Tekno

Inilah 8 Trik Seputar iPhone yang Jarang Diketahui

Inilah 8 Trik seputar iPhone yang Jarang Diketahui – iPhone merupakan salah satu produk dari Apple Inc. yang menggunakan sistem operasi sendiri yang dinamakan iOS. iOS merupakan sistem operasi yang tertutup, baik dari penggunaan yang hanya dikhususkan bagi Apple Product saja, maupun dari sistem keamanan yang terkenal ketat.

Dibalik ketertutupannya itu, ternyata ada beberapa trik seputar iPhone yang jarang diketahui penggunanya. Penasaran? Cek ulasan berikut.

8 Trik Seputar iPhone

Beberapa trik dibawah ini mungkin akan membantu kamu untuk lebih mengetahui fitur iPhone yang jarang digunakan oleh sebagian orang.

Goyangin iPhone untuk Undo

trik-seputar-iphone-6

Hal yang paling nyebelin adalah ketika kita sedang ngetik panjang-panjang, terus tiba-tiba typo atau terhapus sebagian. Mau ngetik lagi capek ya kan, ngetik itu juga butuh tenaga loh.. Yaa meskipun nggak se-ekstrim saat kita lagi angkat beban sih.

Itulah yang sering kita rasakan khususnya bagi yang hobi nulis ataupun iseng-iseng buat konsep tulisannya di iPhone. Agar tidak perlu repot-repot ngetik ulang, coba trik seputar iPhone ini.

Kamu wajib mengaktifkan fitur Shake to Undo di iPhone kamu.

Caranya: Buka menu Settings > General > Accessibility > Shake to Undo.

Loading...

Jadi, ketika kamu sedang typo atau nggak sengaja menghapus tulisan, kamu tinggal goyangin aja iPhone kamu dan ketika muncul kotak pilihan kamu bisa pilih Undo.

Mengetahui Kapan Pesan Dikirim

trik-seputar-iphone-1

Saya pribadi awalnya sempat kesulitan untuk mengetahui kapan waktu pengiriman dari sebuah pesan masuk. Karena pada tampilan aplikasi Message di iPhone tidak menunjukkan waktu tersebut, dan kita juga tidak 24 jam non stop dalam menggunakan perangkat kita. Sehingga, untuk menentukan kapan waktu pengiriman dari sebuah pesan menjadi susah bukan?

Ternyata Apple bukannya tidak menyematkan fitur tersebut, melainkan memang tersembunyi di samping pesan tersebut. Cara melihatnya kamu tinggal geser balon percakapan ke kiri dan akan muncul waktu saat mengirim atau menerima pesan.

LED Flash to Alerts

trik-seputar-iphone-4

Fitur ini gunanya adalah untuk memberikan notifikasi melalui LED Flash dari kamera iPhone kita. Jadi, ketika ada notifikasi tertentu baik dari Message, Social Media, atau aplikasi lainnya akan ditandai dengan kedipan LED Flash, karena sudah terlalu mainstream mengandalkan LED Notification.. Hehehe.

Kamu bisa mengaktifkannya melalui menu Settings > General > Accessibility > LED Flash to Alerts.

Fitur Night Shift Mode dan Low Power Mode Secara Bersamaan

trik-seputar-iphone-2

Fitur Night Shift Mode adalah fitur terbaru yang disematkan pada iOS 9.3 yang berfungsi untuk mengurangi cahaya biru dari layar smartphone sehingga menjadi lebih bersahabat dengan mata meskipun di malam hari sekalipun. Sedangkan Low Power Mode merupakan fitur terbaru dari iOS 9 yang gunanya untuk menghemat penggunaan baterai smartphone.

Meskipun 2 fitur tersebut cukup penting dalam penggunaan sehari-hari, namun kita tidak bisa mengaktifkannya sekaligus dengan cara biasa. Kamu dapat mencoba tips berikut ini jika ingin mengaktifkan keduanya.

Caranya:

  • Pastikan kedua fitur tersebut dalam keadaan OFF.
  • Buka menu Settings > Night Shift, matikan pengaturan Scheduled dan Manually Enable Until Tomorrow.
  • Aktifkan Siri dan perintahkan untuk mengaktifkan Low Power Mode.
  • Ketika Low Power Mode sudah aktif, kembali ke menu Settings dan aktifkan Manually Enable Until Tomorrow.
  • Selesai, sekarang iPhone kamu sudah bisa menikmati kedua fitur tersebut secara bersamaan.

Bersihkan RAM iPhone

restart

RAM atau Random Access Memory adalah tempat penyimpanan sementara dari kegiatan multitasking di smartphone. Meskipun kapasitas RAM di iPhone masih tergolong kecil dibandingkan dengan smartphone lain yang sudah memakai RAM hingga 4 GB-an, saya jarang sekali merasakan lag di iPhone saya. Meskipun begitu, tidak ada salahnya kita sesekali membersihkan RAM di iPhone kita.

Jika kamu biasa membersihkan RAM dengan cara menutup seluruh tab aplikasi, nggak ada salahnya mencoba cara yang satu ini gan, yakni dengan menekan tombol Power hingga muncul “Slide to Power Off”, kemudian tekan tombol Home. Layar akan blank untuk beberapa detik, lalu Home Screen akan muncul kembali.

Menghapus Lagu Secara Keseluruhan di iPhone

trik-seputar-iphone-5

Mendengarkan lagu adalah hal yang menyenangkan bagi semua orang, terlebih jika lagu tersebut merupakan lagu favorit kita. Namun, bagi kamu yang gampang bosen dan ingin menghapus seluruh lagu tentu akan menjadi hal yang sangat menjengkelkan dengan menghapusnya satu per satu melalui aplikasi Music di iPhone kita, sebab Apple tidak menyematkan fitur tandai per item.

Sebenarnya kamu bisa saja menggunakan aplikasi iTunes untuk menghapus atau mengganti semua lagu yang ada. Tetapi, jika kamu sedang berada di luar dan tidak membawa laptop kesayangan kamu, kamu bisa menggunakan cara berikut ini.

Caranya: Buka menu Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage > Music > Edit > All Songs > Done.

Kamu juga bisa menggunakan cara tersebut untuk menghapus video yang ada di iPhone kamu.

Manfaatkan Fitur Pada Aplikasi Kompas

trik-seputar-iphone-3

Sering ragu ngepasin ketika sedang memasang bingkai foto? Takut jelek kalau bingkainya miring atau nggak seimbang? Tenang, gunakan saja fitur pada aplikasi kompas untuk meluruskan hal tersebut.

Caranya: Buka aplikasi kompas, lalu geser layarnya ke kiri dan kamu bisa memanfaatkan fitur ini ketika sedang memasang bingkai foto atau lukisan di dinding ruang tamu kamu. Gerakkan iPhone kamu hingga indikatornya menjadi hijau atau 0o.

Lakukan Hard Reset

Screenshoot-di-iPhone
Image by iMore.

iPhone kamu jarang dimatiin? Sama sih. Kalau di Android biasanya kita menonaktifkannya ketika sedang men-charge, nah di iPhone kan nggak bisa seperti itu ya kan? iPhone senantiasa aktif meskipun kita berusaha menonaktifkannya ketika sedang men-chargenya.

Oleh karena itu, sesekali lakukanlah Hard Reset untuk memberikan timeout untuk iPhone kita.

Caranya: Tahan Home Button dan tombol Power secara bersamaan (kurang lebih 5 menitan) hingga logo Apple muncul, lepaskan dan tunggu hingga iPhone kamu restart.

Referensi lain:

Akhir Kata

Itulah beberapa trik seputar iPhone yang bisa kamu-kamu coba terapin di iPhone kamu. Intinya jangan pernah berhenti untuk mencari dan menemukan, sebab selalu ada jalan keluar dalam setiap jalan masuk.. Eh..

Silakan tambahkan di kolom komentar jika kamu punya trik lain. Semoga Bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *