Tekno

Turut Ramaikan Pasar, Ponsel Android Buatan Afrika Resmi Dirilis

Ponsel Buatan Negara Rwanda

Jika membahas merek dan juga produsen ponsel Android, maka benua Asia masih mendominasi karena di Asia terdapat nama-nama besar seperti Samsung, Huawei, Oppo, dan beberapa nama lain. Pasar yang mereka jangkau pun juga sudah mendunia atau tidak berkutat di Asia saja.

Namun, baru-baru ini ada penantang baru yang ingin turut serta meramaikan pasar ponsel pintar, sekaligus menggoyang dominasi produsen ponsel dari Asia. Penantang tersebut berasal dari benua Afrika atau yang lebih tepatnya berasal dari negara Rwanda.

Ya, negara Rwanda baru saja memperkenalkan ponsel Android baru yang digadang-gadang sebagai ponsel Android pertama yang berasal dari benua Afrika. Mara Group selaku perusahaan yang memproduksi ponsel tersebut mengeluarkan dua seri, yaitu Mara Z dan juga Mara X.

Penampakan Mara Z dan Mara X

Mara Z

Dilansir dari Digital Trends, Mara Z menawarkan prosesor Qualcomm Snapdragon 435 dengan 3GB RAM dan 32GB penyimpanan. Untuk kamera depan dan belakang memiliki ukuran yang sama, yaitu 13 megapiksel. Adapun untuk layar ponsel Mara Z berukuran 5,7 inci dengan resolusi 720p. Di Rwanda, ponsel ini dijual 190 dolar AS atau Rp2,6 juta.

Mara X

Adapun untuk Mara X, ponsel ini menawarkan prosesor MediaTek MT6739 dengan 1GB RAM dan 16GB penyimpanan. Di belakang ada kamera 13 megapiksel, sementara di depan ponsel ada kamera 5 megapiksel. Ponsel ini juga memiliki fitur seperti sensor sidik jari di bagian belakang. Layar Mara X sendiri berukuran 5,5 inci dengan resolusi 720p. Mara X dijual dengan harga yang lebih murah dari Mara Z, yaitu 130 dolar AS atau sekitar Rp1,8 juta.

Mara Z dan Mara X Akan Dijual ke Luar Negeri?

Mengingat Mara Z dan Mara X adalah ponsel baru, maka fokus mereka akan lebih ke pasar domestik. Paul Kagame selaku Presiden Rwanda mengharapkan kehadiran seri Mara dapat meningkatkan jumlah penggunaan ponsel pintar di Rwanda yang saat ini baru sekitar 15 persen saja.

“Rwanda sudah menggunakan ponsel pintar, tetapi kami ingin mengaktifkannya lebih banyak lagi. Pengenalan ponsel Mara akan menempatkan kepemilikan ponsel dalam jangkauan yang lebih banyak di Rwanda,” ucap Kagame seperti yang dikutip dari Reuters.

Baca juga: Mohon Maaf Huawei, Samsung Masih Jadi Raja di Eropa dan Dunia

Meski seri Mara hanya berfokus di kawasan domestik, mereka juga akan tetap bersaing dengan merek-merek lain, seperti Samsung, Huawei, Oppo, dan Xiaomi. Artinya, meskipun Mara merupakan ponsel Android pertama buatan benua hitam, eksistensinya tergantung dari minat para pembeli yang ada di Rwanda dan juga negara-negara kawasan Afrika.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close