Usaha Paling Menguntungkan

10 Jenis Usaha Paling Menguntungkan di Sekitaran Kampus

Mencoba meniti karier sebagai seorang wirausaha, adalah hal yang tidak bisa dikatakan mudah. Terutama karena kita harus mempertimbangkan berbagai jenis usaha paling menguntungkan, sebelum benar-benar mantab untuk menjalankan usaha tersebut.

Selain memilih jenis usaha paling menguntungkan mana yang akan dijalankan, anda juga perlu untuk mempertimbangkan lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat berwirausaha.

Menentukan lokasi wirausaha tentu bertujuan untuk memastikan bahwa lokasi tersebut benar-benar strategis, dan mampu mendatangkan konsumen yang besar untuk bisnis anda.

…Lalu, mengapa area sekitaran Kampus menjadi salah-satu lokasi yang strategis?

Area atau daerah yang berdekatan dengan Kampus atau Universitas, selama ini dikatakan sebagai lokasi yang sangat strategis dan favorit untuk para pelaku wirausaha.

Tentu hal ini dengan catatan bahwa usaha yang dijalankan berkaitan dengan aktivitas dan kebutuhan dari kalangan mahasiswa. Karena target konsumennya sendiri memang lebih dominan ke masahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Kampus atau Universitas tersebut.

10 Usaha Paling Menguntungkan di Sekitaran Kampus

Usaha Paling Menguntungkan

1# Menyediakan tempat kos untuk mahasiswa

Bisnis atau usaha paling menguntungkan di daerah sekitaran Kampus yang pertama, adalah menyediakan tempat tinggal sementara atau kos-kosan untuk mahasiswa dan mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan.

Loading...

Mahasiswa maupun mahasiswi yang kebetulan merupakan anak rantau, atau karena jarak rumah cukup jauh dari kampus kebanyakan akan memilih untuk menyewa kamar kos. Bisnis ini akan lebih menguntungkan lagi apabila jarak menuju Kampus dari kos-kosan anda sangat dekat. Karena kebanyakan mahasiswa lebih suka menyewa kos-kosan di daerah yang dekat dengan Kampus mereka, sehingga bisa diakses dengan berjalan kaki saja.

Akan tetapi, dikarenakan target anda merupakan mahasiswa dan mahasiswi yang rata-rata merupakan anak rantauan dan belum memiliki pekerjaan (Harus mengatur uang dengan sangat bijaksana). Maka anda bisa menyediakan kamar kos sederhana untuk membuat harga sewa perbulannya semakin murah dan cukup untuk kantong mereka. Hal ini juga merupakan strategi yang sangat jitu, untuk meminimalisir kemungkinan mereka mencari kos-kosan di tempat lain.

2# Membuka usaha warnet

Usaha warnet sampai sekarang ini merupakan sebuah bisnis yang cukup menguntungkan. Meskipun internet di jaman sekarang ini dapat diakses melalui smartphone, tapi kebutuhan dalam berinternet menggunakan komputer dirasa jauh lebih tinggi. Dan benar saja karena dengan melakukan browsing dengan komputer, maka segala pekerjaan dapat lebih mudah dikerjakan ketimbang menggunakan smartphone.

Internet merupakan sebuah jendela informasi (perpustakaan elektronik) yang sangat dibutuhkan oleh kaum pelajar, termasuk mahasiswa. Tidak jarang mereka sangat membutuhkan akses internet untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Anda yang melihat peluang ini bisa saja mendapatkan banyak keuntungan apabila menjalankan bisnis usaha warnet ini.

Di awal membuka usaha warnet memang terdengar cukup memakan modal, anda perlu menyediakan sepaket komputer dan menyewa sebuah jaringan dari provider yang handal. Akan tetapi, dengan target konsumen yang jelas. Serta menerapkan strategi bisnis lainnya maka tidak heran apabila anda bisa “membalikkan” modal dengan cepat, serta meraih keuntungan yang sangat besar.

3#Membuka sebuah toko buku kecil-kecilan

Selanjutnya dalam jenis usaha paling menguntungkan, yakni dengan membuka sebuah toko buku dengan sekala kecil-kecilan. Mahasiswa tentu sangat membutuhkan informasi dan bahan pembelajaran, dan salah satunya dapat mereka dapatkan dari buku.

…Bukannya di Kampus/Universitas mereka terdapat perpustakaan?

Yaa, benar juga sih. Tapi, kebanyakan Kampus menyediakan buku yang kurang update sehingga mahasiswa perlu berdaya sendiri untuk mencari buku yang mereka butuhkan. Lagipula buku yang ada diperpustakaan mereka hanya dapat dipinjam dengan waktu yang terbatas, dan menimbulkan resiko apabila mahasiswa tersebut ceroboh dan menghilangkan buku tersebut.

…Bukankah mahasiswa bisa mendapatkan informasi dari Internet?

Internet memang sebuah jendela informasi dan dapat diartikan sebagai perpustakaan elektronik. Akan tetapi, untuk mendapatkan informasi pembelajaran yang benar-benar aktual, saya rasa internet bukanlah pilihan yang tepat untuk mahasiswa. Berbeda dengan internet yang banyak sekali terdapat artikel dan konten hoax (belum pasti kebenarannya). Didalam buku 95% informasi yang diberikan adalah informasi yang benar-benar real dan dapat dibuktikan kebenarannya.

4# Jasa fotokopi dan print

Mahasiswa yang dibebani banyaknya tugas, akan senantiasa bolak-balik ke tempat print dan fotokopi untuk menyelesaikan tugas mereka. Dengan menyediakan jasa print dan fotokopi di daerah sekitaran kampus, tentu anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan menargetkan mahasiswa sebagai konsumen anda.

Untuk membuka bisnis dengan jasa seperti ini, sepertinya akan memerlukan modal yang cukup banyak untuk menyediakan mesin fotokopi dan printer yang baik. Namun, dikemudian hari saat bisnis anda sudah berjalan, bukan tidak mungkin modal yang dikeluarkan akan kembali. Bahkan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak ketimbang modal awal yang dikeluarkan.

5# Jasa rental komputer dan pengetikan

Berbeda dengan warnet yang menyediakan internet dan mematok tarif lebih mahal, jasa rental komputer menjadi pilihan mahasiswa yang memiliki tugas. Namun tidak memerlukan akses internet dalam mengerjakan tugas tersebut. Mereka dapat menyelesaikan tugas dengan harga sewa komputer yang murah, meskipun menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer tersebut.

Atau, anda dapat menyediakan jasa pengertikan untuk mereka yang tidak terampil dalam menulis, atau mereka yang tidak bisa mengetik dengan cepat. Bisanya mereka yang membutuhkan jasa pengetikan adalah mahasiwa yang diberikan tugas makalah, atau bisa juga mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi. Jadi, anda juga bisa memberikan harga yang cukup murah dan tetap bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis rental komputer maupun jasa pengetikan kepada mahasiwa.

6# Membuka konter pulsa

Di jaman moderen seperti sekarang ini sepertinya semua orang memerlukan handphone, termasuk dari kalangan mahasiswa. Dan handphone tentu tidak akan bekerja dengan maksimal apabila tidak terdapat pulsa di dalamnya. Sehingga anda yang memiliki ide membuk konter pulsa tentu akan diburu oleh mahasiwa dan orang sekitar yang memerlukan pulsa.

Tidak hanya pulsa, anda juga dapat menyediakan paket internet dengan harga yang murah untuk mahasiswa berkantong tipis. Bisnis pulsa seperti tidak ada matinya, dan bisa sangat menguntungkan untuk anda yang menjalankan bisnis tersebut.

7# Jasa laundry

Mahasiswa yang tidak memiliki banyak tugas, bisanya tidak akan sempat untuk mengurus kebutuhan di dalam kos-kosan seperti mencuci pakaian mereka. Atau bisa juga karena mahasiswa tersebut tidak memiliki keterampilan dalam mencuci pakaian.

Untuk tipe mahasiswa seperti itu, pastinya mereka membutuhkan jasa laundry untuk membereskan masalah cucian mereka. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku untuk mahasiswa yang berasal dari orang mampu saja, karena mereka yang berkantong tipis tentu akan memilih berhemat dengan mencuci sendiri pakaian mereka.

8# Membuka warung makan serba murah

Makanan yang tersedia di kantin biasanya tergolong cukup mahal untuk kantong mahasiswa yang sedang berhemat. Hal ini pasti membuat mereka harus mencari pedagang makanan yang menyediakan nasi serta lauknya dengan harga yang murah.

Dalam menyediakan makanan untuk mahasiswa, biasanya anda tidak perlu memberikan lauk yang enak-enak, karena mahasiswa bisanya lebih melihat dari porsi nasi yang diberikan ketimbang lauk yang didapatkannya. Sehingga menyediakan paket nasi campur dengan harga yang murah namun bisa kenyang adalah salah-satu bisnis yang dapat dijalankan. Khususnya untuk anda yang ingin membuka usaha di daerah sekitaran Kampus atau Universitas.

9# Membuka kafe atau tempat tongkrongan

Jiwa muda dari mahasiswa tentunya akan mendorong mereka untuk lebih sering bergaul dan sekedar nongkrong bersama teman-temannya. Di sinilah peluang bisnis untuk anda, anda dapat membuka sebuah kafe sederhana untuk mahasiswa yang doyan nongkrong.

Usaha kafe atau tempat tongkrongan ini biasanya lebih ramai pada malam minggu atau hari libur. Dimana mahasiswa yang datang adalah mereka yang ingin melepas penat setelah lelah menuntut ilmu dan “digemleng” tugas dalam seminggu tersebut.

Untuk menu yang ditawarkan mungkin cukup sederhana, kopi dan nasigoreng saja sudah pas untuk kantong mahasiswa yang rata-rata harus berhemat untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.

10# Menjual produk penunjang

Produk penunjang yang dimaksud, adalah produk yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam menjalankan proses perkuliahan mereka. Produk tersebut mungkin bisa berupa buku dan peralatan tulis lainnya.

Bisnis ini memiliki peluang untung yang cukup tinggi, dan dapat lebih menguntungkan lagi apabila anda menjalankan usaha ini di daerah yang berdekatan dengan sekolah tinggi atau Kampus.

Baca Juga : 8 Kiat Sukses dalam Membangun Usaha Bersama Teman

Itu dia beberapa macam jenis usaha paling menguntungkan yang dapat anda jalankan di sekitaran Kampus. Usaha tersebut tentu akan berjalan dengan lebih lancar lagi apabila anda menerapkan strategi bisnis yang baik, atau dengan memberikan harga yang terjangkau untuk setiap hasil yang memuaskan. Saya rasa itu saja, selamat berbisnis 🙂


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Komentar

    Avatar

    Bisnis pulsa paling gampang menurut saya tapi paling sulit juga terutama kalau customer nya temen temen sendiri yang doyan ngutang hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *