Review Produk

Vetiver Essential Oil | Darjeeling Essential Oil

Jenis tanaman yang dari zaman dahulu diketahui kaya akan manfaat, salah satunya yaitu akar wangi. Tanaman dengan nama latin Vetiveria zizanioides ini dikenal sebagai salah satu bahan obat tradisional yang memiliki aroma khas.

Saat ini, ekstrak tanaman ini sudah hadir sebagai vetiver essential oil yang tidak hanya bermanfaat di bidang medis tapi juga kecantikan dan perlindungan dari serangga. Untuk info selengkapnya, simak pada ulasan berikut.

Vetiver Essential Oil

Akar wangi atau vetiver berasal dari negara India yang menjadi komoditi paling dikenal di pasar internasional. Tanaman akar wangi sejenis rumput yang mirip seperti serai ataupun padi. Pemanfaatan utama yaitu pada akarnya yang dikeringkan untuk kemudian bisa diolah untuk berbagai tujuan.

Tanaman akar wangi tumbuh sepanjang tahun dengan waktu panen sekitar umur 8 bulan. Bagian akar dari tanaman ini mengandung sekitar 300 senyawa yang sebagian besar merupakan senyawa aromatik siklik dan bisiklik. Senyawa aromatik paling dominan yang dikandung yaitu carvone, khusimol, dan isovalencenol.

Vetiver essential oil sendiri dihasilkan dari proses destilasi uap akar wangi. Aromanya lebih ke aroma earthy serta woody yang eksotik. Wewangian ini lazim dijumpai pada parfum pria dewasa.

Manfaat Vetiver Essential Oil

Vetiver Essential Oil

Ekstrak vetiver bukan hanya dimanfaatkan sebagai bahan obat dan parfum. Berikut beberapa manfaat vetiver essential oil yang perlu anda ketahui.

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dari vetiver essential oil adalah peningkatan kinerja otak. Saat anda bekerja dan beraktivitas tentunya diperlukan fokus dan konsentrasi yang baik. Dengan menghirup aroma dari vetiver oil, kewaspadaan dan fokus bisa meningkat.

Terdapat studi yang membuktikan yang telah membuktikan hal tersebut. Vetiver oil membantu otak anda lebih terjaga saat anda mengalami kesulitan untuk fokus pada suatu pekerjaan atau kondisi yang terjadi di sekitar anda.

2. Memperbaiki Kualitas Tidur

Apa anda sering mengalami kesulitan untuk terlelap di malam hari? Kalau iya, anda perlu mencoba menggunakan vetiver oil yang dapat membantu anda lebih mudah mengantuk hingga tertidur. Kualitas tidur yang baik akan meningkatkan perfoma anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Anda bisa menambahkan beberapa tetes vetiver oil ke dalam essential oil diffuser untuk menghirup aromanya. Tidak hanya itu, aroma vetiver oil mampu memperbaiki pernafasan anda. Terdapat studi yang mengungkapkan bahwa vetiver oil mampu mengatasi masalah dengkuran saat tidur.

3. Mendukung Penyembuhan Depresi

Aroma dari vetiver oil ternyata juga dapat mendukung penyembuhan dari depresi hingga kasus seperti Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Depresi yang dipicu oleh rasa cemas, gugup, serta stres berlebih bisa berangsur-angsur dikurangi setelah menghirup aroma vetiver oil yang memberi efek rileks, menenangkan dan emosi lebih terkontrol. Selain itu, mampu mencegah kelelahan mental pada pasien ADHD.

4. Sebagai Antioksidan Alami

Vetiver essential oil mengandung zat antioksidan alami yang mampu menangkal serangan radikal bebas yang berasal dari udara, makanan, dan lain sebagainya. Kondisi ini akan berdampak pada sistem imun yang semakin baik.

Dengan sistem imun yang baik anda tidak akan mudah terserang penyakit sehingga hidup lebih sehat bisa terwujud.

5. Terhindar dari Gigitan Serangga

Aroma dari vetiver oil ternyata bersifat racun bagi serangga. Sehingga vetiver oil memiliki fungsi lain yaitu sebagai anti serangga. Dengan mengaplikasikan vetiver oil bersama carrier oil pada kulit, maka anda akan terhindar dari gigitan serangga untuk beberapa jam kedepan.

6. Terhindar dari Infeksi Bakteri

Penyembuhan luka memiliki kemungkinan untuk terkena infeksi bakteri, apalagi saat cuaca panas. Olehnya itu, anda perlu perlindungan vetiver oil agar terhindar dari infeksi bakteri. Anda bisa mengaplikasikan vetiver oil pada permukaan luka untuk melindunginya dari serangan bakteri.

Dampak pengiringnya, luka akan menjadi semakin cepat sembuh. Selain itu, kandungan cicatrizant mampu menyamarkan hingga menghilangkan bekas luka. Ini bisa jadi solusi bagi anda yang tidak ingin memiliki bekas luka di permukaan tubuh.

Cara Penggunaan Vetiver Essential Oil

Vetiver Essential Oil

Penggunaan vetiver essential oil bisa melalui banyak cara. Anda tinggal memilih cara penggunaan yang menurut anda paling nyaman dan aman.

1. Menggunakan alat diffuser menjadi alternatif aman dalam menikmati aroma essential oil dibanding dengan lilin aromaterapi yang memiliki resiko kebakaran. Diffuser akan menyemprotkan vetiver essential oil dalam bentuk partikel-partikel kecil ke udara.

Dengan menggunakan diffuser, aromanya bisa sekalian menjadi pengharum ruangan, mengusir serangga, dan membersihkan udara di sekitar anda.

2. Cara lainnya anda bisa menggunakan metode steam. Anda tinggal menambahkan beberapa tetes vetiver oil kedalam air panas. Selanjutnya anda tinggal menempatkannya di dekat anda dan menghirup uap yang dihasilkan selama beberapa menit.

3. Mengoleskan vetiver oil pada beberapa benda untuk menghirup aromanya secara tidak langsung bisa pula menjadi cara terbaik menikmati aroma essential oil atau minyak atsiri.

Anda bisa mengoleskannya pada tas ransel yang anda gunakan, pada sarung bantal, selimut, dan benda lainnya. Dengan begini, anda bisa membiarkan vetiver oil menguap secara alami.

4. Jika anda ingin mengaplikasikan vetiver oil langsung pada kulit. Anda perlu melarutkannya terlebih dahulu ke dalam carrier oil. Jenis carrier oil yang bisa digunakan seperti jojoba oil, castor oil atau bisa juga dengan mencampurkannya dengan shea butter.

Setelah campuran jadi, anda bisa mengoleskan pada kulit atau memijatkannya di bagian tubuh yang diinginkan.

5. Vetiver oil juga dapat anda gunakan ketika mandi. Anda bisa menambahkan beberapa tetes vetiver oil dan essential oil lainnya ke dalam bathtub berisi air hangat. Sambil berendam anda bisa langsung menghirup aromanya. Anda juga bisa menambahkan vetiver oil pada shampoo, conditioner, hingga body wash.

Resep Campuran Vetiver Essential Oil

Vetiver Essential Oil

Vetiver essential oil memiliki aroma yang kuat. Untuk memaksimalkan khasiat dari vetiver oil, anda bisa melakukan campuran dengan beberapa jenis essential oil lainnya. Terutama untuk penggunaan sebagai aromaterapi.

  1. Untuk menghasilkan aroma yang lebih segar, campurkan vetiver oil dengan orange oil.
  2. Jaga fokus dan konsentrasi anda saat bekerja dengan menghirup aroma dari campuran vetiver, lemon, vanilla, dan lavender oil.
  3. Campuran vetiver, orange, dan ginger oil akan membuat anda lebih rileks dan santai.
  4. Rasakan sensasi spa dengan menghirup aroma dari campuran vetiver, neroli, dan bergamot oil.
  5. Hilangkan kekhawatiran dan kecemasan anda. Campurkan vetiver, copaiba, frankincense, dan cedarwood oil untuk merasakan manfaatnya.
  6. Campuran vetiver, orange, dan lavender sangat ampuh untuk mengatasi flu dan pilek.

Untuk penggunaan dengan tujuan merawat kecantikan tubuh, berikut beberapa resepnya.

  1. Untuk menutrisi dan merilekskan kulit, campuran 4 tetes vetiver oil, 2 tetes grapefruit oil, dan 1 sendok body wash bisa anda coba.
  2. Untuk membantu tubuh, pikiran dan jiwa lebih rileks, resep minyak pijat ini bisa anda coba. Campurkan 6 tetes chamomile oil, 6 tetes bergamot oil, 3 tetes vetiver, dan 28 ml grapeseed oil. Kemudian kocok dalam sebuah botol dan siap digunakan.

Selain resep essential oil blend di atas, vetiver essential oil dapat bercampur dengan baik dengan berbagai jenis essential oil lainnya. Diantaranya Eucalyptus Essential Oil, Vetiver Essential Oil, Minyak Akar Wangi, jual peppermint essential oil

, lavender essential oil, dan lain sebagainya. Berbagai varian essential oil tersebut semuanya tersedia di Darjeeling Aroma.

Keamanan Penggunaan Vetiver Essential Oil

Vetiver Essential Oil

Penggunaan vetiver essential oil juga memiliki resiko disamping manfaatnya yang banyak. Jadi, pastikan untuk tetap menggunakan vetiver oil dan essential oil lainnya dengan cara yang aman.

Penggunaan vetiver essential oil tidak dianjurkan untuk digunakan secara internal. Anda harus lebih berhati-hati untuk menggunakan vetiver oil pada anak di bawah usia 12 tahun. Dan sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter anda.

Wanita yang sedang hamil ataupun menyusui juga perlu mempertimbangkan baik-baik apabila ingin menggunakan vetiver oil. Perlu diketahui juga bahwa beberapa jenis essential oil beresiko membahayakan hewan peliharaan.

Konsultasikan pada dokter anda jika ingin menggunakan vetiver oil di saat sedang kurang fit. Seperti tekanan darah tinggi, epilepsi, atau imunitas rendah.

Terdapat resiko dimana penggunaan essential oil bisa membuat kulit mengalami iritasi. Untuk itu, anda perlu menguji terlebih dahulu pada kulit anda. Hindari menggunakan essential oil termasuk vetiver oil di area sekitar mata dan mulut.

Perlu diperhatikan untuk tidak mengaplikasikan vetiver oil pada luka terbuka dan luka terbakar. Sebaiknya anda tidak menggunakan vetiver oil pada kulit yang dapat terekspos atau terkena cahaya matahari selama 12 jam.

Vetiver Essential Oil dari Darjeeling Aroma

Salah satu merk essential oil yang berkualitas dengan tingkat kemurnian 100% adalah Darjeeling Aroma. Brand yang mulai memproduksi essential oil sejak 2017 ini punya banyak keunggulan dibanding brand lainnya.

Vetiver Essential Oil

Vetiver essential oil dari Darjeeling Aroma murni mengandung konsentrat vetiver alami. Tersedia tiga varian yaitu vetiver essential oil, vetiver oud dan vetiver attar. Vetiver essential oil diperuntukkan untuk berbagai manfaat serta dapat diblend dengan jenis essential oil lainnya untuk mengoptimalkan khasiatnya.

Vetiver oud sudah merupakan campuran antara vetiver dengan gaharu juga rempah-rempah. Aroma yang dihasilkan sangat maskulin, jadi sangat cocok untuk pria. Uniknya, aroma yang dihasilkan bisa berubah-ubah seiring waktu berjalan. Dan aroma dari vetiver oud bisa bertahan hingga 36 jam.

Varian Vetiver Attar merupakan minyak wangi yang populer di India. Vetiver attar mampu memberikan sensasi dingin juga menenangkan pikiran. Aroma yang lembut bersahaja membuat siapapun akan menyukai aroma ini.

Semua jenis essential oil dari Darjeeling Aroma mengandung konsentrat minyak esensial yang tinggi. Hanya dengan beberapa tetes saja, anda sudah bisa merasakan manfaat baiknya.

Bahan untuk membuat vetiver essential oil dari Darjeeling yang berkualitas ini dipasok dari petaninya langsung. Jadi bahan baku tetap terjaga kesegarannya.

Kesimpulan

Akar wangi atau vetiver berasal dari negara India yang menjadi komoditi paling dikenal di pasar internasional. Tanaman akar wangi sejenis rumput yang mirip seperti serai ataupun padi. Pemanfaatan utama yaitu pada akarnya yang dikeringkan untuk kemudian bisa diolah untuk berbagai tujuan.

Tanaman akar wangi tumbuh sepanjang tahun dengan waktu panen sekitar umur 8 bulan. Bagian akar dari tanaman ini mengandung sekitar 300 senyawa yang sebagian besar merupakan senyawa aromatik siklik dan bisiklik. Senyawa aromatik paling dominan yang dikandung yaitu carvone, khusimol, dan isovalencenol.

Penggunaan vetiver essential oil juga memiliki resiko disamping manfaatnya yang banyak. Jadi, pastikan untuk tetap menggunakan vetiver oil dan essential oil lainnya dengan cara yang aman.

Penggunaan vetiver essential oil tidak dianjurkan untuk digunakan secara internal. Anda harus lebih berhati-hati untuk menggunakan vetiver oil pada anak di bawah usia 12 tahun. Dan sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter anda.

Vetiver Essential Oil

Wanita yang sedang hamil ataupun menyusui juga perlu mempertimbangkan baik-baik apabila ingin menggunakan vetiver oil. Perlu diketahui juga bahwa beberapa jenis essential oil beresiko membahayakan hewan peliharaan.

Konsultasikan pada dokter anda jika ingin menggunakan vetiver oil di saat sedang kurang fit. Seperti tekanan darah tinggi, epilepsi, atau imunitas rendah. Darjeeling Aroma menyediakan minyak organic yang dijamin 100% murni tanpa tambahan apapun. Cukup kunjungi website resmi Darjeeling Aroma untuk mendapatkan penawaran spesial.

LOKASI DARJEELING SEMBRANI AROMA

Wisma Monex 9th Floor, Jl. Asia Afrika No 133-137 Bandung 40112

T +6222-73512031

P +6282299989320

E [email protected]

 

FAQ

1. Apa saja manfaat dari Vetover Essential Oil?

Manfaat Vetiver Essential Oil

  1. Meningkatkan Kinerja Otak
  2. Memperbaiki Kualitas Tidur
  3. Mendukung Penyembuhan Depresi
  4. Sebagai Antioksidan Alami
  5. Terhindar dari Gigitan Serangga
  6. Terhindar dari Infeksi Bakteri

2. Penggunaan vetiver essential oil sangat aman?

Penggunaan vetiver essential oil juga memiliki resiko disamping manfaatnya yang banyak. Jadi, pastikan untuk tetap menggunakan vetiver oil dan essential oil lainnya dengan cara yang aman.

Penggunaan vetiver essential oil tidak dianjurkan untuk digunakan secara internal. Anda harus lebih berhati-hati untuk menggunakan vetiver oil pada anak di bawah usia 12 tahun. Dan sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter anda.

Wanita yang sedang hamil ataupun menyusui juga perlu mempertimbangkan baik-baik apabila ingin menggunakan vetiver oil. Perlu diketahui juga bahwa beberapa jenis essential oil beresiko membahayakan hewan peliharaan.

3. Bagaimana penggunaan Vetiver Essential Oil?

Penggunaan vetiver essential oil bisa melalui banyak cara. Anda tinggal memilih cara penggunaan yang menurut anda paling nyaman dan aman.

  1. Menggunakan alat diffuser menjadi alternatif aman dalam menikmati aroma essential oil dibanding dengan lilin aromaterapi yang memiliki resiko kebakaran. Diffuser akan menyemprotkan vetiver essential oil dalam bentuk partikel-partikel kecil ke udara.

Dengan menggunakan diffuser, aromanya bisa sekalian menjadi pengharum ruangan, mengusir serangga, dan membersihkan udara di sekitar anda.

2. Cara lainnya anda bisa menggunakan metode steam. Anda tinggal menambahkan beberapa tetes vetiver oil kedalam air panas. Selanjutnya anda tinggal menempatkannya di dekat anda dan menghirup uap yang dihasilkan selama beberapa menit.

3. Mengoleskan vetiver oil pada beberapa benda untuk menghirup aromanya secara tidak langsung bisa pula menjadi cara terbaik menikmati aroma essential oil atau minyak atsiri.

Anda bisa mengoleskannya pada tas ransel yang anda gunakan, pada sarung bantal, selimut, dan benda lainnya. Dengan begini, anda bisa membiarkan vetiver oil menguap secara alami.

4. Jika anda ingin mengaplikasikan vetiver oil langsung pada kulit. Anda perlu melarutkannya terlebih dahulu ke dalam carrier oil. Jenis carrier oil yang bisa digunakan seperti jojoba oil, castor oil atau bisa juga dengan mencampurkannya dengan shea butter.

Setelah campuran jadi, anda bisa mengoleskan pada kulit atau memijatkannya di bagian tubuh yang diinginkan.

5. Vetiver oil juga dapat anda gunakan ketika mandi. Anda bisa menambahkan beberapa tetes vetiver oil dan essential oil lainnya ke dalam bathtub berisi air hangat. Sambil berendam anda bisa langsung menghirup aromanya. Anda juga bisa menambahkan vetiver oil pada shampoo, conditioner, hingga body wash.


Loading...
Baca selengkapnya

Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close