Usaha sampingan mahasiswa

Peluang Bisnis!! Usaha Sampingan Mahasiswa Tingkat Akhir

Usaha sampingan mahasiswa sangat diperlukan, terutama oleh mahasiswa tingkat akhir. Menjadi mahasiswa tingkat akhir pasti akan dialami kalian yang melanjutkan study (yaiyalah ya). Masa masa akhir study adalah masa masa paling menyebalkan. Karena waktu kita akan habis untuk menunggu dosen yang sulit ditemui untuk berkonsultasi (pengalaman pribadi penulis J).

Pada saat seperti ini waktu luangmu akan lebih banyak dibanding kesibukanmu. Waktu kita akan banyak terbuang untuk hal hal yang tidak penting, misalnya bermain game, nongkrong atau bahkan tidur. Kegiatan kegiatan pengisi waktu luang sembari menunggu skripsi atau tugas akhir di ACC dosen (padahal samasekali tidak menunjang ACC)

Nah supaya kehidupan kalian selama menunggu ACC sedikit lebih bermanfaat, dan tentu saja menghasilkan sepeser atau beberapa peser rupiah. Berikut ini 9 cara memanfaatkan waktu luang menjadi uang..

Usaha Sampingan Mahasiwa Tipe Writer/Penulis

Analisis Data

Usaha Sampingan Mahasiswa

Mahasiswa tingkat akhir selalu identik dengan kata ‘data’. Yaa, bagi mereka data adalah segalanya. Tidak banyak dari mahasiswa tingkat akhir ini yang bisa melakukan analisis data.

Nah, bagi kamu yang memiliki kemampuan lebih daripada teman-temanmu, kamu dapat memanfaatkan kemampuanmu ini untuk membantu teman-temanmu. Eits, namun membantu tidaklah gratis pastinya, namanya juga usaha sampingan mahasiwa.

Kamu bisa menerapkan tarif analisis data sesuai kesulitannya sehingga pundi-pundimu akan bertambah. Misal untuk sekali analisis data kamu bisa menerapkan biaya Rp 100.000,- sampai Rp 250.000,-. Simbiosis mutualisme sekali bukan, data temanmu teratasi, keuanganmu terbantu.

Jasa Ketik/Tulis

Bagi seorang mahasiswa pasti tidak akan lepas dari yang namanya tugas atau laporan. Nah, mahasiswa itu terbagi menjadi 2 yaitu yang rajin dan yang malas. Target utama disini adalah mereka yang malas, karena pastinya perbandingan yang rajin dan yang malas pasti banyak yang malas.

Loading...

Menjadi jasa ketik/tulis dapat mengisi waktu luangmu disela-sela revisi skripsi sekaligus menjadi usaha sampingan mahasiwa tingkat akhir seperti kamu (Saya juga). Kamu bisa menulis laporan atau tugas adek tingkat atau mungkin laporan mahasiswa lain kampus yang tidak terbiasa menulis atau membuat laporan.

Menjadi jasa ketik atau tulis juga akan melatih ketrampilanmu. Uang yang bisa kamu dapatkan dari jasa tulis ini berkisar antara Rp 200.000,- sampai Rp 300.000,- lumayan bukan. Tunggu apalagi, mulai jasamu.

Penulis Blog

Usaha Sampingan Mahasiswa

Buat kamu yang hobi nulis, jadi penulis blog merupakan salah satu cara untuk menyalurkan hobimu lho. Daripada tulisanmu hanya menuh-menuhin memory di laptopmu, tidak ada salahnya mencoba membagikan tulisanmu diinternet.

Nah, jika tulisanmu menarik dan banyak dikunjungi maka kamu akan mendapatkan uang. Pilihlah tema-tema menarik dan konsistenlah dalam menulis, maka blogmu akan ramai dikunjungi para pembaca. Bagi para pemula dan tidak memiliki hobi menulis, kamu bisa memulainya dengan menceritakan pengalaman hidup, kisah inspiratif atau tentang mereview produk-produk yang kamu sukai.

Jika kamu masih ragu atau belum bisa menulis secara konsisten kamu bisa bergabung atau mendaftar sebagai penulis diblog orang lain yang sudah terkenal. Ketika tulisanmu dipublikasikan kamu akan mendapatkan uang sesuai dengan kualitas tulisanmu. Segera mulailah tulisan pertama, kedua dan ketigamu, selamat mencoba!

Usaha Sampingan Mahasiswa Tipe Hits

Online Shop

Usaha Sampingan Mahasiswa

Online shop merupakan alternative terakhir untuk mengisi waktu luang sebagai usaha sampingan mahasiswa. Menjual barang-barang secara online dapat menambah pundi-pundi keuanganmu. Kalau kamu baru memulainya kamu bisa menjadi reseller dari online shop yang sudah maju atau mengambil barang dari supplier ketika sudah ada calon pembeli. Jadi kamu tidak perlu takut mengalami kerugian karena barang yang kamu jual baru kamu ambil ketika sudah fix ada pembeli.

Menjual barang secara online memang susah susah gampang karena persaingan harga antar penjual yang tidak jauh berbeda, jadi intinya pinter-pinternya memainkan harga pada konsumen. Kamu bisa coba menjual baju, celana, sepatu, hijab atau jaket karena barang-barang ini paling aman untuk penjual pemula.

Jangan menjual kosmetik apabila belum tau asal muasal dan ijinnya karena dikhawatirkan ada efek samping yang kita tidak tau. Keuntungan dari usaha online shop ini memang tidak bisa langsung banyak, karena kita harus ulet dan telaten serta harus menjaga kepercayaan para konsumen.

  1. Selebgram/selebtweet

Selebgram atau selebtweet merupakan orang yang terkenal di instagram atau twitter. Dengan menjadi orang yang terkenal di instagram atau twitter akan mengundang orang untuk mengikuti social mediamu. Biasanya orang yang memiliki banyak pengikut di sosmednya akan membuat online shop mengiklankan atau meng-endorse produknya kepada sang seleb.

Selain mendapat barang secara cuma-cuma kamu juga bisa memasang tarif endorse. Misal beberapa seleb biasanya akan memasang tarif Rp 200.000,- sampai Rp 1.000.000,- per post foto sesuai dengan jumlah follower yang mereka miliki.

Nah, biasanya masalah yang dihadapi adalah bagaimana cara agar follower instagram bisa banyak? Salah satu cara agar follower instagrammu bisa banyak adalah dengan cara memperbaiki feed instagrammu sehingga orang lain tertarik untuk mengikuti. Selain itu  kamu juga bisa mengupload foto-foto yang menarik sesuai trend yang sedang in saat ini.

  1. Youtuber

Selain menjadi penulis blog, buat kamu yang hobi dan PD ngomong didepan kamera, kamu bisa mencoba membuat videomu sendiri lalu mengunggahnya ke youtube. Buatlah video-video yang sedang ngetren saat ini. Kamu dapat membuat video tentang fashion, review kosmetik, video liburan atau jalan-jalanmu, challenge dan tutorial hijab misal.

Kemas video tersebut semenarik mungkin sehingga akan mengundang penonton untuk melihatnya. Semakin menarik dan unik video yang kamu buat maka akan semakin banyak penonton dan uang yang bisa kamu dapatkan.

Mungkin menjadi pemula youtube akan sedikit merepotkan karena kamu harus menunggu dan melewati proses yang cukup rumit. Selain itu kamu harus berhati-hati karena membuat akun youtube rawan banned jika kamu melakukan penjiplakan atas karya orang lain.

Hal yang perlu diingat adalah penghasilan dari youtube lebih besar daripada blog, bisa mencapai belasan juta loh. Membuat video youtube akan mengisi waktu luang dan dompetmu, tertarik untuk mencoba?

Usaha Sampingan Mahasiswa Tipe Worker/Pekerja

Photographer

Usaha Sampingan Mahasiswa

Menjadi seorang photographer memang tidaklah mudah karena kamu harus memiliki ketrampilan khusus dalam mengambil gambar sehingga hasil jepretanmu bernilai jual tinggi. Selain itu kamu juga harus memiliki kamera, atau mungkin kamu bisa sewa/pinjam dari temanmu.

Tapi tidak mungkin kan kamu akan terus-terusan sewa. Jika gambar hasil jepretanmu bagus kamu dan banyak disukai oleh orang-orang, kamu bisa menjadi jasa foto di moment-moment tertentu sebagai usaha sampingan.

Misal pada saat wisuda temanmu kamu bisa menjadi photographer yang akan secara khusus mengikuti dan mengambil moment-moment terpentingnya. Atau mungkin saat ada temanmu yang prewed sehingga kamu dipercaya untuk menjadi photographernya. Atau mungkin hanya sekedar menjadi pemotret saat membuat yearbook angkatan tertentu.

Jika kemampuanmu dan hasilnya menjanjikan makan secara cepat usahamu akan menjalar dari mulut ke mulut tentang keahlian yang kamu miliki. Ini tentu saja akan menjadi sebuah usaha sampingan mahasiswa tingkat akhir yang sangat keren.

Siapa tahu keahlianmu akan dilirik photographer handal untuk diajak kerjasama kan?

Kerja Part Time

Kerja part time ini adalah usaha sampingan mahasiswa yang cocok sekali untuk kalian untuk mendapatkan uang dengan cara real. Kamu bisa kerja part time di foodcourt mall-mall, restoran atau perusahaan Franchice. Selain bisa nambah penghasilan kamu juga bisa belajar bekerja didunia nyata, berinteraksi dengan orang-orang baru dan mendapat pengalaman baru.

Namun jenis pekerjaan ini tidak cocok bagi kamu yang tidak suka terikat atau bekerja dibawah tekanan karena kamu biasanya harus masuk kerja sesuai jadwal yang telah ditentukan. Namun tenang, jadwalnya kamu bisa pilih sesuai keinginanmu tapi pastinya aka nada pembagian sift secara merata.

Syarat kerja part time itu susah-susah gampang karena jika kamu termasuk golongan orang yang gampang bosen, kamu harus pinter-pinter mengatasi rasa bosanmu. Selain itu kamu juga harus sabar, ulet dan telaten. Tidak ada salahnya mencoba kerja part time bukan?

Baca : 10 Peluang Bisnis Skala Rumah Tangga yang Paling Menjanjikan

Cooker

Usaha sampingan mahasiswa yang terakhir adalah memasak. Buat kamu yang hobi memasak, jangan khawatir kamu bisa menyalurkan hobimu menjadi uang. Awalnya coba kamu iseng-iseng bagikan makananmu ke teman-temanmu.

Jika teman-temanmu suka, kamu bisa menjajakan makananmu ke orang-orang disekelilingmu atau kamu bisa menjadi catering snack ketika kampusmu ada acara. Kamu bisa mencoba memasarkan snack-snack ringan dan kue atau jika sudah terkenal kamu bisa mencoba memasarkan makanan berat.

Tidak mudah memang untuk mengawalinya, tapi apa salahnya mencoba memulainya. Seperti Photographer, jika masakanmu enak maka akan tersebar dari mulut ke mulut, dan lama kelamaan akan jadi terkenal.

Nah, itu tadi 9 cara mengisi waktu luangmu selama menjadi mahasiswa tingkat akhir, syukur-syukur akan berlanjut sampai lulus dan mendapatkan pekerjaan tetap sehingga tetap ada usaha sampingan. Atau mungkin malah jadi usaha tetap, kan lumayan ya :).

Selamat mencoba guys.


Loading...

Bagikan

Penulis

Tiara Uji Lishianawati
Tiara Uji Lishianawati
Belajar menulis, saat ini sedang senang menulis tentang gadai BPKB Motor. Menjadi kontributor di beberapa blog, tetapi menulis informasi gadai BPKB motor hanya di blog sendiri.
Tiara Uji Lishianawati

Penulis

Belajar menulis, saat ini sedang senang menulis tentang gadai BPKB Motor. Menjadi kontributor di beberapa blog, tetapi menulis informasi gadai BPKB motor hanya di blog sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *