Ulasan Bisnis

Uang Gaji Sering Habis Percuma? Lakukan 4 Tips Ini Agar Tidak Boros

Terkadang kita sebagai seorang karyawan dari sebuah perusahaan besar yang gaji nya lumayan besar, sering kali tidak menyadari kemana perginya uang gajian kita? Padahal gaji nya cukup besar, tapi benar-benar tidak terasa cepat habisnya. Itu adalah sebuah momen yang sering kita alami bahkan sepertinya sudah menjadi sebuah slogan umum “gaji besar, pengeluaran lebih besar”. Itu adalah slogan yang sangat tepat menurut saya.

Saya, Anda, ataupun yang lainnya, pasti menginginkan uang gaji nya selalu lebih hingga menjelang hari gajian kembali. Tapi sayangnya itu adalah sebuah hal yang sudah sering menjadi mitos, bahkan sampai benar-benar tidak akan pernah terjadi, karena pengeluaran kita yang tidak terkontrol.

Jikalau tau cara agar gaji selalu lebih, mungkin itu adalah hal yang sangat menyenangkan, dan mungkin kita bisa menabung secara konsisten. Ya, konsisten. Dan melalui postingan kali ini, saya mencoba berbagi tips supaya uang gaji selalu lebih, yang sebelumnya sudah pernah saya praktekkan. Dan hasilnya, lumayan membuat gaji saya lebih sedikit menjelang hari gajian lagi. Dan berikut tips nya di bawah.

1. Kendalikan hawa nafsu

gaji

Mengendalikan hawa nafsu agar menjaga diri supaya tidak tergoda untuk mengeluarkan uang demi sesuatu hal yang tidak begitu penting, adalah langkah yang sangat di haruskan.

Seringnya, kita tidak pernah bisa menahan diri untuk membeli sesuatu yang menarik dan ingin sekali kita beli, padahal itu tidak begitu penting (seperti smartphone). Bukannya tidak boleh, tapi jika smartphone Anda masih layak pakai, sebaiknya urungkan dulu niat membeli smartphone baru.

Kebiasaan ini sering menghampiri kita yang suka mengoleksi suatu barang baru. Dan ini bukan hanya smartphone saja, baju, sepatu, atau yang lainnya juga sering membuat kita ingin mengeluarkan uang lebih demi barang-barang tersebut, yang pada dasarnya kita tidak begitu membutuhkannya. Terkecuali memang benar-benar sangat di butuhkan.

2. Tetapkan target

Anda mungkin sudah membuat target jauh-jauh hari, namun hasilnya masih nihil? Ada sesuatu yang harus di perbaiki! Adalah dengan merealisasikan target Anda tersebut. Tapi Anda mungkin tidak akan pernah bisa merealisasikan nya, jika gaji Anda selalu min. Ya, caranya adalah dengan Anda harus benar-benar serius dalam membuat target tersebut.

Loading...

Kunci target Anda jauh-jauh hari, dan ingatkan diri Anda bahwa Anda memiliki target di tahun ini. Lalu, sedikit demi sedikit, kurangi kebiasaan Anda membeli sesuatu yang tidak begitu penting, dan cobalah untuk lebih hemat. Hemat dalam artian, kurangi pengeluaran yang berlebihan, bukan kurangi jatah makan Anda, itu akan menyiksa Anda. Tapi cukup kurangi pengeluaran yang berlebihan saja.

3. Fokus pada target

Selanjutnya fokus pada target! Ini mungkin mudah kedengarannya, tapi percayalah ini lebih sulit dari yang di bayangkan. Karena fokus saja tidak cukup jika tidak di barengi dengan kesabaran. Biasanya, kita kalau menginginkan sesuatu yang sudah lama kita dambakan dan tidak terkabul, maka kita tidak sabar dan akhirnya hilang fokus. Padahal itu adalah masih proses dalam menuju target Anda.

Fokus pada target ini sebenarnya membantu kita supaya bisa mengontrol diri kita yang dulunya sering belanja secara berlebihan, menjadi sedikit lebih hemat. Asalkan saja kita tahu cara untuk fokus itu sendiri. Tidak ada kiat khusus untuk hal ini, karena saya yakin Anda pun pasti sudah tahu dan sudah bisa bagaimana caranya untuk fokus.

4. Sibukkan diri untuk pekerjaan

Pekerjaan memang terkadang membuat kita stress, akan tetapi itu akan membantu kita untuk bisa mencapai target kita dari hasil kerja kita sendiri. Saya sendiri jika menyibukkan diri dalam hal pekerjaan, maka secara tidak sadar saya bisa berhemat 30% dari biasanya. Karena secara otomatis, pikiran saya hanya tertuju pada pekerjaan, bukan yang di luar pekerjaan. Sehingga saya tidak ada ambisi untuk menghabiskan uang untuk hal yang sia-sia.

Manusia itu hanya bisa fokus pada satu hal saja, maka jika Anda hanya memfokuskan diri Anda pada pekerjaan Anda, maka bisa jadi kebiasaan belanja royal Anda akan menghilang, dan Anda bisa merasakan gaji Anda lebih, dan tentunya Anda bisa mencapai target Anda. Tapi tentunya itu tidaklah mudah. Harus ada perjuangan dari Anda sendiri dan harus berdasarkan keniatan yang sungguh-sungguh.

Referensi lain : Terapkan 4 Cara ini Agar Perusahaan tidak Bangkrut



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button