Review ProdukTekno

USB 4 Akan Segera Hadir, Seperti Apa Kecepatannya?

USB 4 Dua Kali Lebih Cepat Dibandingkan dengan Versi USB 3.2

Beberapa waktu lalu, USB Implementers Forum (USB-IF) selaku organisasi pengembang standar teknologi USB, mengumumkan bahwa USB 4 akan segera hadir. Meskipun secara spesifikasi sudah selesai, namun teknologi ini diprediksi baru bisa digunakan pada 2020 mendatang.

Kehadiran USB 4 ini merupakan peningkatan dari generasi sebelumnya, yaitu USB 3.0 yang dirilis pada 2010. Dan sebagai genarasi terbaru, tentunya USB 4 diklaim bakal memiliki kecepatan transfer yang jauh meningkat.

Baca juga: Cara Mudah Mengirim File Besar dari Perangkat Android Anda

USB 4 Akan Segera Hadir, Seperti Apa Kecepatannya?

Seperti diungkapkan oleh USB-IF selaku pihak pengembang, kecepatan transfer USB 4 nantinya akan dua kali lebih cepat dibandingkan dengan versi terbaru sebelumnya, yaitu USB 3.2. Untuk angkanya, kecepatan transfer tersebut sekitar 20 hingga Gbps.

Kemampuan transfer data yang jauh lebih cepat ini sendiri karena USB 4 dibangun dnegan berbasiskan teknologi Thunderbolt 3. Thunderbolt sendiri adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Intel.

Dan untuk pengembangan USB 4 ini, USB Promoter Group telah mendapat akses teknologi tersebut dari Intel.

Seperti Apa Implementasi USB 4 ke Depan?

Sumber: redsharknews.com

Seperti yang telah disebutkan, penggunaan USB 4 diperkirakan baru bisa diimplementasikan tahun 2020 nanti. Saat ini masih membutuhkan waktu yang relatif lama bagi BSB 4 untuk digunakan pada berbagai perangkat keras seperti laptop, PC, dan motherboard.

Hal ini dikarenakan hingga saat ini USB 3.0 masih digunakan dan menjadi port andalan oleh banyak perangkat. Sementara itu, untuk port USB-C atau USB 3.2, dalam satu perangkat biasanya memiliki jumlah yang lebih sedikit lagi dibandingkan port USB 3.0.

Baca juga: Inilah Cara Mengirim File Tanpa Email, Sudah Tahu Belum?

Fitur dan Kelebihan yang Dimiliki USB 4

Sumber: androidcentral.com

Selain mengalami peningkatan dari kecepatan transfer, USB 4 juga bakal dilengkapi dengan display yang lebih menarik. Teknologi USB terbaru ini bahkan juga dukungan data splitting yang lebih baik.

Selama ini, USB 3 memang telah dikenal memiliki kemampuan untuk mendukung sebuah kabel dalam penyediaan transfer data, listrik, dan sinyal video untuk display. Namun, yang sering terjadi kecepatan transfer malah menurun pada saat dilakukan proses koneksi.

USB 4 nantinya juga bakal memiliki kemampuan untuk mengalirkan daya hingga 100 watt. Dengan data splitting yang lebih baik, USB 4 juga mendukung proses transfer sinyal video ke monitor dengan resolusi yang lebih tinggi.

USB 4 nantinya tidak akan mengalami perubahan dan masih menggunakan kepala konektor USB atau interface kabel yang sama. Ini tentu menjadi kabar baik bagi para produsen perangkat keras yang bakal memanfaatkan teknologi terbaru ini.

Ini karena mereka tidak perlu repot-repot untuk mendesain ulang perangkat yang mereka produksi.

Apakah Nama Resmi yang Bakal Digunakan?

Sumber: download.hr

Untuk penamaan generasi ke-4 USB kali ini, Brand Saunders selaku CEO USB Promoter mengungkapkan bahwa ada kemungkinan mereka tidak lagi menggunakan nama berdasarkan versi seperti yang digunakan pada ketiga generasi sebelumnya.

“Kami tidak berencana untuk menggunakan nama seperti USB 4.0, 4.1, 4.2, dan seterusnya. Kami ingin membuatnya sesimpel mungkin.

Apabila versi terbaru lebih cepat lagi, maka kami akan mengumumkannya sebagai versi tercepat,” ungkap Brand Saunder seperti dilansir Tom’s Hardware beberapa waktu lalu.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

One Comment

  1. Dengan usb 4.0 bakalan lebih kenceng nih untuk transfer filenya.
    dari pengalaman pakai usb 3.0 walaupun udah cukup cepat namun kok cukup panas ya setelah transfer file gede

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close