu akan mengungguli kamera Huawei Mate 20 Pro dan P20 Pro yang memiliki lensa 40 MP.

Selain itu, ponsel baru itu membuat rekor baru dan mengalahkan Nokia Lumia 1020 yang memiliki kamera 41 megapiksel.

Selain dari resolusinya, dari jumlah lensanya pun diprediksi akan bertambah lebih banyak lagi. Misal saja LG yang sebelumnya memiliki LG V40 ThinQ dengan lima lensa, saat ini sudah mengantongi paten untuk desain kamera 16-lensa.

Loading...

2. Fast charging

Trend Baru Smartphone

Fitur fast charging juga menjadi perhatian serius dari berbagai vendor. Untuk itu, pada tahun 2019 ini Qualcomm sebagai pabrikan proseor mengenalkan fitur baru dengan sistem triple charge.

Fitur ini akan menawarkan pengisian daya lebih cepat hingga 32W untuk pengisian kabel dan 15W untuk pengisian nirkabel.

Baca juga8 Smartphone dengan Fitur Fast Charging Terbaik 2018

3. Layar berlubang

Trend Baru Smartphone

Apabila pada tahun 2018 trend yang muncul adalah layar berponi, maka pada tahun 2019 ini layar berlubang diprediksikan akan mengubah trend tersebut.

Lubang ini sendiri disediakan sebagai tempat kamera depan smartphone. Desain layar seperti ini tentu akan membuat layar akan tampat luas.

Beberapa vendor besar smartphone seperti Samsung, Huawei, dan Xiaomi dikabarkan akan segera memperkenalkan smarrtphone terbaru mereka dengan desain layar berlubang pada tahun 2019 ini.

4. Fitur Face Unlocking semakin canggih

Trend Baru Smartphone

Pada tahun 2018, sistem keamanan dengan fitur sensor sidik jari mulai ditinggalkan dan sudah dianggap ketinggalan zaman.

Sistem pengamanan baru dengan fitur face unlocking dianggap sebagai satu sistem terbaru yang mulai digunakan pada beberapa smarpthone yang dirilis tahun 2018 lalu.

Memasuki tahun 2019 ini, sistem keamanan dengan face unlocking masih menjadi satu hal yang menjadi standar baru dalam sistem keamanan setiap smarpthone.

Dengan pengembangan yang sudah diperbarui, sistem ini dapat mendeteksi wajah pengguna dengan lebih akurat, bahkan meski dalam keadaan gelap atau minim cahaya sekalipun.

5. Jaringan internet berbasis 5G

Trend Baru Smartphone

Beberapa tahun terakhir, jaringan 4G seolah menjadi standar untuk yang tersedia dalam setiap smartphone.

Dengan sudah munculnya jaringan internet terbaru dengan berbasis 5G, beberapa smartphone sudah mampu menggunakan dan menikmati jaringan ini di berbagai negara yang sudah mendukung.

Untuk di Indonesia sendiri, jaringan internet 5G baru bisa dinikmati pada tahun 2020 mendatang.

Jadi kalaupun ada smartphone yang sudah mendukung untuk terhubung ke jaringan 5G, belum dapat digunakan di Indonesia pada tahun 2019 ini.

Sementara itu, chipset Qualcomm Snapdragon 855 menjadi prosesor pertama yang sudah support dengan teknologi 5G ini.

Baca jugaMengintip Spesifikasi 3 Ponsel dengan Jaringan 5G Super Kencang

Nah, itulah 5 trend baru smartphone yang bisa jadi akan menghebohkan tahun 2019 ini. Jadi, trend manakah yang paling ingin kamu miliki ada smartphone kamu tahun ini?


Loading...

Bagikan

Heru NC

Penulis

Rain or shine, I want to see you smile.

Komentar

    Avatar

    Tri Bintang

    ( - 15:41)

    Bakalan mantep banget tuh, gak sabar ngerasain internet berbasis 5G

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *