Optimasi Blog

Format Dan Ukuran Gambar Posting Blog Yang Ideal

Di dalam memposting sebuah artikel, pastinya tidak akan jauh dari urusan foto atau gambar. Sebab gambar juga sangat menunjang blog agar bisa tampil lebih cantik. Bagaimanakah ukuran gambar posting blog yang bagus dan ideal ? Apakah harus sesuai dengan ukuran dan dimensi tertentu? Panjang dan lebar apakah harus mengikuti aturan? Baiklah, saya akan mengulas sedikit mengenai format dan ukuran gambar terbaik untuk artikel blog.

Biasanya blogger pemula jarang memperdulikan masalah ini, asal ada gambar yang pas dan sesuai maka akan langsung di upload ke blog. Mengenai ukuran gambar posting blog urusan belakangan, alhasil gambar akan tampak kurang rapi dan jika mempunyai ukuran yang besar akan memperlambat loading blog itu sendiri.

Perhatikan juga jika akan mengambil gambar di internet dan di pasang untuk blog, pastikan gambar tersebut bebas hak cipta agar tidak ada pihak yang meng-claim kepemilikan gambar tersebut. Lebih baik lagi jika kita menggunakan gambar milik sendiri.

Baca :Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis Legal Bebas Di Gunakan

Format gambar yang ideal untuk blog

Ada berbagai jenis format gambar yang tersedia seperti JPEG (JPG), PNG dan GIF. Sebagian besar, kita menggunakan format file JPEG tapi kadang-kadang kita cenderung menggunakan PNG dan GIF juga.

  • Format JPEG – Format JPEG paling baik digunakan untuk jenis blog fotografi digital dan ini format yang paling banyak digunakan karena memasang gambar dalam bentuk foto, akan tetapi tak jarang juga di pergunakan untuk blog dan portal selain fotografi. Cojntoh blog yang banyak menggunakan format JPEG adalah blog wisata, travel, blog resep dan sebagainya.
  • Format PNG – Jenis format PNG paling banyak di gunakan pada blog secara umum, karena jenis format gambar PNG mampu di edit dan di kompres sampai ukuran paling rendah (sekitar 70 %) Tanpa mengurangi kualitas gambar asli. Format PNG biasanya di gunakan untuk blog yang mengutamakan performa dan kecepatan loading, seperti blog tutorial.
  • Format GIF – Jenis format ini biasanya mendukung ukuran gambar yang kecil, seperti logo dan semacamnya.

Untuk penggunaannya bisa kita sesuaikan menurut kebutuhan di blog kita, jangan memaksa menggunakan format gambar yang tidak sesuai karena hasilnya tidak akan sesuai harapan.

Ukuran dimensi gambar yang sesuai untuk blog

Loading...

Untuk ukuran gambar posting (dimensi) bisa kita sesuaikan dengan template blog masing masing, adapun ukuran yang paling ideal adalah sebagai berikut.

  • Template 1 Kolom Bisa menggunakan foto atau gambar dengan ukuran 700 x 360 pixel atau 600 x 400 pixel
  • Template 2 kolom Bisa menggunakan foto atau gambar dengan ukuran 600 x 400 pixel atau 600 x 320 pixel
  • Template 3 kolom Bisa menggunakan gambar atau foto dengan ukuran 300 x 250

Bagaimana jika ukuran dimensi gambar tidak sesuai dengan ukuran di atas? Kita bisa mengedit gambar tersebut menggunakan softare gambar editor seperti photoshop atau Microsoft Office Picture Manager atau software editor gambar lainnya, buat size yang sesuai dengan template anda.

Ukuran (size) kapasitas gambar yang bagus untuk blog

Sebelum kita upload gambar di postingan blog, alangkah baiknya gambar di kompres terlebih dahulu. Agar tidak membuat loading blog menjadi lambat. Cara ini bisa kita atasi melalui tool kompresi gambar, ukuran kapasitas gambar yang ideal adalah 65 – 115 kb. Tapi jika memungkinkan untuk ukuran yang lebih kecil akan semakin bagus, asalkan gambar masih tampak jelas.

Baca : Cara Optimasi Gambar Otomatis Seo (blogger)

Demikian penjelasan secara sederhana mengenai ukuran gambar posting blog yang ideal, selain itu kita bisa optimasi gambar agar SEO friendly dan mudah di lacak oleh mesin pencari. Foto atau gambar menghasilkan hampir 35% pencarian di search engine, dengan memanfaatkan dan mengoptimasi gambar, juga akan menambah trafik/pengunjung ke blog kita.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

28 Comments

  1. mau nanya mas, apakah dengan mengubah nama file yang benar hingga mengisi properties sebuah gambar yang akan kita masukkan ke dalam blog itu juga berpengaruh di mesin pencari? yang saya lakukan adalah melakukan print screen, save trus upload. apakah dengan memperbaiki nama file nya sampai ke properties nya sangat berpengaruh mas?

    1. Halo mas, untuk ukuran gambar hanya sebatas menyesuaikan dengan kondisi template, untuk properrty nya yang akan berpengarug dihasil pencarian, isi saja properties dengan kata kunci yang ditargetkan.

  2. Saya membuat gambar sendiri tp dg ukuran stadart web, waktu saya cek di pagespeed google disuruh kompres lagi, padahl waktu buat sdah saya simpan dg format web, saya buat dg photoshop. Apa yg salh

  3. Betul mas, saya dapet rapor merah waktu cek skor speed blog saya di page insight gara-gara size gambar yang kegedean.

    Loading blog saya jadinya agak lambat.
    Thanks atas tipsnya, mau saya terapkan tiap mau posting artikel baru.

  4. mas gani emang idolaku, kapan blog ku bisa rame seperti mas, sepine pol blog ku artikenya emang dikit jd gx ada pengunjungnya, aku gx pandai buat artikel mas, anguuuueeeelll rasane wkwkwk

  5. Udah sya coba, kok kualitas gambarnya menurun mas, jadi blur gitu, gak enak dilihat. Gimana caranya agar kualitasnya tdk menurun?

  6. lho mas, berarti mending pakai png ya kalau kualitasnya tidak berubah meski kecil gambarnya?

  7. Ho mas, untuk size 65-115 itu di photoshop bisa dilihat dimana kah? Saya mau kompres dr raw ke jpeg dengan size yang ideal ke blog saya. Makasih mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *