Artikel Adsense

Verifikasi PIN Google Adsense Bisa Menggunakan International Passport

Verifikasi PIN Google adsense menggunakan international Pasport. Artinya kita tidak lagi menggunakan PIN sebagai verifikasi alamat penerima pembayaran google adsense. Ini pengalaman saya pribadi, karena saya tinggal di Saudi arabia untuk urusan pekerjaan, karena banyak waktu luang di sini saya akhirnya mulai ngeblog lagi setelah lama terbengkalai lagian sinyal saya dapatkan secara gratis dengan kualitas 4G.Singkat cerita saya mendaftarkan blog saya ke Google adsense. Setelah merubah domain blogspot (custom domain) menjadi .com, berharap agar mendapatkan akun google adsense non hosted.

Jujur saja,saya waktu itu sama sekali tidak berpengalaman tentang google adsense, hanya baca di beberapa blog,”cara mendaftarkan blog ke google adsense”, katanya kalau pakai domain TLD cepat di terima. Dan saya melakukan hal itu, karena custom domain untuk blogger terbilang cukup mudah asal kita sudah membeli domain nya.

Dulunya saya sama sekali tidak mengetahui apa itu akun adsense hosted dan non hosted, nah jika anda belum mengetahuinya juga bisa anda baca tentang perbedaannya.

Baca : Perbedaan antara akun adsense hosted dan nonhosted

Waktu itu saya mendaftarkan blog menggunakan akun adsense youtube (hosted) , tentunya setelah mengisi beberapa posting baru, waktu itu hanya menunggu 3 hari saja untuk proses review, (setelah pemasangan unit iklan) dan kaget begitu menerima email, bahwa akun google adsense saya sudah di aktifkan sepenuhnya. Padahal waktu proses pengajuan hanya berisi artikel 17 saja, dan visitor/pengunjungnya pun kurang dari 30 per hari.

Dan boleh percaya atau tidak, isi postingan blog saya mengenai PTC, hal yang seharusnya menjadi larangan untuk google adsense sesuai TOS. Di blog saya juga tidak terpasang halaman about me serta privacy policy, sesuatu hal yang aneh, karena setelah tahu ternyata syarat mendaftar google adsense harus memenuhi beberapa kriteria tertentu, termasuk kelayakan sebuah blog. Tapi yang ini aneh, nama blog saya juga kontroversial dengan TOS google adsense.

Apa karena  saya daftar google adsense di negara Saudi arabia? negara kaya yang mungkin bisa di katakan masih jarang sekali peminat google adsense? jadi akun google adsense saya di permudah dan langsung di terima begitu saja, tidak seperti calon pendaftar google adsense dari indonesia, yang teramat sulit dalam proses penerimaan?

Tetapi yang menjadi masalah berikutnya adalah tentang alamat (Saudi arabia), ini sekaligus menjadi pelajaran buat saya dan sekaligus pengalaman yang berharga tentang google adsense. Saya pertama kali mendaftarkan blog saya ke akun google adsense dengan alamat penerima pembayaran di Saudi arabia juga, tempat saya bekerja. Saya berpikir karena untuk verifikasi akun google adsense pertama harus menggunakan nomor telepon, dan yang saya punya pada saat ini jelas jelas nomor telepon saudi arabia, karena saat ini saya bekerja di negara tersebut.

Nama penerima PIN adsense tidak bisa di edit.
Kenapa ini menjadi pengalaman berharga buat saya khususnya tentang google adsense. Pada mulanya saya berpikir bahwa suatu saat nama penerima pembayaran google adsense bisa di edit, itu setelah saya membaca di beberapa blog juga, tetapi saya kaget bukan main, karena alamat penerima google adsense ternyata tidak bisa di edit sepenuhnya (pindah negara) betapa kecewanya saya saat itu.

Anda tidak bisa edit (merubah alamat ) google adsense dengan berpindah negara,China, India, Vietnam, Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Pakistan, Sri Lanka, Nepal, Bangladesh, atau Singapura,seperti yang sudah di sepakati oleh pihak google adsense,dengan alasan kendala sistem dan hukum.

Dan ini yang tertulis pada halaman selanjutnya “Untuk kasus-kasus tersebut, Anda harus menutup akun yang ada dan membuka akun baru menggunakan alamat yang Anda inginkan. Silakan kunjungi di sini untuk memulai proses pembatalan. Setelah proses pembatalan selesai, ajukan permohonan untuk akun baru.” Maka lemaslah saya…….

Akhirnya saya mencoba membuat akun adsense yang baru, dengan email baru dan alamat baru sesuai dengan KTP dengan harapan bisa menerima pembayaran adsense kalau sudah berada di indonesia,sebelumnya saya lepas kode iklan yang berada di blog saya, setelah 2 hari saya coba mendaftarkan kembali blog saya yang tadinya di terima dengan mulus tanpa ada kendala. Saya mendaftar adsense melalui blogger mulai dari awal, bukan melalui akun youtube lagi.

Tetapi apa yang terjadi,saya di tolak mentah mentah oleh pihak google adsense.dengan alasan konten tidak memadai dan menyalahi kebijakan (TOS) dari google adsense. Nah, hal ini yang menjadi keanehan saya,kenapa sewaktu mendaftar dengan Alamat saudi arabia saya bisa di terima dalam 1 tahap saja, tidak ada kendala dan lancar lancar saja, walaupun harus menunggu 3 hari.
Kenapa Google adsense menolak blog saya?

Tanpa putus asa saya mencoba untuk mencari tahu tentang hal ini,sesuai petunjuk dalam email,saya menyalahi kebijakan dari google adsense,mungkin memang benar,karena postingan saya membahas tentang PTC,hal yang berhubungan dengan klik,dan mendapatkan uang,tetapi akhir akhir ini banyak PTC yang melakukan penipuan,akhirnya saya hapus postingan satu demi satu.

Bukan hanya sekali di tolak google adsense ketika saya mendaftarkan blog yang tadinya sudah di terima dengan alamat Saudi arabia, bahkan sampai 3 kali di tolak, saya juga belum menyerah, saya terus isi posting blog saya setiap harinya, dan akhir nya di terima pada pendaftaran yang ke 4,dengan jumlah artikel mencapai 61 postingan. Butuh waktu sekitar 2 bulan lebih, sejak penolakan pertama.

Baca : Blog kontroversial ini akhirnya di setujui google adsense.

Loading...

 Lalu apa yang terjadi dengan akun adsense yang pertama? Sementara pendapatan dari beberapa akun youtube masih terus mengalir. Dan tiba saatnya untuk menverifikasi akun adsense dengan PIN karena jumlah saldo di akun adsense sudah melebihi 10 Dolar,dengan berharap harap cemas dan bersabar saya menunggu pengiriman PIN dari google adsense yang katanya di kirim melalui Pos. Tetapi 1 bulan berlalu, PIN google adsense yang di maksud tak kunjung datang.

Dalam hati saya bertanya,apakah alamat penerima salah? atau memang PIN google tidak pernah di kirimkan? atau nyangkut di kantor pos unaezah (tempat saya bekerja). Saya tidak terlalu memikirkan hal itu lagi,sampai pada permintaan PIN yang ke 2 dan ke 3 saya abaikan.

3 bulan waktu berlalu, sampai pada akhirnya saldo google adsense mencapai 70 dolar dari akun youtube saya tidak mengetahuinya, karena sudah sibuk dengan kegiatan blog dan akun adsense saya yang baru. Tiba tiba rasa penasaran muncul kembali,apakah setelah mencapai 100 dolar dana itu bisa di cairkan? Rasanya sayang sekali kalau sampai tidak bisa cair.

Setelah Googling lewat browser, akhirnya saya menemukan artikel “cara verifikasi google adsense tanpa menggunakan PIN”, yaitu dengan meng upload scan KTP/pasport.Fitur ini akan muncul jika dalam 3 kali berturut turut PIN google adsense yang di kirim melalui pos tidak sampai ke tujuan.
akhirnya saya scan passpor saya beserta alamat agen yang ada di sini, seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar di atas yang di lingkari, fitur itu akan muncul jika dalam 3 kali berturut turut (3 bulan ) PIN google adsense tidak sampai ke alamat, untuk anda yang mengalami hal ini, bisa menyiapkan scan KTP/SIM atau bukti transfer dari bank yang berisi informasi alamat anda,setelah itu, tinggal mengisi halaman yang di sediakan seperti gambar di bawah ini.

Isi sesuai dengan data pada akun google adsense
1. Nama sesuai dengan KTP/SIM/Passport, di sini saya menggunakan international passport,karena saya tinggal di saudi arabia.
2. Isi dengan ID penayang google adsense
3. Pilih gambar hasil scan yang sudah di persiapkan, terkhir klik kirim.

Silahkan tunggu dalam beberapa jam, sewaktu saya melakukan hal ini, hanya menunggu 10 menit saja, dan sudah mendaoat baalasan email bahwa akun google adsense sudah di verifikasi, tanpa haruis mengisi PIN dalam kolom yang sebelumnya di sediakan.log out akun adsense, setelah login akun google adsense sudah terverifikasi alamatnya.

Sekarang tinggal menunggu sampai terkumpul 100 dolar, setelah itu saya akan coba cairkan dana adsense melalui Western union yang ada di kota tempat saya bekerja sekarang, tentunya dengan membawa bukiti diri berupa international pasport dan alamat resmi dari agen saya.

Untuk sekedar berbagi pengalaman, buatlah akun google adsense anda sesuai dengan nama yang tertera pada KTP/SIM, jika PIN google adsense tidak sampai ke rumah, anda bisa melakukan verifikasi alamat penerima pembayaran tanpa menggunakan PIN, yaitu melalui dengan cara upload scan KTP/SIM, jadi jangan kwatir kalau PIN google adsense tak kunjung datang, karena pihak google menyediakan fasilitas ini.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

44 Comments

  1. Mas Gani ijin Tanya.
    Kmrn Saya verifikasi ID pake KTP gagal krn Masa berlaku KTP habis (meskipun di Indonesia E KTP berlaku seumur hidup Google nolak).

    Trus Saya mau coba pake paspor, nama di AdSense sama paspor beda, nama asli Saya cuma 1 kata tapi kan kalo di paspor jadi 3 kata (ditambah nama ortu).

    Baiknya gimana Mas? Nama AdSense diedit seperti paspor apa gimana? Sementara PIN masih dalam pengiriman.

    Thanks Mas.

  2. saya mengaktifkan fitur monetize…dan alhasil harus menunggu 10.000 view, Tapi selang berapa lama, indikator view dari 0 – 10.000 hilang….wktu itu baru 1000an view. Dan gagal mengaktifkan monetize, tapi muncul harus review 4000, dan subcriber 1000 baru di review… maksudnya apa ya mas ???

  3. saya pernah daftar adsense untuk blog saya, walaupun akhirnya juga gagal. saya beralih menjadi youtuber, dan sekarang mencoba monetize video…dan saya menggunakan id publisher adsense akun saya yg saya daftar untuk blog. Apakah id publisher adsense bisa digunakan karena posisi setting mysite masih menggunakan nama blog. Apa yang harus saya lakukan, sambil menunggu syarat 10000 viewer sebagai syarat monetize.

    1. Apabila blog yang didaftarkan menggunakan domain TLD apabila diterima akan memperoleh akun Adsense nonhosted, nah akun ini bisa untuk blog sekaligus Youtube.

      1. blog saya menggunakan blogspot.com. Bagaimana cara mengetahui akun adsense nonhosted itu ?

  4. ijin min, Ane niat bantu!
    Gan Lebih Efisien pakai jasa ane 🙂 hnya menunggu 7 hari Dgn Biaya 130.000, Bisa submit tax juga loh!! paket PIN +TAx = 270K

    Fb : Marwan.marvellous
    pstore. net/user/marwan

    Bisa order dari fb, ataau pstore

  5. Mas gani… Klo akun adsense pke alamat yg sudah pernah di verifikasi…tp dengan nama yg berbeda… Itu bisa ga ya mas ? Contoh: Ktp sy udh pernah di pke bwat adsense…. Nah sy mau daftar pake KTP orang tua… Itu kan alamat ny sm tp nama ny beda….. Itu gmn bisa ga ya mas…?

  6. Mas saya mau tanya, saya sudah rikuest 3 kali, tapi bacaan (Formulir ini ) yang ada di bawah kolom pin, gak muncul masih polos, jadi saya tidak bisa upload KTP, gimana yang mas solusi nya,

    mohon infonya ya mas.

      1. Siap mas. Heheh makasi infonya. Saya takut ga muncul aja.

        Soal nya cari di google . Semua tutor nya sudah ada tulisan nya di bawah kolom.

      2. Maaf mas mau tanya, kalau kita salah dalam menuliskan kode Pos, tp alamat sudah benar, dan pin udah terlanjur dikirim ke alamat tersebut, apakah pin nya akan sampai di alamat tersebut atau tidak mas? Tolong dijawab ya mas, mksh