Mau Menjalankan Twitter Marketing? Simak Caranya Disini!

Twitter Marketing – Pengguna Twitter di tanah air masih sangat sedikit ketimbang pengguna Facebook dan Instagram yang saat ini justru membludak.

Meski Twitter sepi peminat, bukan berarti harus meninggalkannya, karena sosial media buatan Jack Dorsey itu memiliki beragam manfaat, salah satunya sebagai media pemasaran.

Apakah kamu tertarik menggunakan Twitter sebagai media pemasaran? Jika iya, ini langkah-langkah yang harus diperhatikan dan dijalankan.

1. Lihat persaingan

Untuk melihat persaingan, ada beberapa cara yang harus kamu tempuh, diantaranya adalah:

1. Ikuti Twitter pesaing

Jika kamu berjualan kue, kaos, jasa atau usaha yang lain, silakan mengikuti akun Twitter pesaing untuk melihat tweet yang mereka buat, jumlah followers dan sosial media lain yang mereka tautkan ke akun Twitter.

Hal ini penting untuk dilakukan agar usaha terus berkembang, meskipun metode yang digunakan menjiplak dari para pesaing. Jiplak menjiplak itu biasa dalam dunia usaha, asalkan tidak menelannya secara mentah-mentah.

2. Analisa para pengikutnya

Loading...

Pernahkah mencari tahu siapa saja orang-orang yang mengikuti akun Twitter pesaingmu? Jika belum, maka lakukanlah, karena sekarang kamu bisa memanfaatkan situs yang bernama Tweepi dan Twitter Counter.

Di Tweepi dan Twitter Counter, kamu bisa mencari info lebih mendalam mengenai para pengikut akun Twitter dari para pesaingmu, baik itu dari jumlah pengikut, waktu aktif dan memantau kata kunci yang relevan.

Setelah mengetahui siapa orang-orang yang memiliki pengaruh besar dari akun Twitter pesaing. Maka mulailah untuk berkomunikasi agar hubungan semakin akrab dan terjalin sebuah kerja sama.

2. Perbaiki profil

Sebelum melepaskan tweet-tweet yang berbau promosi kepada publik, pastikan sudah memperbaiki profil Twitter terlebih dahulu agar benar-benar terlihat profesional.

Beberapa elemen yang harus kamu benahi dari profil Twitter agar terlihat profesional adalah:

1. Gambar

Poin yang satu ini mencakup gambar profil maupun gambar header. Usahakan gambar profil diisi dengan logo usaha dan gambar header diisi dengan gambar promosi atau produk unggulan yang ingin ditawarkan kepada publik.

2. Nama

Jika nama di akun Twitter menggunakan “Official AAA,” maka ketika hendak membuat username pastikan sama, yakni “twitter.com/officialaaa.” Jangan sampai nama Twitter dan username berbeda, karena itu sangat tidak profesional.

3. Keterangan

Hal ini mencakup deskripsi, link URL dan alamat. Usahakanlah memasukkan data selengkap mungkin agar akun Twitter terlihat profesional dan lebih mudah untuk mendapatkan badge verifikasi.

Itulah elemen-elemen penting yang harus kamu perbaiki dahulu, ketika ingin menjalankan Twitter marketing untuk perkembangan suatu usaha.

3. Buat tweet yang bagus

Tweet yang bagus itu bisa dari diri sendiri atau meniru orang lain. Biasanya tweet-tweet yang paling sering digunakan adalah meng-copy alamat URL situs, kemudian menambahkan sedikit caption.

Masih ada tweet lain yang bisa kamu terapkan, seperti membuat gambar-gambar lucu yang mengandung konten marketing, ilmu pengetahuan, intermezzo atau kuis.

Dan cara paling efektif agar bisa membuat tweet bagus adalah menjelajah (mencari inspirasi) beberapa tweet dari perusahaan-perusahaan yang sudah berkembang pesat dan maju.

Ini adalah tweet dari Telkomsel yang mungkin bisa menjadi inspirasi ketika kamu ingin membuat sebuah tweet:

twitter marketing

4. Targetkan pengikut

Untuk menjalankan poin keempat ini, kamu bisa memaksimalkan Twitter Counter Search. Di Twitter Counter Search, kamu bisa langsung memasukkan kata kunci yang ingin dicari (@…), kemudian pengikut yang tertarget akan segera muncul.

Masa-masa pencarian pengikut memang tidak mudah. Namun, apabila kamu terus berusaha dengan membuat tweet-tweet yang super keren pasti akan ada pengunjung yang datang dan pengunjung tersebut tak lama kemudian berubah menjadi pengikut.

Dan usahakanlah jangan membeli followers, karena kamu bisa rugi lantaran jumlahnya akan terus berkurang dari hari ke hari. Namun, apabila kamu ingin sesuatu yang instan, maka membeli followers adalah sebuah solusi.

5. Manfaatkan alat lain

Apakah kamu memiliki situs web? Jika punya jangan lupa untuk memasukkan semua alamat URL sosial media. Hal ini penting untuk dilakukan agar pengikut semakin banyak dan mengetahui alamat URL sosial media kita, sehingga proses pemasaran pun akan semakin mudah.

Selain mencantumkan alamat sosial media di situs web, kamu juga bisa memanfaatkan email dan newsletter untuk menarik minat pengunjung.

Jadi, apabila kamu belum membuat website, maka segeralah membuat agar usaha yang kamu jalani terlihat profesional, karena situs web adalah salah satu tanda sebuah usaha itu memang profesional.

6. Kirimi pesan

Dibutuhkan keberanian ketika kamu ingin mengirimi pesan kepada orang lain. Dan dalam melakukan tindakan ini, kamu bisa memakai bahasa formal atau bahasa santai.

Agar tidak dianggap spam, strategi yang harus dilakukan adalah mengirimi pesan langsung kepada orang lain ketika mereka mengikuti akun Twitter yang kamu buat.

Jadi, kamu bisa mengucapkan terima kasih, karena orang yang bersangkutan sudah mengikuti akunmu. Lalu, kamu bisa menyisipkan sebuah pesan singkat yang didalamnya terkandung unsur marketing.

Jika satu hari mendapatkan 20 pengikut bagaimana? Kamu bisa menggunakan Socialoomph, karena situs yang satu ini bisa mengirimkan pesan secara otomatis kepada semua pengikut baru.

7. Jangan lupa topik dan hashtag

Melampirkan hashtag (# kata kunci) yang sedang populer adalah salah satu upaya Twitter marketing. Penggunaan hashtag itu penting, karena tweet yang kamu buat bisa langsung menyasar kepada orang-orang yang dituju.

Tentu dalam pembuatan hashtag ini harus melihat tren atau topik yang sedang dibicarakan, karena Twitter marketing tidak akan berjalan apabila kamu tidak peka terhadap apa yang sedang dibicarakan oleh orang banyak.

Namun, kamu tak harus selalu mengikuti arus, karena kamu juga bisa membuat tren, topik atau kata kunci sendiri dengan melakukan sebuah kampanye.

Misal, kamu memiliki usaha kaos bernama AAA. Kemudian, untuk membuat tren sendiri, kamu bisa memposting tweet sembari menyisipkan tulisan #GueAAA. Setelah itu, mintalah para pengikut untuk membuat hal yang sama agar hashtag AAA menjadi trending topik.

Bayangkan saja, jika kampanye yang kamu lakukan ini diikuti oleh banyak netizen, maka akun Twitter yang kamu kelola akan semakin dikenal dan proses pemasaran pun akan semakin mudah.

Apakah Efektif Menjalankan Twitter Marketing?

Jika kamu berkunjung ke situs-situs perusahaan besar yang ada di Indonesia maupun luar negeri, kebanyakan dari perusahaan tersebut akan mencantumkan tiga sosial media wajib, yaitu Facebook, Twitter dan Instagram.

Kehadiran tiga sosial media wajib ke dalam situs-situs perusahaan besar menunjukkan, bahwasanya Twitter masih efektif untuk digunakan berkomunikasi, mencari informasi hingga promosi usaha.

Jadi, apakah efektif pemasaran menggunakan Twitter? Jawabannya adalah efektif, apalagi Twitter dari tahun ke tahun terus bertransformasi dari 140 karakter menjadi 280 karakter, dan berbagai macam fitur lainnya.

Dan yang harus kamu ingat adalah Twitter berhasil melambungkan nama seseorang yang tadinya bukan siapa-siapa menjadi siapa-siapa.

Contoh:

1. Arief Muhammad (pocong).

2. Gofar Hilman (pergi jauh).

Kesimpulan

Twitter marketing itu sama halnya dengan Facebook marketing dan Instagram marketing. Ketiga-tiganya bisa digunakan untuk sosial media biasa, dan juga bisa digunakan untuk bisnis.

Di Facebook ada Facebook ads, di Instagram ada Instagram ads, maka di Twitter pun ada yang namanya Twitter ads. Sekarang pilihan ada di tanganmu, apakah ingin memperlebarkan pemasaran melalui Twitter marketing atau tidak.

Baca: Tips Digital Marketing: Cara Untuk Menaikkan Engagement Twitter

Akhir kata, semoga ketujuh langkah mengenai Twitter marketing yang sudah disebutkan tadi membantumu dalam menjalankan usaha. Jika ada tambahan, silakan mencantumkannya di kolom komentar.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *