Peluang usaha

Usaha Cuci Motor yang Menjanjikan : Mulai dari Persiapan Usaha, Tips Sukses, dan Potensi Keuntungannya

Usaha cuci motor masih sangat potensial dijalankan untuk meraih laba yang menggiurkan. Mengingat pertumbuhan kendaraan bermotor dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan, menunjukkan fakta banyaknya masyarakat yang menggunakan modal kendaraan ini untuk beraktivitas.

Bukan cuma itu saja, banyaknya fakta lapangan yang menunjukkan bahwa  banyak keluarga yang memiliki lebih dari 1 motor. Fakta-fakta yang disebutkan diatas semakin memperkuat adanya ketergantungan masyarakat dengan kendaraan bermotor.

Melihat fakta ini, kita bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan laba dengan membuka usaha cuci motor. Besarnya peluang usaha cuci motor ditunjang juga dengan padatnya aktivitas masyarakat di perkotaan. Kesibukan mereka ini yang sering kali mengabaikan kebersihan kendaraan motor yang dimiliki. Sehingga mereka tidak bisa menyisihkan waktu untuk sekedar mencuci motor sendiri.

Disinilah kita bisa masuk untuk menawarkan solusi praktis bagi mereka yang tidak bisa menyisihkan waktu membersihkan kendaraan motornya. Dengan membuka usaha cuci motor, para pemiliki kendaraan bermotor bisa menggunakan jasa yang kita tawarkan.

Agar lebih mantap dalam berwirausaha, mari kita simak cara mempersiapkan usaha, tips sukses, dan analisa usaha berikut ini.

usaha cuci motor
Cuci Motor Via beritagresik.com

Persiapan Usaha Cuci Motor

Tempat Usaha

Usaha cuci motor mutlak memiliki tempat untuk menjalankan usaha. Tempat usaha diperlukan untuk melayani pelanggan yang akan datang menggunakan jasa pencucian motor anda.

Tempat usaha yang harus anda miliki minimal memiliki luas 4 x 4 meter sebagai tempat pencucian motor. Tempat dengan ukuran tersebut mampu untuk menampung 3 buah motor sekaligus untuk dilakukan pencucian.

Pada awal usaha anda bisa memulainya dengan luas yang disebutkan diatas. Selain untuk menekan biaya modal diawal, tempat usaha yang kecil bisa membuat anda memaksimalkan usaha yang dijalankan.

Hal ini terjadi karena akan terasa percuma jika anda mengeluarkan biaya besar untuk membuat tempat usaha yang besar, namun pelanggan yang datang masih sangat sedikit.

Lebih bijaksana jika anda memulainya dari tempat yang kecil dan perlahan-lahan perluas tempat usaha saat pasar mulai ramai.

Sediakan pula ruangan yang nyaman atau sekedar tempat pelanggan untuk duduk. Ruangan berukuran 5 x 5 merupakan cukup menampung pelanggan yang datang ke tempat usaha anda. Jangan sepelekan hal ini karena mencuci motor cukup memakan waktu dan tidak sebentar. Tidak mungkin anda membiarkan pelanggan berdiri untuk menunggu hasil pencucian selesai dilakukan.

Tempat menunggu sebaiknya memiliki lokasi yang tidak terlalu dekat dengan tempat mencuci motor. Hal ini untuk menghindari cipratan air cucian yang akan mengenai pelanggan anda yang sedang menunggu.

Peralatan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Sampo Motor Via otomaniaz.com

Agar memudahkan anda menjalankan usaha cuci motor, perlalatan dan perlengkapan usaha harus anda persiapkan. Sangat tidak disarankan anda menggunakan cara manual dalam memulai usaha cuci motor, karena hasil cuci akan sangat tidak optimal dan memakan banyak waktu.

Peralatan kerja utama yang sangat anda butuhkan meliputi pompa air dan kompresor. Kedua peralatan ini yang akan memudahkan anda dan karyawan dalam melakukan aktivitas pencucian sepeda motor.

Selanjutnya, tambahkan perlengkapan usaha meliputi sampo khusus motor, sikat, kain lap, cairan pengkilap motor dan ban motor. Saat membeli sampo khusus motor dan cairan pengkilap carilah distributor yang menawarkan produk dengan harga terbaik. Beli lah dalam jumlah yang besar untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah dari distributor.

Peralatan dan perlengkapan diatas merupakan peralatan standar yang harus dimiliki saat akan memulai usaha cuci motor. Jika usaha anda telah berjalan optimal, anda bisa meningkatkan perlalatan guna mengoptimalkan pelayanan.

Peralatan Tambahan

Tambahkan tangki snow dalam perlalatan usaha anda untuk menghasilkan efek cuci salju. Tangki snow dioperasikan dengan menggunakan kompresor untuk menghasilkan buih-buih salju. Dimana buih-buih salju ini didapatkan dari campuran cairan pembersih khusus. Saat menggunakan tangki snow, anda tinggal menyemprotkan cairan salju kearah kendaraan yang akan dicuci. Sehingga anda tidak perlu direpotkan dengan cara manual dalam menggunkan cairan pembersih.

Peralatan selanjutnya yang bisa anda tambahkan saat usaha telah berjalan optimal adalah sistem hidrolik. Sistem hidrolik memungkinkan anda untuk mengangkat sepeda motor ke posisi yang lebih tinggi. Sehingga alat ini akan membantu anda untuk membersihkan bagian bawah motor yang sulit dijangkau.

Tambahan peralatan seperti contoh diatas memakan banyak biaya modal. Sehingga pemenuhan peralatan setelah usaha telah berjalan dengan baik dan modal telah terakumulasi banyak ke dalam kantong anda.

Dengan adanya tambahan peralatan tersebut, usaha cuci motor yang anda rintis dapat berjalan lebih optimal untuk meraih laba.

Carilah Bantuan Tenaga

Walaupun usaha cuci motor yang anda jalankan masih berada ditahap awal. Jumlah tenaga kerja minimal yang harus anda dapatkan adalah 3 orang. 3 orang tenaga kerja ini dapat anda fokuskan untuk membantu anda mencuci kendaraan motor pelanggan. Anda sebagai pemilik bisa menjadi pihak yang menerima pembayaran dari para pelanggan yang datang.

Carilah tenaga kerja pria untuk membantu anda menjalankan usaha. Hal ini dikarenakan mencuci kendaraan bermotor termasuk pekerjaan berat dan membutuhkan banyak tenaga. Sehingga perempuan tidak cocok untuk bekerja pada lapangan pekerjaan ini.

Latihlah tenaga kerja yang anda miliki untuk bisa menggunakan mesin kompresor atau sistem hidrolik yang ada di dalam usaha anda. Ajarkan mereka cara mencuci motor dengan cepat namun dengan hasil yang optimal.

Tenaga kerja yang cocok untuk menjadi karyawan cuci motor adalah mereka yang memiliki sikap pekerja keras, telaten dalam bekerja, dan tidak mudah mengeluh. Hal ini sangat diperlukan karena aktivitas mencuci motor membutuhkan banyak sekali tenaga dan merupakan pekerjaan yang berulang.

Jangan pernah merekrut karyawan yang ogah-ogahan dan malas dalam bekerja. Karyawan yang malas berkerja tidak akan mampu menghasilkan pekerjaan yang baik dan membuat usaha anda tidak akan berjalan optimal.

Jika memungkinkan, carilah pekerja yang berada di dekat lokasi usaha anda. Sehingga anda tidak perlu menyiapkan mess saat jumlah karyawan sudah semakin banyak.

Ini Tips Sukses Usaha Cuci Motor

Lakukan Promosi yang Menarik

Hal yang membuat banyak pelanggan datang memburu jasa cuci motor anda adalah dengan adanya promosi yang menarik. Promosi memiliki dua tipe yang harus dijalankan, pertama promosi untuk menarik pelanggan baru dan yang kedua promosi untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.

Promosi untuk menarik pelanggan baru bisa anda lakukan dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan spanduk yang menarik dan dipasang ditempat-tempat yang mudah terlihat oleh banyak orang. Bisa juga menggunakan strategi harga promosi dengan menawarkan biaya pencucian yang lebih murah dari tempat pencucian yang lain.

Carilah cara yang kreatif untuk mengenalkan usaha cuci motor anda kepada khalayak ramai. Jangan sampai anda hanya melakukan promosi diawal pembukaan. Promosi harus dilakukan secara terus menerus sepanjang berjalannya usaha anda.

Promosi Selanjutnya

Selanjutnya, anda harus melakukan promosi untuk mendapatkan loyalitas pelanggan untuk terus menggunakan jasa yang anda tawarkan. Cara yang bisa anda lakukan bisa dengan memberikan gratis cuci kepada mereka, sebagai contohnya program 5 kali cuci gratis 1 kali cuci.

Atau cara lain yang bisa anda gunakan adalah dengan memberikan hadiah gratis kepada pelanggan. Para pelanggan yang telah menggunkan jasa cuci motor sebanyak 5 kali berhak untuk mendapatkan kanebo atau yang lainnya.

Bisa juga dengan memberikan mereka sebuah voucher untuk membeli perlengkapan sepeda motor saat telah mencapai 10 kali mencuci motor di tempat anda.

Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menarik minat pelanggan datang. Carilah ide tersebut dan buatlah pelanggan berdatangan ke lokasi usaha anda.

Maksimalkan Pelayanan dan Hasil Cuci Motor

Ruang tunggu via harnas.co

Usaha cuci motor yang anda jalankan merupakan usaha jasa yang menekankan pada baiknya pelayanan yang diberikan. Disaat anda mampu memberikan pelayanan yang memuasakan, para pelanggan akan kembali datang dengan sendirinya.

Layani pelanggan yang datang dengan ramah dan sopan. Jangan pernah sekali-kali menampakkan raut wajah yang masam karena pelanggan akan muak dengan hal itu. Sediakan ruang tunggu yang nyaman untuk mereka agar mereka tidak bosan walaupun lama menunggu selesainya pencucian motor. Sediakan televisi, majalah, koran didalam ruang tunggu anda, sehingga para pelanggan mendapatkan hiburan disaat menunggu hasil pencucian motor.

Sediakan sofa yang empuk dan ruangan yang nyaman dengan AC atau kipas angin didalamnya. Jika memungkinkan anda bisa menyediakan fasilitas wi-fi gratis kepada para pelanggan anda. Dengan adanya fasilitas wi-fi dijamin para pelanggan anda akan betah berlama-lama menunggu motornya selesai dicuci.

Sediakan pula aneka macam makanan ringan dan juga minuman di dalam ruang tunggu. Dengan menyediakan aneka makanan dan minuman, anda sebagai pelaku usaha akan mendapatkan pemasukan tambahan lewat penyediaan snack.

Ini Pelayanan yang Utama dalam Usaha Cuci Motor

Namun dari semua hal diatas yang menjadikan usaha cuci motor anda tetap diminati para pelanggan adalah dengan memberikan hasil pencucian yang bersih. Tujuan utama para pelanggan datang agar sepeda motor mereka bersih dengan sempurna. Mereka pasti akan merasa sangat kecewa disaat melihat sepeda motor yang anda cuci masih menyisakan noda kotoran. Anda harus benar-benar memastikan hasil pencucian motor sudah optimal.

Pelayanan yang juga penting anda perhatikan adalah kecepatan dalam hasil pencucian sepeda motor. Pada tahap awal memulai usaha anda tidak mungkin langsung bisa menyediakan ruangan nyaman dengan televisi, AC didalamnya, dan juga fasilitas wi-fi. Sehingga saat fasilitas tersebut tidak ada para pelanggan akan merasakan waktu tunggu yang lama.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memaksimalkan kinerja karyawan anda. Latihah mereka untuk dapat mencuci sepeda motor dengan cepat dan tidak memakan waktu yang lama. Jika karyawan anda sudah terlatih, kinerja mereka dalam mencuci motor dengan cepat pasti akan meningkat.

Lokasi yang Strategis

Lokasi yang tepat membuat usaha yang anda jalankan mudah dilihat oleh para pelanggan anda. Lokasi yang mudah dilihat akan menekan biaya anda untuk melakukan promosi usaha karena para pelanggan telah banyak mengetahui usaha cuci motor yang anda jalankan.

Jangan pernah membuka usaha di tempat yang sulit dijangkau oleh para pelanggan dan jauh dari jalan raya. Hal ini akan merugikan anda sebagai pelaku usaha karena sulitnya mendapatkan pelanggan dikemudian hari.

Lokasi usaha yang juga cocok untuk tempat cuci motor adalah lokasi yang dekat dengan pemukiman padat penduduk. Banyaknya masyarakat yang tinggal disana merupakan potensi pasar yang bisa anda manfaatkan untuk meraup keuntungan.

Pada awal membuka usaha memilih lokasi dipinggir jalan raya pasti akan memakan banyak biaya sewa kecuali jika anda memiliki properti sendiri. Cara alternatif yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka lokasi usaha yang dekat dengan pemukiman padat penduduk. Lokasi padat penduduk biasaya menawarkan sewa lokasi yang lebih murah dibandingkan lokasi dipinggir jalan raya.

Baca : Cara Menentukan Lokasi Usaha Pada Saat Memulai Bisnis

Analisa Modal dan Laba yang Didapatkan

Biaya pertama adalah biaya sewa lahan yang jumlahnya tergantung lokasi tempat usaha anda. Dikarenakan pada tahap awal kita belum memiliki banyak modal, maka lokasi yang dipilih adalah lokasi yang kecil dan dekat dengan pemukiman penduduk. Biaya sewa lahan ukuran 25 m2 bisa anda dapatkan dengan biaya 12.000.000 rupiah setahun.

Biaya selanjutnya adalah biaya peralatan dan perlengkapan cuci motor. Peralatan utama yang diperlukan meliputi pompa air, kompresor, sampo motor, cairan pengkilap, kanebo, sikat, dan lap membutuhkan biaya sekitar 10.000.000 rupiah.

Perlengkapan ruang tunggu membutuhkan biaya sekitar 4.000.000. Biaya ini hanya untuk pengadaan sofa untuk para pelanggan duduk dan TV standar yang bisa digunakan secara bersama-sama.

Dari biaya diatas berarti untuk memulai usaha cuci motor ini anda membutuhkan modal awal sebesar 36.000.000 rupiah.

Selanjutnya pengeluaran bulanan usaha cuci motor yang kita jalankan. Asumsi disini pegawai yang kita pekerjakan menggunakan sistem bagi hasil. Sistem ini mengharuskan kita menyediakan uang makan harian saja. Pendapatan akan tergantung dari banyaknya pelanggan yang datang menggunkan jasa anda.

Ini Laba yang Didapatkan

Uang makan (3 pegawai) 3 x 30.000 x 30 hari = Rp 2.700.000

Pengeluaran untuk sampo motor setiap bulan = Rp 1.000.000

Bayar Listrik per bulan = Rp 600.000

Total pengeluaran tetap usaha sebesar Rp 4.300.000

Asumsi pendapatan yang akan anda dapatkan selama sebulan. Dengan mengasumsikan anda mampu mendapatkan pelanggan sebanyak 25 motor setiap hari selama satu bulan penuh.

Pendapatan cuci motor 25 x 12.000 x 30 hari = Rp 9.000.000

Dikarenakan anda menggunakan sistem bagi hasil dengan karyawan maka pendapatan yang diterima tidak sepenuhnya anda dapatakan. Asumsi bagi hasi 80 : 20 dimana 80% untuk anda sebagai pengusaha dan 20% untuk karyawan anda. Maka pendapatan yang anda dapatkan sebesar Rp 7.200.000

Selanjutnya kita bisa membandingkan pendapatan yang diperoleh dengan biaya selama satu bulan untuk mendapatkan laba. Rp 7.200.000 – Rp 4.300.000 yakni Rp 2.900.000

Jika anda bisa mempertahankan laba sebesar Rp 2.900.000 selama satu tahun usaha, maka laba yang akan anda dapatkan selama satu tahun menjalankan usaha sebesar Rp 34.800.000 ( 12 bulan x Rp 2.900.000)

Kapan balik modalnya ?

Pertanyaan tersebut pasti dipikirkan oleh para pengusaha pemula yang akan menjalankan usaha. Jika anda mendapatkan laba yang stabil selama satu tahun , modal sebesar 36.000.000 yang anda keluarkan akan kembali selama satu tahu lebih satu bulan.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

2 Comments

  1. Sukses terus Klikmania.net! artikel-artikelnya sangat membantu dan sangat bermanfaat. Semoga dapat membantu banyak orang. Terima kasih!

  2. usaha cuci motor dan mobil ini memang sangat menguntungkan, secara pertumbuhan kendaranaan semakin hari semakin meningkat, lalu bagaimana kita menyikapi hal ini, solusi nya ayo kita buka usaha cuci motor di daerah sekitar anda, jika sudha maju anda bisa membuka cabang di tempat lain,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close