Internet

Twitter Akan Munculkan Notifikasi Baca Sebelum Postingan Dibagikan

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh kebanyakan orang ketika menggunakan media sosial adalah mereka membagikan tautan berita tanpa mengetahui isinya terlebih dahulu. Biasanya, ketika ada sebuah judul berita yang menghebohkan, mereka langsung menyebarluaskannya.

Tindakan yang demikian itu merupakan tindakan yang salah yang harus segera diperbaiki. Pasalnya, apabila tindakan tersebut tidak segera diperbaiki, maka peluang tersebarnya hoaks akan semakin merajalela, karena tindakan asal berbagi menjadi salah satu pemicu tersebarnya hoaks saat ini.

Baca juga: Mantap, Twitter Uji Coba Fitur Pembatasan Balasan Tweet

Twitter Hadirkan Notifikasi Baca Sebelum Dibagikan

Twitter adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh publik dunia. Selain media sosial, Twitter juga menjadi tempat yang tepat untuk mengikuti berita yang ada di berbagai belahan dunia, apalagi di Twitter juga terdapat tab trending.

Namun seperti yang sudah disebutkan di awal, kebanyakan pengguna media sosial saat ini asal membagikan postingan, dan hal yang demikian itu juga terjadi di Twitter di mana kebanyakan para penggunanya juga melakukan tindakan asal berbagi melalui fitur retweet.

Melihat fakta yang demikian itu, pihak perusahaan kemudian menguji coba sebuah fitur baru yang memungkinkan para pengguna untuk membaca postingan terlebih dahulu sebelum membagikannya kepada orang lain. Dengan demikian, peluang hoaks tersebar di media sosial pimpinan Jack Dorsey tersebut juga akan semakin kecil.

Melansir dari 9to5Google, (13/6/2020), saat ini Twitter tengah menguji coba prompt baru yang akan mengingatkan para pengguna untuk benar-benar membaca artikel sebelum me-retweet-nya. Dan uji coba yang dilakukan oleh pihak perusahaan ini masih mereka lakukan secara terbatas di Android saja.

Baca juga: Diperluas Luas Lagi, Twitter Uji Coba Fitur Fleets di India

Penampakan Fitur yang Diuji Coba Twitter

Kayvon Beykpour selaku kepala produk Twitter dalam salah satu postingannya mengungkapkan bahwa postingan di Twitter sangat mudah sekali untuk menjadi viral. Postingan viral pun terkadang bisa menjadi berbahaya, oleh karena itu diperlukan sebuah fitur yang bisa digunakan untuk mengatur postingan tersebut.

“Sangat mudah tautan atau artikel menjadi viral di Twitter. Ini bisa sangat kuat, namun terkadang justru berbahaya, terutama jika orang belum membaca konten yang mereka sebarkan. Fitur ini (di Android untuk saat ini) mendorong orang-orang untuk membaca artikel yang ditautkan terlebih dahulu sebelum di-retweet.”

Adapun untuk tampilan dari fitur Twitter tersebut, berikut ini tampilannya:

Baca juga: Twitter Luncurkan Emoji Baru untuk Pejuang COVID-19

Terkait kapan peluncuran fitur yang sudah disebutkan belum diketahui secara pasti. Selain itu, pihak perusahaan juga belum memutuskan apakah akan membawanya ke platform iOS atau tidak. Namun nampaknya, para pengguna Android akan lebih dulu merasakan fitur tersebut ketimbang para pengguna iOS.


Loading...

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close