BloggingDasar dasar Blog

Trik Mudah Mendapatkan Domain TLD Gratis Untuk Blogspot Kamu

Cara mendapatkan Domain TLD Gratis Dari Freenom – Tentunya kita selalu berharap bahwa blog yang kita kelola saat ini dapat menjadi sebuah portal informasi yang bermanfaat dan dipercaya.

Banyak langkah yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan blog yang sesuai dengan kategori tersebut, seperti membuat artikel yang berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Beberapa orang menganggap bahwa domain menjadi salah satu tolak ukur kapabilitas sebuah blog. Bahkan ada banyak blogger rela mengeluarkan uang yang cukup lumayan banyak untuk membeli Domain berikut hosting.

Seperti yang kita ketahui, saat ini blog seperti blogspot merupakan sub domain yang banyak digunakan. Sub domain blogspot inilah yang dianggap sebagai sebuah kekurangan dalam mengejar aspek kepercayaan dari banyak pengunjung.

BacaPerbandingan Blog Gratis Dan Berbayar Dari Segi Pengunjung

Padahal Sub domain ataupun Domain, tidak dapat menjamin keabsahan sebuah artikel yang rata-rata hanya mengalami proses rewriting saja. Akan tetapi, jika kamu ingin mencoba mengubah sub domain blogspot kamu menjadi Top Level Domain atau TLD, kamu bisa mencoba trik berikut ini.

Menggunakan Domain TLD Gratis Dari Freenom

Freenom merupakan sebuah layanan jual beli domain dan hosting yang juga menyediakan domain gratis untuk kita. Namun domain gratis tersebut hanya untuk beberapa domain tertentu saja.

Kita tidak akan diberikan domain profesional seperti .com, .net, .info, .tech,. org dan lain sebagainya. Freenom hanya menyediakan domain berjenis .ml, .ga, .tk,  dan .xyz.

Loading...

BacaCara Memilih Dan Menentukan Nama Domain Blog Yang Bagus

Cara Mendapatkan Domain TLD Gratis Dari Freenom

Untuk mendapatkan domain TLD gratis dari freenom, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Sebagai saran yang memang sangat direkomendasikan, sebaiknya gunakan akun e-mail baru untuk mendaftarkan diri di Freenom.

Berikut langkah-langkah mendapatkan Domain TLD gratis.

Mendafar Di Freenom

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan e-mail aktif kamu di www.freenom.com. Kamu akan menemukan tampilan berbahasa Inggris dan pilih “Sign Up” dan isilah data yang diminta seperti Nama, alamat e-mail, no hp, alamat, dan lain sebagainya.

Jika kamu hanya ingin mencoba-coba saja, silahkan isi data ala kadarnya kedalam formulir pendaftaran kecuali alamat e-mail.

Setelah mendaftarkan diri kamu di freenom, cek e-mail notifikasi yang dikirimkan oleh pihak freenom.

Setelah kamu berhasil mengkonfirmasi e-mail tersebut, silahkan cari nama domain yang mau inginkan dikolom “Services” dan pilih “Register A New Domain”.

Domain TLD Gratis Dari Freenom
Mendaftarkan Nama Domain

Jika kamu berniat menggunakan domain ini dalam jangka panjang sebaiknya gunakan nama domain yang sesuai dengan nama blog kamu. Misalnya nama blog kamu adalah “nagaapi.blogspot.com”, maka gunakan nama domain “nagaapi”.

Setelah kamu mengecek ketersedian nama domain dipencarian, pilih domain yang sesuai selera kamu. Tapi ingat hanya domain dengan domain .ml, .ga, .tk atau dengan harga “$0” saja yang dapat digunakan secara gratis.

Untuk mengurangi kesalahan persepsi atas blog kamu, sebaiknya gunakan domain .ga atau .tk saja karena beberapa orang awam beranggapan bahwa, domain .ml dan .xyz saran konten dewasa.

Setelah memilih domain yang diinginkan pilih “Check Out” dan pilih  jangka waktu penggunaan menjadi 12 bulan atau satu tahun di tombol “Period” dan klik “Continue”.

Setelah itu centang tombol persetujuan dan klik “Complete Order”, dan selamat kamu sudah mendapatkan domain TLD gratis.

Menyeting Domain TLD Ke Blogspot

Setelah mendapatkan domain TLD gratis, saatnya kita menjadikannya sebagai nama domain untuk blogspot kita. Untuk itu siapkan blog dan untuk mempermudah ubah terlebih dahulu setelan bahasa menjadi “Bahasa Indonesia” dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

    • Buka akun blog kamu dan pilih setelan,
    • Pilih “Dasar” untuk menambahkan nama domain terbaru,
    • Pilih siapkan URL Pihak Ke-3 pada pilihan “Publikasi” seperti gambar dibawah ini
Mendapatkan Domain TLD Gratis
Menyeting Domain TLD Ke Blogspot
    • Masukkan nama domain yang sudah disiapkan tadi dan jangan lupa gunakan “www” untuk nama domainnnya.
    • Setelah itu klik simpan.
    • Kamu akan mendapati kesalahan atau “Error” saat proses penyimpanan berlangsung. Tetapi tidak perlu khawatir karena hal ini adalah proses yang memang akan terjadi.
    • Kamu akan menemukan beberapa kode unik yang disediakan oleh Google yang akan berguna saat proses penyetingan domain baru.
Mendapatkan Domain TLD Gratis
Input Nama Domain
    • Selanjutnya kamu harus mendownload Settingan DNS. Setelan ini akan berupa format .txt yang berisi nomor kode setingan DNS Domain.
Mendapatkan Domain TLD Gratis
Tampilan “Error”
    • Jika kamu sudah mengunduh file tersebut, buka kembali web freenom.com dan pilih “Services” dan klik “My Domains”. Disini kamu pilih tombol “manage domain” dan klik “manage domain DNS”.
Mendapatkan Domain TLD Gratis
Mengatur Settingan DNS
    • Setelah itu pilih “More Records” dan jadikan kolom sebanyak 6 buah.
Mendapatkan Domain TLD Gratis
Input Data DNS
  • Pindahkan kode yang sudah kamu unduh tadi seperti gambar berikut ini. Dan klik “Save Change”
  • Akan ada pemberitahuan bahwa hasil konversi telah berhasil.
  • Setelah itu kembali lagi kepengaturan blog dan klik “Simpan” dan domain TLD telah menjadi milik mu.
  • Bagaimana? Mudah bukan. Untuk beberapa kasus, akan terjadi permasalahan dimana penyimpanan pada blog akan tetap mengalami kegagalan. Untuk itu, cara yang paling mudah adalah sebagai berikut :
  • Kembali kepangaturan setingan DNS,
  • Hapus Kode domain yang tidak terdapat pada unduhan DNS tadi,
  • Dan Klik “Save Records” dan kembali lagi ke setingan Blog dan klik “Simpan”

Kekurangan Domain Freenom

Tentu saja dengan mendapatkan domain TLD gratis ini kita akan lebih bersemangat dalam mengembangkan sebuah blog. Namun, tetap saja terdapat kekurangan dalam menggunakan domain yang diberikan secara cuma-cuma ini. Beberapa blogger yang mengeluhkan bahwa domain yang mereka gunakan dari Freenom tiba-tiba tidak bisa digunakan lagi.

Setelah dilakukan pengecekan ternyata freenom telah mencabut izin penggunaan domain dan menghapus dalam daftar domain freenom. Sampai saat ini, saya belum mengetahui penyebab terjadinya kasus ini. Tetapi rata-rata domain yang dicabut oleh freenom adalah blog yang berjenis konten Download.

Referensi lainPanduan Membuat Blog WordPress Self Hosting 100% Gratis

Jika terdapat kesulitan dalam Mendapatkan Domain TLD Gratis dari freenom ini, silahkan berikan komentar dan saya akan membantu sebisa saya.



Loading...

Baca selengkapnya

etrosinaga

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Artikel terkait

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *