Tekno

Vendor Manakah yang Kuasai Pasar Komputer Dunia Saat Ini?

Lenovo, HP, atau Apple Ya?

Memasuki kuartal keempat tahun 2019, beberapa perusahaan riset telah melakukan beberapa survei. Dan salah satu survei yang tidak luput untuk dilakukan adalah survei tentang pasar komputer dunia.

Umumnya, survei yang paling banyak dilakukan, dan mungkin dinanti-nantikan adalah survei pasar ponsel. Namun, survei pasar komputer pun sebenarnya juga penting untuk diketahui, karena komputer adalah salah satu perangkat yang tidak bisa dilepaskan untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Siapa Penguasa Pasar Komputer Dunia?

Jika pada pasar ponsel, nama Samsung berada di tempat paling atas, maka di pasar komputer ada nama Lenovo yang berhasil menduduki posisi teratas. Dalam laporan yang disampaikan oleh Canalys, Lenovo berhasil mengungguli merek-merek lain seperti HP, Dell, Apple, dan juga Acer.

Lenovo berhasil mendistribusikan 17,3 juta unit pada kuartal ketiga. Perusahaan asal China itu juga sukses menguasai pasar sebesar 24,4 persen. Adapun untuk HP yang menduduki posisi kedua berhasil mendistribusikan 16,7 juta unit, dan mereka pun menguasai pasar sebesar 23,6 persen.

Meski Lenovo menduduki posisi pertama sebagai penguasa pasar komputer dunia, ternyata dari segi pertumbuhan mereka masih kalah dari HP. Canalys mencatat jika pertumbuhan HP jauh lebih bagus dari Lenovo di mana HP mencatat pertumbuhan sebesar 8,5 persen dari tahun lalu. Adapun untuk Lenovo, pertumbuhan yang mereka catatkan hanya 7,2 persen dari tahun lalu.

Negara dengan Pasar Komputer Paling Besar

Canalys mengungkapkan jika Jepang menjadi negara dengan pasar komputer paling besar. Menurut Canalys, Jepang menjadi negara dengan pasar komputer terbesar karena mereka akan menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020. Selain itu, dihentikannya update Windows 7 juga menjadi salah satu alasan mengapa Jepang menjadi pasar komputer terbesar.

Setelah Jepang, ternyata ada Amerika Serikat dan juga negara-negara Eropa. Menurut Canalys, pasar komputer Amerika Serikat naik sebesar 3 persen dari tahun ke tahun, dan merek yang paling banyak digunakan di negara yang dipimpin oleh Donald Trump itu adalah Apple dan juga HP.

Baca juga: Mohon Maaf Huawei, Samsung Masih Jadi Raja di Eropa dan Dunia

Adapun untuk pasar Eropa, pertumbuhan pasar komputer hanya sebesar 2 persen saja. Canalys mengatakan jika di Eropa, semua merek mengalami pertumbuhan, kecuali Apple yang tidak ada tanda-tanda pertumbuhan di sana. Jadi, itulah daftar komputer yang saat ini paling banyak digunakan di dunia di mana Lenovo sukses menjadi penguasa komputer untuk pasar global.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close