Tekno

TSMC Akan Mulai Memproduksi Apple A14 Bionic SoC Untuk iPhone 12

TSMC Sedang Menggarap Apple 14 Bionic, Huawei Tidak Mau Kalah

Apple A14 Bionic – Apple kabarnya sedang menggarap iPhone 12. Tentunya, Smartphone tersebut akan lebih cepat dari predessornya si iPhone 11.

Menurut informasi yang beredar, Apple akan mempersenjatai iPhone 12 dengan SoC terbaru yang dibuat menggunakan teknologi 5nm process milik TSMC.

SoC tersebut Apple namakan A14 Bionic dan akan dibuat oleh TSMC seperti yang dilansir oleh DigiTimes. Kabarnya, TSMC akan mulai memproduksi SoC tersebut pada kuarter kedua (Q2) tahun ini dan akan dirilis pada kuarter ketiga (Q3).

Divisi pembuat Chipset Huawei (HiSilicon) juga kabarnya akan membuat SoC flagship terbaru menggunakan teknologi 5nm process yang sama.

Namun mengingat iPhone XS yang dirilis tahun lalu, Smartphone tersebut menjadi smartphone pertama yang menggunakan 7nm chipset dan kemungkinan besar, iPhone 12 Series juga akan menjadi smartphone pertama yang akan menggunakan SoC dengan teknologi 5nm tersebut.

Namun, pastinya Huawei tidak akan tinggal diam. Huawei Mate 40 Series adalah smartphone flagship terbaru Huawei yang kabarnya sedang mereka garap. Huawei akan mempersenjatai smartphone tersebut dengan Kirin 1020 Chipset yang juga difabrikasi menggunakan teknologi 5nm process.

Untuk spesifikasi, Kirin 1020 kabarnya akan menjadi SoC (System On a Chip) pertama yang akan menggunakan Cortex-A78 cores.

Apple 14 Bionic
Sumber: Huawei

Untuk perbandingan, Kirin 990 masih menggunakan Cortex-A76 cores, Sedangkan SoC 5G terbaru MediaTek yaitu Dimensity 1000 sudah menggunakan Cortex-A77 Cores. Qualcomm Snapdragon 865 juga telah mengadopsi Cortex-A77 Cores.

Pastinya, Kirin 1020 akan lebih efisien dari predesessornya dan kabarnya, SoC tersebut akan menjadi SoC paling cepat yang pernah dibuat.

Untuk saat ini, informasi mengenai Apple A14 Bionic dan Kirin 1020 masih sangat minim. Namun jika mengikuti tradisi HiSilicon, Kirin 1020 kemungkinan akan dirilis pada bulan September 2020 seperti predesessornya yaitu Kirin 990 yang dirilis pada tanggal 6 September tahun 2019 lalu.

Semoga saja informasi lebih lanjut akan terlihat untuk kedepanya, oleh karena itu selalu stay tuned di Klikmania.

Sumber

 


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close